Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari agar Tidak Terkena Penyakit Jantung

Bahkan beberapa di antaranya mungkin sering kamu konsumsi

Bobobox.co.id — Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit mematikan yang menghantui manusia. Apalagi bagi mereka yang tidak menjaga asupan makanan dan minuman setiap harinya.

Dengan konsumsi makanan dan minuman sehari-hari yang tidak sehat, hal tersebut justru akan meningkatkan kemungkinanmu untuk terkena penyakit jantung.

Sehingga, untuk menghindarimu agar tidak terkena penyakit jantung, rasanya kamu perlu mengetahui beberapa makanan dan minuman yang harus diusahakan untuk tidak dikonsumsi.

Nah, tanpa banyak basa-basi lagi, Bob sudah merangkum 10 makanan dan minuman yang harus dihindari agar tidak terkena penyakit jantung berikut ini.

Minuman Bersoda

Makanan dan minuman pertama yang harus dihindari adalah minuman bersoda. Minuman bersoda sendiri memiliki banyak pemanis buatan yang menjadi penyebab diabetes juga.

Bahkan, sebuah penelitian mengklaim bahwa orang yang meminum soda cenderung akan mengonsumsi lebih banyak kalori dibandingkan dengan yang tidak.

Nah, dengan kecenderungan ini, orang yang terlalu sering meminum minuman bersoda cenderung mengalami obesitas. Obesitas inilah yang menjadi salah satu faktor munculnya risiko penyakit jantung.

makanan dan minuman bersoda

Makanan Cepat Saji

Praktis dan cepat menjadi dua alasan utama mengapa makanan dan minuman yang harus dihindari ini banyak digemari oleh orang-orang sekarang ini. Ditambah dengan diskon yang mudah didapat untuk membeli makanan cepat saji tersebut.

Padahal, makanan cepat saji mengandung lemak jenuh yang akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Tidak hanya mengandung lemak jenuh saja lho makanan cepat saji tersebut.

Beberapa kandungan lainnya yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh yang ada di makanan cepat saji antara lain tingginya kandungan sodium, karbohidrat serta rendah serta dan gizi.

Margarin

Selanjutnya, ada margarin yang masuk ke dalam daftar makanan dan minuman yang wajib kamu hindari. Sama seperti halnya makanan cepat saji, margarin mengandung lemak jenuh.

Terlalu banyak menggunakan margarin pada makanan yang kamu konsumsi akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh lemak jenuh yang tadi sudah disebutkan.

Namun, tidak perlu khawatir, karena tidak semua margarin mengandung lemak jenuh. Kamu bisa memilih margarin yang tidak mengandung minyak terhidrogenasi parsial atau menggunakan minyak zaitun sebagai gantinya.

via health.harvard.edu

Daging Olahan

Makanan dan minuman berikutnya yang masuk daftar Bob adalah daging olahan. Daging olahan seperti sosis, bacon, dan nugget memiliki kandungan garam, kalori, dan lemak jenuh yang tinggi.

Kandungan tersebut sendiri apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan jantung menjadi tidak sehat. Hal tersebut tentu yang wajib kamu hindari, bukan?

Memilih daging olahan dengan lemak jenuh atau kandungan garam yang rendah terbilang cukup sulit untuk ditemukan. Sehingga, salah satu cara yang paling tepat adalah dengan menghindari mengonsumsi daging olahan terlalu sering.

Minuman Beralkohol

Setelah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari termasuk kategori makanan, kali ini ada juga yang termasuk minuman yang wajib kamu hindari agar tidak terkena penyakit jantung.

Minuman yang dimaksud adalah alkohol. Saat mengonsumsi minuman beralkohol, hal tersebut bisa menaikkan tekanan darah pada tubuh. Tekanan darah yang terlampau tinggi tidak baik untuk kesehatanmu.

Dengan meningkatnya tekanan darah yang tinggi, beberapa penyakit yang bisa menyerangmu di antaranya adalah gagal fungsi jantung, stroke, hingga obesitas atau kelebihan berat badan.

Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng menjadi daftar makanan dan minuman berikutnya yang wajib kamu hindari. Walaupun terbilang enak saat dimakan apalagi saat panas, makanan yang digoreng memiliki kandungan yang tidak baik untuk jantung.

Metode masak dengan cara seperti ini memunculkan lemak jenuh atau lemak trans yang akan meningkatkan kadar kolestrol jahat pada tubuh. Kedua kandungan tersebut tentunya tidak baik bagi jantung.

Sebuah studi pun mendukung hal tersebut. Pada studi tersebut, orang yang memakan kentang atau ayam goreng dua hingga tiga kali seminggu berpeluang besar terkena serangan jantung.

Pizza

Siapa sih yang tidak kenal dengan pizza. Makanan khas Itali ini menjadi salah satu makanan yang pas untuk disantap bersama teman-teman saat berkumpul.

Namun, siapa sangka jika pizza termasuk makanan dan minuman yang harus kamu hindari untuk mendapatkan jantung yang sehat. Kandungan di dalam pizzalah yang menyebabkan makanan ini harus dihindari.

Kandungan seperti sodium, lemak, hingga kalori yang tinggi menjadikan pizza bisa meningkatkan risiko kamu mengalami gangguan jantung. Sehingga, jika memesan pizza pun usahakanlah untuk menambah topping sayur pada pizza yang kamu pesan.

Mi Instan

Mi instan termasuk salah satu makanan favorit yang mudah disajikan dan enak untuk disantap. Walaupun begitu, ternyata mi instan memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan jantungmu.

Dalam sebungkus mi instan terdapat kandungan natrium yang tinggi, lemak jenuh, dan beban glikemik. Beberapa kandungan ini meningkatkan risiko perubahan metabolisme tubuh.

Tak hanya itu, terlalu banyak mengonsumsi mi instan tiap hari bahkan pekannya meningkatnan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabates. Khususnya bagi yang mengidap sindrom metabolik.

Gula

Makanan dan minuman berikutnya adalah gula. Sebenarnya, tidak hanya gula saja yang wajib kamu hindari. Garam dan lemak pun patut patut untuk dihindari untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Semakin tinggi konsumsi ketiga bahan makanan tersebut, maka hal tersebut meningkatkan pula risiko penyakit jantung. Apalagi gula yang berkontribusi langsung terhadap obesitas.

Untuk itu, cobalah untuk mengurangi ketiga bahan makanan tersebut ke dalam makananmu. Makanlah sayur dan buah-buahan untuk mengimbangi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kue Kering

Kue kering menjadi makanan dan minuman terakhir yang ada di daftar Bob kali ini dan harus kamu hindari agar tidak terkena penyakit jantung.

Beberapa kue yang dipanggang dan terutama yang diproduksi secara komersial memiliki kecenderungan untuk mengandung banyak gula dan lemak jenuh layaknya beberapa makanan dan minuman lainnya di daftar Bob ini.

Dengan mengonsumsi terlalu sering ditambah dengan kuantitas yang terlampau banyak, hal tersebut justru malah meningkatkan risikomu untuk terkena penyakit jantung.

Menginap dengan Santai? Ya di Bobobox

Sedang ingin menginap dengan nyaman dan santai? Jika iya, Bob mempunyai akomodasi penginapan yang worth it untuk kamu coba.

Akomodasi penginapan yang Bob maksud adalah Bobobox. Hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik ini menawarkan beragam fasilitas yang pastinya membuatmu nyaman seharian.

Beberapa fasilitas tersebut di antaranya adalah lampu led yang bisa diubah sesuka hati, pengeras suara Bluetooh, pod yang luas, koneksi WiFi yang kecepatannya sangat bisa diandalkan, dan masih banyak lainnya.

Fasilitas-fasilitas tersebut sendiri bisa kamu manfaat sepuasnya saat menginap di Bobobox. Namun siapa sangka, dengan fasilitas yang bejibun, harga yang ditawarkan justru tergolong bersahabat dengan dompet.

Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, kamu bisa mendapatkannya di aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini. Jadi, tunggu apalagi? Unduh dan pesan podnya sekarang juga.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.