Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Makanan Italia Autentik di Jakarta? Coba Kunjungi 10 Restoran Ini!

Makanan Italia memang unik dan delizioso!

Kondisi saat ini memang belum benar-benar pulih, tetapi orang-orang mulai beraktivitas seperti biasa. Berbagai tempat umum seperti mal dan pertokoan kembali dibuka. Restoran dan kafe pun mulai beroperasi, meskipun dengan jam operasional yang mungkin berbeda. Tentunya hal ini juga diikuti protokol kesehatan dan keamanan yang ketat, ya. Nah, buat kalian para foodie, mungkin sudah mulai merencanakan hunting makanan. Hmm… Mungkin kalian ingin coba restoran sushi baru atau maraton makanan Italia yang menggoda.

Eh, bicara soal sajian Italia, kemungkinan besar yang muncul di pikiran kalian adalah spaghetti dan piza. Kalian juga mungkin mengaitkan dunia kuliner Italia dengan sajian kopi seperti cappuccino atau macchiato. Padahal, dunia kuliner khas negara asal Juventus dan AC Milan ini sangat beragam. Dilansir dari Italy Magazine, ada sekitar 350 jenis pasta. Wah! Setiap hari bisa makan pasta yang berbeda dong!

makanan italia
Credit: Paola Sersante (Flicker)

Menyantap hidangan luar negeri akan lebih seru saat dilakukan mengikuti budaya autentiknya. Budaya bersantap di Italia punya course yang cukup panjang. Dilansir dari Cucina Toscana, “ritual” makan tradisional Italia bisa memiliki sampai 10 course, lho! Wah, kebayang ya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Namun, tidak semua course diterapkan pada setiap jam makan. Keterbatasan waktu menjadi salah satu alasannya.

Nah, untuk kamu yang tinggal atau berencana berlibur ke Jakarta, nggak ada salahnya menikmati sajian Italia di ibukota. Bob sudah merangkum 10 restoran yang menyajikan makanan Italia autentik. Penasaran, ‘kan? Yuk lihat apa saja pilihannya!

1. Ambiente Italian Restaurant

Aryaduta Menteng, Jl. KKO Usman dan Harun, No. 44-48, Gambir, Jakarta Pusat

makanan italia
Sumber: Construction Plus Asia

Restoran yang satu ini berada nggak begitu jauh dari Stasiun Gambir. Untuk kamu yang berkunjung ke Jakarta menggunakan kereta api, boleh dong mampir dulu ke sini. Ambiente adalah restoran Italia yang berada di hotel Aryaduta Menteng. Dilansir dari situs resmi hotel, Ambiente telah beroperasi selama sekitar 20 tahun dan dikepalai oleh chef Matteo Meacci. Hmm… Bisa dipastikan makanannya autentik dan delizioso, ya.

Ambiente hadir dengan interior bergaya rustic yang stylish. Pasta, risotto, dan pizza menjadi menu yang populer di sini. Selain itu, ada beberapa menu sharing yang bisa dinikmati bersama teman-teman. Pilihan cocktail yang beragam pun akan menemani momen hangout kamu! Setelah makan, akhiri dengan sepotong tiramisu atau seporsi gelato. Uh! Mantap!

2. Ocha & Bella

Morrissey Jakarta, Jl. KH Wahid Hasyim No. 70, Menteng, Jakarta Pusat

makanan italia
Credit: Rudi Adrianto (Flickr)

Ocha & Bella adalah salah satu restoran di Jakarta yang menyajikan makanan Italia dengan ambiance yang kasual. Berlokasi di Hotel Morrissey Jakarta, restoran ini tampak cantik dalam balutan desain kontemporer. Ocha & Bella juga punya semi-outdoor seating area yang dikelilingi pepohonan rindang. Cocok deh buat ngadem siang-siang! Menurut info dari Instagram resminya, restoran yang satu ini juga sering menjadi wedding venue, lho.

Menu andalan restoran ini adalah pasta dan pizza. Nah, pizza yang disajikan di sini merupakan pizza tungku. Jadi, autenthicity-nya lebih terasa, ya. Beragam minuman dingin menyegarkan, bir, dan cocktail pun akan menemani momen makanmu. Selain sajian Italia, Ocha & Bella juga menawarkan beberapa pilihan hidangan Jepang. Lumayan ‘kan sebagai menu alternatif.

3. Lobo Italian Bistro

Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Kav. E11 No. 1, Jakarta Selatan

makanan italia
Credit: Klaus Rachman Ng (personal collection)

Punya budget yang cukup besar untuk ajak pasangan makan malam romantis? Kamu bisa berkunjung ke sini. Berlokasi di Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan, Lobo Italian Bistro akan memanjakan lidahmu dan pasangan dengan makanan Italia yang lezat. Dilansir dari halaman resminya, Lobo menyajikan sajian Italia seperti artisan pizza, pasta, hingga signature main dish. Restoran ini juga punya teras yang menawarkan pemandangan kawasan Mega Kuningan.

Restoran ini hadir dengan interior bergaya modern classic yang mewah dan elegan. Selain sajian yang disebutkan di atas, Lobo punya beberapa menu sup zuppa. Ada juga gelato ukuran sharing yang bisa dinikmati bersama teman-teman atau keluarga. Sebagai pelengkap romantic dinner, Lobo menawarkan beberapa pilihan wine.

4. Patio Venue & Dining

Jl. Wijaya XIII No. 45, Panglima Polim, Jakarta Selatan

makanan italia
Sumber: Situs Resmi Patio Venue & Dining

Anak Jaksel mana suaranya? Di kawasan Panglima Polim, ada restoran dengan interior unik yang menyajikan makanan Italia. Nama restoran ini adalah Patio Venue & Dining. Seperti yang bisa ditebak dari namanya, properti ini tidak hanya berfungsi sebagai restoran. Pation Venue & Dining juga menyewakan tempat untuk acara-acara spesial seperti wedding. Dilansir dari situs web resminya, restoran berdesain Eropa modern ini ternyata menjadi tempat favorit banyak selebritas Indonesia, lho.

Sajian khas Italia yang layak dicoba di sini adalah Pizza Con Funghi, dengan topping jamur yang mantap jiwa! Ada juga Capelli D’Angelo All’Aragosta. Sajian pasta angel hair ini dilengkapi lobster yang menggugah selera. Selain menu Italia, di sini juga disajikan hidangan Barat dan Indonesia. Ya, there’s always something for everyone!

5. OSO Ristorante

Altitude, The Plaza Lt. 46, Jl. MH Thamrin Kav. 28-30, Jakarta Pusat

makanan italia
Sumber: Situs Resmi OSO Ristorante

Seperti halnya kota-kota besar lainnya, salah satu pesona Jakarta adalah pemandangan kotanya. Di malam hari, langit Jakarta diwarnai gedung-gedung tinggi dan lampu-lampu warna-warni. Nah, di restoran ini, kamu bisa menikmati makanan Italia autentik sambil memanjakan mata. OSO Ristorante bertempat di lantai 46 gedung The Plaza. Dari ketinggian tersebut, view yang didapatkan pasti keren banget.

Dilansir dari situs resminya, OSO Ristorante berfokus pada sajian boga bahari khas Puglia, sebuah daerah di Italia. Restoran ini juga punya desain interior yang breathtaking. Dengan chandelier kristal, jendela besar, dan dinding ber-stucco rumit, atmosfer mewah akan menemanimu bersantap di sini.

6. Pizzeria Cavalese

Ruko Green Lake, Blok TB/S-R, Jl. Danau Sunter Selatan, Jakarta Utara

makanan italia
Credit: Manajemen Pizzeria Cavalese (TripAdvisor)

Sebenarnya, menikmati makanan Italia autentik tidak harus sampai menjebol dompetmu. Di kawasan Sunter, ada restoran yang menyajikan beragam hidangan Italia lainnya dengan harga yang bersahabat. Pizzeria Cavalese punya pilihan handmade pizza yang dijamin bikin kamu ketagihan! Ada beberapa kategori pizza di sini, seperti classic, specialty, fusion, dan truffle. Pokoknya, kosongkan perut dulu deh sebelum ke sini!

Pizzeria Cavalese juga menyajikan beberapa menu lain seperti risotto dan pasta. Sajian steak juga hadir di sini. Berkunjung bersama si kecil? Don’t worry! Ada menu Bambini Meal alias Kids’ Meal, lengkap dengan mini pizza. Dengan desain interior yang hangat dan cozy, dijamin betah deh berlama-lama di sini!

7. Osteria GIA

Pacific Place, Ground Level Unit G-05D, SCBD, Senayan, Jakarta Selatan

makanan italia
Credit: Manajemen Osteria GIA (TripAdvisor)

Untuk kamu yang kerja atau tinggal di sekitar SCBD, di Pacific Place ada restoran Italia yang layak dikunjungi. Osteria GIA menyajikan makanan Italia autentik dalam suasana yang unik dan hangat. Salah satu sudut restoran dipercantik deretan jendela kaca patri warna-warni yang membangun atmosfer mediterania. Dilansir dari situs resminya, restoran yang dikomandoi Chef Tomasso Gonfiantini ini menggunakan beberapa bahan yang didatangkan langsung dari Italia.

Seperti di restoran-restoran Italia lainnya, pasta dan pizza menjadi primadona di Osteria GIA. Untuk menu utama, coba deh Chicken Cacciatora. Hidangan berbahan dasar ayam ini disajikan dalam panci berisi anggur putih, zaitun hitam, jamur, dan rosmarin. Hmm… Sedap! Sebagai penutup, kamu bisa mencoba gelato, affogato, atau tiramisu.

