makanan mengandung vitamin d

10 Makanan Mengandung Vitamin D Ini Penting untuk Kesehatan

Bobobox.co.id – Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah dengan makan makanan mendangung vitamin D.

Vitamin D adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Kehadirannya diperlukan untuk membantu memelihara tubuh. Contohnya, vitamin D sangat berguna untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat.

Akan tetapi, vitamin D merupakan satu-satunya nutrisi yang diproduksi paling banyak oleh tubuh saat terkena sinar matahari.

Menurut situs Healthline, kekurangan vitamin D adalah isu kesehatan yang cukup besar terjadi di seluruh dunia.

Pasalnya, hampir 50% manusia di dunia tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Terlebih, isu ini semakin meningkat dengan meningkatnya jumlah orang yang menghabiskan waktu di dalam ruangan.

Padahal, menurut situs Mayoclinic, setiap orang setidaknya membutuhkan asupan vitamin D harian sebanyak 600 – 800 IU.

Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir. Soalnya, kamu juga bisa mendapatkan nutrisi ini dar makanan-makanan mengandung vitamin D.

Apa saja ya makanan yang mengandung vitamin D tersebut? Yuk langsung saja kita simak sama-sama.

BACA JUGA: Mulai Pola Makan Sehat Dengan Tips Makan Sehat Untuk Jantung Ini!

Makanan Mengandung Vitamin D Ikan

makanan mengandung vitamin d

Unsplash/Harris Vo

Salmon

Saat bicara soal makanan mengandung vitamin D, salmon adalah salah satu yang paling populer. Selain rasanya yang lezat, ikan berlemak ini merupakan sumber vitamin D yang baik.

Menurut situs Healthline, ikan salmon setidaknya memiliki kandungan vitamin D sebanyak 988 IU per 100 gram.

Banyak penelitian juga menunjukkan, meningkatkan konsumsi ikan berlemak seperti salmon bisa menurunkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Selain itu, salmon juga merupakan protein alternatif yang baik di samping ayam dan sapi karena protein dalam salmon lebih banyak dari lemak jenuhnya.

Sarden

Sarden mungkin bukan pilihan makanan utama yang kamu suka. Akan tetapi, di balik sarden terdapat vitamin D yang tidak kalah baik dari ikan-ikan lain.

Menurut situs Healthline, sarden kalengan merupakan sumber vitamin D yang baik. Satu kaleng sarden setidaknya mengandung 177 IU.

Minyak Hati Ikan

Ikan adalah salah satu makanan mengandung vitamin D yang paling tinggi. Akan tetapi, tidak semua bisa atau suka makan ikan.

Itulah mengapa kamu bisa mendapatkan nutrisi ini lewat cara lain yaitu minyak ikan dan yang paling populer adalah minyak hati ikan cod.

Makanan mengandung vitamin D tersebut merupakan alternatif untuk mendapatkan nutrisi tertentu yang tidak tersedia di sumber lain.

Menurut situs Healthline, vitamin D yang ada pada minyak hati ikan kod adalah sekitar 448 IU per sendok the.

Selain vitamin D, minyak hati ikan kod juga merupakan sumber vitamin A dan lemak omega 3 yang baik.

BACA JUGA: Kebiasaan Menahan Buang Air Besar? Hati-Hati Jangan Sampai Kamu Menderita

Makanan Mengandung Vitamin D Non Daging

makanan mengandung vitamin d

Unsplash/Thanh Soledas

Jamur

Makanan mengandung vitamin D yang pertama adalah jamur. Makanan ini cukup banyak dan mudah ditemukan di mana-mana.Selain itu, jamur juga merupakan salah satu sumber vitamin D non-daging yang cukup baik.

Pasalnya, jamur mampu memproduksi vitamin D2 yang bisa meningkatkan kadar darah dalam vitamin D.

Vitamin D2 cukup tinggi ditemukan di jamur-jamur liar karena tumbuh dengan paparan sinar matahari yang lebih banyak.

