Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ayam Woku, Cakalang, dan 7 Masakan Khas Manado Lezat Lainnya! Masak Sama Bob, Yuk?

Yang mana masakan khas Manado kesukaanmu?

Manado merupakan salah satu kota di nusantara yang dianugerahi kekayaan kuliner yang luar biasa lezat. Mulai dari ikan cakalang, ayam woku, dan makanan khas Manado lainnya yang pasti akan berhasil menggoyang lidahmu.

1. Cakalang Fufu

makanan khas Manado

(Image by @misshotrodqueen via Instagram)

Ikan cakalang atau tongkol putih merupakan salah satu makanan khas Manado yang sangat populer di tanah air. Banyak sekali makanan khas Manado yang menggunakan ikan cakalang sebagai bahan utamanya, sebab ikan cakalang banyak ditemukan di perairan Manado.

Olahan dari ikan cakalang yang paling terkenal adalah cakalang fufu. Makanan khas Manado ini dibuat dari ikan cakalang segar yang kemudian dibelah dua dan dilumuri bumbu, lalu diasapi.

Karena melewati proses pengasapan, ikan cakalang fufu dapat bertahan sampai satu bulan di suhu ruang. Ikan cakalang yang sudah diasapi tersebut dapat juga diolah menjadi berbagai menu masakan, seperti cakalang fufu santan atau cakalang fufu saus.

Makanan khas Manado satu ini juga sering dijadikan sebagai buah tangan oleh para wisatawan. Kamu bisa mendatangi pasar tradisional untuk membeli cakalang fufu yang sudah siap di-packing.

2. Ayam Woku Belanga

makanan khas Manado

(Image by @iindapur via Instagram)

Makanan khas Manado selanjutnya adalah ayam woku belanga. Woku sendiri merupakan bumbu khas Manado yang terbuat dari berbagai macam bahan yaitu cabai merah, cabai hijau, bawang merah, bawang putih, jahe, serai, kunyit, daun jeruk, daun kunyit, daun kemangi, daun pandan, daun bawang, tomat, air perasan jeruk nipis, serta bahan-bahan lainnya yang membuat bumbu ini beraroma wangi dan bercitarasa pedas.

Ayam dan bumbu woku tersebut kemudian dimasak dalam belanga yang terbuat dari tanah liat. Sekilas, ayam woku hampir mirip dengan ayam tuturuga yang juga merupakan makanan khas Manado. Bedanya, ayam tuturuga dimasak menggunakan kuah santan, sedangkan ayam woku tidak menggunakan santan.

Selain ayam, beberapa jenis ikan pun dapat diolah menjadi makanan khas Manado satu ini, seperti ikan nila, ikan kerapu, ikan mas, dan lain-lain. Selain ikan, kamu juga bisa menggunakan udang atau kepiting sebagai bahan dasarnya.

3. Tinutuan (Bubur Manado)

makanan khas Manado

(Image by @angel_budiawan via Instagram)

Tinutuan atau bubur Manado merupakan salah satu makanan khas Manado yang cukup populer dan disukai banyak orang. Seperti namanya, yaitu tinutuan yang berarti campur aduk, maka jangan heran jika melihat tampilan tinutuan yang semua bahannya dicampur jadi satu.

Bahan-bahan dari makanan khas Manado satu ini di antaranya adalah beras, santan kental, jagung manis, labu kuning, ubi jalar, bayam, daun melinjo, dan daun kemangi. Tak lupa ditambah dengan beberapa bumbu seperti garam, daun salam, dan serai.

Berbeda dengan bubur pada umumnya, bubur Manado biasanya disajikan dengan berbagai lauk. Lauk yang cocok untuk disantap dengan makanan khas Manado yang satu ini biasanya adalah tempe, tahu, ikan asin jambal, atau dabu-dabu terasi.

4. Sambal Roa

makanan khas Manado

(Image by @dayasundari via Instagram)

Bukan makanan khas Manado namanya kalau tidak pedas. Lidah orang Manado memang sepertinya tidak dapat lepas dari citarasa pedas, hingga ada banyak macam-macam sambal yang lahir di Tanah Minahasa ini, salah satunya adalah sambal roa.

Sambal roa merupakan sambal yang sangat khas karena salah satu bahan dasarnya adalah ikan. Sesuai namanya, sambal ini terbuat dari ikan roa yang sebelumnya telah diasap hingga kering. Ikan roa tersebut kemudian dicampur dengan cabai, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam serta gula, lalu ditumbuk hingga sangat halus dan ditumis dengan sedikit minyak.

Sambal satu ini cocok untuk melengkapi berbagai makanan khas Manado lainnya. Contohnya, sambal roa sangat pas sebagai pelengkap saat menyantap tinutuan atau bubur Manado.

