Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Daftar Makanan Herbal dan Alami yang Patut Dikonsumsi untuk Meredakan Batuk

Sudah ada yang kamu coba?

Bobobox.co.id — Batuk menjadi salah satu penyakit yang sering menjangkit orang-orang di musim penghujan seperti sekarang ini. Penyakit ini sendiri tidak mengenal umur. Jadi, siapa saja bisa terjangkit batuk.

Nah, jika kamu saat ini termasuk salah satu yang terjangkit batuk, umumnya batuk dapat sembuh dengan sendiri dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, jangka waktu yang dibutuhkan adalah satu hingga tiga minggu.

Walaupun begitu, kamu biasanya akan membeli obat batuk hitam untuk menyembuhkan penyakit ini. Pasalnya, seringkali batuk menggangu aktivitasmu sehari-hari. Namun, jika kamu ingin menggunakan makanan herbal sebagai solusi sebenarnya bisa, lho.

Ada banyak makanan herbal dan alami yang patut kamu konsumsi untuk meredakan batuk. Berikut ini merupakan 10 daftar makanan herbal dan alami yang patut dikonsumsi karena dipercaya mampu meredakan batuk yang sedang kamu derita saat ini.

Lemon

Makanan herbal yang pertama adalah lemon. Lemon sendiri sudah banyak diketahui berkhasiat untuk mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan melumasi tenggorokan.

Hal tersebut merupakan tugas dari kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah lemon. Cara untuk mengonsumsinya bisa dengan cara menghisap lemon.

Jika kamu mau, kamu pun bisa mencampurkan lemon tersebut dengan beberapa makanan herbal lainnya. Misalkan saja kamu bisa mencampurkan lemon dengan air hangat dan madu untuk meredakan batuk.

Madu

Makanan herbal satu ini sudah diakui oleh World Health Organization (WHO) sebagai induk organisasi kesehatan dunia. Jadi, makanan herbal tersebut tidak usah diragukan lagi khasiatnya.

Makanan herbal yang Bob maksud adalah madu. Madu sendiri memilifi efek yang baik untuk meredakan batuk. Bahkan, beberapa studi menyatakan bahwa madu lebih baik dibanding obat yang mengandung dextromethorpan.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengonsumsi madu. Beberapa caranya antara lain dicampur dengan air hangat, teh herbal, atau perasan lemon. Takaran madunya sendiri cukup dua sendok teh saja.

Nanas

Nanas menjadi makanan herbal selanjutnya untuk meredakan batuk. Buah nanas kaya akan serat, vitamin C, vitamin, mangan, dan bromelain. Dari kandungan-kandungan tersebut, bromelain yang berfungsi untuk meredakan batuk.

Enzim satu ini berada di bagian tengah buah. Sifat antiinflamasi dan mucolytic berfungsi untuk menghancurkan mucus. Mucus adalah cairan lengket yang menyebabkan batuk dan berada di tenggorokan.

Saat kamu batuk, kamu bisa mengonsumsi satu potong buah nanas. Atau jika kamu mau, kamu bisa menjadikannya segelas jus sebanyak tiga kali sehari. Untuk meningkatkan efektivitas, kamu bisa menambahkan madu atau garam.

Jahe

Selain biasa digunakan sebagai bahan dapur, ternyata jahe pun bisa kamu manfaatkan untuk kesehatan. Sehingga, tidak mengherankan jika jahe menjadi salah satu obat tradisional yang sering digunakan.

Jahe memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi. Kedua sifat ini dipercaya dapat membantumu dalam melawan batuk. Tidak hanya itu, sistem imun tubuh pun bisa meningkat dengan meminum jahe.

Caranya adalah tinggal siapkan secangkir teh jahe panas untuk menghilang batuknya. Sebaiknya jahe yang kamu gunakan adalah jahe alami bukan jahe kemasan.

Yoghurt

Saat kamu sedang mengalami, makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah makanan yang bertekstur lebut dan mudah ditelan. Sehingga, makanan ini nyaman untuk dikonsumsi.

Salah satu makanan herbal yang termasuk kategori ini adalah yoghurt. Yoghurt sendiri disinyalir bisa membuat batukmu mereda. Walaupun tidak secara langsung, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Kandungan karbohidrat dan zinc yang ada dalam yoghurt mampu meningkatkan imunitas tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang meningkatkan, secara otomatis tubuh dapat melawat infeksi dan zat alergi yang menyebabkan batuk.

Kunyit

Tidak hanya jahe saja lho di mana bahan bumbu dapur bisa kamu manfaatkan sebagai makanan herbal pereda batuk. Bahan dapur lainnya yang bisa bermanfaat untuk itu adalah kunyit.

Kunyit sendiri memiliki manfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti pilek dan batuk. Kamu bisa meramu kunyit tersebut dengan segelas susu panas.

Waktu yang cukup tepat untuk mendapatkan hasil yang diharapkan adalah sebelum kamu tidur. Probiotik asli yang terkandung dalam kunyit yang membantumu dalam melawan batuk kering.

Teh Daun Thyme

Makanan herbal selanjutnya adalah daun thyme. Rempah daun yang berasal dari Mesir biasanya dimanfaatkan sebagai bahan masakan. Padahal, daun thyme ini bisa digunakan sebagai pereda batuk.

Tidak hanya batuk saja sebenarnya, daun thyme bisa berkhasiat untuk meredakan sakit tenggorokan, bronkitis, dan masalah pencernaan. Manfaat yang terbilang cukup banyak dari rempah daun ini.

Antioksidan yang terkandung dalam daun thyme memiliki efek yang baik untuk meredakan batuk secara efektif. Kamu bisa menyajikan daun thyme ini dalam bentuk teh untuk diminum saat hangat atau panas.

Air Garam

makanan herbal air garam
via lovekitchentoday.com

Setelah sebelumnya pernah Bob singgung, garam termasuk makanan herbal yang bisa dijadikan sebagai pereda batuk. Batuk sendiri terjadi akibat rasa gatal pada tenggorokan.

Nah, salah satu cara untuk menghilangkan rasa gatal tersebut adalah dengan berkumur dengan menggunakan air garam. Cara pembuatan air garamnya pun terbilang mudah dan simpel kok.

Kamu hanya perlu seperempat hingga setengah sendok teh garam yang dilarukan ke dalam 240 mililiter air hangat. Lalu, gunakan air tersebut untuk berkumur. Bagi yang berusia di bawah enam tahun disaranakan untuk tidak mencoba berkumur dengan air garam.

Kiwi

Vitamin dan mineral merupakan beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Pasalnya, salah satu manfaat dari kedua kandungan nutrisi tersebut adalah untuk meredakan batuk.

Dari sekian banyak buah yang ada, buah kiwi dianggap sebagai salah satu buah dengan sumber vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Sehingga, banyak orang yang merekomendasikan makanan herbal ini bagi yang sedang sakit batuk.

Sebuah riset pun pernah dilakukan untuk menguji hal tersebut. Hasilnya adalah buah kiwi dapat membantu melancarkan saluran pernapasan hingga memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan penyakit batuk.

Jambu Biji

Makanan herbal terakhir yang ada di daftar Bob kali ini adalah buah jambu biji. Buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C dan zat besi. Keduanya termasuk nutrisi yang mampu mencegah sekaligus meredakan batuk.

Tidak berhenti di situ saja lho. Jambu biji pun bisa dijadikan sebagai bahan makanan untuk melawan infeksi. Hal tersebut pun pernah teruji secara klinis oleh sebuah penelitian.

Dalam penelitian tersebut, jus jambu biji segar dan rebusan daun jambu biji berhasil untuk digunakan sebagai pereda batuk sekaligus pilek. Cara kerja buah ini adalah mengurangi lendir di tenggorokan dan membunuh bakteri penyebab batuk.

Menginap dengan Nyaman? Datang saja ke Bobobox

Sedang mencari tempat menginap yang nyaman selama physical distancing? Jika iya, tidak perlu pusing karena ada Bobobox yang siap memberikan kenyamanan yang kamu butuhkan.

Pod yang luas ditambah dengan fasilitas yang mumpuni menjadi beberapa alasan memilih Bobobox sebagai tempat menginap. Pemesanan bisa dilakukan melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like