8. Mamma Rosy

Jl. Kemang Raya No. 58, Jakarta Selatan

makanan italia
Sumber: Situs Resmi Mamma Rosy

Anak Jakarta pasti tahu kalau Kemang gudangnya restoran dan kafe kece. Di kawasan Kemang, ada restoran yang menyajikan makanan Italia dalam ambiance yang kasual. Mamma Rosy adalah restoran Italia yang dikelola oleh keluarga asal Italia. Dilansir dari Manual, Mamma Rosy didirikan sebagai pengobat rindu pemiliknya akan kampung halamannya di Liguria, Italia. Menu makanan yang disajikan merupakan hasil karya Rosa Vignolo, ibu si pemilik restoran.

Menu yang ditawarkan di Mamma Rosy sangat variatif. Pasta dan pizza sih sudah pasti ada. Ada juga calzone alias pizza lipat untuk kalian yang ingin menikmati nice twist dari sajian pizza biasa. Mamma Rosy juga menghadirkan menu vegetarian yang tak kalah lezat. Oh, ya! Di sini juga dijual keju dan salumi impor dari Italia, lho!

9. ORO Italian Restaurant

GrandKemang Jakarta, Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta Selatan

makanan italia
Sumber: Situs Resmi grandkemang Jakarta

Masih di kawasan Kemang, ada ORO Italian Restaurant buat kalian yang ingin menikmati makanan Italia. Restoran ini berada di grandkemang Hotel. Dilansir dari situs resmi grandkemang Hotel, restoran ini baru dibuka pada bulan Januari 2020. Usianya memang masih baru sih. Namun, soal rasa, nggak akan kalah dengan senior-seniornya, deh! ORO Italian Restaurant juga punya shisha lounge, lho!

Salah satu hidangan andalan ORO adalah pasta homemade dan pizza. Di sini juga terdapat beberapa pilihan menu bebas gluten. Untuk kamu yang suka daging, ada beragam steak yang bisa dicoba. Oh, ya! Restoran ini juga punya meja bilyar, lho! Cocok buat kamu yang ingin hangout bareng teman-teman.

10. Alto Restaurant & Bar

Four Seasons Jakarta, Capital Place, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 18, Jakarta Selatan

makanan italia
Sumber: Situs Resmi Four Seasons Jakarta

Restoran terakhir pilihan Bob yang menyajikan makanan Italia autentik adalah Alto Restaurant & Bar. Dari segi interior, Alto punya desain yang mewah dan elegan dalam balutan warna merah yang vibran. Restoran ini berada di lantai 20 hotel Four Seasons Jakarta. Di restoran ini juga terdapat semi-outdoor seating area, lho. Dari area tersebut, kamu bisa menikmati pemandangan Jakarta yang cantik, terutama di malam hari. Cocok deh buat romantic dinner!

Di tangan Chef Marco Violano, bahan-bahan berkualitas disulap jadi makanan Italia yang menggoda. Salah satu hidangan signature-nya adalah L’uovo Benedetto. Sajian poached egg ini dipadukan dengan roti focaccia, saus arrabbiata yang nendang, parma ham, dan rocket salad. Untuk melengkapi santap makan malam, tersedia beragam pilihan wine.

Nah, itulah 10 restoran di Jakarta pilihan Bob untuk kamu yang ingin menikmati makanan Italia autentik. Gimana? Tertarik buat mencobanya? Pastikan kamu mengosongkan perut terlebih dahulu, ya, supaya bisa puas berpesta kuliner! Jangan lupa selalu patuhi protokol keamanan yang berlaku di restoran, ya. Kalau kamu berencana berlibur ke Jakarta, nggak ada salahnya berkunjung ke restoran-restoran tersebut.

Liburan di Jakarta, Nginap di Mana?

Untuk kamu yang ada rencana berlibur di Jakarta, tapi belum tahu mau menginap di mana? Bobobox aja! Akomodasi budget ini bukan hotel kapsul biasa, lho! Setiap pod didesain dalam gaya minimalis-futuristik yang stylish, serta dilengkapi tempat tidur yang nyaman. Semua unit juga dipersenjatai teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi seluler. Jadi, kamu bisa mengunci pintu, mengatur pencahayaan, dan mengakses pod lewat aplikasi di ponselmu.

bobobox kota lama

Sebagai penunjang kebutuhan pengunjung, Bobobox dilengkapi beberapa fasilitas umum. Ada pantry, shared bathroom, communal space, dan musala. Ingin beli minuman? Tersedia vending machine di lobi, kok! Oh, ya! Buat kamu yang suka foto-foto, ada banyak spot Insta-worthy di Bobobox, lho! Jangan kaget, ya, kalau galeri HP-mu penuh sama foto-foto gayamu di sini.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Bobobox secara gratis dari App Store dan Google Play Store. Lewat aplikasi ini, kamu juga bisa melakukan reservasi pod secara langsung. Metode pembayaran yang tersedia pun beragam untuk mempermudah transaksi. Banyak promo menarik juga yang dikirimkan melalui notifikasi aplikasi. Jadi, ayo download aplikasi Bobobox ke ponselmu sekarang dan pesan pod-mu, ya!