Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

8 Cara Membuat Liburan Ramah Lingkungan yang Tetap Menyenangkan

Agar lingkungan tetap asri dan terjaga

Bobobox.co.id — Liburan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan guna mengusir kebosanan. Namun, seringkali para wisatawan yang liburan justru meninggalkan banyak masalah seperti rusaknya lingkungan.

Apalagi jika kamu liburan ke wisata alam, tentu masalah ini akan menjadi besar di kemudian hari jika tak segera tertangani. Oleh karenanya, kamu bisa memulai untuk melakukan liburan ramah lingkungan.

Liburan ramah lingkungan sendiri tetap bisa menyenangkan untuk dilakukan kok. Jangan terbebani dengan embel-embel ‘liburan ramah lingkungan’. Esensi liburan untuk terhindar dari hiruk pikuk perkotaan masih tetap terjaga kok.

Nah, bagi kamu yang bingung bagaimana cara untuk membuat liburan ramah lingkungan yang tetap menyenangkan, berikut merupakan 8 caranya versi Bob. Jangan lupa perhatikan protokol kesehatan ya!

Liburan Ramah Lingkungan dengan Berkemah

Cara membuat liburan ramah lingkungan pertama adalah dengan berkemah. Cara liburan satu ini tentu akan memberimu pengalaman yang menarik karena kamu bisa lebih dekat lagi dengan alam.

Misalkan saja, kamu bisa menikmati sejuknya udara khas pegunungan di malam dan pagi hari. Hal tersebut akan semakin seru dengan melihat keindahan sunrise dari ketinggian tertentu yang sensasinya begitu terkenang.

Selain hanya menikmati keindahan pemandangan alam dan aktivitas seru selama berkemah bersama teman-teman, liburan ramah lingkungan ini semakin lengkap dengan cara membawa bibit tanaman.

Bibit tanaman tersebut bisa kamu tanam di sekitar tempatmu berkemah. Kondisi ini mungkin bisa berlaku jika kamu berkemah di alam terbuka. Untuk camping ground, kamu bisa menanyakan kemungkinan tersebut pada pengelola.

liburan ramah lingkungan berkemah
@baptiste-valthier-193914 via pexels.com

Pilih Akomodasi yang Ramah Lingkungan

Jika kamu termasuk orang yang tak terlalu nyaman untuk berkemah, kamu bisa liburan ramah lingkungan dengan memilih akomodasi yang ramah lingkungan. Akomodasi ini cukup mudah untuk ditemukan kok.

Khususnya jika kamu liburan ke beberapa taman nasional yang ada di Indonesia atau luar negeri. Keberadaan akomodasi tentunya untuk memfasilitasi orang-orang yang ingin liburan ramah lingkungan seperti kamu misalkan.

Biasanya, akomodasi penginapan ramah lingungan ini mengaldakan listrik yang bersumber dari panel surya. Salah satu indikasi inilah yang bisa kamu lihat apakah penginapan tersebut ramah lingkungan ataut tidak.

Soal pengalaman, kamu akan mendapatkan liburan yang tak akan terlupakan. Pasalnya, kamu bisa menyaksikan secara langsung kehidupan hewan di alam liar saat menginap di akomodasi penginapan tersebut.

@belart84 via pexels.com

Membawa Peralatan Makan Sendiri

Cara liburan ramah lingkungan selanjutnya adalah membawa peralatan makan sendiri. Dengan kondisi pandemi virus corona yang belum mereda, rasanya cara satu ini wajib kamu lakukan ke manapun kamu pergi.

Masalah yang biasanya muncul saat wisatawan datang ke suatu tempat wisata adalah penggunaan botol minum dan wadah makanan sekali pakai. Hal ini yang biasanya menjadi sampah di tempat wisata tersebut.

Membawa peralatan makan sendiri merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa menjaga lingkungan. Peralatan makan sendiri ini bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai toko online.

Untuk peralatan makan apa saja yang dibawa, beberapa di antaranya adalah garpu, sendok, sumpit, botol minum, dan sumpit. Peralatan makan ini akan cukup untuk dibawa selama liburan ramah lingkungan nantinya.

@karolina-grabowska via pexels.com

Menggunakan Fasilitas Kamar Secara Bijak

Fasilitas kamar atau akomodasi penginapan merupakan hak setiap para pengunjung yang sudah membayar sewa inap untuk sebuah akomodasi penginapan. Namun, kamu harus menggunakannya secara bijak.

