Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sedang Bad Mood? Konsumsi Makanan Mood Booster Ini Untuk Naikan Suasana Hatimu!

Tak salah untuk kamu konsumsi

Bobobox.co.id — Kamu tentu pernah mengalami hari di mana moodmu sedang tak karuan. Banyak cara sebenarnya yang bisa dilakukan untuk memperbaiki mood. Salah satunya adalah memakan makanan mood booster.

Nah, jika kebetulan kamu sedang mengalami mood swing atau perubahan suasana hati yang cepat berubah, tak ada salahnya untuk mengonsumsi 10 makanan mood booster yang Bob rekomendasikan di bawah ini.

Berikut adalah Makanan Mood Booster

1. Pisang

Makanan mood boster pertama adalah pisang. Buah satu dikenal sebagai buah kaya nutrisi dan juga karbohidrat. Tak pelak banyak orang yang memanfaatkan buah ini untuk menambah stamina sebelum olahraga.

Di samping itu, manfaat lain yang bisa didapat dari pisang adalah memperbaiki suasana hati dan membuat tubuh rileks.  Kandungan asam amino tritofan dan vitamin B6 yang terkandung berperan penting dalam hal ini.

Pasalnya, asam amino triptofan dapat meningkatkan serotonin. Sedangkan, vitamin B6 memiliki peranan dalam mengubah triptofan menjadi serotonin. Naiknya serotonin membuat suasana hatimu pun dapat membaik.

5 Makanan Yang Cocok Dikonsumi Saat Kamu Mengalami Radang Tenggorokan
Pisang via unsplash.com/@brett_jordan

2. Oatmeal

Makanan mood booster berikutnya adalah oatmeal. Bagi kamu yang sedang melakukan program diet, oatmeal merupakan makanan yang biasanya dipilih untuk dikonsumsi dengan manfaat kesehatan menarik lainnya.

Nah, salah satu manfaat oatmeal adalah memperbaiki suasana hati yang sedang buruk. Kadar indeks glikemik yang rendah inilah yang menjadikan oatmeal adalah makanan peningkat mood yang dapat diandalkan.

Makanan rendah indeks glikemik akan melepas energi secara perlahan ke alirah darah. Hal tersebut yang membantu gula darah dan juga suasana hati yang sedang kalut akan kembali stabil setelah memakan oatmeal.

Oatmeal makanan mood booster
Oatmeal via pexels.com/@life-of-pix

3. Cokelat

Kamu tentu pernah menyaksikan iklan makanan mood booster satu ini untuk perbaiki mood yang rusak. Nah, hal tersebut memang benar adanya dan pastinya kamu sudah pernah mencobanya saat mood rusak.

Makanan tersebut adalah cokelat. Makanan ini memang sudah terbukti secara ilmiah dapat memicu otak untuk melepaskan endorfin. Tak hanya itu, cokelat pun membantu dalam meningkatkan kadar serotonin.

Keduanya adalah neurotransmitter yang berperan dalam meningkatan suasana hati. Hal tersebut yang membuat mengonsumsi cokelat bakal menaikkan suasa hati dengan cepat saat kamu dilanda stres.

Cokelat makanan mood booster
Cokelat via unsplash.com/@tamasp

Baca Juga: Tidak Hanya Untuk Masakan Saja, Ini Dia 10 Obat Herbal Dari Bumbu Dapur


4. Alpukat

Seperti halnya oatmeal, alpukat pun kerap direkomendasikan sebagai makanan terbaik untuk menurunkan berat badan. Di samping itu, buah kaya karbohidrat ini dikenal sebagai salah satu makanan mood booster, lho.

Buah satu ini mengandung berbagai nutrisi seperti serat, lemak sehat, dan mikronutrien. Kandungan nutrisi dalam alpukat tersebut yang membantumu dalam membuat suasana hati yang buruk menjadi baik.

Bahkan, tak hanya itu saja, alpukat pun memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya. Beberapa di antaranya antara lain memiliki kemampuan untuk meningkatkan energi dan juga melawan rasa lelah yang sedang dirasa.

Alpukat makanan mood booster
Alpukat via pexels.com/@daria

5. Ikan Salmon

Guna memenuhi asupan asam lemak omega-3, ada beberapa jenis ikan yang menjadi rekomendasi. Selain sarden, ikan salmon adalah ikan yang menjadi sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk kebutuhan sehari-hari.

Nah, siapa sangka jika asam lemak omega-3 ini adalah salah satu elemen penting untuk suasana hati seseorang. Saat seseorang kekurangan omega-3, orang tersebut lebih rentan untuk mengalami suasana hati buruk.

Oleh karenanya, menyantap salmon bisa jadi pilihan jika suasana hati sedang tak karuan. Makanan mood booster ini tak hanya meningkatkan mood tetapi juga bakal menjaga kesehatan fisik dan mental juga.

