Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kangen dengan Semarak Lomba 17an? Ini Dia 10 Ide Lomba 17an Online yang Bisa Kamu Coba

Bisa asah kreativitas, lho!

Bobobox.co.id — Saat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, lomba 17an adalah salah satu hal yang paling ditunggu. Namun, antusiasme untuk lomba 17an memudar akibat diharuskan masyarakat untuk di rumah.

Walaupun begitu, bukan berarti lomba 17an tidak bisa dilaksanakan, lho. Beberapa ide lomba 17an online ini bisa kamu coba jika kamu termasuk salah satu panitia ataupun anggota karang taruna di lingkungan rumahmu.

Nah, berikut ini merupakan 10 ide lomba 17an online yang bisa kamu coba selenggarakan di daerah rumahmu. Tak hanya unik, lomba-lomba tersebut bisa mengasah kreativitas bagi para pesertanya.

Berikut Adalah Ide Lomba 17an Online Bersama Teman

1. Hias Masker

Ide lomba 17an online pertama adalah menghias masker. Masker yang digunakan untuk lombanya sendiri tak usah baru. Pilihlah masker yang memang sudah tidak digunakan lagi untuk perlombaan.

Lomba menghias masker ini bisa saja menjadi ajang unjuk gigi soal kreativitas banyak orang. Bahkan, bukan tidak mungkin bakat-bakat terpendam di daerah tempat tinggalmu muncul dari lomba ini.

Kreasi masker yang diperlombakan pun boleh beraneka gaya. Mau itu dibordir, sulam ataupun rajut. Hal terpenting adalah soal keserasian dari kreativitas dari menghias masker tersebut dengan kemerdekaan.

Lomba hias masker lomba 17an online
Lomba hias masker via pexels.com/@karolina-grabowska

2. TikTok Tema Kemerdekaan

Ide lomba 17an online berikutnya adalah TikTok challenge. Memanfaatkan kepopuleran dari media sosial ini adalah hal yang paling pas guna mengisi keseruan untuk rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Tantangan untuk lomba satu ini pun bisa beragam. Salah satunya adalah tiap RT mengirimkan perwakilan yang di mana bertanggung jawab untuk membuat sebuah tarian berdasarkan lagu kemerdekaan.

Bahkan, tak hanya itu, banyak sub-tema yang bisa diangkat seperti video soal tips dan trik misalkan. Nantinya, pemenang dari perlombaan satu ini bisa ditentukan dengan cara melakukan voting.

TikTok challenge lomba 17an online
TikTok challenge via pexels.com/@artempodrez

3. Video Kreatif Kemerdekaan

Untuk ide lomba 17an online satu ini, hampir mirip dengan lomba 17 Agustus online sebelumnya. Namun, untuk yang satu ini, para peserta diminta untuk membuat video kreatif bertema Kemerdekaan Indonesia.

Peserta pun dibebaskan untuk menggunakan beragam aplikasi yang ada. Untuk panitia, kamu bisa mengkategorikan lomba ini ke dalam bentuk video dokumenter, motion graphic, dan lainnya.

Lomba video kreatif kemerdekaan ini bisa jadi kompetisi yang justru mengembangkan bakat edit video. Motivasi untuk mengasah bakat tersebut semakin besar dengan adanya hadiah yang ditawarkan.

Video kreatif kemerdekaan lomba 17an online
Video kreatif kemerdekaan via pexels.com/@garrymordor

Baca Juga: Ide-Ide Sepeda Hias Unik Lucu Untuk 17 Agustusan


4. Cerdas Cermat Online

Selama diam di rumah, kamu tentu pernah memainkan kuis online bersama teman-teman. Aplikasi seperti Kahoot dan Gartic.io menjadi dua contoh aplikasi yang membuat momen daring bersama teman semakin seru.

Nah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai salah satu lomba 17an online. Panitia 17 Agustus tahun ini nantinya diharuskan untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan melalui aplikasi Kahoot.

Setelah itu, bagikan link Kahoot tersebut kepada perwakilan tiap RT. Pada akhir permainan, panitia bisa merekapitulasi poin akhir tiap-tiap perwakilan yang secara otomatis dihitung oleh aplikasinya.

Cerdas cermat online lomba 17an online
Cerdas cermat online via pexels.com/@julia-m-cameron

5. Turnamen E-sport

Tak hanya cerdas cermat online saja, kamu pun bisa menyelenggarakan turname game online. Mobile Legend, PUBG, dan AOV adalah beberapa game online yang bisa dilombakan.

Panitia bisa meminta tiap RT untuk mengirimkan dua atau tiga perwakilan. Setelah itu, kamu bisa menyusun peserta dengan drawing yang di mana satu RT tidak boleh bertemu di babak awal.