5. Dabu-Dabu

makanan khas Manado

(Image by @bigtummy_culinary via Instagram)

Sambal khas Manado yang juga sering dipadukan dengan makanan khas Manado lainnya adalah sambal dabu-dabu. Sekilas, sambal khas Manado satu ini mirip dengan sambal matah khas Bali.

Dabu-dabu atau sambal iris merupakan sambal khas Manado yang terbuat dari irisan cabai rawit merah, cabai rawit hijau, bawang merah, dan tomat merah, yang kemudian ditambahkan dengan perasan air jeruk nipis, garam dan minyak zaitun.

Cita rasa yang dihasilkan dari sambal dabu-dabu ini adalah asam dan sangat pedas, sehingga sangat pas untuk dipadukan dengan makanan khas Manado lainnya. Contohnya, ikan bakar, sup kacang merah, daging sayur, ataupun bubur Manado.

Terdapat beberapa macam sambal dabu-dabu yang bisa kamu temui di Manado, di antaranya adalah dabu-dabu bakar, dabu-dabu lemong, dabu-dabu iris, serta dabu-dabu lilang.

6. Rica-Rica

makanan khas Manado

(Image by @numpangsaveresep.id via Instagram)

Sambal atau bumbu makanan khas Manado lainnya yang juga sangat populer adalah rica-rica. Salah satu masakan olahannya yang paling dikenal di tanah air adalah ayam rica-rica.

Dalam bahasa Manado, kata “rica” sendiri berarti pedas atau cabai. Maka dari itu, ayam rica-rica merupakan masakan khas Manado yang dibuat dengan menggunakan bumbu cabai dan menghasilkan cita rasa pedas yang tentu saja lezat.

Selain sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat, makanan khas Manado satu ini pun akan bertambah kelezatannya jika ditambah dengan perasan air jeruk nipis yang akan menambah cita rasa asam segar.

7. Pampis

makanan khas Manado

(Image by @dapuruniola via Instagram)

Makanan khas Manado selanjutnya yang juga wajib kamu coba adalah pampis. Masakan tradisional dari Tanah Minahasa ini merupakan sebuah masakan yang dibuat dari ikan cakalang kukus yang disuwir-suwir dan dimasak bersama bumbu khas Manado yang telah ditumis.

Bahan yang diperlukan untuk membuat makanan khas Manado satu ini di antaranya adalah bawang merah, bawang putih, jahe, cabai rawit, cabai merah, minyak kelapa, serai daun bawang, garam, dan tentu saja ikan cakalang.

Berbeda dengan cakalang fufu yang diasap, cakalang untuk dibuat pampis hanya dikukus dan dimasak kering. Jika tidak ada ikan cakalang, pampis juga bisa dibuat dari berbagai jenis ikan berdaging tebal lainnya.

Makanan khas Manado satu ini bisa kamu santap langsung dengan nasi. Namun, orang Manado biasanya menjadikan cakalang pampis ini sebagai isian berbagai makanan khas Manado lainnya, contohnya panada.

8. Panada

makanan khas Manado

(Image by @kumpulanresepmasak via Instagram)

Nah, kalau makanan yang satu ini beda dari makanan khas Manado lainnya, karena makanan ini adalah sejenis kue dan biasa dijadikan kudapan. Sekilas, tampilan atau bentuk panada memang mirip dengan kue pastel. Namun, ternyata kedua kue ini memiliki perbedaan, baik dari kulit maupun isinya.

Berbeda dengan pastel, kulit panada dibuat dari bahan yang mirip dengan roti. Isiannya pun bukan dari bihun dan sayuran, melainkan dari makanan khas Manado, yaitu ikan cakalang atau bisa juga cakalang pampis. Jika tidak ada cakalang, tentu bisa juga diganti dengan ikan lainnya yang sejenis.

9. Nasi Jaha

makanan khas Manado

(Image by @roa.manadonesefood via Instagram)

Makanan khas Manado yang terakhir dan mungkin belum sering kita dengar adalah nasi jaha. Nasi jaha merupakan makanan yang berbahan dasar beras ketan dan santan.

Kedua bahan tersebut kemudian dimasak, lalu dimasukkan ke dalam bambu yang telah dilapisi daun pisang dan dipanggang dengan kayu bakar. Sekilas memang mirip dengan lemang dari Sumatera Barat, ya.

Nasi jaha biasa disantap dengan berbagai makanan khas Manado lainnya, seperti ayam tuturuga, perkedel jagung, atau sambal dabu-dabu. Dimakan tanpa lauk pun, nasi jaha tetap terasa enak dan gurih juga, lho. Oiya, orang Manado biasanya menyantap nasi jaha sebagai sarapan.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Habis makan enak masakan khas Manado? Enaknya santai-santai dan istirahat, dong. Bosan santai-santai di rumah aja? Mau ke hotel, tapi gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Happy staycation!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like