Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Seram! Ini Dia 15 Makanan Ekstrem yang Pernah Dimakan Manusia

Berani coba?

Bobobox.co.id — Manusia memang tidak ada habisnya dalam berinovasi. Dengan kencangnya teknologi seperti sekarang ini, pantas saja jika kita banyak melihat inovasi yang sudah dilakukan.

Salah satunya adalah soal makanan. Banyak sekali inovasi yang kini kita rasakan. Namun, siapa sangka jika inovasi resep makanan tersebut bisa sampai makanan ekstrem yang mungkin tak terpikirkan olehmu.

Makanan ekstrem ini biasanya berbahan dasar bagian tubuh hewan yang bisa membuatmu muntah saat berdekatan dengan makanan tersebut. Ada pula makanan yang berbahan dasar hewan berbahaya.

Nah, jika kamu penasaran apa saja makanan ekstrem yang pernah diciptakan dan dimakan oleh manusia, berikut ini merupakan daftar 15 makanan tersebut. Dijamin bikin geleng-geleng kepalamu.

Balut

Makanan ekstrem yang pernah dimakan manusia adalah balut. Makanan khas Filipina ini sendiri merupakan telur bebek yang berisikan embrio bebek yang mulai berwujud di dalam cangkang telur tersebut.

Telur tersebut kemudian direbus hidup-hidup untuk kemudian ditambah bumbu garam, cabai, dan cuka. Biasanya, orang menikmatinya dengan cara  memecahkan sedikit ujung telur dan menegak cairan yang ada di dalamnya.

makanan ekstrem balut
via thedailymeal.com

Tarantula

Tak jauh dari Filipina yakni Kamboja, kamu pun bisa mendapati makanan ekstrem yang bisa dimakan masyarakat Kamboja. Makanan tersebut berbahan dasar tarantula.

Makanan ini pada mulanya disantap oleh masyarakat Kamboja yang pada saat itu terkena bencana kelapanran di bawah rezim Khmer. Namun, siapa sangka makanan tersebut justru populer dan disajikan sebagai camilan.

sonya via sonyaandtravis.com

Escamoles

Siapa sangka jika telur semut hitam raksasa Liometopum pun bisa diolah menjadi sebuah masakan? Hal tersebut ternyata biasa dilakukan oleh orang Meksiko yang sering disebut escamoles.

Makanan ini cukup mudah untuk diolah. Namun, hal paling sulit dari pengolahannya sendiri adalah mengumpulkan telurnya. Kamu harus berhadapan dengan semut yang sangat berbisa ini.

via lafoodbowl.com

Katak Sashimi

Pernakah kamu membayangkan seekor katak yang masih hidup dihidangkan pada sebuah piring? Bagi orang Indonesia, hal tersebut relatif jarang ditemukan, namun tidak dengan di Jepang.

Penyajian katak hidup pada makanan eksrem ini ditujukan sebagai pengganti ikan. Nah, banyak orang yang mengecam hal tersebut. Banyak orang yang menganggap penyajian tersebut seperti menyiksa katak tersebut.

via sftrips.com

Baby Mice Wine

Minuman wine kali ini bisa dikategorikan sebagai makanan ekstrem. Bukan karena minuman winenya melainkan bahan dasar tambahan guna membuat minuman tradisional Tiongkok dan Korea.

Bahan dasar tambahan untuk wine ini adalah bayi tikus mati. Rasanya yang seperti bensin tak menyurutkan kebiasaan orang Tiongkok dan Korea untuk menikmati minuman tradisional yang satu ini.

Yun Huang Yong/Flickr via independent.co.uk

Bola Mata Ikan Tuna

Ikan tuna mungkin sudah biasa diolah. Namun, Jepang lagi-lagi mengolah bagian tubuh yang cukup unik dari ikan laut ini. Bagian tubuh yang diolah untuk dijadikan makanan adalah bola mata ikan tuna.

Makanan ekstrem ini biasa disantap sebagai camilan di saat senggang. Orang Jepang biasanya mengolah bola mata tersebut dengan cara direbus dan dibumbui dengan kecap asin dan bawah putih.

via textbooktravel.com

Sannakji

Selain Jepang, kamu pun bisa menemukan makanan ekstrem di negara tetangganya, Korea Selatan. Bahan makanan yang digunakan untuk makanan ekstrem ini adalah bayi gurita.

Sering disebut dengan nama sannakji, makanan ini disajikan dipiring dengan bumbu minyak wijen. Kemudian, bayi gurita tersebut dipotong sesuai keinginan. Namun, sannakji dikategorikan sebagai makanan berbahaya.

Oh Hyun Sang via kccsupportersblog.wordpress.com

Casu Marzu

Italia pun memiliki makanan ekstrem yang mungkin akan membuatmu ngilu saat mendengarnya. Makanan tersebut berupa keju domba yang sengaja dibiarkan membusuk bersama bilatung atau casu marzu.

Makanan tradisional Sardinian ini biasanya akan disantap setelah dimasukkan ke dalam lemari es agar belatungnya mati. Namun, bagi yang bernyali, mereka akan memakan keju ini bersamaan dengan belatung tersebut.

Jason Palmer via theculturetrip.com

Airag

Orang yang mengonsumsi susu kuda mungkin sudah cukup umum di telingamu. Bagaimana dengan susu kudu yang difermentasi? Apakah kamu familiar dengan makanan ekstrem satu ini.

Jika kamu tak familiar, masyarakat Mongolia sudah sering mengonsumsi minuman ini. Bernama airag, minuman ini biasa dihidangkan dalam wadah berbentuk mangkuk tradisional oleh masyarakat lokal.

via travel2mongolia.com

Shirako

Shirako merupakan makanan ekstrem selanjutnya yang pernah dikonsumsi oleh manusia. Dari bentuknya, mungkin kamu tak akan menyangka jika bahan dasarnya adalah kantung sperma ikan cod.

Banyak orang yang telah mengonsumsi makanan ini mengatakan bahwa tekstur dari makanannya terasa lembut dan creamy. Untuk penyajian, shirako biasa disajikan dengan cara dikukus atau digoreng.

via sunnysidecircus.com

Ulat Sagu

Ulat sagu mungkin biasa ditemukan pada pohon sagu atau pohon kelapa yang sudah mati. Nah, masyarakat Papua dan beberapa negara di Asia sering memakannya mentah-mentah.

Makanan ekstrem ini seringkali disebut-sebut memiliki rasa yang seperti cream ketika dimakan mentah-mentah. Saat dimasak, ulat sagunya justru akan terasa meaty layaknya bacon.

Fitraya/detikTravel via travel.detik.com

Telur Berumur Seabad

Jika kamu menemukan telur busuk di dapur, kamu secara naluriah akan membuat telur tersebut. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk masyarakat Tiongkok yang justru menyimpannya dalam wadah tanah liat.

Tak hanya disimpan, masyarakat Tiongkok akan menyelimutinya di dalam abu serta garam berbulan-bulan. Dijuluki telur seabad, makanan ekstrem ini aromanya akan seperti bau belerang.

@maryshappybelly via maryshappybelly.com

Sup Kalajengking

Kalajengking merupakan salah satu hewan yang cukup berbahaya. Kamu tentu tidak akan percaya jika di belahan bumi lainnya tepatnya di Tiongkok, hewan ini dijadikan sebagai bahan dasar sup.

Sensasi menyeramkan mungkin akan terbayang di otakmu saat membayangkan makanan ekstrem ini. Pengolahan kalajengkingnya sebenarnya dalam keadaan mati dan racunnya sudah dibuang saat proses pemasakan.

via idntimes.com

Surstromming

Jika di Tiongkok, telur yang dibiarkan membusuk berbulan-bulan, berbeda halnya dengan Swedia. Salah satu negara teraman ini justru menyimpan ikan yang sengaja membusuk dalam jangka waktu yang lama.

Bau dari surstromming sendiri sangat menyengat dan akan mengingatkanmu seperti telur busuk. Soal rasa, masyarakat Swedia mengatakan bahwa rasanya mirip gurih dan lezat saat disantap.

via sultantv.co

Sup Kelelawar

Makanan ekstrem terakhir adalah sup kelelawar. Makanan satu ini banyak di perbincangkan di awal tahun. Banyak yang menduga bahwa sup kelelawar menjadi sumber dari penyebaran virus corona.

Walaupun pernah menyulut kontroversi, masih banyak orang yang menjadi penggemar sup satu ini. Pasalnya, banyak yang meyakini bahwa sup ini dapat meningkatkan stamina dan mencegah penyakit.

Katy Hui-wen Hung via taipeitimes.com

Bobobox, Penginapan Nyaman dengan Harga Terjangkau

Sebuah penginapan tentu harus mengutamakan kenyamanan bagi para tamu yang datang. Seringkali, kenyamanan ini yang justru membuat harga inap penginapan tersebut mahal.

Namun, hal tersebut tak berlaku untuk Bobobox. Walaupun berdedikasi agar tamu bisa senyaman mungkin, harga inap yang dipatok justru tergolong murah dan terjangkau.

Penasaran? Pesan podnya sekarang juga melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini dan lewat aplikasi yang kamu unduh, kamu sudah bisa memesan pod yang kamu inginkan di manapun dan kapanpun kamu mau.

kamar bobobox

You might also like