Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Nyam Nyam Nyam! 5 Makanan Khas Imlek Ini Akan Bikin Kamu Ngiler!

Perayaan Tahun Baru Cina Kurang Lengkap Tanpa 5 Makanan Khas Imlek Ini!

Nggak terasa perayaan Tahun Baru Cina sudah di depan mata! Tahun 2021 ini merupakan tahun kerbau logam. Siapa yang shio-nya shio kerbau? This year is the time for you to shine! Dalam budaya Tionghoa, menurut chinesenewyear.net, kerbau adalah salah satu hewan yang berharga karena perannya dalam bidang pertanian. Selain itu, kerbau juga dikaitkan dengan sifat pekerja keras dan jujur. Bahkan, individu dengan shio kerbau memiliki kemampuan berpikir logis yang baik dan bisa menjadi sosok pemimpin. Semoga kamu tetap menjadi pekerja keras yang jujur dan rajin, ya!

Nah, buat kalian yang merayakan Sin Cia, sudah persiapkan apa saja nih? Yang jelas sih, persiapan fisik harus dilakukan, ya, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Jaga kondisi tubuhmu dan konsumsi multivitamin supaya nggak gampang sakit. Jangan lupa bersihkan rumahmu agar makin cantik untuk menyambut keluarga yang berkunjung. Dengan suasana rumah yang bersih dan rapi, momen berkumpul dengan keluarga pun makin seru! Sudah berkeluarga? Siap-siap ditagih angbao oleh si kecil dan keponakan, ya!

makanan khas imlek
Sumber: TV Insider

Perayaan Sin Cia tentunya kurang lengkap tanpa sajian yang menggugah selera. Duh! Meja makan pasti penuh dengan berbagai makanan yang menggoda. Dari arah dapur, aroma-aroma sedap pasti sudah tercium. Hmm… Makanan khas Imlek memang lezat dan bikin nagih! Dari mulai yang asin-asin hingga yang manis-manis, siap-siap deh mulut nggak berhenti ngemil! Namun, pastikan esensi dari perayaan Tahun Baru Cina nggak sampai terabaikan, ya. Momen kebersamaan tetap harus kamu prioritaskan.


Baca Juga: Mengenal Perayaan Tahun Baru Imlek Dan Sejarahnya


Namun, makanan khas Imlek bukan sekadar pengisi perut, loh! Ada makna mendalam di balik sajian-sajian ini. Nah, Bob punya 5 pilihan makanan khas Imlek yang nggak boleh sampai terlewatkan dalam perayaan Tahun Baru Cina. Apa saja sih hidangannya? Check these out!

1. Siu Mie

Mi goreng memang bukan hidangan yang asing di telinga dan lidah kita. Namun, hidangan mi yang satu ini dijamin spesial. Perayaan Sin Cia selalu diwarnai oleh siu mie atau mi panjang umur. Berbeda dari hidangan mi goreng biasa, siu mie sengaja dibuat lebih panjang dengan tekstur yang kenyal. Sesuai namanya, dilansir dari Food Detik, mi ini melambangkan umur yang panjang, kebahagiaan, dan rezeki yang melimpah. Untuk memakannya pun, kamu nggak boleh menggigitnya supaya rezeki, kebahagiaan, dan usia nggak “putus” di tengah.

makanan khas imlek
Sumber: Medium

Siu mie sebenarnya merupakan sajian mi goreng dengan pelengkap yang banyak. Ada sayuran seperti sawi, wortel, dan kol. Hasil boga bahari seperti udang dan cumi pun sering kali ditambahkan. Hmm… Hati-hati ya yang punya alergi udang. Bumbu-bumbu yang digunakan pun cukup mudah ditemukan. Siapkan minyak wijen, kecap manis, merica, saum tiram, kecap asin, dan bawang putih. Saat memasak, kamu juga harus berhati-hati supaya mi tidak sampai putus. Tertarik buat mencoba masak sendiri?

Saat perayaan tahun baru Imlek juga banyak hal yang perlu kamu perhatikan, termasuk pantangan pantangan yang tidak boleh dilakukan! Yuk simak apa saja yang termasuk ke dalam pantangan pada hari Imlek!


Baca Juga: 10 Pantangan Imlek Yang Harus Dihindari Saat Merayakannya


2. Nian Gao

Makanan khas Imlek yang satu ini sih bisa ditemukan di mana-mana, terutama di toko swalayan. Dikenal pula dengan istilah kue keranjang atau dodol Cina, nian gao adalah primadona Sin Cia. Dengan tekstur yang lengket, nian gao melambangkan persaudaraan atau kekeluargaan yang erat, dilansir dari Kompas. Dalam bahasa Mandarin, kata “gao” (糕) merupakan homonim dari kata “gao” (高) yang berarti tinggi. Jadi, kue ini, dilansir dari The Woks of Life, pun menyimbolkan kemajuan dan kesuksesan di tahun mendatang.

makanan khas imlek
Sumber: Blibli

Kue lengket dan manis ini terbuat dari campuran beras ketan, air, dan gula. Panganan ini biasanya dibentuk menjadi semacam tabung pendek dengan diameter yang cukup besar. Namun, ada juga yang berbentuk silinder memanjang. Ada beragam cara menikmatinya. Kamu bisa membalut potongan kue dengan tepung terigu dan telur, kemudian menggorengnya. Oh, ya! Ternyata nian gao juga ada beberapa jenis, lho! Dilansir dari China Highlights, di daerah Tiongkok selatan, nian gao punya rasa asin dan bisa disajikan dalam bentuk sup. Wow!

