Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Makanan Indonesia Berbahan Dasar Jagung Bisa Dibuat Di Rumah

Ada yang ingin kamu coba buat?

Bobobox.co.id — Jagung termasuk bahan makanan yang mudah ditemukan di berbagai makanan Indonesia. Selain mudah diolah, harga jagung pun termasuk cukup terjangkau bagi banyak keluarga di Indonesia.

Misalkan saja saat sedang melakukan physical distancing seperti saat ini, memasak dengan bahan dasar jagung rasanya menjadi hal yang menyenangkan untuk kamu lakukan selama berada di rumah.

Apalagi banyak makanan Indonesia yang berbahan dasar jagung. Dengan adanya koneksi internet, kamu bisa mencari dengan mudah resep makanan Indonesia berbahan dasar jagung ini.

Sebelum mencari resepnya, kamu tentu harus mengetahui makanan Indonesia apa saja yang terbuat dari jagung. Berikut ini merupakan 10 makanan Indonesia berbahan dasar jagung yang bisa kamu buat di rumah.

Nasi Jagung

Makanan Indonesia pertama yang berbahan dasar jagung adalah nasi jagung. Nasi jagung sendiri memiliki beberapa nama yang berbeda untuk tiap daerah.

Misalkan saja, di Madura, kuliner ini disebut nasek empog. Berbeda halnya saat kamu berkunjung ke Blitar dan Boyolali. Di kedua daerah tersebut, kamu akan menemukan nasi ini dengan sebutan nasi ampok dan sego jagung.

Makanan Indonesia ini berasal dari jagung tua yang sudah dipipil dan dihancurkan. Bisa dibilang, saat sudah jadi, nasi jagung disantap dengan tambahan sayur dan lauk pauk seperti halnya nasi pada umumnya.
makanan indonesia nasi jagung
via tokohinspiratif.id

Perkedel Jagung (Bakwan Jagung)

Perkedel jagung, atau biasa juga dikenal dengan nama bakwan jagung, mungkin menjadi makanan Indonesia yang paling mudah ditemui. Bahkan, perkedel jagung bisa dibilang menjadi makanan Indonesia berbahan dasar jagung terfavorit.

Biasanya, perkedel jagung disajikan sebagai lauk dan pelengkap makanan berat yang sedang dimakan. Namun, perkedel jagung pun cocok untuk menjadi camilan ringan di sore atau malam hari.

Cara pembuatan perkedel jagung pun tidak membuatmu repot kok. Cukup bersihkan lalu parut dan tumbuh kasar jagungnya. Kemudian, campurkan dengan adonan tepung dan telur yang lalu digoreng hingga warna kecokelatan.

via vagusnet.com

Jagung Bakar

Saat menjelang tahun baru, biasanya banyak orang yang menjual jagung untuk dijadikan makanan Indonesia berikutnya. Yap, apalagi kalau bukan jagung bakar yang Bob maksudkan barusan.

Sebenarnya, banyak variasi yang bisa kamu tuangkan dalam sebuah masakan saat memilih jagung bakar sebagai resep masakan Indonesia yang akan kamu buat selama berada di rumah.

Mulai dari menggunakan saus sambal, saus tomat, keju, barbeque, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa menyesuaikan variasi jagung bakar sesuai seleramu baik itu pedas, manis, atau kombinasi keduanya.

via bigoven.com

Grontol (Atau Biasa juga Disebut Bledus)

Grontol, atau juga blendus, menjadi makanan Indonesia yang bisa kamu buat di rumah. Makanan tradisional khas Lumajang ini termasuk salah satu makanan tradisional yang mulai tersisihkan.

Sekarang ini, kamu akan mengalami kesulitan untuk menemukan penjual grontol di kota-kota besar. Padahal, camilan berbahan dasar jagung ini termasuk yang worth it untuk kamu santap.

Untuk membuat grontol, kamu membutuhkan jagung, kelapa, garam, dan gula. Semua bahan untuk membuat grontol rasanya mudah ditemui di berbagai pasar tradisional atau warung-warung dekat rumah.

via cookpad.com

Jagung Susu Keju (Jasuke)

Makanan Indonesia yang satu ini akan sering kamu lihat di banyak sekolah dasar. Wajar saja mengingat target konsumen dari makanan Indonesia adalah anak-anak sekolah dasar.

