Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jaga Kondisi Tubuhmu dengan Mengonsumsi Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Dehidrasi Berikut Ini

Jaga keseimbangan tubuh dengan tetap terhidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi di saat tubuh kamu kehilangan banyak cairan. Akibatnya, keseimbangan kadar gula, garam dan mineral dalm tubuh terganggu dan tubuh pun tidak dapat berfungsi dengan normal.

Idealnya, tubuh manusia mengandung lebih dari 60% air dari total berat badan. Cairan tersebut digunakan untuk membantu sistem pencernaan dalam mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh. Selain itu, cairan tubuh tersebut juga berfungsi sebagai pelumas bantalan pada persendian, melembapkan jaringan pada telinga, hidung, dan tenggorokan, serta media pengangkut nutrisi untuk sel-sel tubuh.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab dehidrasi seperti hawa panas, obat-obatan, gangguan pencernaan (misal diare), demam, muntah, perjalanan jarak jauh dan kegiatan yang menguras tenaga. Saat mengalami dehidrasi ringan, kamu biasanya akan merasa haus, mulut terasa kering dan lengket, warna urine menggelap, mudah mengantuk dan lelah, sakit kepala, sembelit, tekanan darah rendah, frekuensi buang air kecil menurun, dan kesulitan berkonsentrasi.

Dehidrasi ringan ini biasanya tidak memerlukan penanganan medis. Kamu cukup mengonsumsi makanan dan minuman untuk mengatasi dehidrasi tersebut. Apa saja makanan dan minuman untuk mengatasi dehidrasi itu?  Yuk simak lebih lanjut!

Air Kelapa

@xiaoyulifish via Unsplash

Selain air putih, air kelapa juga termasuk salah satu makanan dan minuman untuk mengatasi dehidrasi. Saat mengalami dehidrasi, tubuh kamu juga membutuhkan elektrolit, yakni mineral yang dibutuhkan tubuh untuk  menjaga keseimbangan cairan dan agar jantung tetap berdetak dengan normal.

Nah, air kelapa ini bisa kamu gunakan untuk mengisi ulang elektrolit tubuh karena mengandung cairan, karbohidrat, serta lima jenis elektrolit yaitu potasium, magnesium, kalsium, fosfor, dan sodium. Kandungan gula alami di dalamnya juga memberikan sedikit rasa manis pada air kelapa. Cocok banget nih buat yang mudah enek. Namun, kamu tentu perlu memastikan bahwa air kelapa kamu murni. Jika mengandung pemanis dan perasa, pastikan jumlahnya tidak melebihi jumlah air kelapa itu sendiri.

BACA JUGA: Tak Hanya Menyegarkan, Ini Dia Manfaat Kelapa Untuk Kesehatan Tubuhmu!

Semangka dan Melon

@rens23 via Unsplash

Cairan tubuh dapat kamu peroleh dari buah-buahan yang juga termasuk ke dalam makanan dan minuman untuk mengatasi dehidrasi. Pilihan yang paling tepat adalah buah semangka, melon honeydew dan melon jingga. Semangka merupakan buah yang memiliki kadar air tinggi dan rendah kalori sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi saat sedang dehidrasi.

Selain memperoleh asupan air, konsumsi semangka atau melon juga akan memberi kamu bonus tambahan serat, antioksidan, vitamin C, vitamin A dan magnesium. Sementara itu, melon honeydew dan jingga sendiri memiliki kandungan air serta potasium yang tinggi. Potasium ini merupakan salah satu jenis elektrolit yang akan membantu menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh.

Jika penyebab dehidrasi kamu adalah hawa panas, kamu bisa memasukkan buah tersebut ke dalam freezer terlebih dulu untuk membantu menurunkan rasa panas pada tubuh. Melansir Healthline, mengemut melon beku bisa membantu kamu mengatasi rasa mual yang datang bersama dehidrasi.

BACA JUGA: Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

Susu

Eiliv-Sonas Aceron via Unsplash

Dalam segelas susu yang kamu minum sebagai bagian dari makanan dan minuman untuk mengatasi dehidrasi, kamu tak hanya mengisi ulang cairan. Meminum susu saat dehidrasi juga akan menambahkan protein, karbohidrat, lemak dan juga elektrolit ke dalam tubuh.

Melansir Real Simple, konsumsi susu skim atau rendah lemak setelah berolahraga dapat membantu kamu terhidrasi kembali. Pasalnya, kandungan protein serta elektrolit di dalam susu sim dapat membantu mengganti cairan yang hilang dalam tubuh.

Smoothies

Brooke Lark via Unsplash

Smoothies juga bisa kamu anggap sebagai salah satu dari makanan dan minuman untuk mengatasi dehidrasi, terutama bagi kamu yang kurang suka air putih. Minuman satu ini biasanya terbuat dari campuran cairan seperti susu, jus, atau teh tanpa gula, buah-buahan dan sayuran, dan terkadang ditambahkan dengan yogurt untuk penambah protein. Hasilnya tentu adalah cairan creamy, manis dan menyegarkan yang siap memenuhi kebutuhan cairan yang sudah hilang dari tubuh.

Penggunaan susu sendiri bisa diganti dengan susu berbasis nabati atau bubuk protein. Selain itu, untuk kamu yang mengalami dehidrasi akibat demam atau infeksi, smoothies berry cocok banget untuk menghilangkan dahaga kamu. Terlebih, buah-buahan tersebut kaya akan vitamin C yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Jika perut kamu sensitif, kamu bisa menambahkan sedikit jahe atau daun mint yang dapat membantu menghindari rasa mual dan meringankan gangguan pencernaan. Penambahan es juga bisa membantu jika kamu merasa mual karena makanan dingin cenderung tidak terlalu berbau.

Timun

Markus Winkler via Unsplash

Timun juga termasuk salah satu makanan dan minuman untuk mengatasi dehidrasi mengingat kandungan airnya yang mencapai 95%. Selain itu, timun juga kaya akan kandungan antiinflamasi  yang dapat membantu membuang kotoran dari tubuh dan mengurangi iritasi pada kulit.

Jika memakan timun saja terasa membosankan, kamu bisa menambahkan yogurt sebagai sausnya. Selain mengandung air, yogurt juga kaya akan nutrisi seperti dalam susu dengan tambahan probiotik yang bagus untuk pencernaan.

Selain itu, kamu juga bisa memakannya dengan salmon atau pasta dengan tambahan lemon dan rempah. Kamu juga bisa menjadikannya memasukkannya ke dalam air putih sebagai minuman detoks atau menjadikannya salad dengan tambahan sayuran lain. Pastikan untuk tidak mengupas kulit timun untuk memaksimalkan mineral dan vitamin yang kamu peroleh.

Stroberi

@tetiana_bykovets via Unsplash

Saat dehidrasi menyerang, buah stroberi juga bisa kamu jadikan pilihan makanan dan minuman untuk mengatasi dehidrasi. Pasalnya, 91% dari berat buah stroberi ini adalah air yang tentunya sangat bagus untuk mengisi ulang cairan yang hilang. Kamu bisa memakannya langsung atau menjadikannya salad, smoothies, atau resep sehat lainnya agar tidak membosankan.

Tomat

@omidian_hamed via Unsplash

Penikmat tomat juga bisa nih menjadikannya pilihan dalam makanan dan minuman untuk mengatasi dehidrasi. Kandungan air yang tinggi hingga 93% serta sebagai sumber potasium, tomat cocok banget untuk mengisi ulang cairan tubuh kamu. Kamu bisa memakannya langsung dalam keadaan mentah. Agar tidak membosankan, kamu juga bisa mengolahnya menjadi salad, pasta, sup dan lainnya.

Anggur

@nevenkrcmarek via Unsplash

Ketika membutuhkan asupan cairan, anggur juga bisa kamu jadikan pilihan. Selain memiliki kandungan air yang tinggi, buah anggur yang termasuk ke dalam berry ini juga bagus untuk jantung. Manfaat tersebut terkandung dalam kulit anggur yang kaya akan antioksidan bernama resveratrol yang dapat melindungi jantung kamu. Dikonsumsi langsung ataupun dicampur yogurt rasanya pasti selalu yummy.

Air Kaldu dan Sup

href=”https://unsplash.com/photos/CjmlUpo3eAw”>Unsplash
via Unsplash

Pernahkah terpikir bahwa air kaldu dan sup termasuk ke dalam makanan dan minuman untuk mengatasi dehidrasi? Kedua makanan tersebut nyatanya memang terbuat dari banyak air dan memiliki kadar elektrolit yang cukup tinggi.

Selain itu, jika yang kamu gunakan adalah air kaldu tulang atau sup berprotein hewani, kamu juga memperoleh tambahan kolagen. Protein yang sangat baik untuk persendian ini tentu kamu butuhkan terutama jika dehidrasi diakibatkan oleh kegiatan yang berat.

Air kaldu sendiri bisa kamu buat sendiri di rumah. Melansir Healthline, jika kamu memasaknya lebih dari delapan jam, kandungan kalsium yang bagus untuk tulang dan magnesium yang baik untuk otot akan meningkat. Dengan menambahkan sayuran, kamu juga dapat bonus air tambahan dan juga nutrisi lainnya.

Pencegahan

Dehidrasi biasanya berisiko dialami oleh anak-anak, orang yang lebih tua, atlet, dan orang-orang yang bekerja di luar ruangan atau tinggal di ketinggian. Sebagai bentuk pencegahan, kamu tentu perlu mengonsumsi banyak air, makanan yang kaya akan air, dan perhatikan warna urine kamu.

Urine biasanya berwarna jernih hingga kuning tua. Jika warna tampak gelap, hal itu bisa menjadi pertanda kamu dehidrasi. Selain itu, hindarilah alkohol, kafein, soda dan minuman bergula karena minuman-minuman tersebut justru akan semakin membuat kamu dehidrasi.

BACA JUGA: Tak Boleh Diremehkan! 10 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuhmu

Tenangkan Diri di Bobobox

Menghindari stres merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran kamu. Di tengah padatnya aktivitas, kamu bisa meluangkan waktu untuk menjauhkan diri dari segala kepenatan bahkan hanya dengan sekadar staycation saja.

Bingung pilih akomodasinya? Bobobox saja. Selain menawarkan harga yang terjangkau, hotel kapsul satu ini memang dirancang demi kenyemanan pengunjung. Kamu bisa menikmati fasilitas moodlamp yang tersedia untuk memastikan kualias tidur tetap terjaga.

Moodlamp ini menyediakan banyak pilihan warna cahaya yang bisa kamu ubah sesuai dengan suasana hati kamu, dari remang hingga terang. Selain itu, fitur satu ini juga bisa menambahkan nilai estetik di dalam pod sehingga kamu bisa mengubah suasana di dalam seperti studio foto dadakan. Yuk unduh dulu aplikasinya untuk kemudahan dalam booking hingga check-in dan check-out!

You might also like