Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Cara Kamu Menikmati Kota Lama Semarang

Nikmati petualangan melalui lorong waktu yang seru di Kota Lama Semarang!

Kota Lama Semarang merupakan salah satu destinasi liburan yang sayang jika kamu lewatkan ketika kamu singgah di kota bersejarah ini. Kota Lama Semaang menawarkan berbagai spot menarik untuk mengambil foto yang Instagramable. Tak jarang banyak wisatawan yang sengaja berkujung ke Kota Lama Semarang untuk tapak tilas perjalanan sejarah Indonesia.

Tak salah jika berlibur ke Kota Lama Semarang ini sering disebut dengan sebuah petualangan melalui lorong waktu oleh sebagian besar orang. Lalu apa sajakah hal yang menarik untuk diketahui mengenai Kota Lama Semarang ini? Yuk kita simak informasinya seperti berikut ini!

Serunya Wisata Overland di Jalur Tol Trans Jawa

Kota Lama

Jika kamu bertanya mengenai destinasi wisata Semarang yang bersejarah pasti tempat yang pertama banyak orang-orang rekomendasikan adalah Kota Lama Semarang. Tak heran jika banyak orang berkata berkunjung ke Kota Semarang tidak akan terasa lengkap jika tanpa mengunjungi kawasan Kota Lama Semarang. Faktanya Kota Lama Semarang memang istimewa. Tempat wisata Semarang ini memang terkenal sebagai lokasi wisata yang paling populer di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini.

Tempat wisata Kota Lama Semarang ini cocok kamu kunjungi terutama bagi kamu yang senang berburu foto sekaligus mempelajari sejarah. Di Kota Lama Semarang kamu akan menemukan banyak bangunan tua bergaya Eropa klasik yang tentunya menjadi buruan para fotografer. Pastikan untuk membawa serta kamera kamu jika akan bekunjung ke Kota Lama Semarang dan abadikan keindahan bangunan peninggalan kolonial Belanda di sana lewat bidikkan lensa kamera kamu.

Pabrik Tua

Di kawasan temat wisata ini kamu pun bisa menyambangi sebuah lokasi bersejarah yaitu pabrik tua peninggalan kolonial. Salah satu pabrik tua bersejarah ini adalah Pabrik Rokok Praoe Lajar. Sejarah mencatat saat perang 5 hari melawan Jepang, gedung tersebut digunakan sebagai sebuah gudang penyimpanan senjata tentara Indonesia. Sekarang, pabrik senjata tersebut sudah tidak lagi digunakan untuk memproduksi senjata melainkan berubah menjadi pabrik rokok.

Oleh karena itu tak mengherankan jika kamu akan mencium aroma tembakau saat memasuki gedung ini. Selain mengenal bekas pabrik senjata. Tak jauh dari pabrik tersebut tepatnya di Jl. Kepodang kamu juga dapat menemukan sebuahbangunan tua peninggalan Inggris. Bangunan tua tersebut pada zaman dahulu merupakan sebuah perusahaan asuransi milik Liverpool London and Globe. 

Gereja Blenduk

Selain itu, kamu pun bisa melihat Gereja Blenduk yang terkenal unik karena atapnya yang berbentuk kubah sehingga sering dikerumuni para wisatawan untuk berfoto. Di bagian depan Gereja Blenduk kamu bisa menikmati pemandangan Taman Srigunting. Kamu pun bisa bersepeda di sekitar kawasan Kota Lama Semarang sambil berfoto dengan menyewa sepeda yag bisa kamu temukan di sekitar gedung Kota Lama Semarang.

@Heritage

Kafe Spiegel

Jika perut kamu terasa lapar, kamu bisa memanjakan lidah kamu dengan mencicipi kuliner unik dengan suasana bangunan yang klasik di Kafe Spiegel. Selain Kafe Spiegel terdapat deretan kafe lain di sekitar kawasan Kota Lama Semarang yang juga menawarkan kuliner lezat dan suasana ala zaman kolonial. Beberapa kafe yang bisa kamu coba di kawasan Kota Lama Semarang ini dantaranya adalah Kafe Nuris, Tekodeko, ataupun Retro Cafe.

Masjid Layur

Salah satu budaya yang melekat di Kota Semarang adalah budaya arab. Salah satu peninggalan budaya Arab ini merupakan sebuah masjid bernama Masjid Layur yang keberadaannya masih terjaga sampai sekarang. Masjid Layur ini berada di Kampung Melayu Semarang.

