Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Kulit Tampak Lebih Cerah? Konsumsi 7 Makanan Kaya Probiotik Berikut Ini

Tak hanya untuk kesehatan kulit, lho!

Bobobox.co.id — Saat masalah pencernaan datang, kamu mungkin akan direkomendasikan untuk memakan makanan kaya probiotik. Pasalnya, bakteri ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Nah, selain mampu menjaga kesehatan pencernaan, probiotik pun identik dengan manfaatnya dalam upaya mempercerah kulit. Hal ini yang membuat probiotik dijadikan bahan penyusun skincare sekarang ini.

Pasalnya, manfaat dari mengonsumsi makanan kaya probiotik adalah kebaikan yang ditimbulkan untuk kesehatan kulit. Mulai dari mencerahkan kulit, mencegah jerawat, melembapkan kulit, hingga mencegah penuaan.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin kulit tampak lebih cerah, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan kaya probiotik. Jika kamu belum tahu makanan kaya probiotik apa saja yang wajib dikonsumsi, simak ulasannya berikut ini.

Yogurt

Makanan kaya probiotik pertama adalah yogurt. Yogurt sendiri merupakan salah satu makanan yang kerap kali digunakan sebagai salah satu menu dalam program menurunkan berat badan seseorang.

Dibalik khasiatnya yang mampu diet, yogurt pun memiliki khasiat lainnya yang tak kalah baik untuk kesehatan. Khasiat tersebut mampu membuat kulit tampak lebih cerah dan mencegah munculnya jerawat.

Khasiat tersebut tak lepas dari kandungan probiotik dalam yogurt. Makanan kaya probiotik ini pun baik untuk kesehatan pencernaan karena mampu meringankan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS).

Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Tak semua yogurt mengandung probiotik hidup. Beberapa kasus bakteri probiotik yang hidup tersebut telah mati saat proses pembuatan yogurt di pabrik.

makanan kaya probiotik yogurt
@wesual via unsplash.com

Tempe

Makanan kaya probiotik lainnya yang cocok dikonsumsi untuk mencerahkan kulit adalah tempe. Makanan yang cukup mudah diolah ini termasuk salah satu makanan yang mengandung probiotik tinggi.

Produk kedelai yang difermentasi ini tak hanya kaya akan probiotik. Tempat sendiri mengandung protein dan vitamin B12. Kedua kandungan tersebut biasa kamu temukan di berbagai produk susu dan daging.

Kandungan-kandungan tersebut memiliki manfaat yang berbeda-beda. Probiotik sendiri bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih cerah dan menuntaskan masalah kulit kering dengan melembabkan kulit.

Berbeda halnya dengan probiotik, kandungan protein dan vitamin B12 membuat tempe jadi pilihan tepat untuk vegetarian. Di luar itu, tempe pun diyakini memiliki antibiotik alami yang mampu menangkal jenis bakteri tertentu.

Nutrient via okezone.com

Kefir

Saat pertama kali melihatnya, kamu mungkin akan melihat minuman ini seperti yogurt. Kamu tidak salah karena makanan kaya probiotik ini memang merupakan saudara dari yogurt namun dengan karakter yang lebih kuat.

Nah, statusnya sebagai ‘saudara’ dari yogurt pun turun beberapa kandungan dan khasiat yang diberikan. Salah satunya adalah kefir ini terkenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan probiotik.

Bahkan, kandungan probiotik dalam kefir lebih baik dibandingkan yogurt. Kefir mengandung beberapa strain utama dari bakteri dan juga ragi yang bersahabat sehingga menjadikannya probiotik yang kuat dan beragam.

Tak mengherankan jika banyak orang yang menggunakan makanan kaya probiotik untuk dijadikan masker. Tak hanya itu, kefir pun disinyalir mampu membantu berbagiai masalah pencernaan dan alergi yang mungkin kamu derita.

via healthline.com

Kimchi

Bagi kamu para pencinta drama Korea, tentu sudah tak asing dengan salah satu makanan ini. Pasalnya, side dish khas negeri gingseng ini kerap kali muncul di banyak episode di berbagai judul drama Korea.

