Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Lomba-Lomba Unik Khas Berbagai Daerah Untuk Merayakan Hari Kemerdekaan

Lomba 17 Agustus di setiap daerah berbeda-beda, lho. Simak lomba unik dari berbagai daerah di Indonesia.

Perayaan hari kemerdekaan di setiap negara memang selalu unik dan seru, tidak terkecuali di Indonesia yang memiliki sejuta kreativitas yang dirayakan bersama saat hari kemerdekaan tiba. Berbagai macam lomba 17 Agustus untuk anak hingga dewasa menjadi pelengkap kemeriahan hari kemerdekaan.

Sebagai warga Indonesia, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan berbagai lomba 17 Agustus seperti tarik tambang, panjat pinang, atau makan kerupuk. Namun tahu kah kamu bahwa terdapat lomba 17 Agustus yang unik di berbagai daerah di Indonesia yang tidak ditemukan di tempat lain?

Kali ini Bob akan menjelaskan tentang berbagai lomba 17 Agustus yang khas di setiap daerah di Indonesia yang membuat perayaan kemerdekaan di negeri ini semakin spesial lagi.

Lomba Telok Abang

lomba 17 Agustus
via Liputan6.com

Lomba atau Festival Telok Abang merupakan lomba 17 Agustus yang sudah menjadi budaya turun temurun di Palembang. Perayaan hari kemerdekaan ini sangat unik dan spesial karena tidak ada di tempat lain, hanya di Palembang saja.

Konsep lomba 17 Agustus ini pun sangat simpel. Kamu hanya perlu mengecat “telok” atau telur dalam bahasa Palembang dengan warna “Abang” atau merah. Telur yang telah dicat ini kemudian ditancapkan pada perahu hias atau kapal hias.

Inti dari lomba 17 Agustus ini adalah menghias sekreatif mungkin tempat untuk Telok Abang atau telur merah. Biasanya tempat hiasannya berupa model-model transportasi seperi perahu atau kapal hias, becak, kereta, dan lain-lain.

Tempat Telok Abang ini ditancapkan bisa terbuat dari kardus ataupun styrofoam. Ternyata, Telok Abang yang sudah ditancapkan pada “kendaraan” hias tersebut selain dilombakan juga bisa dijual, loh. Harga jualnya pun beragam mulai dari Rp20.000 – Rp50.000. bahkan  da juga yang terjual hingga Rp200.000.

Festival Telok Abang yang konon katanya terinspirasi dari perayaan di Belanda ini kini sudah menjadi momen 17 Agustus yang ditunggu tidak hanya oleh masyarakat Palembang namun juga turis mancanegara. Kalau kamu penasaran dengan lomba 17 Agustus Telok Abang, jangan lupa mampir ke Palembang saat perayaan hari kemerdekaan.

Lomba Dayung Banjarmasin

lomba 17 Agustus
via jawapos.com

Tidak mau kalah unik dari Palembang, Banjarmasin pun memiliki lomba 17 Agustus yang khas dan seru. Lomba Dayung Banjarmasin bisa dibilang lomba 17 Agustus yang wajib ada setiap perayaan hari kemerdekaan.

Banjarmasin sendiri terkenal memiliki sungai yang cukup luas yaitu Sungai Martapura. Di sungai inilah para pendayung dari berbagai daerah di Kalimantan berkompetisi untuk mendapatkan hadiah langsung dari Gubernur Kalimantan Selatan.

Kalau kamu ingin mencoba lomba ini saat perayaan 17 Agustus boleh-boleh saja. Namun, kamu harus berlatih secara intensif sebelum memulai lomba karena lomba 17 Agustus yang satu ini bukanlah perlombaan main-main.

Dengan sembilan pendayung lainnya di atas kapal, kamu harus mendayung sekuat tenaga sejauh 500 meter untuk menjadi juara dan mendapatkan hadiah utama.

Lomba Sampan Layar Batam

lomba 17 Agustus
via literasinusantara.com

Jika 17 Agustus di Banjarmasin terdapat Lomba Dayung di Sungai Martapura, di Batam, Kepulauan Riau terdapat lomba 17 Agustus yang tidak kalah seru yaitu Lomba Sampan Layar. Kondisi geografis Kepulauan Riau yang terdiri dari sebaran pulau-pulau yang dikelilingi laut membuat Lomba Sampan Layar terus berkembang dan lestari hingga kini.

Lomba Sampan Layar di Batam menjadi lomba 17 Agustus yang selalu ditunggu warga Kepulauan Riau. Lomba ini bahkan menarik perhatian internasional, loh. Peserta Lomba Sampan Layar pun tidak hanya berasal dari Indonesia, namun juga dari negara tetangga.

