Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Harganya Bikin Tremor, Inilah 7 Lukisan Termahal di Dunia!

Lukisan termahal di dunia yang harganya ngeri-ngeri sedap!

Bicara soal dekorasi rumah, lukisan adalah salah satu dekorasi yang paling umum dipilih. Dinding yang kosong dan monoton bisa terlihat lebih cantik dengan adanya lukisan. Bahkan, lukisan juga bisa membangun suasana tertentu ke ruangan, seperti sentuhan modern atau atmosfer mewah. Ada beragam gaya lukisan juga yang kamu bisa pilih sesuai keinginan atau mood.

Nggak hanya menjadi dekorasi, lukisan juga bisa menjadi aset. Seperti halnya karya-karya seni lainnya, sebagai aset lukisan bisa memiliki nilai yang sangat tinggi. Dari tangan-tangan kreatif para pelukis, terciptalah mahakarya dengan nilai jual yang bisa mencapai titik fantastis. Nggak heran kalau sebagian orang terjun ke dunia koleksi dan jual beli karya seni seperti lukisan.

lukisan termahal di dunia
Sumber: https://nusahati.com/2020/10/vincent-van-gogh-satu-liter-bensin-seharga-rp-25-milyar/starry-night-canvas-vincent-van-gogh-1889/

Baca Juga: Ngeri dan Bikin Bulu Kuduk Merinding, Ini 10 Lukisan dengan Kisah Menyeramkan di Dunia


Beberapa mahakarya pelukis terkenal mungkin sudah nggak asing buat kamu. Bob yakin siapa sih yang nggak kenal lukisan Monalisa? Dilansir dari Britannica, lukisan karya Leonardo da Vinci ini dibuat di tahun 1503. Subjeknya adalah seorang wanita bernama Lisa Gherardini. Saking terkenalnya lukisan ini, Mona Lisa sempat dicuri di tahun 1911 dan membuat geger banyak orang. Aduh! Untungnya, lukisan ini berhasil ditemukan dan diamankan di Louvre, Paris

Selain Mona Lisa, ada banyak lagi lukisan terkenal dengan harga yang nggak kalah fantastis. Bob punya 7 lukisan termahal di dunia dengan harga yang bikin kamu tremor! Kalau kamu punya lukisan ini, bakalan kamu pajang, atau justru kamu sembunyikan? Bob sih bakalan parno duluan kayaknya. Jadi, langsung saja inilah 7 lukisan termahal di dunia versi Bob!

1. No. 6 (Violet, Green, and Red)

Salah satu lukisan termahal di dunia pilihan Bob bertajuk No. 6 (Violet, Green, and Red). Lukisan ini dibuat oleh Mark Rothko, seorang seniman Amerika keturunan Latvia. Dilansir dari markrothko.org, lukisan ini selesai dibuat di tahun 1951 saat usianya mencapai akhir 40 tahunan. Sesuai judulnya, warna violet, hijau, dan merah mendominasi lukisan abstrak ekspresionis unik ini.

lukisan termahal di dunia
Sumber: https://www.artcuriouspodcast.com/artcuriouspodcast/72

Lukisan ini jadi salah satu karya termahal di dunia. Dilansir dari Art Fix Daily, No. 6 berhasil terjual seharga 186 juta dolar Amerika Serikat di tahun 2014. Pembelinya adalah Dmitry Rybolovlev, seorang miliuner asal Rusia. Kalau dikonversikan ke rupiah, lukisan ini terjual dengan harga sekitar 2,6 triliun rupiah! Duh! Nyesek duluan lihat angkanya!


Baca Juga: Siap Rogoh 1 Milyar per Malam? Inilah 7 Kamar Hotel Termahal di Dunia!


2. Water Serpents II

Karya bertajuk Water Serpents II atau Wasserschlangen II menjadi lukisan termahal di dunia berikutnya. Dilansir dari Google Arts & Culture, lukisan ini dibuat oleh Gustav Klimt di tahun 1907. Lukisan kanvas ini sekuel dari Water Serpents I. Menurut informasi dari gustav-klimt.com, Klimt mengusung tema sensualitas wanita dalam air pada Water Serpents I dan II.

lukisan termahal di dunia
Sumber: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Klimt_-_Wasserschlangen_II_(Freundinnen)_-_1904.jpeg

Lukisan mahal ini, dilansir dari Wikipedia sempat dibeli oleh, lagi-lagi, Dmitry Rybolovlev di tahun 2013. Dmitry mendapatkannya dengan harga 183 juta dolar Amerika Serikat. Namun, di tahun 2015 Dmitry menjual lukisan ini dengan harga 170 juta dolar Amerika Serikat. Lukisan ini konon disimpan sebagai koleksi seorang putri Qatar.

3. Number 17A

Lukisan termahal di dunia yang berikutnya adalah Number 17A karya Jackson Pollock. Karya yang satu ini bisa dibilang unik. Dilansir dari jackson-pollock.org, Number 17A dilukis di tahun 1948 dan dibuat di atas fiberboard. Jackson menggunakan teknik drip painting yang pada awalnya kurang digemari. Namun, lukisan ini dan Jackson menjadi terkenal setelah lukisan ini ditampilkan di sebuah majalah di tahun 1949.

lukisan termahal di dunia
Sumber: https://www.tallengestore.com/products/number-17a-jackson-pollock-canvas-prints

Karya pelukis abstrak ekspresionis ini terjual dengan harga yang fantastis di tahun 2015. Dilansir dari Review Painting, lukisan ini dijual oleh David Geffen Foundation kepada Kenneth C. Griffin. Harga jualnya mencapai 200 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar 2,8 triliun rupiah. Dengan harganya, lukisan ini jadi lukisan termahal kelima di dunia.


