Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Main ke Tempat Alam Air Terjun Madakaripura

Tempat Alam

Di era digital ini, kamu sudah tentu tidak bisa terlepas dari gadget kamu. Pagi, siang, hingga malam tiba setidaknya selalu ada handphone dalam genggaman kamu. Sebaiknya sesekali kamu melarikan diri dari kebiasaan ini, salah satunya dengan cara main ke tempat alam.

Kalau kamu suka jalan kaki, nuansa hijau, dan bermain air, Bob punya rekomendasi tempat alam yang cocok untuk kamu kunjungi, namanya air terjun Madakaripura.

Tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah beserta kesejukan yang akan membantu kamu untuk sejenak melepaskan diri dari keseharian kamu.

Berikut ini Bob sudah merangkum beberapa informasi seputar air terjun Madakaripura sebelum kamu memutuskan untuk main ke sini.

Lokasi dan Akses

Air terjun Madakaripura terletak di provinsi Jawa Timur, tepatnya di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum untuk mencapai tempat ini. Jika kamu ingin menggunakan kendaraan umum, kamu bisa mulai dari terminal Probolinggo dengan menaiki angkutan menuju Desa Lumbung.

Kemudian, kamu harus berganti angkutan umum yang menuju Bromo karena air terjun ini berada di kawasan lereng Gunung Bromo. Nah setelah itu, kamu harus turun di pintu masuk menuju air terjun.

Kalau kamu membawa kendaraan pribadi, kamu bisa mengambil rute Probolingo-Bromo via Tongas. Kamu akan menemui pertigaan Sukapura lalu belok kanan menuju Lumbung. Dari Lumbung, kamu arahkan kendaraan kamu ke Pasar Lumbung lalu belok kanan.

Perjalanan Menuju Air Terjun

Untuk bisa mencapai air terjun ini, kamu masih harus berjalan kaki dari area parkir sekitar 20-30 menit. Sebelum memutuskan untuk bermain ke sini, kamu harus persiapkan diri kamu sebaik mungkin.

Untuk menempuh perjalanan ini, kamu dianjurkan menggunakan sepatu sandal atau sepatu tahan air karena treknya yang cukup basah. Kamu juga harus membawa baju ganti karena tentunya di sana kamu akan berbasah-basahan.

Namun, jika kamu tidak mau repot-repot bawa baju ganti, sebaiknya kamu membawa jas hujan atau paying agar terhindar dari cipratan air juga untuk melindungi barang bawaan kamu agar tidak basah kuyup.

Jangan khawatir jika kamu lupa membawa jas hujan, karena kamu akan menemukan penjual jas hujan di sana.

Perjalanan ini akan menyusuri jalan setapak yang berada di samping aliran sungai yang berasal dari air terjun Madakaripura. Di sepanjang perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan tebing berbalut tumbuhan hijau yang menyegarkan mata.

Kamu pun akan menjumpai beberapa air terjun sebelum kamu benar-benar tiba di air terjun utama Madakaripura.

Kamu sudah mulai dekat dengan air terjun utama saat aliran sungai mulai menyempit dan membentuk semacam ceruk disertai dengan suara gemuruh serta cipratan air yang akan membasahi kamu.

@airterjunmadakaripura

Sejarah dan mitos

Air terjun Madakaripura memiliki makna yang sarat akan sejarah. Secara keseluruhan, Madakaripura berarti tempat terakhir Gajah Mada. Tempat ini sendiri memang dikenal sebagai tempat pertapaan dan latihan dari sang mahapatih.

Konon katanya, Gajah Mada menghabiskan sisa hidupnya di air terjun ini sambil merenungkan tindakan yang telah dia lakukan, yakni pembantaian terhadap ratusan orang di Kerajaan Sunda Galuh, yang mengakibatkan jabatannya sebagai mahapatih dicopot.

Cerita ini dikuatkan dengan adanya patung Gajah Mada yang bisa kamu lihat di area parkir menuju air terjun ini.

