Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ngeri dan Bikin Bulu Kuduk Merinding, Ini 10 Lukisan dengan Kisah Menyeramkan di Dunia

Berani lihat lukisan nomor 9?

Bobobox.co.id — Lukisan biasanya dibeli untuk menambahkan kesan indah pada suatu ruangan. Namun, apa jadinya jika kamu membeli sebuah lukisan dengan kisah menyeramkan untuk ruangan di rumahmu?

Kengerian tentu bakal kamu rasakan saat kamu mengetahui cerita dibalik lukisan yang dibeli. Saking seramnya kisah tragis dibalik lukisan tersebut, bisa-bisa bulu kudukmu ikut berdiri dibuatnya, lho!

Penasaran dengan lukisan mana saja yang menyimpan kisah-kisah mistis? Simak ulasan Bob mengenai 10 lukisan dengan kisah menyeramkan di dunia berikut ini.

Daftar Lukisan dengan Kisah Menyeramkan

1. The Crying Boy

Lukisan dengan kisah menyeramkan pertama adalah The Crying Boy. Lukisan ini sendiri merupakan salah satu karya seniman asal Italia, Bruno Armadio, yang ceritanya diterbitkan oleh majalah The Sun tahun 1980.

Dalam goresan kanvas tersebut, Armadio menggambarkan seorang anak-anak laki yang sedang menangis terisak. Anak tersebut harus rela kehilangan orang tuanya yang tewas dalam sebuah tragedi kebakaran.

Namun, lukisan ini sendiri dianggap membawa sebuah kutukan. Mulai dari anak dalam lukisan yang tewas dalam sebuah ledakan hingga susulannya berupa terbakarnya studio milik Armadio. Mengerikan, bukan?

The Crying Boy oleh Giovanni Bragolin lukisan dengan kisah menyeramkan
The Crying Boy oleh Giovanni Bragolin via tumblr.com

2. The Hand Resist Him

Dari melihat lukisannya saja, kamu mungkin akan aura menyeramkan datang dari lukisan tersebut. Aura tersebut membuat The Hands Resist Him termasuk lukisan dengan kisah menyeramkan lainnya.

Lukisan tersebut merupakan lukisan yang dibuat oleh Bill Stoneham pada tahun 1972. Konon, sosok anak laki-laki yang ada di lukisan menyeramkan tersebut adalah Bill sendiri saat dirinya berusia lima tahun.

Kisah mistis menyelimuti lukisan ini. Selain kerap berpindah tempat sendiri, kutukan pun dianggap bakal menimpa siapa pun yang jadi pemiliknya seperti pemilik sebelumnya yang seorang kritikus ditemukan tewas.

The Hand Resist Him oleh Bill Stoneham lukisan dengan kisah menyeramkan
The Hand Resist Him oleh Bill Stoneham via fineartamerica.com

3. Judith Slaying Holofernes

Melihat lukisannya, kengerian bisa langsung tertangkap. Diberi nama Judith Slaying Holofernes, lukisan ini termasuk lukisan dengan kisah menyeramkan di mana dua orang yang sedang memenggal seorang pada lukisannya.

Dua orang tersebut adalah Judith dan pelayannya. Pada Kitab Perjanjian Lama, Judith merupakan sosok perempuan yang menyelamatkan bangsa Israel. Ia pun ‘memanfaatkan’ kecantikannya untuk tanah airnya.

Hal tersebut pun membuatnya berhasil bertemu dengan Holofernes, pemimpin pasukan yang menyerang Israel. Setelah dibuat mabuk, Judith bersama pelayannya pun memenggal Holofernes dengan sebuah pisau.

Judith Slaying Holofernes oleh Artemisia Gentileschi lukisan dengan kisah menyeramkan
Judith Slaying Holofernes oleh Artemisia Gentileschi via donottouchblog.com

Baca Juga: Bukannya Seru, 7 Permainan Memanggil Hantu Ini Malah Menyeramkan!


4. Heads Severed

Theodore Gericault dikenal akan karya yang identik dengan romantismenya. Namun, untuk karyanya satu ini, rasanya romantisme tersebut hilang dan yang ada justru rasa seram yang bisa dirasakan dari lukisannya.

Heads Severed dibuat oleh Gericault pada tahun 1818-1819. Ia sendiri terinspirasi dari potongan mayat yang terdapat di rumah sakit dan laboratorium. Namun, ada fakta mengejutkan dalam pembuatan lukisannya.

Konon, untuk mendapatkan hasil maksimal, Gericault benar-benar meminjam beberapa mayat sungguhan untuk dilukis. Tak pelak dengan konsep seperti itu, lukisan ini termasuk lukisan dengan kisah menyeramkan.

Heads Severed oleh Theodore Gericault lukisan dengan kisah menyeramkan
Heads Severed oleh Theodore Gericault via imgur.com

5. The Scream

Gambar dari lukisan The Scream tampak begitu sederhana. Namun, lukisan ekspresionis karya seniman Norwegia, Edvard Munch, menjadi lukisan yang paling terkenal dan menginspirasi banyak pelukis.

Dibalik harganya yang sangat mahal untuk beberapa tipe dari lukisan ini, terdapat berbagai spekulasi. Spekulasi tersebut yang membuat The Scream bisa dikategorikan sebagai salah satu lukisan dengan kisah menyeramkan.

Pasalnya, banyak pihak yang menggangap bahwa lukisan ini melambangkan manusia yang tercekam oleh serangan kecemasan. Tak pelak ada larangan untuk tidak terlalu lama menatap lukisan satu ini.

