makanan membantu tidur

9 Makanan Membantu Tidur Ini Bikin Kamu Cepat Terlelap!

Bobobox.co.id – Tidur merupakan kegiatan istirahat yang tidak boleh disepelekan. Untuk mendapatkan tidur berkualitas, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan membantu tidur.

Makanan membantu tidur bisa membuat kamu mendapatkan waktu tidur yang lebih optimal dari biasanya. Mengapa tidur berkualitas itu sangat penting?

Menurut National Heart, Lung, and Blood Instritute, tidur memiliki peran penting dalam kesehatan dan kesejahteraan hidup.

Mendapatkan kualitas tidur yang cukup pada waktu yang tepat dapat membantu kamu meningkatkan kesehatan mental, kesehatan fisik, dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Selama tidur, tubuh kamu bekerja untuk mendukung fungsi otak dan menjaga kesehatan fisik.

Apabila pola tidurmu kacau dan terganggu, kamu bisa memiliki risiko lebih tinggi terkena kesehatan kronis.

Meskipun tidak ada makanan yang benar-benar seratus persen membuatmu tertidur, beberapa makanan ini bisa membantu kamu mendapatkan tidur yang cukup.

Apa saja ya kira-kira? Yuk langsung saja simak daftar makanan membantu tidur berikut ini.

BACA JUGA: 10 Makanan Mengandung Vitamin D Ini Penting Untuk Kesehatan

Makanan Membantu Tidur Kacang-Kacangan

Unsplash/Nacho Fernandez

Almond

Almond adalah makanan membantu tidur yang bisa kamu pertimbangkan. Pada umumnya, meskipun jumlah pastinya bervariasi, kacang-kacangan mengandung melatonin yang penting untuk berbagai proses tubuh.

Melatonin mengatur jam internal dan memberikan sinyal pada tubuh untuk bersiap sehingga kandungan ini dipercaya dapat membantu orang dewasa mendapatkan tidur yang lebih baik dan meningkatkan kualitas tidur.

Almond juga merupakan sumber magnesium yang sangat baik. Selain melatonin, magnesium memiliki peran dalam membantu meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi penderita insomnia.

Peran magnesium dalam meingkatkan tidur ada kaitannya dengan kemampuan kandungan ini untuk mengurangi peradangan.

Kenari

Kenari adalah jenis kacang yang cukup populer. Makanan membantu tidur ini memiliki banyak nutrisi dan menyediakan lebih dari 19 vitamin dan mineral.

Menurut situs Healthline, reputasinya sebagai makanan membantu tidur datang dari kandungan melatoninnya yang melimpah.

Susunan asam lemak kenari juga dapat berkontribusi untuk tidur yang lebih baik. Kenari mengandung asam alfa-linolenat (ALA) dan asam lemak omega-3 yang diubah menjadi DHA yang meningkatkan produksi serotonin.

Makanan Alami Membantu Tidur

Unsplash/Pranjall Kumar

 

Ginseng

Makanan membantu tidur selanjutnya yang bisa kamu coba adalah ginseng. Biasanya, ginseng digunakan dalam ramuan untuk pengobatan herbal.

Namun, ginseng juga diperkirakan bisa meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian mengatakan bahwa ekstrak ginseng merah memiliki efek positif pada orang dengan masalah tidur.

Partisipan yang mengikuti penelitian tersebut mengalami kualitas tidur yang lebih baik setelah mengonsumsi ekstrak  ginseng selama seminggu.

Selain meningkatkan kualitas tidur, ginseng juga dipercaya mampu meningkatkan energi, melawan stres, dan menangani impotensi.

Ikan berlemak

Siap tak suka ikan berlemak seperti tuna, salmon, atau mackerel? Teksturnya yang berlemak dan rasanya yang enak membuat ikan ini banyak dikonsumsi orang.

Hebatnya, di balik rasanya yang enak, ikan-ikan berlemak tersebut juga memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan lho, terutama untuk membantu meningkatkan kualitas tidur.

Ikan berlemak memiliki vitamin D dan asam lemak omega-3 yang sehat khususnya asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

EPA dan DPA memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan. Apabila dikombinasikan dengan vitamin D, ketiganya berpotensi meningkatkan kualitas tidur karena meningkatkan produksi serotonin.

