Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Main ke Tempat Pantai Pink di Lombok

Pantai

Lombok dan sejuta daya tariknya yang mempesona. Sebagai sebuah destinasi wisata andalan baru selain Bali, Lombok selalu punya cara untuk menawarkan keindahannya sendiri. Mulai dari berbagai pantai unik, hingga pemandangan alam yang eksotis untuk dikunjungi.

Nah, kali ini Bob akan merekomendasikan salah satu destinasi pantai unik yang menjadi andalan pulau seribu masjid ini, yaitu Pantai Pink! Loh, bukannya Pantai Pink adanya di Pulau Komodo ya? Yap, selain di pantai Komodo, Pulau Lombok pun punya Pantai Pinknya sendiri dan Bob jamin deh gak kalah cantiknya!

Wisata Andalan Lombok Timur

Pantai Pink
https://www.nativeindonesia.com/pantai-pink-lombok/

Pantai Pink Lombok berada di Kabupaten Lombok Timur, tepatnya di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru. Karena letaknya di timur pulau, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar dua jam untuk mencapai lokasi baik dari bandara maupun Pelabuhan Lembar.

Untuk mencapai pantai ini, ada tiga cara utama yang bisa kamu gunakan. Pertama, kamu bisa menyewa motor dari Kota Mataram dengan harga sewa sekitar 60 ribu hingga 70 ribu perhari. Jika kamu pergi bersama rombongan atau keluarga, kamu bisa menyewa mobil seharga 400 ribu hingga satu juta perhari. Lebih hemat kan?

Bagaimana dengan kendaraan umum? Sebetulnya, sudah ada kendaraan umum untuk mencapai Pantai Pink Lombok yaitu melalui Stasiun Mandalika menuju Pasar Jerowaru, lalu berhenti di Pertigaan Tanjung Ringgit.

Transportasi Umum Menuju Pantai Pink

Estimasi jika menggunakan transportasi umum sekitar 4 jam dari Mataram. Kalau kamu menikmati perjalanan dan interaksi dengan masyarakat lokal, tidak ada salahnya mencoba opsi ini. Perjalanan menuju pantai ini memang cukup menantang. Selain karena letaknya di sudut tenggara Lombok Timur, infrastruktur menuju tempat wisata ini pun belum terkelola dengan baik seutuhnya.

Sepanjang perjalanan, kamu akan menghadapi jalan yang tidak terlalu bagus. Maka dari itu, sebelum melancong ke Pantai Pink, pastikan dulu kendaraanmu dalam kondisi prima ya.

Markas Jepang

Pantai Pink atau oleh masyarakat lokal disebut Pantai Tangsi ini memang sangat unik. Selain karena pasir pantainya yang berwarna merah muda, menurut penduduk lokal, pantai ini dulu sempat menjadi markas Jepang.

Nama ”Tangsi” sendiri berarti markas dalam Bahasa setempat. Mungkin di zaman dulu, tentara Jepang pun terpikat dengan keindahan pantai ini dan memutuskan untuk membangun markas di pantai cantik ini.

Pantai Kembar

pantai Pink
https://yacsher.com/destinasi-wisata-pantai-tangsi-lombok/

Jangan kaget saat kamu mencari titik lokasi Pantai Pink ternyata ada lebih dari satu lokasi  dengan nama yang sama. Tidak, kamu sedang tidak ditipu oleh aplikasi peta di telepon genggammu. Di Pulau Lombok memang terdapat tiga Pantai Pink!

Untuk menuju Pantai Pink 1, 2, dan 3, kamu hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam dengan kendaraan bermotor. jarak antara ketiga pantai pun tidak terlalu jauh. Kedua pantai ini pun nyaris tidak ada bedanya. Pantai pasirnya yang halus dan lembut sangat nyaman untuk sekedar rebahan dan bermain.

Putih atau Pink?

Sebetulnya, warna pasir di Pantai Pink ini adalah putih. Warna merah muda yang membuat pantai ini terkenal berasal dari serpihan-serpihan terumbu karang dan koral laut yang berwarna merah terbawa ombak dan tertinggal di pantai.

Warna pinknya sendiri akan memancar di pagi dan sore hari. Menurut penduduk setempat, warna pink akan memudar saat terkena cahaya matahari yang sangat terang. Selain itu, jika dilihat lebih dekat, pasirnya akan terlihat semakin putih. Warna pink dari pasir di pantai ini hanya bisa maksimal dinikmati mata dengan jarak yang agak jauh.

Menikmati Pantai Pink dan Sekitarnya

Selain Pantai Pink, apalagi ya yang bisa dinikmati di Lombok Timur? Kecamatan Jerowaru memang kaya akan pesona pesisirnya. Jika kalian sempatkan datang kesini, tidak hanya Pantai Pink, namun juga spot-spot cantik siap dinikmati saat liburan.

Spot pertama adalah tiga gili atau tiga pulau disekitar Pantai Pink. Salah satu pulai ini bernama Gili Merangke. Nah, jika air laut sedang surut, makan akan terhampar jembatan pasir, yang disebut Pulau Pasir, yang menghubungkan ketiga pulau ini. Kamupun bisa berfoto-foto diatas pulau pasir ini sebelum air laut pasang.

Karang Biru Gili Petelu

Pantai Pink
https://mobillombok.com/wisata/gili-petelu-lombok.html

Nah, bagi kamu pecinta dunia bawah laut, jangan sampai lewatkan Gili Petelu. Gili Petelu adalah spot snorkelling oke banget di Lombok Timur tidak jauh dari Pantai Pink. Ketika sampai disini, matamu hanya akan menatap satu warna dominan, warna biru.

Gili Petelu sendiri terkenal dengan Karang Birunya. Perpaduan yang pas antara langit, air dan Karang Biru ini memang mempesona siapa saja yang datang. Namun, hati-hati, disekitar Karang Biru ini terdapat habitat hiu. Hiu-hiu ini bisa kamu lihat dari atas perahu, tapi tidak usah khawatir, selama kamu mengikuti arahan pemandu snorkelling, kamu pasti aman.

Memancing di Pantai Semangkok

Spot yang terakhir ini akan memanjakan kamu yang hobi memancing. Pantai Semangkok di Lombok Timur akan membantumu menyalurkan hobi memancingmu selama liburan. Tidak terlalu jauh dari pantai Pink, Pantai Semangkok memang seunik namanya karena berbentuk cekung seperti mangkok!

Di pantai ini pun terdapat sebuah lubang yang berisi banyak sekali ikan sehingga oleh masyarakat lokal disebut Sumur Ikan. Bagi kamu yang ingin menikmati suasana pantai di senja hari sambil menikmati ikan bakar hasil pancingan sendiri, Bob sarankan kunjungi pantai yang satu ini.

Tips Menuju Pantai Pink Lombok

Meskipun sudah menjadi bagian dari pariwisata Lombok, akses ke pantai Pink ini masih terbilang sulit. Beberapa wisatawan juga mengalami kesalahan rute berkali-kali. Nah, supaya liburanmu maksimal, Bob akan memberikan tips-tips jitu untuk berkunjung ke Pantai Pink

  • Bawa kendaraan sendiri. Meskipun ada transportasi umum untuk menuju Pantai pink, Bob sarankan lebih baik bawa kendaraan sendiri deh. Kadang, transportasi tidak selalu beroperasi setiap hari dan kamu akan jauh lebih leluasa mengeksplorasi semua kekayaan wisata disekitar Pantai Pink baik dengan kendaraan sendiri maupun sewaan.
  • Pastikan kondisi kendaraanmu prima. Meskipun perjalanan hanya akan ditempuh sekitar dua jam dari Kota Mataram, tidak ada ssalahnya memastikan kondisi kendaraan. Karena akses menuju Pantai Pink ini masih sulit dan kamu akan melewati daerah cagar alam yang tidak berpenduduk.
  • Siapkan uang tunai. Untuk masuk wilayah Pantai Pink ini, kamu harus membayar retribusi sebesar 10 ribu rupiah. Murah, kan? Namun karena lokasi berada di pedesaan dan agak susah mencari atm, ada baiknya siapkan uang tunai dan simpan di tempat yang aman.

Mencari Penginapan yang Aman dan Nyaman? Tidak Sulit, kok!

Mencari penginapan memang menjadi tantangan sendiri bagi para traveller. Pertimbangan terbesar seringkali seputar tempat yang aman tapi juga nyaman untuk beristirahat dengan harga yang terjangkau.

Nah, maka dari itu, Bobobox hadir untuk melengkapi travellingmu. Dengan mengemas konsep penginapan yang aman, nyaman, dan terjangkau, Bobobox akan mengurangi beban perjalananmu dalam mencari penginapan.

Tak perlu ragu, hanya dalam hitungan detik, pods yang nyaman sudah dalam genggaman. Tinggal download aplikasinya, liburanmu akan semakin berwarna dan menjadi semakin seru. Nikmati terus kenyamanan dari fasilitas Bobobox hanya disini. Ayo, tunggu apa lagi?