Walaupun begitu, sekarang ini, jagung susu keju (atau biasa disebut jasuke) banyak ditemui di berbagai sudut kota. Bahkan, jasuke bisa dibeli dengan variasi topping yang lebih banyak di pusat perbelanjaan.

Pembuatan jasuke sendiri terbilang mudah dan tidak memerlukan banyak waktu di dapur. Cukup rebus jagung manis untuk kemudian kamu iris dan campur dengan mentega. Setelah itu, sajikan dengan taburan keju dan kental manis.

via id.tastemade.com

Jagung Bose

Menjelajah kuliner Indonesia dari berbagai daerah mungkin menjadi pengalaman unik yang bisa dirasakan. Dari sekian banyak kuliner Indonesia, jagung bose termasuk salah satu di antaranya yang bisa kamu coba.

Makanan Indonesia khas Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki cita rasa tawar seperti halnya nasi. Pada umumnya, jagung bosa terbuat dari jagung putih yang direbus bersamaan degnan kacang merah dan santan.

Di Nusa Tenggara Timur (NTT), makanan Indonesia satu ini biasanya akan disantap bersama dengan daging sei atau daging asap khas di provinsi tersebut dan lawar ikan.

via kitchenofindonesia.com

Tinutuan

Setelah tadi ada kuliner khas Nusa Tenggara Timur (NTT), kali ini Bob akan mengajakmu untuk melihat makanan Indonesia khas Manado. Makanan yang dimaksud oleh Bob adalah tinutuan.

Biasa disebut dengan nama bubur Manado, tinutuan merupakan makanan berbahan dasar jagung yang dicampur dengan labu kuning, beras, dan berbagai jenis sayuran seperti bayam dan kangkung.

Sama seperti halnya bubur pada umumnya, tinutuan akan sangat nikmat untuk dinikmati selagi hangat atau panas. Makanan Indonesia pun cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan.

via upload.wikimedia.org

Puding Jagung Manis

Pada umumnya, rasa cokelat, vanila, maupun stroberi menjadi rasa yang biasanya ada di sebuah puding. Tidak heran jika ketiga rasa tersebut menjadi favorit kebanyakan orang.

Nah, jika kamu ingin mencoba puding dengan rasa yang jarang ditemui di pasaran, kamu bisa mencoba untuk membuat puding dengan berbahan dasar jagung manis.

Makanan Indonesia ini memiliki kombinasi unik saat kamu santap setelah dibuat. Pasalnya, kamu akan bisa merasakan kombinasi rasa manis dan gurih dari olahan jagung yang cukup mudah dibuat di rumah.

via id.tastemade.com

Talam Jagung

Camilan tradisional berbahan dasar jagung ini menjadi salah satu dari sekian banyak camilan yang sudah mulai sulit untuk kamu temui pedagangnya khususnya di kota-kota besar.

Nah, jika kamu termasuk yang sudah pernah mencicipi talam jagung dan rindu akan rasa gurih dan manis dari makanan Indonesia ini, kamu pun bisa membuatnya di rumah lho.

Pasalnya, cara pembuatannya pun terbilang mudah dan bahan-bahan yang kamu beli pun tidak akan terlalu mahal. Beberapa bahan untuk talam jagung antara lain tepung hun kwe, santan, garam, dan gula.

via resepkok.id

Lepet Jagung

Selain beberapa makanan tradisional yang sudah disebutkan, lepet jagung pun termasuk makanan Indonesia yang sudah jarang ditemui pedagang yang menjualnya di kota-kota besar.

Lepet jagung terkenal dengan bungkus makanannya saat dsajikan. Berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, lepet jagung biasa dimakan bersama dengan teh atau kopi sebagai camilan atau suguhan untuk tamu.

Jika kamu ingin mencoba membuat makanan Indonesia ini di rumah, resep pembuatannya sendiri mirip dengan lepet pada umumnya. Hal yang membedakan hanya bahan dasarnya dan tidak memakai daun pisang untuk pembungkusnya.

via upload.wikimedia.org

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Mencari penginapan yang nyaman untuk diinapi memang sering membuat pusing tujuh keliling. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi lagi karena ada Bobobox yang siap memberikan kenyamanan yang kamu butuhkan.

Pemesanan dan informasi lebih lanjut soal pod di Bobobox bisa kamu unduh di sini.

suasana kamar bobobox

You might also like