Makanan Indonesia dari Belanda

Yuk Kita Kulineran! Ini Dia Beragam Makanan Indonesia dari Belanda!

Makanan Indonesia dari Belanda faktanya sangat beragam. Mengingat negara kita dijajah Belanda dalam waktu yang lama, tak heran jika banyak kuliner Indonesia yang terpengaruh oleh kuliner Belanda. Kuliner asal Belanda ini bahkan cukup banyak mengalami berbagai penyesuaian dengan pemilihan bahan-bahan yang mudah ditemukan di Indonesia, Berikut adalah beberapa makanan Indonesia yang diadaptasi oleh makanan Belanda.

2. Makanan Indonesia dari Belanda: Perkedel

Selain semur ada juga perkedel yang merupakan gorengan dari kentang tumbuk. Selain kentang perkedel juga bahkan kini  bisa dibuat dari tahu, ikan, jagung, dan bahan-bahan lain. Perkedel faktanya adalah versi lokal dari frikadeller yang merupakan gorengan berbahan kentang dan daging dari Belanda.

3. Makanan Indonesia dari Belanda: Lapis Legit

Selain makanan gurih, ada juga makanan manis lapis legit yang juga merupakan pengaruh dari Belanda. Kue ini disebut spekkoek dan merupakan kue lapis Eropa namun lapis legit memiliki tambahan rempah-rempah khas Asia Tenggara.

4. Makanan Indonesia dari Belanda: Selat Solo

Makanan Indonesia dari Belanda

@Resep Istimewa

Jika kamu sedang berada di Solo kuliner Selat Solo atau bistik Jawa merupakan salah satu kuliner yang jangan sampai kamu lewatkan. Kuliner ini juga merupakan inspirasi dari kuliner Belanda yang dikenal dengan biefstuk. Sayuran rebus pada Selat Solo ini merupakan pengganti kentang tumbuk yang membuat hidangan ini diberi nama selat (salada).

5. Makanan Indonesia dari Belanda: Kroket

Banyak orang menyukai kuliner satu ini. Kroket adalah olahan daging yang dibalut oleh tepung panir dan kemudian digoreng. Kuliner ini dikenal dengan istilah kroketten di Belanda.

Baca Juga: Spot untuk Foto Romantis di Kota Lama Semarang Seperti di Belanda

6. Makanan Indonesia dari Belanda: Klappertaart

Pecinta makanan manis pasti sudah tau betul jika makanan satu ini merupakan makanan asal Belanda. Sesuai dengan namanya klappertaart memiliki arti ‘tart kelapa’ dan menjadi salah satu kuliner khas dari Manado, Sulawesi Selatan. Klappertaart ini terdiri dari berbagai bahan seperti terigu, susu, santan, gula, mentega, dan daging buah kelapa.

7. Makanan Indonesia dari Belanda: Kue Cubit

Jajanan satu ini sangat banyak disukai baik itu anak-anak maupun orang dewaa. Pernahkah kamu menyadari jika makanan satu ini merupakan salah satu kuliner asal Belanda? Kue cubit adalah adaptasi lokal dari poffertjes atau panekuk mini yang diperkenalkan Belanda ketika menjajah bumi nusantara.

8. Makanan Indonesia dari Belanda: Kaasstengels

Makanan Indonesia dari Belanda

@Lifestyle – SINDOnews

Kue kering satu ini pasti sudah tidak asing lagi karena selalu hadir meramaikan momen lebaran maupun tahun baru imlek. Kaasstengels adalah kue kering yang dibawa oleh penjajah Belanda pada masa kolonial. Kaasstengels memiliki arti ‘stik keju’ dan merupakan camilan yang cukup populer di Belanda.

9. Makanan Indonesia dari Belanda: Sup Brenebon

Sup merupakan salah satu kuliner yang terkenal di Indonesia seperti halnya sup brenebon. Sup brenbon adalah sup berbahan kacang merah yang cukup populer di daerah-daerah timur Indonesia. Jeff Keasberry, pakar kuliner Hindia Belanda, mengatakan bahwa makanan ini diadaptasi dari bruine bonensoep asal Belanda.

10. Makanan Indonesia dari Belanda: Ayam Suwir

Ayam suwir yang biasa digunakan sebagai topping nasi goreng, bakmi, atau nasi uduk ternyata juga terpengaruh kuliner Belanda, lho. Menurut buku Rijsttafel: Budaya Kuliner di Indonesia Masa Kolonial 1870-1942 karya Fadly Rahman, ayam suwar-suwir berasal dari bahasa Belanda zwartzuur.

11. Makanan Indonesia dari Belanda: Nastar

Satu lagi kue kering khas Lebaran yang ternyata juga diwariskan Belanda, yaitu nastar. Nastar berasal dari annanas taart yang berarti tart nanas. Aslinya kue ini menggunakan selai stroberi, persik, atau buah-buahan lain yang populer di Eropa. Karena sulit ditemukan di Indonesia, akhirnya diganti dengan nanas yang jauh lebih mudah dicari.

12. Makanan Indonesia dari Belanda: Risoles

Makanan Indonesia dari Belanda

@Portal Jember – Pikiran Rakyat

Bicara tentang gorengan, risoles merupakan primadona! Risol sebenarnya adalah kuliner yang populer di negara-negara Eropa termasuk Prancis. Namun risol yang biasa kita temukan di Indonesia merupakan risol yang diaptasi dari Belanda yang dikenal dengan nama rissole.

13. Makanan Indonesia dari Belanda: Ayam Suwir

Jika kamu sering mengonsumi nasi goreng, bakmi, atau nasi uduk kamu pasti sudah familiar dnegan topping ayam suwir, bukan? Siapa sangka jika ayam suwir ini merupakan pengaruh dari Belanda. Fakta ini tercatat pada buku Rijsttafel: Budaya Kuliner di Indonesia Masa Kolonial 1870-1942 karya Fadly Rahman. Ayam suwar-suwir ini berasal dari bahasa Belanda zwartzuur.

14. Makanan Indonesia dari Belanda: Nastar

Selain kue kering kaasstengels, kue kering nastar juga merupakan salah satu kue kering yang dipengaruhi oleh belanda. Kue nastar dikenal dengan nama annanas taart yang memiliki arti tart nanas. Kue kering kaasstengels ini aslinya menggunakan selai stroberi, persik, atau buah-buahan lain yang populer di Eropa. Nmun mengingat buah-buahan ini sulit ditemukan di Indonesia akhirnya diganti dengan nanas yang jauh lebih mudah dicari.

Baca Juga: 7 Bangunan Belanda di Bandung Ini Instagrammable Banget! Ada yang Horror Juga, Lho!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles