Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Gatal? Tangani dengan Cepat dengan 7 Macam-Macam Obat Gatal Paling Efektif Ini!

Stop garuk-garuk bagian yang gatal!

Bobobox.co.id — Gatal-gatal merupakan salah satu masalah kesehatan yang mungkin semua orang pernah mengalaminya termasuk kamu. Masalah ini biasanya membuat orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman.

Pasalnya, walaupun terlihat sepele, sensasi gatal yang dirasakan seringkali membuatmu akan merasa sebal. Oleh karenanya, kamu berusaha semaksimal mungkin untuk menangani efek gatal yang timbul.

Beberapa orang bisa menggunakan obat kulit medis. Namun, kamu pun bisa menggunakan bahan alami yang mungkin lebih mudah kamu temukan di rumahmu sebagai salah satu macam-macam obat gatal.

Berikut ini merupakan 7 macam-macam obat gatal paling efektif yang diambil dari bahan alami. Siap menangani masalah kesehatanmu tersebut dengan sangat cepat. Jangan sampai digaruk terlebih dahulu ya bagian yang gatalnya.

Oatmeal

Macam-macam obat gatal pertama adalah oatmeal. Kamu mungkin hanya mengetahui oatmeal sebagai makanan pengganti nasi untuk sarapan, namun siapa sangka jika oatmeal bisa untuk menangani gatal.

Tak hanya masalah gatal saja oatmeal bisa dimanfaatkan, berbagia masalah kulit lainnya seperti luka bakar dan eksim bisa diobati dengan oatmeal. Penggunaan macam-macam obat gatal ini sendiri sudah ada sejak 2003.

Pada dasarnya, sifat humektan yang terdapat pada oatmeal yang membuatnya mampu mengatasi masalah kulit. Kandungan inilah yang nantinya akan memperbaiki bagian kulit yang terkena gatal-gatal.

Untuk cara pengaplikasiaannya, campur secangkir oatmeal ke dalam bak mandi. Setelahnya, kamu bisa berendam dalam air tersebut selama setengah jam. Oatmeal juga bisa langsung diaplikasikan pada bagian yang gatal.

@tantetati-77004 via pixabay.com

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang biasa digunakan untuk melembutkan tangan kering. Nah, lidah buaya sendiri pun bisa digunakan juga sebagai obat alami dalam mengatasi gatal-gatal.

Gel bening yang terdapat pada lidah buaya inilah yang mempunyai khasiat dalam meredakan iritasi dan gata-gatal akibat alergi. Bagian dari macam-macam obat gatal ini pun bisa berguna untuk mencegah iritasi.

Nah, pada umumnya, salah satu macam-macam obat gatal ini relatif aman untuk digunakan untuk semua orang. Namun, beberapa orang yang berkulit sensitif disarankan untuk mencoba sedikit terlebih dahulu.

Cara pemakaian lidah buaya untuk mengatasi gatal-gatal adalah dengan memotong dan mengambil gel bening pada lidah buaya. Sehabis itu, kamu tinggal oleskan gel bening tersebut pada bagian kulit yang gatal.

@thepaintedsquare via pexels.com

Minyak Kelapa

Sama seperti halnya lidah buaya, minyak kelapa termasuk bahan alami yang biasa digunakan untuk melembutkan kulit kering. Masalah alergi karena gatal-gatal pun bisa diatasi oleh minyak kelapa.

Senyawa aktif yang terdapat pada minyak kelapa mampu meredakan efek peradangan dan nyeri akibat alergi. Tak hanya itu, kandungan antioksidannya mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan kerusakan.

Selain mampu mengatasi berbagai masalah kulit, macam-macam obat gatal ini pun termasuk salah satu bahan alami yang baik untuk merawat kulit. Sifat antibakteri dan antijamur pada minyak kelapa yang berperan penting dalam hal ini.

Cara pengaplikasian macam-macam obat gatal ini terbilang mudah. Kamu cukup mengoleskan minyak kelapa ke area kulit yang sedang terasa gatal atau mengoleskannya terlebih dahulu pada bahan alami lain.

@dana-tentis-118658 via pexels.com

Es Batu atau Air Dingin

Es batu atau air dingin merupakan macam-macam obat gatal selanjutnya yang terbukti efektif. Sensasi gatal pada kulit yang kamu alami akan segera reda dan berangsur menghilang dengan obat satu ini.

Hilangnya efek gatal tersebut terjadi karena sensasi dingin yang dapat membatasi aliran darah ke area di mana kulitmu meradang. Hal inilah yang menjadikan macam-macam obat gatal ini bekerja efektif.

Pengaplikasian es batu untuk meredakan gatal-gatal pun terbilang mudah. Kamu hanya tinggal mengompres bagian kulit yang gatal dengan alat kompres yang sudah terisi dengan es batu ataupun air dingin.

Selain mengatasi masalah alergi akibat gatal-gatal, es batu pun sangat berguna untuk masalah kulit lainnya. Beberapa di antaranya adalah mengurangi pembengkakan dan menghambat kondisi ruam yang semakin parah.

macam-macam obat gatal es batu
@pixabay via pexels.com

Mentimun

Timun atau mentimun lebih sering digunakan sebagai bahan alami dalam melembapkan kulit dan masker alami wajah. Tak heran jika banyak salon yang memanfaatnya sebagai bahan non-kimia untuk perawatan kulit.

Hal tersebut terjadi karena senyawa yang terdapat pada macam-macam obat gatal selanjutnya ini. Senyawa yang bersifat menyejukkan dan menyegarkan inilah yang berguna juga sebagai obat ruam di kulit.

Dengan sifat senyawanya yang menyegarkan dan menyejukkan, timun mampu menenangkan bagian kulit yang terasa gatal. Oleh karenanya, bagian kulit tersebut akan terasa nyaman dan sejuk kembali.

Pemakaian mentimun untuk menangani gatal-gatal adalah memotong timun untuk kemudian ditumbuh atau dicambur dengan yoghurt. Hasil parutannya tinggal kamu letakkan di atas kulit yang ruam atau yang terasa gatal.

@stevepb-282134 via pixabay.com

Tea Tree Oil

Saat reaksi alergi muncul dan terasa gatal-gatal, kamu bisa menggunakan tea tree oil sebagai salah satu macam-macam obat gatal. Bahan alami ini akan meredakan rasa gatal dalam waktu yang relatif singkat.

Bagi kamu yang tak terlalu familiar dengan macam-macam obat gatal ini, tea tree oil merupakan jenis minyak yang berasal dari tumbuhan Melaleuca alternifolia. Tumbuhan obat ini kebanyakan hidup di berbagai daerah di Australia.

Selain meredakan rasa gatal yang muncul, tea tree oil dipercaya memiliki berbagai khasiat lain untuk kulit. Menyembuhkan infeksi dan menenangkan kulit adalah beberapa manfaat kesehatan dari bahan alami yang satu ini.

Untuk menangani gatal, kamu perlu mencampurkannya ke pelembap yang biasa kamu gunakan. Kemudian, barulah kamu oleskan campuran tersebut ke bagian kulit yang gatal beberapa kali dalam sehari.

belchonock/istockphoto via healthline.com

Soda Kue

Macam-macam obat gatal terakhir adalah soda kue. Bahan dapur ini biasa digunakan sebagai bahan tambahan dalam membuat beraneka macam kue yang mungkin kamu sukai seperti bolu ataupun donat.

Nah, selain manfaatnya untuk membuat makanan, macam-macam obat gatal merupakan bahan yang terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan. Mulai dari memutihkan gigi, menghilangkan bau ketiak, hingga mengatasi gatal.

Alasan mengapa soda kue mampu mengatasi masalah gatal-gatal yang kamu alami adalah soda kue mampu menjadikan pH kulit seimbang. Hal ini berpengaruh dan mampu menenangkan kulit yang gatal.

Cara untuk mengaplikasikan pada bagian kulit yang gatal sama seperti halnya oatmeal. Kamu tinggal mencampurkan satu atau dua cangkir soda kue ke dalam bak mandi yang berisikan air hangat dan berendam di dalamnya.

@evita-ochel-194918 via pixabay.com

Tidur berkualitas? Di Bobobox Aja!

Tidur berkualitas sangat memengaruhi stamina kita. Nah, terkadang banyak gangguan yang bisa membuat tidur kita tidak berkualitas. Jika kamu butuh tempat yang nyaman dan aman untuk beristirahat, datang saja ke Bobobox.

Hotel kapsul futuristik ini menawarkan fasilitas-fasilitas yang siap menunjang kenyamanan dalam menginap. Pemesanan pun bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, menginap di Bobobox.

You might also like