Hal ini dikarenakan jamur yang dibudidayakan untuk kebutuhan komersial tumbuh di lingkungan gelap sehingga memiliki kandungan vitamin D2 yang lebih sedikit.

Pisang

Sebenarnya, pisang bukan makanan mengandung vitamin D. Akan tetapi, pisang adalah sumber magnesium yang baik yang berperan penting dalam mengaktifkan vitamin D dalam tubuh.

Mengapa demikian? Saat vitamin D masuk ke dalam aliran darah, nutrisi tersebut perlu zat lain untuk mengaktifkannya. Salah satunya adalah magnesium.

Apabila kamu mengonsumsi vitamin D dalam bentuk suplemen, cobalah untuk makan makanan kaya magnesium seperti pisang.

Selain magnesium, pisang juga kaya akan nutrisi lain seperti potasium, vitamin B6, dan vitamin C.

Keju

Secara umum, keju adalah sumber nutrisi yang baik dan enak dimakan. Beberapa nutrisi yang ada di antaranya adalah protein, vitamin A, vitamin B-12, vitamin K, zinc, dan calcium. Tentunya, vitamin D juga termasuk ke dalam nutrisi yang ada pada keju.

Kuning telur

Makanan mengandung vitamin D selanjutnya adalah kuning telur. Pastinya telur bukan makanan yang asing. Dalam satu hari setidaknya kamu pasti pernah makan telur.

Sebagian besar protein dalam telur ditemukan di bagian putihnya. Namun, lemak, vitamin, dan mineral sebagian besar ditemukan di kuning telur.

Satu kuning telur setidaknya mengandung 37 IU vitamin D, tergantung dari paparan sinar matahari dan kandungan vitamin D yang ada pada pakan ayam.

Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe adalah makanan khas Indonesia yang enak dan mudah ditemukan. Namun, siapa sangka keduanya juga kaya akan nutrisi.

Tahu dan tempe adalah produk fermentasi kedelai yang merupakan pengganti daging vegetarian yang populer.

Keduanya adalah bahan serbaguna yang hadir dengan berbagai manfaat kesehatan seperti protein, prebiotik, serta beragam vitamin dan mineral.

Minuman yang Mengandung Vitamin D

makanan mengandung vitamin d

Unsplash/Anita Jankovic

Jus jeruk

Meskipun masuk ke dalam daftar makanan mengandung vitamin D, jeruk sebenarnya tidak benar-benar mengandung vitamin D.

Kenapa begitu? Sebenarnya, nuah jeruk asli tidak mengandung vitamin D. Akan tetapi, banyak jus jeruk yang diperkaya dengan vitamin D.

Sayangnya, banyak jus jeruk di pasaran yang mengandung lebih banyak gula daripada nutrisi-nutrisi yang kamu perlukan untuk tubuh.

Oleh karena itu, lebih baik konsumsi makanan mengandung vitamin D ini sebagai sampingan saja.

Susu Kedelai

Vitamin D lebih banyak ditemukan di produk-produk hewani. Ini menjadi masalah ketika orang-orang yang tak bisa mengonsumsi daging perlu asupan lebih vitamin D.

Itulah mengapa susu kedelai merupakan makanan mengandung vitamin D yang cocok untuk dijadikan alternatif.

Susu kedelai merupakan pengganti susu nabati yang kaya dengan nutrisi, vitamin serta mineral lain yang biasanya ditemukan dalam susu sapi.

Itulah informasi seputar makanan-makanan yang mengandung vitamin D. Kehadiran vitamin ini sangat penting dan diperlukan oleh tubuh.

Apabila kamu tidak memiliki banyak waktu untuk berjemur dan memakan suplemen, makanan mengandung vitamin D ini bisa kamu masukkan ke dalam diet sehari-hari.

Mau staycation di hotel kapsul? Di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

***

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles