Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

makanan yang kaya akan kandungan vitamin D

Vitamin D sangat penting bagi tubuh kita. Yuk, simak makanan apa saja yang mengandung banyak vitamin D!

Jika ditanya tentang sumber vitamin D, jawannya identik dengan sinar matahari. Padahal, selain sinar matahari, vitamin D juga dapat diperoleh dari sejumlah makanan yang biasa kita temui sehari-hari.

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang memiliki fungsi penting untuk kesehatan tubuh. Salah satu fungsi vitamin D bagi tubuh adalah untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Tidak hanya itu, vitamin D juga bermanfaat untuk memaksimalkan fungsi otot, mengendalikan asupan kalsium dan fosfor dalam darah, membantu meminimalisir risiko serangan jantung hingga kanker, mencegah depresi, juga membantu tubuh dalam penyerapan kalsium dan magnesium.

Berbagai jenis makanan yang sudah Bob rangkum di bawah ini bisa jadi rekomendasi buat kamu agar bisa tetap memenuhi asupan vitamin D untuk tubuh, walau kamu tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup.

1. Ikan

makanan kaya akan Vitamin D

(Sumber: Pexels.com)

Ikan yang terkenal kaya akan asam lemak omega 3, juga ternyata merupakan sumber vitamin D yang baik. Ikan dengan kandungan vitamin D yang tinggi contohnya salmon, tuna dan makarel. Dalam 100 gram ikan salmon dan makarel terkandung 91 persen dari vitamin D harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Telur ayam

makanan kaya akan vitamin D

(Sumber: Pexels.com)

Selain kaya akan protein, telur ayam juga merupakan makanan sumber vitamin D yang baik lho. Dalam satu butir telur ayam terdapat 17 persen vitamin D harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Harganya yang relatif murah dan mudah didapat, menjadi alasan mengapa telur harus masuk ke dalam daftar makanan yang wajib kamu konsumsi secara rutin untuk memenuhi kebutuhan vitamin D kamu.

Kebanyakan orang yang sedang menjalani diet akan menghindari untuk memakan bagian kuning telurnya. Nah, perlu diingat, bahwa sumber vitamin D pada telur terdapat di bagian kuning telurnya. Jadi, sebaiknya tidak perlu khawatir mengkonsumsi telur secara utuh.

3. Tahu tempe

makanan kaya akan vitamin D

(Sumber: Pixabay.com)

Kedua jenis makanan ini merupakan salah satu makanan favorit dan khas di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, pasti kamu akan dengan mudah menemukan beragam olahan makanan tahu dan tempe yang menggugah selera.

Dengan harganya yang sangat terjangkau, manfaat yang dimiliki kedua makanan ini tidak main-main. Selain merupakan sumber protein nabati yang baik, tahu dan tempe juga kaya akan vitamin D.

Dalam 100 gram tahu dan tempe terkandung vitamin D sebanyak 26 persen untuk mencukupi kebutuhan harian tubuh.

4. Udang

makanan kaya akan vitamin D

(Sumber: Pexels.com)

Makanan laut yang terkenal lezat ini juga merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan vitamin D. 85 gram udang mengandung 32 persen vitamin D yang mampu mencukupi kebutuhan akan asupan vitamin D untuk tubuh kamu.

Selain kaya akan vitamin D, makanan laut satu ini juga kaya akan asam lemak omega 3, protein dan zinc yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Manfaat mengkonsumsi udang juga untuk membantu menjaga kesehatan tulang, mengurangi peradangan, juga dapat menurunkan kolesterol.

Namun sayang, meskipun lezat dan bergizi tinggi, beberapa orang malah tidak bisa makan udang karena alergi.

5. Tiram

makanan kaya akan vitamin D

(Sumber: Pexels.com)

Selain udang, makanan laut satu ini juga memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi. 85 gram tiram mengandung 68 persen vitamin D. Namun, sebelum mengkonsumsinya, pastikan dulu kalau kamu tidak memiliki riwayat alergi seafood, ya.