Sampan Layar sendiri merupakan lomba 17 Agustus dimana setiap sampan dengan layar warna-warni saling berlomba untuk menjadi juara. Pokoknya, jika kamu mengunjungi Batam pada saat 17 Agustus, jangan sampai lewatkan Lomba Sampan layar, ya.

Peresean Lombok

lomba 17 agustus
via duniabelajarsiswapintar211.blogspot.com

Suku asli Pulau Lombok patut berbangga diri karena salah satu kesenian suku Sasak Lombok ini telah melengkapi kekayaan budaya Indonesia. Kesenian tersebut bernama Peresean yang menjadi salah satu lomba 17 Agustus yang selalu ditunggu di pulau ini.

Peresean merupakan lomba tarung antara dua lelaki yang menggunakan senjata rotan dan perisai yang terbuat dari kulit kerbau atau sapi. Mekipn tergolong lomba 17 Agustus yang cukup ekstrem, Peresean merupakan seni bela diri asli Lombok yang dulu menjadi ritual adat pemanggil hujan saat kemarau.

Saat hari kemerdekaan tiba, sejumlah pemuda dari pelosok Lombok datang dan turut berpartisipasi pada lomba 17 Agustus yang satu ini. Dengan Peresean, selain untuk memeriahkan suasana hari kemerdekaan, warga Lombok juga turut melestarikan budaya Indonesia.

Sepak Bola Durian, Kebumen

Satu lagi lomba 17 Agustus yang terkenal ekstrem namun unik, yaitu sepak bola durian di Kebumen. Peserta lomba 17 Agustus ini pun bukan orang biasa, loh. Biasanya pria-pria anggota kepolisian atau militer yang terkenal memiliki fisik yang kuat turut meramaikan ajang perlombaan ekstrem ini.

Selain itu, peserta-peserta yang merupakan kelompok aliran spiritual tertentu pun tidak mau kalah untuk berpartisipasi di lomba 17 Agustus yang satu ini. Tidak tanggung-tanggung, peserta lomba sepak bola durian ini tidak menggunakan alas kaki saat bermain, loh.

Salah satu tujuan dari diadakannya lomba 17 Agustus yang cukup ekstrem ini adalah menumbuhkan ikatan dan kedekatan antara masyarakat dengan anggota kepolisian atau militer. Sepak bola durian sendiri telah menjadi lomba favorit yang selalu ditunggu warga Kebumen saat hari kemerdekaan tiba.

Lari Obor Estafet Semarang

Lomba 17 Agustus yang satu ini bukanlah lomba ekstrem seperti Peresean atau sepak bola durian melainkan lomba yang mengandalkan semangat kerja sama. Setiap tanggal 17 Agustus, Kota Semarang merayakan HUT RI dengan Lomba Obor Estafet.

Lomba Obor estafet yang selalu dibuka oleh Walikota Semarang ini menjadi perayaan wajib 17 Agustus setiap tahunnya. Sejumlah titik jalan di kota ini ditutup sementara untuk kelancaran Lomba Obor Estafet. Tidak tanggung-tanggung, peserta lomba 17 Agustus ini jumlahnya bisa mencapai ratusan orang, loh.

Jangan lewatkan kesempatan menyaksikan Lomba Obor estafet yang legendaris ini saat kamu ke Semarang untuk merayakan libur hari kemerdekaan dengan, ya. Lomba yang sudah berjalan lebih dari 30 tahun ini juga tidak hanya akan membakar obor tapi juga semangatmu untuk terus membela tanah air.

Nikmati Libur 17 Agustus di Bobobox

lomba 17 agustus

Hari kemerdekaan Indonesia di tahun 2020 ini jatuh pada hari Senin dimana kamu akan menikmati akhir pekan yang cukup panjang atau lebih sering dikenal dengan istilah long weekend. Nah, supaya akhir pekanmu tidak habis begitu saja, coba staycation di Bobobox, yuk.

Bobobox merupakan hotel kapsul berkonsep futuristik di Indonesia yang telah tersebar di berbagai kota. Jadi, kemana pun kamu pergi berlibur akhir pekan, baik itu pergi ke Jakarta, Bandung, atau Semarang, jangan lupa untuk check-in di Bobobox.

Letak Bobobox yang sangat strategis pun membuatmu lebih mudah untuk menjelajah setiap sudut kota dan menikmati perayaan lomba 17 Agustus yang unik di kota tempatmu berlibur. Karena itu, jangan lupa selalu cek lokasi Bobobox dan segala info tentang Bobobox di sini supaya liburanmu semakin seru dan menyenangkan.

 

You might also like