Kebanyakan orang cenderung akan cuek dengan keadaan kamar ataupun fasilitas yang disediakan akomodasi penginapan. Pasalnya, kamu merasa sudah membayar mahal untuk hal tersebut.

Akan tetapi, perilaku tersebut justru yang tidak baik dilakukan di liburan ramah lingkungamu kali ini. Usahakanlah untuk menggunakan fasilitas yang diberikan sesuai dengan kebutuhanmu.

Misalkan saja, penggunaan air untuk mandi seperlunya hingga memadamkan lampu di siang hari. Hal ini tentu akan berdampak baik khususnya bagi bumi yang kini sudah semakin tua.

@pixabay via pexels.com

Membawa Tas Belanjaan Sendiri

Selain membawa peralatan makan sendiri, alangkah baiknya jika hal tersebut diimbangi dengan membawa tas belanjaan pribadi. Penggunaan kantung plastik yang berlebih sendiri merupakan masalah yang belum terpecahkan.

Saat membeli sesuatu, wisatawan seringkali menggunakan plastik untuk barang yang mereka beli untuk sekali pakai saja. Jika sudah tak terpakai, plastik tersebut akan dibuang begitu saja.

Untuk menguranginya, tas belanjaan adalah cara tepat dilakukan di liburan ramah lingkungan. Kamu bisa memilih tas belanjaan yang bisa dilipat misalkan saja yang terbuat dari bahan kain atau parasut.

Sedangkan untuk barang-barang lain seperti peralatan mandi dengan kemasan sachet, alangkah lebih baik jika kamu membawa botol travel size yang bisa dipakai berulang-ulang.

@nurseryart via pexels.com

Bersepeda Mengelilingi Kota Tujuan Wisata

Kebanyakan wisatawan akan mencoba untuk menyewa sepeda motor ataupun mobil selama liburan di sebuah kota. Nah, bersepeda bisa jadi alternatif lain untuk berkeliling kota tujuan wisata yang menyenangkan.

Dengan popularitas olahraga bersepeda yang semakin tinggi, cara liburan ramah lingkungan ini pastinya relatif baik untuk lingkungan jika dibandingkan mengendarai sepeda motor atau mobil yang bisa menambah polusi.

Beberapa kota besar di Indonesia dan luar negeri biasanya memiliki tempat penyewaan sepeda. Walaupun tak eebanyak penyewaan sepeda motor atau mobil, kamu tak akan kesulitan untuk mendapatkan sepeda untuk berkeliling kota.

@brett-sayles via pexels.com

Menanam Mangrove

Sebagai salah satu bentuk pedulimu terhadap pelestarian lingkungan, ikut serta dalam event penanaman tanaman bakau atau mangrove patut kamu pertimbangkan untuk masuk agenda liburan ramah lingkungan.

Mangrove sendiri merupakan salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di beberapa kota seperti Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Kebanyakan hutan mangrove menyediakan pengalaman ini.

Namun, hal yang harus diperhatikan adalah ikut serta dalam event penanaman mangrove ini tidak termasuk dengan biaya yang kamu bayarkan saat masuk. Jadi, siapkan bujet tambahan untuk ikut serta pada acara ini.

allianzindonesia via en.netralnews.com

Selalu Buang Sampah pada Tempatnya

Cara liburan ramah lingkungan terakhir adalah selalu buang sampah pada tempatnya. Jika memang kamu tak menemukan tempat sampah, bawahlah sampahmu hingga akhirnya bisa dibuang pada tempatnya.

Tempat wisata alam khususnya pegunungan menjadi korban atas perilaku buruk banyak wisatawan yang tidak membawa sampah baik itu makanan atau minuman yang sudah mereka konsumsi.

Padahal, kelestarian lingkungan bergantung dari ketiadaan sampah plastik di tempat tersebut. Oleh karenanya, usahakanlah untuk tetap menjaga lingkungan dengan cara liburan ramah lingkungan ini.

@marta-ortigosa-1877261 via pexels.com

Bingung Memilih Akomodasi Penginapan? Datang saja ke Bobobox

Bingung dalam memilih akomodasi penginapan saat berada di Jakarta Selatan? Ada baiknya ikuti saran Bob untuk mengarahkan pandanganmu ke Bobobox Pods Kebayoran Baru dan Pancoran.

Hotel kapsul satu ini menawarkan fasilitas yang keren dan kekinian namun dibanderol dengan harga yang terjangkau untuk tiap inap malamnya.

Informasi lebih lanjut mengenai podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh melalui link ini dan melihat-lihat interior Bobobox lewat virtual tour di sini.

kamar bobobox

You might also like