Setelah itu, barulah perlombaan dimulai. Lomba 17an online ini sendiri hanya bermodalkan smartphone dan kuota internet. Para pesertanya sendiri bisa mengikuti lombanya di rumah masing-masing.

Turnamen E-sport lomba 17an online
Turnamen E-sport via pexels.com/@rodnae-prod

6. Membuat Mural

Lomba menghias gapura kerap ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Nah, sedikit mengulik konsep dari lomba tersebut, kamu bisa menyelenggarakan lomba membuat mural bertema kemerdekaan.

Para peserta diminta untuk memilih tembok mana yang ingin digunakan sebagai media mural. Setelah itu, perwakilan bisa memanfaatkan tembok tersebut untuk melukis dengan tema yang sudah ditentukan.

Setelah itu, peserta diminta untuk merekam video ataupun foto hasil akhir mural. Nantinya, hasil dari perwakilan tiap RT tersebut akan dinilai oleh juri guna menentukan pemenang dari lomba online ni.

Menghias rumah lomba 17an online
Menghias rumah via pexels.com/@pixabay

Baca Juga: Lomba-Lomba Unik Khas Berbagai Daerah Untuk Merayakan Hari Kemerdekaan


7. Foto atau Selfie

Di samping lomba video kreatif, lomba foto bisa jadi pilihan untuk ide lomba 17an online. Kategori yang bisa dipilih pun beragam. Namun, dua pilihan seperti lomba foto kemerdekaan dan selfie.

Perbedaan dari kedua lomba tersebut adalah foto kemerdekaan mencakup tema yang lebih luas. Para peserta diperbolehkan untuk memotret objek selain manusia untuk dijadikan sebagai fotonya.

Sedangkan untuk selfie, kamu bisa membatasi hanya untuk individu. Hal ini tentu demi menghindarkan kemungkinan peserta yang berkerumun saat berusaha untuk melakukan swafoto kelompok.

Selfie lomba 17an online
Selfie via pexels.com/@fotios-photos

8. Desain Kemerdekaan

Lomba desain kemerdekaan menjadi ide lomba 17an online lainnya. Kategorinya sendiri bisa dipisahkan antara kategori untuk anak-anak dan juga remaja agar mampu menarik lebih banyak masa.

Untuk kategori anak-anak, kamu bisa meminta para pesertanya untuk membuat kerajinan tangan. Anak-anak tersebut dibebaskan untuk berkreasi semenarik dan sekreatif mungkin untuk karya yang mereka buat.

Sedangkan untuk remaja, desain poster dengan tema kemerdekaan adalah pilihan. Bagi remaja yang ikut perlombaan ini, lomba 17 Agustus ini bisa masuk ke portfolio yang memungkinkan untuk kamu tampilkan nanti.

Desain kemerdekaan lomba 17an online
Desain kemerdekaan via pexels.com/@kaboompics

9. Cover Lagu Nasional

Ide lomba 17an online lainnya adalah lomba cover lagu nasional. Para peserta dibebaskan untuk memilih lagu-lagu nasional seperti Indonesia Raya, Berkibarlah Benderaku, dan masih banyak lainnya.

Nah, setelah melakukan cover, kamu bisa meminta peserta untuk mengunggah video cover lagu tersebut ke YouTube. Buatlah dua kategori untuk lomba ini yakni kategori like terbanyak dan cover terbaik.

Dengan begitu, juri masih bisa menilai cover lagu RT mana yang dianggap terbaik. Di samping itu, dengan kategori like terbanyak, cover lagu tersebut bisa saja viral di dunia maya.

Cover lagu nasional lomba 17an online
Cover lagu nasional via pexels.com/@cottonbro.

Baca Juga: Permainan-Permainan Tradisional Yang Hits Di Tahun 90an


10. Kostum Unik

Ide lomba 17an online terakhir adalah lomba kostum unik. Biasanya, tiap daerah kerap menyelenggaraka parade karnaval yang diikuti oleh para peserta yang berdandan dengan konstum-kostum unik.

Nah, lomba tersebut bisa dilakukan secara online. Caranya adalah dengan menjadikan lomba ini seperti lomba foto. Para peserta diminta untuk berdandan semenarik mungkin dengan kostum yang dipilih.

Kostum untuk lomba ini sebisa mungkin berkaitan dengan Indonesia. Beberapa contoh yang bisa dijadikan sebagai kostum lomba ini adalah kostum superhero Indonesia atau tokoh pahlawan kemerdekaan.

Lomba kostum unik lomba 17an online
Lomba kostum unik via unsplash.com/@xavi_cabrera

Menginap dengan Nyaman di Bobobox

Rasakan kenyamanan mumpuni selama menginap di Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas berkualitas yang bakal menunjang apa yang kamu butuhkan guna mendapatkan momen menginap yang nyaman.

Penasaran seperti apa fasilitas yang ditawarkan? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjut!

You might also like