Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Makanan Khas Jawa Timur Paling Populer Wajib Dijajal

Dijamin lezat dan bikin nagih

Bobobox.co.id — Liburan di bagian timur Pulau Jawa rasanya tak lengkap tanpa mencicipi makanan khas Jawa Timur. Pasalnya, makanan khas Jawa Timur terkenal akan cita rasa yang gurih dan pedas.

Walaupun cenderung pedas, kamu yang bukan pencinta makanan pedas tak akan sampai kepedasan. Bahkan, bisa jadi kamu malah ketagihan dengan cita rasa yang ditawarkan makanan khas Jawa Timur ini.

Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkap mengenai makanan khas Jawa Timur yang wajib kamu jajal selagi berada di provinsi tersebut beriku ini.

Makanan Khas Jawa Timur Wajib Dijajal

1. Rawon

Makanan khas Jawa Timur wajib dijajal pertama adalah Rawon. Termasuk salah satu hidangan tertua dalam sejarah Jawa Kuno, makanan ini memiliki ciri khas di mana kuahnya yang berwarna hitam pekat.

Warna hitam pekat tersebut berasal dari bumbu khas yakni kluwek. Biasanya, dalam semangkuk rawon, daging sapo bertekstur empuk disajikan bersama dengan taoge, telur asin, serta kerupuk udang.

Walaupun begitu, beberapa daerah di luar Surabaya menyajikan rawon yang cukup berbeda. Misalkan saja, rawon Pasuruan menambahkan sate komoh sebagai pelengkap pada rawon yang disajikan.

Rawon makanan khas Jawa Timur
Rawon via unileverfoodsolutions.co.id

2. Rujak Cingur

Satu lagi makanan khas Jawa Timur yang berasal dari Surabaya. Selain rawon, kamu pun bisa menikmati kelezatan yang ditawarkan oleh makanan tradisional yang mudah ditemukan di Jawa Timur, rujak cingur.

Dalam bahasa Jawa, ‘cingur’ memiliki arti ‘mulut’. Hal tersebut merujuk pada bahan cingur atau bibir sapi yang membuat rujak cingur berbeda dengan makanan rujak yang biasanya kamu temukan.

Makanan khas Jawa Timur ini biasanya berisikan irisan tempe, tahu, timun, taoge, dan lainnya. Penyajiannya ada dua macam yakni penyajian ‘biasa’ dan ‘matengan’ yang bisa dipilih sesuai selera.

Rujak cingur makanan khas Jawa Timur
Rujak cingur via makanlagi.com

3. Lontong Balap

Saat pertama kali mendengar namanya, kamu tentu heran mengapa dinamai lontong balap. Pemberian nama tersebut berasal dari para penjual lontong yang saling berebut pelanggan layaknya sebuah balapan.

Untuk penyajiannya, makanan khas Jawa Timur ini terdiri dari lontong yang diberi irisan tahu, remasan lentho, serta taoge. Ditambah siraman kuah gurih yang khas, selera makanmu bakal tergugah dibuatnya.

Jika tertarik, ada baiknya untuk mencoba lontong balap di kawasan Jalan Kranggan, Surabaya. Mulai dari kaki lima hingga tempat makan permanen, bisa kamu datangi yang kelezatannya tak perlu diragukan.

Lontong balap makanan khas Jawa Timur
Lontong balap via shutterstock/tridrian

Baca Juga: Ini Dia 10 Wisata Kuliner Solo 2021 Yang Harus Kamu Coba Saat Menginap Di Bobobox Solo Slamet Riyadi


4. Rujak Soto

Beralih dari Surabaya, makanan khas Jawa Timur lainnya datang dari Bayuwangi. Kabupaten berjarak 290 km sebelah timur Surabaya ini menawarkan kuliner khas yang jadi perpaduan rujak dan soto kuning.

Makanan tersebut adalah rujak soto. Kamu tentu bisa membayangkan bagaimana kombinasi rasa unik dan enak yang dihasilkan dari rujak petis dengan rasa terasi khas dan kuah soto kuning yang gurih.

Walaupun begitu, kombinasi makanan bisa cukup lazim di Jawa Timur. Di samping rujak soto, ada juga rujak bakso di kawasan Madura yang di mana rujaknya memiliki rasa yang cenderung asin.

Rujak soto makanan khas Jawa Timur
Rujak soto via shutterstock/Reezky Pradata

5. Soto Lamongan

Soto merupakan salah satu menu makanan yang bisa ditemukan di pedagang pecel lele di berbagai kota. Namun, saat liburan di daerah Jawa Timur, sempatkanlah untuk mencicipi soto Lamongan.

Pasalnya, soto Lamongan menawarkan perbedaan dengan soto pada umumnya. Perbedaan dari makanan khas Jawa Timur tersebut terletak pada tambahan koya yang membuat sotonya semakin gurih.

Koya sendiri adalah sejenis bubuk gurih berbahan dasar kerupuk udang dan bawang putih. Sekali mencicipi soto Lamongan, Bob jamin kamu bakal ketagihan dan menjadikannya sebagai makanan favoritmu.

