Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengenal Makanan Kari dari Berbagai Negara di Dunia

Cari tahu makanan kari yang terkenal di 5 negara ini!

Makanan kari bukanlah hal yang asing di Indonesia. Hampir semua orang pasti sudah pernah merasakan olahan makanan berbumbu rempah tersebut. Dari mulai kari lontong kari, kari kambing, kari ayam, hingga makanan kari yang lainnya.

Konon, kari berasal dari India karena diambil dari kata “kari” yang dalam bahasa Tamil India berarti saus pendamping nasi. Saus tersebut dibuat dari campuran rempah-rempah dan daun dari pohon kari atau Murraya koenigii.

Namun, menurut situs The Spruce Eats, ditemukan bukti bahwa pada ke-14, zaman kekuasaan Raja Richard II, koki di Inggris juga sudah membuat makanan kari.

Perdagangan yang luas kala itu membuat kari menyebar ke berbagai negara dan mengalami modifikasi sesuai dengan selera daerah tiap negara. Oleh karena itu, kini kehadiran kari bisa kita lihat hampir di seluruh belahan dunia, tak terbatas hanya di Asia saja.

Nah, daripada penasaran mending langsung aja kita simak makanan kari yang ada di berbagai negara. Jangan ke mana-mana ya!

India dan ayam mentega

makanan kari
Photo by chuttersnap on Unsplash

Sebagai negara yang diduga sebagai tempat asal kari, sudah jelas kalau India memiliki banyak jenis makanan kari. Namun, dari sekian banyak ragamnya, salah satu yang paling terkenal adalah murgh makani atau ayam mentega.

Makanan kari ini adalah ayam yang dibumbui dengan yoghurt dan dimasak di pemanggang tanah liat/tandoor. Namun, ayamnya bisa juga dipanggang di oven biasa atau teflon. Setelah masak, ayam dibanjur dengan saus kari tebal yang terbuat dari ayam, bawang bombay, dan rempah-rempah lain seperti garam masala, kunyit, atau merica.

Makanan khas India ini pertama kali dibuat oleh juru masak Kundan Lal Gujral pada tahun 1948. Sebenarnya ayam mentega ini tidak sengaja dibuat, berawal dari inisiatif Kundan dan dua orang lainnya untuk mencampur ayam sisa kemarin ke dalam saus tomat yang kaya akan mentega dan krim.

Nasi kari khas Jepang

makanan kari
Photo by Stefen Tan on Unsplash

Makanan kari dari Jepang sudah tidak asing lagi ditemukan di Indonesia. Tekstur sausnya yang tebal namun ringan biasanya dicampur dengan potongan sayuran dan irisan daging. Setelah itu dituang ke atas nasi putih.

Karinya dibuat dari rempah-rempah yang dicampur ke dalam roux, campuran tepung dan lemak (biasanya butter atau mentega) yang membuat sausnya menjadi kental. Makanan ini dikenal juga dengan nasi kari. Selain nasi kari, makanan kari yang cukup terkenal dari Jepang lainnya adalah kari katsu (potongan daging).

Daging yang sudah dilapisi tepung digoreng lalu dipotong-potong. Setelah itu disajikan di atas semangkuk nasi dan dibanjur dengan saus kari. Bagi orang Jepang, makanan kari ini adalah comfort food mereka. Semua orang bisa memakannya tanpa mengenal kelas ekonomi.

Tikka masala yang populer di Inggris

makanan kari
Photo by amirali mirhashemian on Unsplash

Dari Asia, kita mampir dulu sebentar ke Eropa. Sebenarnya menemukan makanan kari di Inggris tidaklah aneh karena negara tersebut pernah menjajah India, negara yang terkenal dengan rempah-rempahnya. Ekspor kari dan imigran India yang pindah ke Inggris membuat makanan ini populer di sana. Salah satunya adalah ayam tikka masala.