Baca Juga: Keren atau Kebangetan? 7 Barang Branded Teraneh Ini Punya Harga yang Nggak Masuk Akal!


4. When Will You Marry

Yang berikut ini juga merupakan salah satu lukisan termahal di dunia. Berjudul Nafea Fas Ipoipo dalam bahasa Tahiti, When Will You Marry dilukis oleh Paul Gauguin. Dilansir dari Gallery in Tell, lukisan ini dibuat di tahun 1892 saat Gauguin pertama kali datang ke Tahiti. Awalnya ingin membuat karya seni primitif, Gauguin akhirnya tinggal dan menikah dengan warga setempat.

lukisan termahal di dunia
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Paul_Gauguin,_Nafea_Faa_Ipoipo%3F_1892,_oil_on_canvas,_101_x_77_cm.jpg

Lukisan yang menampilkan pesona wanita Tahiti dalam gaun tradisional ini berhasil menembus nilai fantastis. Menurut BBC, lukisan ini berhasil terjual di tahun 2015 dengan harga mendekati 300 juta dolar Amerika Serikat. Namun, dilansir dari New York Times, lukisan ini sempat dijual di tahun 2014 dengan harga 210 juta dolar Amerika Serikat. Walaupun lebih murah, tetap saja mahal banget, ya!

5. The Card Players

Pelukis Perancis beraliran post-impressionist, Paul Cézanne menciptakan salah satu lukisan termahal di dunia. Dengan tajuk The Card Players, Cézanne melahirkan serial lukisan yang menampilkan para pemain kartu. Dilansir dari MET Museum, serial lukisan ini dibuat di tahun 1890-1892 dan menggambarkan para pria Provence yang sedang bermain kartu.

lukisan termahal di dunia
Sumber: Commons Wikimedia

Salah satu lukisan dari serial The Card Players berhasil masuk ke jajaran lukisan termahal. Dilansir dari Vanity Fair, lukisan ini dibeli oleh Keluarga Kerajaan Qatar di tahun 2011. Harga lukisan dua orang pria yang bermain kartu ini mencapai lebih dari 250 juta dolar Amerika Serikat. Sementara itu, lukisan-lukisan The Card Players yang lain disimpan di beberapa museum, termasuk Musée d’Orsay.


Baca Juga: Harga Cupang Kalah! Ini Dia 10 Hewan Peliharaan Paling Mahal di Dunia


6. Interchange

Di urutan keenam daftar lukisan termahal di dunia, ada Interchange. Dilansir dari Washington Post, Interchange dibuat pada tahun 1952 oleh pelukis Amerika Serikat keturunan Belanda, Willem de Kooning. Lukisan abstrak ekspresionis ini didominasi oleh warna pink yang katanya merepresentasikan wanita yang sedang duduk. Karya ini juga menandakan awal pergeseran Willem ke langgam abstraksi.

lukisan termahal di dunia
Sumber: https://www.artmarketmonitor.com/2016/02/17/de-koonings-interchange-jackson-pollock-work-said-to-be-sold-in-major-private-sale/

Di tahun 2015, lukisan ini berhasil dimenangkan (lagi) oleh Kenneth C. Griffin. Dilansir dari Time Spek, Interchange dilepas dari pelelangan dengan harga 300 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar 4,2 trilun rupiah. Lukisan ini sekarang dipamerkan di Art Institute of Chicago. Buat yang ingin lihat langsung lukisannya, bisa nih main ke sana!

7. Salvator Mundi

Dan lukisan termahal di dunia jatuh ke Salvator Mundi. Lukisan ini dibuat oleh Leonardo da Vinci, pelukis yang juga menghasilkan mahakarya seperti Mona Lisa dan The Last Supper. Dilansir dari BBC Indonesia, lukisan ini dibuat di tahun 1500an. Sempat menghilang selama lebih dari 200 tahun, lukisan ini bahkan sempat dianggap sebagai karya asisten da Vinci.

lukisan termahal di dunia
Sumber: Common Wikimedia

Sejak tahun 2017, lukisan ini tidak lagi ditampilkan untuk publik. Pasalnya, dilansir dari India Times, Salvator Mundi dibeli dengan harga 450 juta dolar Amerika Serikat dari pelelangan. Pemenang lelang tersebut adalah Pangeran Badr bin Abdullah dari Arab Saudi. Konon, lukisan itu dipajang di superyacht pribadinya. Kalau dikonversikan, Salvator Mundi dilepas dengan harga 6,4 triliun rupiah!

Itulah 7 lukisan termahal di dunia pilihan Bob. Gimana? Bikin tremor ‘kan lihat harganya? Daripada pusing mikirin harga lukisan, mendingan staycation sambil seru-seruan di Bobobox. Liburan asyik nggak harus keluar dana besar! Di Bobobox, kamu bisa menikmati pengalaman menginap di hotel kapsul dengan biaya yang lebih ramah, dan beragam fasilitas penunjang yang mumpuni!

Selain pod bergaya futuristik, Bobobox juga menghadirkan pantry, shared bathroom, musala, dan communal space sebagai fasilitasnya. Banyak spot seru buat nongkrong dan foto-foto juga, lho! Jangan lupa download aplikasi Bobobox ke ponselmu, ya! Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS, gratis!

You might also like