Soto Lamongan makanan khas Jawa Timur
Soto Lamongan via sajian sedap

6. Sego Tempong

Makanan khas Jawa Timur lainnya yang tak boleh terlewatkan begitu saja adalah Sego tempong atau nasi tempong sendiri berasal dari Banyuwangi dan banyak dijual di warung-warung kecil.

Sego tempong sendiri terdiri dari sayuran rebus seperti bayam, kubis, dan kenikir beserta lauk. Tak hanya itu, kuliner khas ini tak melupakan sambal pedas yang disiram pada bagian atas sego tempongnya.

Saat pertama kali datang, kamu bakal disuguhi oleh bau kencur yang jadi ciri khas dari makanan ini. Sekali disantap, bersiaplah untuk mendapatkan kenikmatan dan pedas yang bakal menampar lidahmu.

Sego tempong makanan khas Jawa Timur
Sego tempong via Zaenul Muttaqin/Suara

Baca Juga: Jika Ke Medan Jangan Lupa Mencicipi 8 Wisata Kuliner Medan Berikut Ini!


7. Ayam Lodho

Sedang berkunjung ke tempat wisata di Tulungagung dan Trenggalek? Jangan sampai melewatkan untuk mencicipi kelezatan yang ditawarkan oleh makanan khas Jawa Timur yang ada di kedua kota tersebut.

Ayam lodho adalah kuliner khas yang berupa ayam goreng atau bakar bersantan khas. Santan kental yang dipadu dengan rempah-rempah pilihan menjadi keunikan tersendiri dari olahan ayam pada umumnya.

Biasanya, ada dua jenis ayam lodho yang biasa disajikan yakni dengan kuah encer dan kuah kental. Untuk mana yang paling enak, tinggal disesuaikan dengan selera karena keduanya sama-sama lezat, kok.

Lodho Ayam makanan khas Jawa Timur
Lodho Ayam via shutterstock

8. Tahu Tek

Surabaya ‘mengirimkan wakil’ makanan khas Jawa Timur yang cukup banyak dalam daftar Bob kali ini. Setelah yang tadi sudah Bob sebutkan, ada juga tahu tek yang bisa kamu cicipi selagi di kota pahlawan.

Dalam seporsi tahu tek, kamu bakal disuguhi oleh tahu goreng, kentang goreng, dan lontong yang dipotong kecil. Tak lupa juga tambahan tagoe dan acar mentimun dengan siraman bumbu kacang petis.

Sekali suap, kamu bakal merasakan percampuran rasa pedas, manis, dan gurih dari makanan khas Jawa Timur ini. Akan semakin lezat jika kamu memesan seporsi tahu tek dengan tambahan telur dadar.

Tahu tek makanan khas Jawa Timur
Tahu tek via shutterstock/SparklingOliveStudio

9. Bakso Malang

Saat menyebut kata ‘bakso’, Kota Malang kerap jadi kota yang dipikirkan. Saking melekatnya antara bakso dan Malang, kamu pun bisa dengan mudah menjumpai penjual bakso Malang di kota tempat tinggalmu.

Walaupun begitu, tak afdal rasanya jika tak mencoba bakso Malang langsung, Pasalnya, cita rasa dari makanan khas Jawa Timur ini tentu bakal lebih lezat apalagi di tempat kuliner legendaris Malang.

Semangkuk bakso Malang dihidangkan dengan kuah segar, mi kuning, dan berbagai isian. Isian baksonya bermacam-macam mulai dari siomay, gorengan, dan tahu goreng yang pastinya memanjakan lidah.

Bakso Malang makanan khas Jawa Timur
Bakso Malang via shutterstock/Randy Imanuel

Baca Juga: Bertualang Di Kota Malang? Jangan Lupa Kunjungi Destinasi Wisata Kuliner Legendaris Malang Berikut Ini!


10. Lontong Kupang

Makanan khas Jawa Timur terakhir yang wajib dijajal adalah Lontong Kupang. Walaupun namanya membawa nama Kupang, makanan ini justru biasa ditemukan di Surabaya, Sidoarjo, dan Pasuruan.

Kuliner satu ini berbahan dasar utama yakni kupang putih. Bagi kamu yang belum tahu, kupang putih merupakan sejenis kerang kecil seukuran beras yang mudah ditemukan di pinggir pantai.

Kerang putih tersebut kemudian dimasak dengan aneka macam bumbu. Setelah selesai dimasak, sajian makanan khas Jawa Timur ini bakal dihidangkan dengan lontong yang pastinya menggungah selera.

Lontong Kupang makanan khas Jawa Timur
Lontong Kupang via shutterstock/HW Photowork

***

Itulah tadi 10 pereda gatal gigitan serangga berupa minyak essensial yang bisa kamu coba di rumah.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya.

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di Blog Bobobox Indonesia.

Liburan di Malang? Menginap Saja di Bobobox Pods Alun-Alun Malang

Bingung pilih akomodasi saat sedang menghabiskan waktu liburan di Kota Malang? Langsung saja alihkan pandanganmu ke daerah Alun-Alun Malang di mana kamu bisa menginap di Bobobox Pods.

Hotel kapsul ini terkenal akan fasilitas mumpuni dengan harga inap yang terjangkau. Dengan begitu, dompetmu tak akan meronta-ronta karena harga bersahabat yang dipatok untuk satu malamnya.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh melalui link ini.

lorong bobobox kamar

You might also like