Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Meskipun Menyengat, 7 Makanan Berbau Menyengat Ini Ternyata Bermanfaat, Lho!

Makanan berbau menyengat yang ternyata baik buat kesehatan kita!

Ngomongin soal makanan, setiap orang pasti punya makanan kesukaannya masing-masing. Pastinya ada banyak dari kalian yang suka sajian berbahan dasar daging ayam. Mungkin kamu lebih suka sajian dari daging sapi seperti steak. Ada juga dari kalian yang senang jenis sayur tertentu. Kamu juga mungkin suka buah-buahan asam seperti jeruk, nanas, atau mangga. Kalau Bob sih, sebagai koala tentunya suka daun eukaliptus segar! Nyam, nyam!

Di antara berbagai jenis makanan, ada beberapa jenis makanan yang punya bau tajam. Namun, makanan berbau menyengat tersebut ternyata banyak juga yang suka. Mungkin karena rasanya atau teksturnya. Meskipun demikian, banyak juga yang menghindari makanan berbau tajam karena aromanya yang mungkin unbearable. Selain itu, beberapa jenis makanan berbau menyengat juga tidak diperbolehkan di beberapa tempat.

makanan berbau menyengat
Credit: Pranjall Kumar (Unsplash)

Baca Juga: Ini 9 Makanan Paling Sehat di Dunia, Mulai Gaya Hidup Lebih Baik Yuk!


Meskipun baunya kadang bikin pusing, ternyata beberapa makanan berbau tajam punya manfaat yang baik bagi kesehatan! Kalau kamu bisa tahan, kebaikan dari makanan-makanan ini bisa kamu nikmati, lho! Kira-kira, apa saja sih makanan berbau menyengat yang ternyata baik bagi kesehatan? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Petai

Bahan makanan yang satu ini tentunya sudah nggak asing lagi. Sering ditemukan di sambal goreng kentang, petai terkenal karena baunya yang menyengat. Setelah makan petai, biasanya urine kita pun ikut berbau tak sedap. Oleh karena itu, banyak orang yang menghindari makanan yang satu ini. Padahal, menurut Kompas, petai kaya akan zat besi, vitamin B2, vitamin C, fosfor, kalsium, serta antioksidan seperti polifenol dan flavonoid.

Sumber: Klik Dokter

Buat kamu yang sering bermasalah sama lambung, petai bisa jadi your hero. Menurut Katadata, kandungan antasida pada petai bisa menetralkan asam lambung dan meredakan perih pada perut. Petai juga bisa menstabilkan detak jantung berkat kandungan kaliumnya. Selain itu, zat besi dalam petai membantu mengatasi anemia karena mendorong produksi sel darah merah. Jadi, mau coba makan petai, nggak?

2. Durian

Buah yang satu ini pun nggak kalah bau. Aroma durian yang menyengat sangat khas dan terkenal. Banyak yang jadi musuh durian karena baunya tersebut. Bahkan, di hotel dan pesawat pun, keberadaan durian tidak diinginkan. Aduh! Padahal, durian punya nutrisi penting seperti vitamin A dan C, magnesium, fosfor, dan karbohidrat, dilansir dari Alodokter. Durian juga mengandung protein, karbohidrat, serat, dan antioksidan.

makanan berbau menyengat
Credit: Jim Teo (Unsplash)

Berkat kandungan gizinya, durian punya segudang manfaat buat kesehatanmu. Menurut Klik Dokter, durian bisa mendorong kesehatan jantung dengan menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Antioksidan dalam durian juga bermanfaat mengurangi risiko kanker dan mencegah penuaan dini. Wih! Stay young! Kandungan vitamin C dalam durian juga membantu menjaga daya tahan tubuh. Namun, tetap batasi konsumsi durianmu, ya!


Baca Juga: Si Bolang Durian, Cafe Medan Khusus Pecinta Durian


3. Cuka Balsamik

Kamu penyuka salad? Tentunya nggak asing dengan dressing yang satu ini. Berbeda dengan mayones atau saus thousand island yang lebih lembut, cuka balsamik punya rasa dan aroma yang tajam. Namun, makanan berbau menyengat ini ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan. Untuk kamu yang belum tahu, menurut Food Detik, cuka balsamik atau balsamic vinegar adalah produk olahan fermentasi jus anggur yang berasal dari Italia.

Sumber: Sardel Kitchen

Manfaat cuka balsamik bisa kamu rasakan, terutama untuk kamu yang sedang diet. Pasalnya, menurut Hellosehat, cuka ini membantu menurunkan berat badan karena tidak mengandung lemak. Cuka balsamik juga mengandung kalium yang berpotensi mengendalikan tekanan darah. Kandungan polifenol pada cuka juga melancarkan peredaran darah dan membantu sistem kardiovaskular. Buat kamu yang punya gangguan lambung, tetap batasi konsumsi cuka ini, ya.

4. Jengkol

Bob yakin di antara kalian, nggak ada yang nggak kenal makanan berbau menyengat yang satu ini. Saat disemur, sepintas bentuknya mirip kentang, tetapi ketika dimakan, wow! Aroma tajam khas jengkol langsung menyerbak! Jengkol juga sering diolah menjadi panganan lain, termasuk keripik jengkol. Namun ternyata, bahan yang satu ini punya segudang manfaat kesehatan yang mungkin bisa mengubah pandangan kamu terhadap jengkol.

makanan berbau menyengat
Sumber: National Geographic Indonesia

Menurut Kontan, jengkol kaya akan fosfor dan kalsium yang baik untuk tulang dan gigi. Kedua zat tersebut juga bisa mencegah osteoporosis. Antioksidan pada jengkol juga membantu menjauhkan radikal bebas yang dapat memicu kanker. Bahkan, menurut Orami, kandungan vitamin dan zat besi pada jengkol baik untuk ibu hamil. Buat kamu yang sering susah BAB, serat pada jengkol dijamin bikin buang air jadi lancar!


Baca Juga: Makan Sambil Tutup Hidung? Ini Dia Makanan Lezat yang Dianggap Berbau Kurang Sedap!


5. Bawang Putih

Makanan berbau menyengat yang satu ini banyak banget digunakan sebagai bumbu dapur. Aromanya memang tajam, tapi rasanya menggugah selera! Bawang putih juga jadi salah satu bahan yang sering hadir di sajian-sajian Korea. Sebetulnya, nggak heran kalau berbagai masakan, termasuk makanan sehat menggunakan bawang putih. Pasalnya, makanan berbau menyengat ini memang terbukti banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Credit: Alexander Lyubavin (Unsplash)

Menurut Kompas, sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih setiap hari bisa menangkal pilek 63 persen lebih efektif. Bawang putih juga bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 10-15%, lho! Antioksidan dalam bawang putih juga bisa menjauhkan radikal bebas. Selain itu, bawang putih juga bermanfaat meredakan rasa lelah. Jadi, buat kamu yang sering lemah, lesu, dan lunglai, coba deh tingkatkan konsumsi bawang putih.

6. Mengkudu

Buah yang satu ini adalah salah satu makanan berbau menyengat yang cukup populer. Seperti halnya durian, bau buah yang satu ini terkadang nggak tertahankan. Padahal, mengkudu juga merupakan gudangnya kebaikan bagi kesehatan tubuhmu. Menurut Alodokter, mengkudu kaya akan zat antioksidan, antiperadangan, dan antibakteri. Buah ini juga mampu memperbaiki dan mencegah kerusakan pada sel tubuh.

makanan berbau menyengat
Credit: ZSM (Wikimedia Commons)

Di masa pandemi seperti sekarang, imunitas tubuh yang baik tentunya kita butuhkan. Nah, mengkudu membantu meningkatkan imunitas tubuh kita. Selain itu, sebuah riset juga menunjukkan bahwa mengkudu membantu menurunkan kadar gula darah. Bahkan, menurut IDN Times, buah mengkudu juga berkhasiat bagi rambut! Mengkudu bisa mencegah kerontokan, mengatasi ketombe, sampai membasmi kutu!


Baca Juga: Ini Dia 10 Buah Yang Dianggap Paling Eksotis Di Dunia Namun Bertebaran di Indonesia


7. Natto

Dan makanan berbau menyengat terakhir yang ternyata baik untuk kesehatan adalah natto. Buat kamu yang belum tahu, natto adalah makanan tradisional dari negara  asal Nobita dan Doraemon, Jepang. Menurut Kompas, natto dibuat dengan memfermentasi kedelai. Proses fermentasinya selesai saat natto berlendir dan berserabut, dan teksturnya lengket. Penampilan dan baunya yang menyengat membuat beberapa orang enggan mencoba natto.

Sumber: Révolution Fermentation

Namun, makanan berbau menyengat ini juga baik untuk kesehatan. Menurut WebMD, natto kaya akan protein, mineral, dan vitamin, serta enzim nattokinase. Enzim ini bisa mengencerkan penggumpalan darah sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Enzim tersebut juga membantu mengecilkan polip nasal dan mengencerkan lendir pada hidung sehingga pernapasan lebih lancar. Selain itu, natto juga bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan kita.

Segarkan Pikiran Sambil Berlibur di Bobobox!

Beberapa makanan berbau menyengat memang punya beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, nggak cuman tubuhmu yang perlu dirawat. Your mind and soul also need some TLC! Kamu bisa menyegarkan pikiran sambil staycation di Bobobox. Nggak perlu bobol tabungan untuk menikmati liburan seru yang unik. Dengan pod yang luas dan teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi seluler, menginap di Bobobox akan berkesan deh!

tampak bobobox alun-alun malang

Bobobox juga hadir dengan fasilitas umum seperti shared bathroom, pantry, communal space, dan musala. Mau kerja atau kuliah online dari Bobobox? Koneksi WiFi yang tersedia bisa kamu andalkan, deh! Jangan lupa download aplikasi Bobobox ke ponselmu sebelum berkunjung. Aplikasi gratis ini bisa kamu dapatkan dari Google Play Store untuk Android, dan App Store untuk iOS!

You might also like