6. Oatmeal

makanan kaya akan vitamin D

(Sumber: Pexels.com)

Selain baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah, makanan satu ini juga ternyata mengandung vitamin D yang cukup tinggi.

Dalam takaran satu setengah cangkir oatmeal, terdapat 39 persen vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungannya yang kaya akan gizi menjadikan oatmeal salah satu makanan sehat yang baik untuk rutin dikonsumsi setiap hari. Mengkonsumsi oatmeal setiap sarapan juga efektif untuk meningkatkan energi sebelum beraktivitas sehari-hari.

Oatmeal juga sangat cocok untuk yang sedang diet, karena nutrisi yang dimiliki oleh makanan satu ini ternyata juga dapat menekan nafsu makan berlebih dan melancarkan pencernaan. Selain itu, mengkonsumsi oatmeal juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

7. Yoghurt

makanan kaya akan vitamin D

(Sumber: Pexels.com)

Bagi kamu penggemar yoghurt, ada kabar baik nih. Selain terkenal baik untuk pencernaan, diet, dan bahkan salah satu tips agar awet muda, makanan satu ini juga ternyata merupakan salah satu sumber vitamin D yang baik untuk tubuh.

Dalam secangkir yoghurt, kamu akan mendapatkan 20 persen vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Selain itu, yoghurt juga berfungsi untuk membantu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

8. Jamur

makanan kaya akan vitamin D

(Sumber: Pixabay.com)

Jamur juga merupakan salah satu makanan sumber vitamin D yang baik. Jamur yang kaya akan vitamin D adalah jamur liar yang terpapar sinar matahari. Mengkonsumsi jamur baik untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam darah.

Namun sayang, tidak semua jamur memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi. Sebut saja jamur yang memang sengaja dibudidayakan untuk dikomersilkan, biasanya mengandung kadar vitamin D yang rendah.

Karena biasanya jamur yang ditanam secara komersial tidak cukup terpapar sinar matahari. Sedangkan jamur memproduksi vitamin D lewat paparan sinar matahari, seperti halnya manusia.

9. Hati sapi

makanan kaya akan vitamin D

(Sumber: Pixabay.com)

Hati sapi merupakan makanan yang tinggi akan kandungan zat besi, vitamin B, dan asam folat, sehingga hati sapi terkenal ampuh sebagai makanan penambah darah. Namun, siapa sangka, hati sapi juga merupakan makanan yang kaya akan vitamin D dan baik untuk kesehatan tubuh.

10. Keju cheddar

makanan kaya akan vitamin D

(Sumber: Pexels.com)

Kalau kamu penggemar keju cheddar, ini adalah kabar baik untuk kamu. Produk olahan susu yang lezat ini juga ternyata merupakan sumber vitamin D yang baik untuk tubuh.

Selain mengandung vitamin D, makanan satu ini juga kaya akan vitamin lainnya seperti vitamin A, B12, E, dan K yang baik untuk melawan radikal bebas sehingga tubuh kita terhidar dari kanker.

Apa saja akibatnya jika tubuh kekurangan vitamin D?

Perlu diingat bahwa peran vitamin D sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Jika tubuh kekurangan vitamin D maka tubuh akan mengalami sejumlah gangguan kesehatan.

Gangguan kesehatan yang akan muncul akibat tubuh kekurangan vitamin D contohnya adalah penyakit rakhitis, yaitu penyakit yang menyebabkan tulang menjadi mudah rapuh.

Selain itu, kekurangan vitamin D juga dapat meningkatkan risiko kanker, serangan jantung, asma, hipertensi, hingga penyakit alzheimer.

Karena itu, sangat penting untuk selalu memenuhi asupan vitamin D serta nutrisi lainnya secara seimbang agar tubuh tetap sehat.

Selalu happy staycation di Bobobox!

Bosan dengan hotel yang konsepnya gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Happy staycation!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.