Bangunan ini bernama Masjid Layur Semarang yang memiliki kaitan yang cukup lekat dengan sejarah Walisongo. masjid ini merupakan salah satu peninggalan sejarah penyebaran agama Islam di Indonesia khususnya di Kota Semarang. Masjid Layur Semarang ini masuk ke dalam salah satu masjid tertua yang ada di Kota Semarang.

Berdasarkan sejarah, bangunan Masjid Layur Semarang ini dibangun pada sekitar tahun 1743. Masjid Layur Semarang dibangun oleh penduduk setempat yang mayoritas merupakan warga Melayu. Masjid ini sampai sekarang masih berdiri dengan kokoh dan menjadi salah satu masjid kebanggaan masyarakat Semarang. Keistimewaan bangunan masjid ini terletak pada bentuk bangunannya yang didominasi gaya Timur Tengah terutama pada desain menaranya.

Atap Masjid Layur Semarang yang bersusun tiga bercampur dengan arsitektur khas Jawa menjadikan masjid ini memiliki percampuran gaya arsitektur yang cukup unik. Desain arsitektur Masjid Layur Semarang ini merupakan hasil percampuran desain arsitektur dari tiga budaya yaitu Jawa, Melayu dan Arab. Masjid Layur Semarang saat ini masih mempertahankan bentuk bangunan asli dengan sedikit perbaikan.

Kota Lama Semarang
@CNN Indonesia

Lawang Sewu

Lawang Sewu bisa jadi pilihan persinggahan tempat wisata Kota Lama Semarang yang menarik berikutnya. Lawang Sewu sering disebut sebagai bangunan yang angker mengingat bangunan ini dibangun pada zaman kolonial Belanda. Lawang Sewu adalah sebuah gedung tua yang pada zaman kolinial Belanda digunakan sebagai kantor pusat Indische Spoorweg Maatscappij (NIS). NIS merupakan perusahaan yang bertugas membangun jalur kereta antara Semarang dengan Solo dan Jogja.

Menurut sejarah, gedung Lawang Sewu ini dibangun pada tahun 1904. Lawang Sewu terkenal memiliki bentuk yang sangat unik dengan ciri khas mempunyai banyak pintu dan jendela. Banyaknya pintu dan jendela di bangunan ini membuat masyarakat setempat menyebut bangunan ini sebagi bangunan seribu pintu atau dalam bahasa Jawa disebut lawang Sewu. Walaupun pada faktanya jumlah pintu pada gedung tiga lantai ini tidak mencapai angka 1.000 dan hanya memiliki 429 pintu.

Terdapat banyak kisah mistis mengenai tempat wisata Kota Lama Semarang ini. Beberapa lokasi angker yang bisa kamu temui di dalam kawasan gedung Lawang Sewu di antaranya adalah area sumur tua dan pintu utama. Kebaradaan penjara berdiri, penjara bawah tanah, penjara jongkok, serta ruang penyiksaan tawanan menambah suasana mencekam yang terasa di tempat wisata Semarang ini.

Rumah Oey Tiong Ham dan Makam Sunan ki Ageng Pandanaran

Tertarik berkunjung ke rumah orang paling kaya di Asia pada awal abad ke-20? Jika kamu berkunjung ke Kota Lama Semarang sempatkanlah untuk berkunjung ke rumah peninggalan Oey Tiong Ham. Rumahnya yang megah kerap kali disebut dengan istilah istana dan menempati lahan seluas 80 ha. Pada masa hidupnya Oey Tiong Ham dikenal sebagai raja gula.

Selain itu kamu juga bisa mengunjungu makam salah satu orang pahlawan bernama Sunan Ki Ageng Pandanaran yang berada di puncak Mugas. Tanpa perjuangan beliau maka tidak akan ada nama Kota Semarang di bumi ini. Di sekitar makam beliau terdapat sebuah masjid yang kabarnya merupakan Masjid Agung pertama di Semarang.

Yuk Liburan ke Kota Lama Semarang!

Jika memiliki agenda mengunjungi tempat wisata Kota Lama Semarang yang bersejarah di atas, jangan lupa untuk menginap di Bobobox ya! Bobobox Kota Lama Semarang akan kembali buka sebentar lagi, lho! Kamu bisa memesan kamar kapsul pilihanmu melalui aplikasi Bobobox. Yuk unduh aplikasinya sekarang juga agar tidak ketinggalan informasi menariknya!