3. Sam Seng

Seperti halnya empat sehat lima sempurna, makanan khas Imlek pun nggak luput dari sajian sumber protein. Bermakna tiga hewan, sam seng merupakan sajian persembahan untuk sembahyang perayaan-perayaan Tionghoa. Ada tiga daging yang digunakan dalam sajian ini, yaitu daging ikan, daging ayam, dan daging babi. Untuk daging ikan sendiri, biasanya ikan yang digunakan adalah ikan bandeng. Uniknya, ketiga simbol tersebut melambangkan keburukan. Loh, kok?

makanan khas imlek
Sumber: Saltwire

Dilansir dari Medium, ikan yang memiliki sisik ternyata dianggap seperti ular yang melambangkan kelicikan atau kejahatan. Ayam sendiri melambangkan keserakahan karena saat makan, sering berpindah-pindah. Sementara itu, babi melambangkan kemalasan. Nah, dengan memakan ketiganya, diharapkan seseorang dijauhkan dari ketiga sifat buruk tersebut. Oh, ya! Lucunya lagi, istilah ini ternyata punya makna lain di Singapura dan Malaysia. Menurut Urban Dictionary, sam seng berarti preman atau gangster. Waduh!

4. Yu Sheng

Suka yang segar-segar? Sajian yang satu ini adalah makanan khas Imlek yang wajib ada. Dilansir dari 99.co, yusheng terdiri atas irisan halus sayuran seperti lobak dan wortel, serta potongan ikan tuna atau salmon mentah. Sayuran dan daging ini dimarinasi terlebih dahulu dalam minyak wijen. Setelah itu, setiap bahan ditata di atas piring atau mangkuk besar. Sebagai dressing, ada saus yang terbuat dari minyak wijen, minyak goreng, bubuk kayu manis, gula, dan pasta buah prem. Duh! Pasti segar dan lezat banget, tuh!

makanan khas imlek
Sumber: Tempat.com

Yang seru adalah proses pencampuran bahan-bahannya. Dilansir dari Ini Baru. setiap anggota keluarga berkumpul mengelilingi meja makan. Dengan sumpit, setiap orang ikut mencampurkan bahan-bahan yusheng. Setelah itu, yusheng diangkat tinggi-tinggi. Konon, makin tinggi yusheng terangkat, makin tinggi pula keberuntungan atau kesuksesan yang diraih dalam setahun ke depan. Wah! Sepertinya butuh bantuan orang yang badannya tinggi nih!

5. Sup Delapan Bentuk

Makanan khas Imlek terakhir yang wajib ada dan dicoba adalah sup delapan bentuk. Eits! Sup ini nggak berbentuk segi delapan, kok! Yang dimaksud dengan “delapan bentuk” adalah delapan bahan yang digunakan. Dilansir dari Tabloid Bintang, sup ini menggunakan ikan, udang, teripang, kerang kering, abalone, kacang ginko, biji lotus, dan jamur hitam. Wah! Bahan-bahan dasarnya banyak juga, ya?

makanan khas imlek
Sumber: Pikiran Rakyat

Sup gurih ini punya tekstur yang menyerupai sup kepiting jagung. Dilansir dari Electrolux, delapan bahan sup melambangkan angka delapan yang tidak pernah terputus. Diharapkan dengan memakan sup ini, bisnis atau rezeki seseorang selalu lancar dan tidak terputus. Sup ini pun menjadi simbol kemakmuran dan harapan agar usaha atau bisnis bisa berkembang pesat dalam setahun kedepan. Amiin!

Itulah 5 makanan khas Imlek yang akan bikin kamu ngiler. Terlepas dari ada atau tidaknya makanan-makanan tersebut, yang terpenting adalah momen kebersamaannya. Manfaatkan perayaan Tahun Baru Cina sebagai momen untuk makin mengakrabkan diri dengan keluarga dan bertemu sanak famili. Jadikan juga perayaan ini sebagai waktu untuk berbenah diri dan menjadi sosok yang lebih baik lagi. Untuk kamu yang ingin meluangkan liburan Imlek, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah staycation di Bobobox.

Di Bobobox, kamu bisa berlibur dengan aman dan nyaman. Protokol kebersihan dan kesehatan diterapkan dengan ketat. Setiap pod juga dilengkapi tempat tidur yang besar, serta teknologi yang terintegrasi dengan perangkat seluler. Fasilitas seperti pantry, communal space, musala, dan shared bathroom akan memenuhi kebutuhanmu selama berlibur. Oh, ya! Sebelum berlibur, download dulu yuk aplikasi Bobobox ke ponselmu. Aplikasi gratis ini tersedia untuk platform iOS dan Android. Kamu bisa menggunakannya untuk melakukan reservasi, mendapatkan promosi, mengakses pod, hingga mengatur pencahayaan! Seru dan praktis deh!

You might also like