The Scream oleh Edvard Munch lukisan dengan kisah menyeramkan
The Scream oleh Edvard Munch via Sotheby’s/sothebys.com

6. Pogo the Clown

Bagi kamu yang kerap mengikuti kasus pembunuhan berantai, nama John Wayne Gacy tentu tak asing di telingamu. Pembunuh berantai tersebut telah membunuh sekitar 33 pria dan beberapa anak remaja.

Untuk memenuhi emosi dan egonya, Gacy pun diketahui membuat salah satunya lewat Pogo the Clown. Seperti namanya, ia menggambarkan dirinya tengah memakai pakaian badut yaitu sebagai Pogo.

Sebagai lukisan dengan kisah menyeramkan, lukisan ini dipercaya membawa kutukan. Rumor yang beredar mengatakan bahwa lukisan ini dihantui oleh arwah John sendiri yang bakal menghantui para pemiliknya.

Pogo the Clown oleh John Wayne Gacy lukisan dengan kisah menyeramkan
Pogo the Clown oleh John Wayne Gacy via bidsquare.com

Baca Juga: Dijamin Bikin Parno, Ini Dia 10 Rekomendasi Film Pendek Horor Versi Bob


7. The Anguished Man

Nuansa mistis langsung terlihat saat kamu pertama kali melihat The Anguished Man yang dimiliki oleh Sean Robinson. Lukisan realis ini dianggap sebagai lukisan dengan kisah menyeramkan dan paling berhantu di dunia.

Pasalnya, banyak kabar beredar bahwa pelukisnya menggunakan darah sebagai campuran untuk membuat lukisan ini. Tak hanya itu, pelukisanya pun akhirnya mati bunuh diri tak lama setelah membuat lukisannya.

Setelah diwariskan oleh sang nenek, banyak kejadian aneh dialami oleh sang pemilik. Mulai dari terdengarnya suara tangisan dari lukisannya hingga adanya bayangan seorang pria yang muncul secara tiba-tiba.

The Anguished Man oleh Sean Robinson lukisan dengan kisah menyeramkan
The Anguished Man oleh Sean Robinson via saatchiart.com

8. Study after Velázquez’s Portrait of Pope Innocent X

Francis Bacon merupakan seniman yang bertanggung jawab atas salah satu lukisan dengan kisah menyeramkan ini. Lukisan yang ia ciptakan selalu dipenuhi unsur gelap dan memiliki figur tokoh terkenal.

Hal tersebut menjadikan lukisan yang Bacon ciptakan terjual dengan sangat mahal. Study after Velázquez’s Portrait of Pope Innocent X adalah salah satunya yang mampu terjual mahal walau dalam kondisi rusak.

Pada lukisan tersebut, Bacon menggambarkan seorang paus yang sedang menjerit. Hal tersebut tentu bertolak belakang dengan penggambaran paus yang sedang termenung pada lukisan yang dibuat Velasquez.

Study after Velázquez's Portrait of Pope Innocent X oleh Francis Bacon lukisan dengan kisah menyeramkan
Study after Velázquez’s Portrait of Pope Innocent X oleh Francis Bacon via en.wikipedia.org

9. Munch, the Dead Mother and the Child

Satu lagi karya milik Edvard Munch yang termasuk lukisan dengan kisah menyeramkan versi Bob. Sekilas melihat lukisan karya Munch ini, kamu mungkin bakal merasakan sensasi atau aura tak biasa yang dimunculkan.

Lukisan ini merupakan sebuah curahan hati dari Munch setelah ditinggal mati oleh sang ibu. Emosi yang kuat itulah yang tertuang dalam setiap detil goresan yang membuat The Dead Mother terasa begitu nyata dan hidup.

Konon, banyak orang dibuat ketakutan akan sosok anak kecil yang ada dalam lukisannya. Menurut cerita tersebut, sosok anak kecil tersebut akan mengikuti siapa pun orang yang memandang mata dari sang anak.

Munch, the Dead Mother and the Child oleh André Green lukisan dengan kisah menyeramkan
Munch, the Dead Mother and the Child oleh André Green via commons.wikimedia.org

Baca Juga: Tidak Lagi Lucu Bahkan Menyeramkan, Ini Dia 7 Boneka Berhantu Paling Menyeramkan Di Dunia


10. Diomedes Devoured

Lukisan dengan kisah menyeramkan terakhir datang dari karya Gustavo Moreau. Moreau sendiri dikenal sebagai seniman yang menuangkan ekspresinya pada lukisan erotis tentang subjek mitologis dan religius.

Diomedes Devoured adalah satu di antaranya. Pada lukisan ini, ia berusaha menceritakan tentang Hercules yang ditugaskan untuk mencuri empat ekor kuda yang justru kuda tersebut adalah pemakan manusia.

Pada akhir ceritanya, sang pemilik tersebut dimakan oleh kudanya sendiri. Kengerian dari lukisan ini datang dari banyak orang yang melaporkan selalu merasa gelisah dan mengalami mimpi buruk setelah melihat lukisannya.

Diomedes Devoured oleh Gustave Moreau lukisan dengan kisah menyeramkan
Diomedes Devoured oleh Gustave Moreau via getdailyart.com

Itulah tadi lukisan dengan kisah menyeramkan di dunia.

Cek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Menginap dengan Aman? Datang saja Langsung ke Bobobox

Takut kehilangan barang-barang berharga selama liburan? Tak perlu khawatir karena ada Bobobox yang menawarkan sistem keamanan yang mampu mengatasi rasa takutmu tersebut.

QR Code yang menjadi salah satu fasilitas yang disediakan oleh Bobobox inilah yang menjadi jawaban dari amannya barang-barang bawaanmu selama menginap di hotel kapsul ini.

Pemesanan dan informasi lebih lanjut bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

lorong bobobox kamar

You might also like