Selain sarat sejarah, ada pula mitos yang berkenaan dengan tempat ini. Salah satu yang dipercaya warga sekitar berhubungan dengan niat pengunjung untuk datang ke tempat ini. Jika kamu berkunjung dengan niat yang baik, tentu kamu akan dihadiahi dengan kebaikan pula.

Namun sebaliknya, jika kamu memiliki niat yang tidak baik, katanya hal ini akan membawa malapetaka bagi pengunjung.

Mitos lainnya adalah kepercayaan tentang manfaat air di kawasan tempat ini, yang katanya bisa bikin awet muda. Patut dicoba tuh, terlepas dari benar tidaknya mitos ini, karena tentunya air di kawasan air terjun ini sudah pasti memberi kamu kesegaran dan kesejukan.

Pesona Air Terjun Madakaripura

Selain dikenal sebagai tempat bertapa Mahapatih Gajah Mada, air terjun Madakaripura juga merupakan air terjun tertinggi ke dua di Indonesia dan tertinggi di pulau Jawa.

Kamu bisa membuktikannya sendiri dengan menyaksikan air terjun tinggi menjulang yang mengalir dari tebing yang melingkar seperti sebuah lubang menganga dengan tinggi kurang lebih 200 meter.

Tebing-tebing tempat air terjun tersebut mengalir dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang menyegarkan mata. Selain itu, air di tempat ini tida hanya mengalir dari satu titik.

Kamu akan melihat bahwa aliran air terjun ini tersebar di beberapa titik dengan kekuatan yang berbeda-beda sehingga saat kamu berada di sini kamu seolah-olah berada di bawah guyuran hujan.

Karena itulah kamu akan membutuhkan jas hujan atau payung saat berada di tempat ini agar kamu tidak basah kuyup dan barang-barang kamu pun terlindungi.

Manfaatkan kunjungan kamu ke tempat alam ini untuk bermain air sepuasnya. Jangan lupa untuk mecoba air yang berkhasiat untuk membuat kamu awet muda.

Jika kamu lelah, kamu bisa duduk santai di sekitar air terjun atau beristirahat di warung-warung yang tersedia di sana sambil mengisi perut kamu yang kosong dan melepas dahaga kamu.

Selain dimanjakan dengan keindahan beberapa air terjun dan pemandangan hijau yang menyelimuti tebingnya, ditambah dengan suara gemericik air yang menenangkan, kamu tidak hanya akan bermain di sini tapi juga bisa berelaksasi.

Air terjun Madakaripura bisa dibilang merupakan air terjun abadi karena air di kawasan ini tidak pernah kering dan memiliki debit yang statis, sehingga di musim kemarau sekalipun airnya tidak akan berkurang.

Kalau kamu mau main ke sini, Bob sarankan jangan di musim penghujan karena sering terjadi banjir bandang saat musim penghujan tiba.

Tiket masuk

Untuk memasuki kawasan air terjun Madakarpura, kamu cukup merogoh kocek Rp11.000,- plus uang parkir seharga Rp 3.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Biaya Rp 11.000 tersebut akan dialokasikan untuk biaya perawatan kawasan wisata ini agar keindahan dan kebersihannya tetap terjaga.

Jika kamu tertarik dengan seluk beluk air terjun Madakaripura, kamu bisa menyewa jasa seorang guide yang masing-masing memiliki tarif yang berbeda-beda, tergantung hasil tawar menawar kamu dengan sang guide.

Guide tersebut akan memberkan informasi mendetail tentang air terjun Madakaripura ini.

Setelah puas bermain, saatnya kamu beristirahat dan merebahkan tubuh kamu. Yuk ke Bobobox! Hotel yang satu ini menyuguhkan kemudahan bagi kamu di mulai dari proses booking sampai kamu check-out.

Dengan harga yang terjangkau, fasilitas yang memadai dan bersih, koneksi internet yang lancar, serta sentuhan teknologi di setiap kamar, kunjungan kamu ke Bobobox sudah pasti penuh dengan kenyamanan.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.