Pada dasarnya, makanan kari yang satu ini mengadaptasi ayam mentega asal India yang sudah disebutkan sebelumnya. Baik dari cara memasak hingga penampilannya. Ayam tikka masala terdiri dari ayam tanpa tulang yang sudah dimarinasi dengan yoghurt lalu dipanggang di oven.

Setelah itu, saus kari yang kental dituang di atasnya. Tidak ada resep standar dari saus karinya karena setidaknya ada 50 resep yang berbeda. Hanya saja, bahan-bahan yang umum digunakan adalah tomat, daun seledri, dan tentu saja rempah masala yang menjadi bintang utamanya.

Meskipun bukan makanan kari khas Inggris, orang-orang Inggris sangat menyukai kari dan menjadikannya tradisi negara mereka. Saking populernya, mereka bahkan merayakan Pekan Nasional Kari setiap bulan Oktober.

Kari kambing ala Kepulauan Karibia

makanan kari
Photo by Daily Slowdown on Unsplash

Kepulauan Karibia terdiri dari berbagai negara seperti Jamaika, Guyana, Trindidad, dan masih banyak lagi. Kari masuk ke Kepulauan Karibia lewat pekerja India yang didatangkan Inggris karena pada saat itu, budak yang bebas tidak lagi ingin bekerja di perkebunan tebu.

Oleh sebab banyaknya pekerja India yang datang ke sana, budaya memasak lokal orang Karibia pun jadi terpengaruhi, baik cara memasak, jenis makanan, dan bahan-bahan. Kari adalah salah satunya.

Olahan makanan kari mulai ditemukan di Kepulauan Karibia. Mereka menggabungkan kari khas India dengan bahan-bahan lokal yang mereka miliki. Kari biasanya dicampur dengan makanan laut, bebek, kacang-kacangan, kentang, dan lain sebagainya.

Di Jamaika, salah satu makanan kari yang terkenal adalah kari kambing. Daging kambing dimasak dengan campuran santan, bawang putih, bawang bombay, allspice, timi, tomat, dan kunyit. Dagingnya lembut dan aromanya sangat menggoda. Makanan kari ini dimasak hanya pada hari-hari spesial saja.

Makanan laut dengan kari khas Maladewa

makanan kari
Photo by khloe arledge on Unsplash

Kari adalah makanan yang sangat populer hingga pulau kecil yang berada di Asia Selatan ini pun tak terlewatkan dari pengaruhnya. Jenis kuliner yang ada di Maladewa cukup kaya, termasuk makanan kari yang ada di sini. India, Afrika, dan negara Timur Tengah sangat memengaruhi makanan di Maladewa.

Biasanya, makanan kari di Maladewa terdiri dari tiga bahan utama yaitu, kelapa, ikan, dan pati-patian. Rasa yang ditawarkan dari kari ala Maladewa cenderung pedas dan dipadukan dengan makanan laut serta buah-buahan tropis.

Salah satu makanan kari yang paling populer di Maladewa adalah mas riha. Makanan ini dibuat menggunakan santan, cabai, kayu manis, rempah-rempah, dan bintang utamanya, ikan tuna. Selain itu ada versi manisnya yaitu anbu riha, perpaduan kari tuna dan mangga.

Makanan kari yang menggugah selera

Rasa dari makanan olahan kari nggak perlu kamu tanyakan lagi. Rasanya yang tajam dan aromanya yang kuat pasti bikin nafsu makan kamu bertambah. Jika kamu sudah terbiasa dengan makanan kari khas Indonesia, kini saatnya kamu melebarkan sayap kulinermu.

Bobobox hotel kapsul pilihanmu

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Kamu akan merasa seperti berada di film-film masa depan.

Tak hanya itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Mudah kan?

Di kamarnya juga kamu akan menemukan lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Modenya pun ada banyak. Mau untuk tidur? Ada. Mau untuk meditasi? Tinggal pakai mode zen. Pokoknya pas banget untuk melepas stres dan menjaga kesehatan mental.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.