Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jangan Sampai Salah Sebut! Intip 10 Makanan Luar Negeri Mirip Makanan Indonesia Berikut Ini

Serupa tapi tak sama

Bobobox.co.id — Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki makanan yang beraneka ragam. Keragaman inilah yang menjadikan makanan Indonesia berbeda dengan negara-negara lain khususnya negara di Eropa dan Amerika.

Namun, siapa sangka jika ada juga makanan luar negeri mirip makanan Indonesia. Makanan-makanan tersebut memiliki banyak persamaan dengan makanan yang biasa kamu santap di Indonesia.

Walaupun begitu, tentu saja ada perbedaan dari makanan luar mirip makanan Indonesia. Perbedaannya sendiri biasanya terlihat dari tekstur, topping, hingga cara pembuatan makanan-makanan tersebut.

Nah, kira-kira makanan luar negeri apa saja yang disebut-sebut mirip makanan Indonesia? Intip 10 makanan luar negeri mirip makanan Indonesia berikut ini. Jangan sampai salah sebut lagi, ya!

Risotto – Bubur Ayam

Makanan luar negeri mirip makanan Indonesia pertama adalah risotto dan bubur ayam. Secara penampilan, keduanya memiliki persamaan di mana memiliki teksur yang agak lembek.

Tak hanya itu, kedua makanan tersebut menggunakan beras sebagai bahan baku makanannya. Topping yang digunakan relatif sama karena adanya tambahan sayuran dan juga daging di atas makanannya.

Namun, ada sedikit perbedaan dari keduanya. Risotto, makanan yang berasal dari Italia, kerap disajikan dengan bentuk yang relatif terlihat seperti nasi tapi dalam keadaan lembek. Berbeda dengan bubur yang cenderung benar-benar lembek.

@julienpian via unsplash.com / sajiansedap.grid.id

Meatball – Bakso

Makanan luar negeri mirip makanan Indonesia berikutnya adalah meatball dan bakso. Bahkan, untuk yang satu ini, ada miskonsepsi yang rasanya perlu diketahui oleh banyak orang yang menggangap keduanya sama.

Secara umum, bakso biasanya diartikan dalam bahasa Inggris sebagai meatball. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang sebenarnya terlihat kentara. Perbedaan tersebut ada pada rasio dagingnya.

Meatball sendiri hampir sebagian besar berisikan daging giling dengan tambahan bahan lainnya yang relatif sedikit. Berbeda halnya dengan bakso yang rasio daging gilingnya tak sebanyak meatball.

@itssammoqadam via unsplash.com / IStockkphoto via tirto.id

Kakiage – Bakwan

Bakwan merupakan salah satu camilan yang mudah sekali kamu temukan. Nah, makanan satu ini pun ternyata memiliki kemiripan dalam bentuknya dengan makanan yang berasal dari negeri samurai, Jepang.

Makanan luar negeri mirip makanan Indonesia yang dimaksud adalah kakiage. Keduanya memiliki persamaan di mana kedua makanan tersebut terbuat dari irisan sayur dan adonan tepung beras.

Hal yang membedakan keduanya adalah tekstur kakiage yang lebih garing. Berbeda halnya dengan bakwan, bakwan sendiri kerap kali ditemukan dengan tekstur yang lebih tebal walaupun beberapa ada yang garing.

via greatbritishchefs.com / dapurkobe.co.id

Yakisoba – Bakmi Jawa

Bakmi Jawa merupakan salah satu hindangan malam yang cukup populer di daerah Solo hingga Yogyakarta. Nah, kelezatan bakmi jawa ini terletak dari aroma khasnya yang menggugah selera.

Nah, saat kamu liburan ke Jepang, mungkin kamu akan menemukan makanan mirip dengan bakmi Jawa. Makanan luar negeri mirip makanan Indonesia tersebut adalah yakisoba.

Sajian ini sendiri terbuat dari soba yang ditumis. Tambahannya sendiri hampir mirip dengan bakmi jawa. Sayur serta daging sapi atau ayam menjadi pelengkap dari makanan yang biasa disajikan bersama tempura ini.

via asianinspirations.com.au / reddoorz.com

Serabi – Pancake

Orang Eropa dan Amerika biasanya akan menyantap pancake sebagai salah satu makanan dalam menu sarapan mereka. Orang Indonesia pun kerap kali memakan makanan yang mirip dengan pancake untuk sarapan.

Makanan tersebut adalah serabi. Dari tampilan keduanya, pancake dan serabi memang memiliki kemiripan. Bentuknya yang bundar dengan rasanya yang manis adalah beberapa hal persamaan.