Sebagai makanan membantu tidur, kamu bisa makan beberapa gram ikan berlemak sebelum tidur agar kamu bisa tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

BACA JUGA: Ini 9 Makanan Paling Sehat Di Dunia, Mulai Gaya Hidup Lebih Baik Yuk!

Kiwi

Kiwi adalah buah yang rendah kalori dan sangat bergizi. Kiwi juga merupakan buah yang dipercaya sebagai salah satu makanan membantu tidur.

Dikutip dari Healthline, mengonsumsi kiwi sebelum tidur dapat membantu kamu tidur lebih cepat dan nyenyak.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur setiap malam tidur lebih cepat dibangingkan ketika mereka tidak makan apa pun sebelum tidur.

Selain itu, antioksidan dan anti-inflamasi dalam kiwi seperti vitamin C dan karotenoid juga diperkirakan memiliki peran dalam membantu kamu untuk cepat tidur.

Di samping sebagai makanan membantu tidur, kiwi juga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, berpotensi mengurangi peradangan, dan menurunkan kolesterol.

Nasi

Orang Indonesia pasti doyan kalau tahu nasi adalah salah satu makanan membantu tidur. Pasalnya, nasi putih memiliki indeks glikemi yang tinggi. Setidaknya, makan nasi 1 jam sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Hanya saja, terlepas dari potensi yang mungkin dimiliki oleh makan nasi putih dalam membantu kamu tidur, lebih baik konsumsi nasi dalam jumlah sewajarnya saja.

Minuman Membantu Tidur

makanan membantu tidur

Unsplash/Irene Ivantsova

Teh kamomil

Banyak orang minum teh kamomil untuk mengobati insomnia karena efeknya yang menenangkan. Menurut Medical News Today, efeknya pada tidur berasal dari kandungan flavonoidnya.

Kandungan flavonoid tersebut mampu mengikat reseptor benzodiazepine di otak yang memiliki efek sedatif sehingga membuat kamu lebih rileks dan mengantuk.

Selain sebagai teh, kamu juga bisa menggunakan kamomil untuk membantu tidur dengan cara menghirup atau mengoleskan minyak esensial kamomil ke kulit.

Di samping sebagai makanan membantu tidur, kamomil juga dipercara bisa membantu pencernaan, menenangkan dan menyembuhkan kulit, melemaskan otot, dan meredakan sakit kepala.

BACA JUGA: Ini Dia 9 Coklat Termahal Di Dunia, Cuma Bisa Dinikmati Segelintir Orang!

Teh Lavender

Tisane lain yang bisa membantu kamu untuk tidur adalah lavender. Tanaman harum yang biasa digunakan untuk membuat obat, parfum, dan minyak ttu dianggap memiliki efek yang menenangkan dapat membantu tidur.

Teh lavender dibuat dengan cara menyeduh kuncup bunga lavender dalam air. Tidak hanya sering dinikmati sebagai teh sebelum tidur yang menenangkan, beberapa penelitian juga mendukung bahwa lavender dapat meningkatkan relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur.

Susu

Kamu mungkin pernah minum segelas susu hangat sebelum tidur agar cepat mengantuk. Ini adalah tradisi yang turun temurun sebagai cara untuk relaksasi.

Hal ini dikarenakan susu memiliki senyawa tertentu yaitu triptofan dan melatonin. Kedua senyawa tersebut dipercaya dapat membantu kamu tertidur.

Triptofan adalah asam amino yang ditemukan dalam berbagai makanan yang mengandung protein. Ini memainkan peran penting dalam produksi neurotransmitter yang dikenal sebagai serotonin.

Di sisi lain, serotonin memiliki kemampuan untuk meningkatkan mood, membantu relaksasi, dan berfungsi sebagai prekursor dalam produksi hormon melatonin.

Meskipun begitu, hingga saat ini belum ada bukti yang menunjukkan bahwa satu gelas susu mengandung cukup triptofan atau melatonin untuk membantu kamu tidur secara signifikan.

Beberapa orang percaya bahwa efek mengantuk yang dihasilkan setelah minum susu adalah efek psikologi.

Mau staycation buat healing? Menginap di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles