Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Main ke Tempat Alam Pulau Pahawang

Pulau

Indonesia memiliki sejuta penawaran pesona laut yang tidak dapat ditolak para penikmat wisata bahari. Salah satu destinasi wisata bahari yang tidak bisa dilewatkan kecantikannya adalah Pulau Pahawang. Tujuan wisata bahari yang terletak di Lepas Teluk Punduh, Kabupaten Pesawaran, Lampung ini sangat cocok dijadikan tempat rehat akhir pekanmu.

Untuk kamu yang bekerja di Ibukota dan mencari tempat refreshing baru, Pulau Pahawang bisa menjadi opsi. Ternyata untuk menuju Pahawang dari Jakarta, tidak begitu jauh kok. Kamu bisa menikmati weekendmu dengan maksimal tanpa harus mengambil cuti.

Rumah Nemo

Pulau
https://sakuratravel.asia/INA/blog/wisata-pulau-pahawang-spot-snorkeling-ikan-finding-nemo/

Aktivitas andalan Pulau Pahawang yang harus kamu coba adalah snorkeling. Sebagai surga wisata bahari Lampung, Pahawang sangat kaya akan biota laut sehingga spot-spot cantik untuk menyelam menyebar disetiap pojok kepulauan ini.

Terumbu karang yang indah dan ikan-ikan berwarna-warni akan menyambutmu segera setelah kamu menceburkan diri di dinginnya laut Pahawang. Masyarakat lokal pun turut meramaikan spot snorkeling dengan membuat candi dari beton yang berfungsi sebagai habitat baru bagi biota laut.

Cantiknya alam bawah laut Pulau Pahawang semakin lengkap dengan kehadiran ikan badut atau nemo yang berenang bebas di lautan jernih ini. Snorkeling di Pahawang? Dijamin puas banget deh.

Pulau-pulau Pahawang nan Menawan

Pulau Pahawang tidak hanya terdiri dari satu pulau saja, tapi pulau-pulau kecil tak berpenghuni menghiasi gugusan kepulauan ini sejauh mata memandang. Ada empat pulau utama tujuan destinasi Pahawang, yaitu Pulau Pahawang Besar, Pulau Pahawang Kecil, Pulau Kelagian Besar dan Pulau Kelagian Kecil.

Pulau-pulau tersebut, selain merupakan spot snorkeling, juga merupakan tempat yang tepat untuk menikmati sunrise maupun sunset.

Kamu sendiri akan tinggal di Pahawang Besar bersama penduduk setempat. Hanya di Pahawang Besar, pulau dengan luas kurang lebih 1000 hektar ini, dihuni oleh mayoritas penduduk Pahawang.

Tinggal dengan Penduduk Lokal

Pulau
https://www.triptrus.com/destination/1952/pulau-pahawang-besar

Berlibur ke Pulau Pahawang berarti kamu akan merasakan pengalaman tinggal bersama penduduk lokal. Sampai saat ini, penginapan baru hanya tersedia di Pahawang Besar karena mayoritas penduduk bermukim di area ini.

Masyarakat Pulau Pahawang Besar adalah masyarakat transmigrasi yang sebagian besar berasal dari Pulau Jawa, terutama Provinsi Banten. Mereka memulai hidup di Pahawang dengan berprofesi sebagai nelayan.

Namun sejak pariwisata tumbuh subur di daerah tersebut, beberapa masyarakat sudah mulai menyadari potensi wisata di Pahawang dan mengembangkan fasilitas-fasilitas yang menunjang pariwisata daerah. Saat ini, penduduk mulai bahu-membahu membangun penginapan dan paket wisata.

Jadi, buat kamu yang ingin berlibur ke Pahawang namun bingung menginap dimana, jangan khawatir. Masyarakat Pahawang yang sangat ramah siap menyambut kamu di rumah mereka dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Berburu Sunset dan Sunrise Pahawang

Pulau
https://www.vizitrip.com/tour/lampung/pahawang-island-3d2n/shncgk006

Setelah puas berkeliling gugusan Pulau Pahawang, saatnya menikmati sunset di senja Pahawang. Kamu bisa berjalan kaki di sekitar Pulau Pahawang Besar menuju pantai-pantai terdekat dan menunggu matahari terbenam.

Dengan ombak yang tenang dan angin sepoi-sepoi, menikmati sunset menjadi momen yang tak terlupakan. Kamu juga bisa menikmati momen kebersamaan bersama pasangan atau teman-teman dengan berkemah di pantainya. Seru kan?

Berpetualang ke Pulau Pahawang

Petualangan bahari di Pulau Pahawang memang tak bisa ditolak. Nah, untuk kamu yang penasaran bagaimana caranya sampai di Pahawang, Bob ada tipsnya nih.

  1. Pesawat

Dari Jakarta, kamu bisa menggunakan moda transportasi pesawat dan mendarat di Bandar Udara Radin Inten Lampung. Dari bandara, kamu bisa menyewa mobil dengan perjalanan sekitar 2-3 jam hingga Dermaga Ketapang untuk menyebrang hingga Pahawang.

  1. Backpacker

Untuk kamu yang memiliki banyak waktu luang dan menyukai tantangan, mengunjungi Pahawang ala backpacker boleh banget dicoba.

Kamu bisa menaiki bus dari Jakarta sampai Bandar Lampung disambung dengan angkutan kota menuju Teluk Betung lalu menumpang mobil pickup sampai Dermaga Ketapang.

Biaya yang kamu keluarkan pun jauh lebih sedikit. Apalagi jika bersama teman-teman, perjalanan backpacker ini akan jauh lebih seru.

Oh iya, ada juga bus yang langsung menuju Dermaga Ketapang, namun bus ini hanya beroperasi satu kali sehari. Bus akan berangkat sekitar jam 7 pagi, sehingga kalau kamu tertinggal, kamu harus menunggu bus selanjutnya besok pagi.

  1. Kendaraan Pribadi

Untuk kamu yang memiliki kendaraan pribadi dan berniat untuk mengunjungi Pahawang dengan menyetir sendiri, tidak masalah kok. Dari Kota Bandar Lampung, kamu tinggal mengikuti petunjuk jalan menuju Teluk Betung atau lebih mudahnya lagi, kamu bisa memaksimalkan aplikasi Google Map sebagai petunjuk arah.

  1. Jasa Open Trip

Nah, kalau kamu tipe orang yang tidak mau ribet, kamu bisa mengunjungi  Pahawang dengan mengandalkan jasa open trip yang sudah banyak tersedia. Dengan starting point  di Jakarta, kamu bisa duduk manis di bus sampai Pahawang.

Jasa open trip ini mulai dari 600 ribu hingga satu juta rupiah tergantung berapa malam kamu menginap di Pahawang. Semua fasilitas termasuk alat snorkeling, sewa perahu, berkeliling ke spot snorkeling, hingga biaya penginapan dan makan sudah ditanggung.

Begitu banyaknya jalan menuju Pahawang sehingga kamu tidak harus pusing memikirkan cara untuk pergi ke tempat wisata primadona Lampung ini. Pilih petualangan mana yang ingin kamu coba, Pahawang siap menyambutmu dengan keindahannya.

Tips Menuju Pahawang

Untuk bisa menikmati Pahawang secara maksimal, Bob akan memberikan tips khusus supaya kamu siap berllibur tanpa khawatir.

  1. Untuk kamu yang memutuskan pergi ke Pahawang dengan kendaraan pribadi, jangan pernah lupa untuk mengecek kondisi kendaraanmu. Kendaraanmu pun tidak bisa dibawa sampai pulau loh. tapi jangan khawatir, kamu bisa menitipkannya di dermaga setempat.
  2. Selalu siapkan drybag karena untuk menuju Pahawang, kamu akan menaiki perahu kayu dengan jarak yang lumayan jauh. Hindari resiko barang-barang berhargamu masuk ke dalam air dengan menyiapkan drybag,
  3. Jangan lupa gunakan tabir surya untuk mencegah kulit terbakar. Tapi, pastikan juga tabir suryamu ramah lingkungan ya. Pilih tabir surya yang tidak mengandung bahan-bahan yang bisa merusak terumbu karang. Sambil menikmati alam, mari kita jaga lingkungan.
  4. Selalu waspada saat snorkeling karena perairan Indonesia sangat kaya dengan biota laut. Beberapa biota laut seperti bulu babi, ular laut, dan ubur-ubur cenderung mempertahankan diri dengan cara-cara yang bisa melukaimu. Jadi tetap waspada.
  5. Untuk kamu yang ingin mengabadikan momen di Pahawang dengan kamera, pastikan bateraimu sudah penuh. Karena di Pahawang, listrik baru tersedia ketika malam saja.

Bagaimana, sudah siap berlibur di Pahawang?

Tips Menginap dengan Nyaman Selama Travelling

Tempat menginap yang nyaman memang menjadi salah satu pertimbangan terbesar ketika kamu travelling. Untuk masalah yang satu ini, kita serahkan saja kepada ahlinya. Bobobox, adalah hotel kapsul pertama yang menjamin kenyamanan maksimal dalam beristirahat.

Dengan pods yang cukup untuk dua orang serta kamar mandi yang super bersih akan membuat betah stay berlama-lama. Jangan lupa, Bobobox sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru dimana setiap podsnya sudah dilengkapi dengan system IoT.

Tunggu apa lagi, cek keseruan Bobobox hanya disini.

 

 

 

 

 

You might also like