Pembeda makanan luar negeri mirip makanan Indonesia terletak pada topping dan media memasaknya. Serabi lebih bervariasi dengan adanya serabi telur untuk memberikan menu tambahan pada serabinya.

@mparzuchowski via unsplash.com / dapurkobe.co.id

Japchae – Bihun Goreng

Saat membeli nasi kuning, bihun goreng seringkali dijadikan sebagai lauk pendamping seporsi nasi kuning yang kamu beli. Nah, makanan ini disebut-sebut mirip dengan sajian Korea Selatan, japchae.

Tampilan dari kedua makanan tersebut sangat mirip. Kamu bakal menemukan perbedaannya saat kamu benar-benar memerhatikan keduanya. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan bihun yang digunakan.

Bihun khas Korea atau dangmyeon berukuran lebih besar dan transparan. Selain itu, japchae pun biasanya ditumus bersamaan dengan daging sapi dan jamur. Sedangkan bihun goreng, lebih menggunakan sayur.

via seriouseats.com / primarasa.co.id

Gangjeong – Jipang

Bagi anak-anak zaman sekarang, jipang rasanya jarang terdengar gaungnya. Walaupun begitu, bagi generasi 90an, jajanan ini termasuk salah satu makanan yang cukup populer di masanya.

Nah, makanan tersebut tak hanya ada di Indonesia saja. Kamu pun bisa menemukannya di negeri gingseng. Gangjeong, jajanan tradisional dari Korea Selatan ini begitu mirip dengan jipang dari Indonesia.

Perbedaan makanan luar negeri mirip makanan Indonesia pun sulit untuk dibedakan. Bahan baku gula mungkin menjadi pembeda di mana jipang menggunakan gula jawa dan gangjeong menggunakan gula cair.

via maangchi.com / bukalapak.com

Sushi – Lemper

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang mempunyai penggemarnya di Indonesia. Nah, makanan tersebut disebut-sebut mirip dengan makanan dari Indonesia yakni lemper.

Makanan luar negeri mirip makanan Indonesia terbuat dari nasi yang dibungkus seperti halnya lemper. Perbedaannya terletak pada pembungkus dan isi dari kedua makanan tersebut.

Sushi dibungkus dengan menggunakan rumput laut bersama isian seperti tuna, timun, dan lainnya. Sedangkan lemper, makanan ini dibungkus daun pisang dengan isian berupa suwiran ayam.

via insider.com / Diadona via kumparan.com

Crepes – Leker

Makanan luar negeri mirip makanan Indonesia adalah crepes dan leker. Kedua makanan ini memiliki bentuk yang persis dan rasa yang sama. Tak heran jika kamu akan kesulitan dalam membedakan keduanya.

Bahan baku untuk membuat kedua camilan ini pun sama yakni tepung terigu, susu, telur, dan gula. Hal yang memungkinkan untuk membedakan keduanya adalah lapisan dari kedua camilan ini.

Leker biasanya hanya memiliki satu lapisan kulit saja. Nah, crepes sendiri memiliki lapisan yang lebih tebal dibanding leker. Oleh karenanya, crepes akan terlihat lebih besar jika disandingkan dengan leker.

@delaneyvan via unsplash.com / Hakim Santoso via hot.liputan6.com

Salad Sayur – Gado Gado

Makanan luar negeri mirip makanan Indonesia terakhir adalah salad sayur dan gado-gado. Kedua makanan tersebut mengambil bahan dasar sayur yang relatif sama untuk membuat keduanya.

Misalkan saja, salad sayur berisikan sayuran hijau seperti daun selada, tomat, daun kale, jagung, dan lainnya. Sedangkan, gado-gado menggunakan kacang panjang, taoge, kangkung, timun, dan lainnya.

Untuk sausnya, salada sayur biasanya ditemani oleh mayones. Lain halnya dengan gado-gado. Gado-gado biasanya akan ditemani oleh sambal kacang dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda.

via simakterus.com / realfood.tesco.com

Menginap sambil Dekat dengan Alam? Ya di Bobocabin

Mari hilangkan penat dari rutinitasmu sehari dengan menginap di Bobocabin. Salah satu penginapan kekinian ini siap memberikan momen yang mampu mengisi kembali energimu untuk jadi yang terbaik.

Bobocabin pertama sendiri berada di salah satu tempat wisata di Bandung Selatan yakni Ranca Upas. Bagi kamu orang Bandung, langsung saja arahkan kendaraanmu ke Ranca Upas, ya!

Untuk informasi lebih lanjut, klik link ini ya. Tak lupa juga Bob mengingatkan jika kamu bisa mendapatkan aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

Interior Bobocabin

 

You might also like