Makanan tersebut adalah kimchi. Dibalik rasanya yang pedas, kimchi sendiri memiliki banyak manfaat, lho. Manfaat yang didapat untuk kesehatan kulit dari kimchi adalah mampu memberi kelembapan hingga mencegah jerawat.

Manfaat tersebut bisa didapat dari adanya probiotik yang terkandung dalam kimchi. Dengan proses fermentasi pada pembuatannya, manfaat lainnya dari kimchi sama dengan yang diberikan oleh yogurt.

Selain bermanfaat untuk mencerah kulit, daya tahan tubuh pun bisa meningkatkan dengan mengonsumsi kimchi. Hal ini disebabkan oleh kandungan bawah putih dan lada yang berperan penting dalam hal tersebut.

via maangchi.com

Asinan Kubis

Sauerkraut adalah makanan kaya probiotik selanjutnya yang wajib dikonsumsi jika kamu ingin kulit cerah. Sauerkraut sendiri merupakan asinan kubis yang difermentasi oleh bakteri asam laktat.

Biasanya, makanan kaya probiotik sendiri dihidangkan sebagai makanan pendamping makanan di Eropa. Walaupun begitu, kamu pun sebenarnya bisa menemukan di beberapa tempat di Indonesia.

Tak hanya kualitas probitiknya yang begitu baik, sauerkraut pun terkenal akan kaya serta berbagai vitamin. Beberapa vitamin yang terkandung dalam makanan tradisional ini antara lain vitamin B, C, dan K.

Di lain sisi, sauekraut pun tinggi antioksidan lutein dan zeaxanthin yang berperan penting untuk kesehatan mata. Namun, pastikan sauerkraut yang dikonsumsi tidak dipasteurisasi karena bakteri hidupnya justru akan mati.

pavlofox-514753 via pixabay.com

Miso

Makanan kaya probiotik berikutnya untuk menjaga kesehatan kulitmu adalah miso. Miso adalah bumbu dapur asal Jepang yang dibuat secara tradisional dengan memfermentasi kedelai dengan garam dan koji.

Bumbu dapur ini paling sering digunakan untuk membuat sup miso. Sup miso sendiri merupakan salah satu sarapan populer di Jepang yang memiliki rasa gurih dan cocok sebagai makanan pembuka.

Kembali ke misonya, bumbu dapur ini terkenal sebagai makanan kaya probiotik. Oleh karenanya, ia mampu menjaga kulit dari dalam dengan bantuan probiotik, vitamin E, K, dan B12 yang terkandung dalam miso.

Selain itu, miso pun dilaporkan mengandung mangan, mineral, serta tembaga. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang makan porsi sup miso cukup banyak memiliki penurunan risiko stroke dan penyakit jantung.

via nippon.com

Kombucha

Makanan kaya probiotik terakhir adalah kombucha. Bagi kamu yang belum, kombucha sendiri merupakan salah satu jenis teh yang di mana tehnya adalah hasil dari fermentasi tes hitam dan teh hijau.

Teh kombucha ini sudah umum untuk dikonsumsi oleh banyak orang di berbagai negara di dunia, khususnya Benua Asia. Nah, salah satu alasannya adalah kombucha ini baik untuk kesehatan kulit dan jantung.

Makanan kaya probiotik ini akan baik untuk kesehatan kulit. Beberapa manfaat kombucha untuk kesehatan kulit antara lain menjaga elastisitas kulit, mencerahkan, serta detoksifikasi radikal bebas.

Di samping itu, kombucha pun baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Mulai dari menguatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari kanker, hingga mengurangi risiko penyakit jantung dan ginjal.

via arishtam.com

Menginap dengan Harga Terjangkau? Ya di Bobobox

Sedang bosan di rumah dan ingin mencari tempat untuk work from home yang nyaman dengan harga terjangkau? Jika iya, Bobobox adalah tempat yang kamu cari selama ini.

Selama di Bobobox, kamu akan dimanjakan fasilitas-fasilitas penunjang yang siap membantu dalam bekerja. Tidak hanya soal bekerja saja, pengalaman menginap yang akan didapat pun pastinya tetap terjamin.

Pemesanan dan informasi lebih lanjut bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

bobobox luas

You might also like