Ingin Wajah Sehat dan Cerah? Yuk, Konsumsi 5 Makanan yang Bisa Membuat Wajah Glowing Berikut!
@micheile via Unsplash

6. Kopi

Saat sedang menahan kantuk di tengah kejaran deadline, meminum kopi adalah cara terbaik untuk itu. Pasalnya, minuman populer ini memang bermanfaat sebagai penahan kantuk karena kandungan kafein.

Nah, selain itu, kopi pun termasuk makanan mood booster untuk naikkan suasana hatimu. Kandungan kafein dalam kopi memiliki pengaruh baik pada suasana hati dimana bisa menstimulasi sistem saraf.

Tak mengherankan jika pekerja kantoran kerap memesan kopi saat mereka merasa suasana hati tak karuan akibat stres. Kafein pada kopi mampu melepaskan zat dopamin dan norepinefrin sehingga mood pun membaik.

Kopi makanan mood booster
Kopi via pexels.com/@kaboompics

Baca Juga: Ingin Sukseskan Program Diet? Coba Konsumsi 7 Buah Terbaik Cepat Turunkan Berat Badan


7. Teh Hijau

Tidak hanya makanan, terdapat beberapa jenis minuman juga yang dapat meningkatkan mood, loh sahabat Bob! Salah satunya adalah teh hijau teh hijau.  Salah satu jenis teh populer di Indonesia mungkin lebih lekat sebagai minuman yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan atau membuat kamu merasa lebih rileks.

Namun, selain itu, teh hijau mampu membuatmu kembali bersemangat saat sedang lesu. Kandungan antioksidan pada teh hijau yang dikonsumsi secara rutin dapat mengontrol depresi pada orang tua karena kandungan L-theanine.

Sama seperti halnya kopi, dalam segelas teh hijau terkandung kafein. Kafein ini jika dikonsumsi dapat meningkatkan suasana hati dan bakal membuatmu gelisah jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan.

Teh hijau makanan mood booster
Teh hijau via unsplash.com/@laarkstudio

8. Buah Beri

Makanan mood booster selanjutnya adalah buah beri. Buah beri yang dimaksud di sini bisa berbagai macam. Baik itu strawberi atau bluberi, kedua buah beri tersebut sama baiknya sebagai pengubah mood buruk.

Buah beri memiliki kandungan flavonoid. Kandungan tersebut adalah kandungan yang berperan penting dalam meningkatkan pengaruh positif pada pengukuran mood positif dua jam setelah dikonsumsi.

Manfaat untuk meningkatkan mood pun sama pada straberi. Buah berwarna merah ini dipercaya mampu meningkatkan bahan kimi dalam otak yang bisa membuat mood lebih baik karena kandungan nutrisi.

Strawberi makanan mood booster
Strawberi via pexels.com/@shkrabaanthony

9. Yoghurt

Jika ingin mengonsumsi camilan sehat, yoghurt adalah jawaban yang kamu tunggu. Produk fermentasi dari susu ini mampu membantu menjaga bakteri usus agar kesehatan sistem saluran pencernaan terjaga.

Nah, selain itu, yoghurt pun baik dikonsumsi saat perasaanmu sedang tak karuan. Pasalnya, makanan ini mampu membuat suasana hati yang lebih baik dan juga menurunkan stres atau kecemasan.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa hal tersebut berkorelasi dengan kesehatan sistem pencernaan yang tetap terjaga. Hal ini yang menjadikan yoghurt sebagai salah satu makanan mood booster yang recommended.

Yoghurt makanan mood booster
Yoghurt via unsplash.com/@mateusz_feliksik

Baca Juga: Sering Mengalami Perut Kembung? Hindari 7 Bahan Makanan Menyebabkan Kembung Ini Ya!


10. Telur

Makanan mood booster terakhir yang recommended untuk dikonsumsi adalah telur. Telur sendiri merupakan bahan makanan yang mudah diolah walaupun bagi orang-orang yang belum mahir memasak.

Dibalik kemudahannya untuk diolah, telur menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Salah satu adalah mengubah mood buruk agar menjadi lebih baik lagi lewat peranan vitamin B12 dan vitamin D.

Kedua vitamin tersebut mendukung sistem saraf dan membantu dalam memproduksi neurotransmiter yang berpengaruh pada mood. Tak hanya itu, zinc pada telur bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur.

Telur makanan mood booster
Telur via unsplash.com/@wifecooky

Menginap dengan Aman di Bobobox

Saat menginap di sebuah penginapan, kamu mungkin kerap khawatir dengan barang bawaanmu. Namun, kekhawatiranmu soal barang hilang tak akan terjadi selama menginap di Bobobox.

Penggunaan QR Code untuk akses masuk pod jadi alasannya. Hanya pemilik QR Code saja yang bisa keluar masuk pod yang menjadikan barang berharga yang kamu bawa tetap aman selama menginap.

Untuk informasi dan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox di sini ya!

Pilihan Hotel Kapsul di Indonesia Buat Para Backpacker Bobobox Pods

You might also like