Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tak Hanya Gunung, Ini dia 9 Lembah Terindah di Dunia Bagaikan Negeri Fantasi

Masuk wish list liburan selanjutnya nih!

Alam menyimpan sejuta keindahan. Tak heran jika gunung dan pantai selalu menjadi tujuan wisata untuk kembali menyegarkan pikiran. Namun, di samping kedua destinasi alam populer tadi, lembah juga memiliki pesonanya sendiri, seperti lembah terindah di dunia berikut ini. Yuk kita lihat sama-sama seperti apa keindahannya.

Barun Valley – Nepal

lembah terindah di dunia
Photo by Dhilung Kirat on Flickr

Barun Valley adalah salah satu lembah terindah di dunia yang berada di dalam Taman Nasional Makalu Barun. Lembah ini terbentuk dari Sungai Barun yang berubah menjadi gletser pada saat musim dingin.

Air terjun yang tinggi, bebatuan terjal, hutan hijau yang rimbun, dan bunga berwarna-warni adalah pemandangan yang tidak bisa dilewatkan dari lembah terindah di dunia ini. Bahkan, Barun Valley memiliki lebih dari 3.000 spesies tanaman dan ratusan spesies hewan termasuk termasuk macan tutul salju yang terancam punah dan panda merah.

Haa Valley – Bhutan, lembah terindah di dunia

lembah terindah di dunia
Photo by Dewan Salimuddin Ahmed on Unsplash

Jika dibandingkan dengan Paro, Haa Valley adalah tempat yang lebih jarang dikunjungi di Bhutan. Salah satu alasannya adalah Haa Valley baru dibuka sebagai tempat wisata pada tahun 2002.

Namun, karena tempatnya yang belum banyak tersentuhlah yang membuat Haa Valley menjadi salah satu lembah terindah di dunia.

Bahkan, hingga sekarang pembangunan hotel dilarang di lembah ini untuk menjaga keasriannya. Haa Valley terkenal akan pemandangannya yang menakjubkan, terutama hutan alpine, dan tempatnya yang cocok untuk mendaki.

Kalalau Valley – Hawaii

lembah terindah di dunia
Photo by Jason Carnegie on Unsplash

Kalalau Valley adalah lembah terbesar yang ada di pulau Hawaii dengan lebar dua mil. Salah satu lembah terindah di dunia ini dikelilingi oleh tebing setinggi lebih dari 610 meter merupakan lingkungan yang asri bagi tempat hidup flora dan fauna.

Saking indahnya, Kalalau Valley menjadi latar bagi banyak film seperti King Kong, Mighty Joe Young, dan Jurassic Park. Hebatnya lagi, salah satu lembah terindah di dunia ini pernah ditinggali hingga tahun 1919.

Penduduk asli Hawaii yang tinggal di lembah terindah di dunia itu hidup dengan cara bertani talas. Namun, karena sudah menjadi property negara, tidak ada lagi yang diizinkan tinggal di Kalalau Valley.

BACA JUGA: Lembah Tepus; Pesona Wisata Alam Di Selatan Bogor

Lembah Harau – Sumatra Barat, lembah terindah di dunia

lembah terindah di dunia
Photo by Ibadah Mimpi on Unsplash

Indonesia juga merupakan rumah bagi salah satu lembah terindah di dunia. Lembah Harau yang dikenal juga dengan Yosemite-nya Indonesia, adalah area persawahan dan pedesaan dengan luas sekitar 669 hektare.

Lembah ini diapit oleh dua bukit batu granit yang memiliki ketinggian sekitar 300 meter. Dinding batu ini bukan hanya menarik mata para fotografer tetapi para pemanjat tebing. Ada sekitar 300 titik untuk mendaki dan jika sudah sampai ke puncak, langit biru yang jernih adalah bayaran yang sempurna setelah lelahnya pendakian.

Lembah terindah di dunia ini juga merupakan bagian Cagar Alam Harau. Dengan demikian, Lembah Harau adalah kawasan yang dilindungi di mana satwa endemik Sumatra, monyet ekor panjang, tinggal di sini.

Lotschental – Swiss

lembah terindah di dunia
Photo by Joao Branco on Unsplash

Lotschental adalah lembah terbesar yang ada di bagian utara Rhone, Swiss. Salah satu lembah terindah di dunia ini membentang sepanjang 27 kilometer dan dikelilingi oleh pegunungan setinggi 3.000 meter.

Di Lotschental ada sebua desa yang dikenal dengan kebiasaan penduduknya yang unik yang melibatkan sosok yang disebut Tschäggättä. Saat festival, Tschäggättä mengenakan pakaian bulu dan topeng kayu sambil berjalan di jalanan selama melemparkan jelaga ke penonton.

Nubra Valley – India, lembah terindah di dunia

lembah terindah di dunia
Photo by Trần Trung Toàn Thiện on Unsplash

Dikelilingi oleh pegunungan Himalaya yang tertutup salju, Nubra Valley adalah salah satu lembah terindah di dunia. Lembah ini memiliki julukan Moonland karena selama musim dingin, seluruh lembah tampak seperti lanskap bulan sedangkan di musim panas penuh dengan tanaman hijau.

Keindahan alamnya memang menjadi daya tarik turis. Namun, budaya yang ada di Nubra Valley juga menjadi perhatian. Mayoritas penduduk Nubra Valley beragama Buddha di sana terdapat banyak pusat pembelajaran agama Buddha seperti Ensa, Samstemling, Diskit, dan Hunder.

Selain itu, gurun dingin antara Diskit dan Hunder juga sering dikunjungi turis, terutama untuck menaiki unta Baktria, unta dengan dua punuk yang hanya bisa ditemukan di Hunder.

Romsdal Valley – Norwegia

lembah terindah di dunia
Photo by Datingjungle on Unsplash

Romsdalen Valley adalah salah satu lembah terindah di dunia yang terletak di bagian barat Norwegia. Diapit oleh pegunungan yang menjulang tinggi, Romsdal Valley adalah lembah yang sempit dan panjang. Namun, sepanjang dasar lembah mengalir sungai salmon berbusa yang bernama Rauma.

Rauma mengalir melalui ngarai sedalam 30-40 meter dan membentuk air terjun Slettafossen. Air terjun ini dijaga dengan pagar di kedua sisinya dan bisa dilintasi dengan jembatan.

Simplon Valley – Alpen, lembah terindah di dunia

lembah terindah di dunia
Photo by Matthew Hiver on Unsplash

Simplon Valley adalah salah satu lembah terindah di dunia yang terbagi antara Swiss dan Italia. Simplon menghubungkan Brig di Valais dengan Domodossola di Italia utara. Bagian barat atas dimiliki oleh Swiss Valais sedangkan bagian timur bawah dimiliki oleh Italia Piedmont.

Pemandangan di Simplon Valley sangat menarik bagi para pengunjung, terutama panorama gunung yang fantastis dan flora Alpine yang menawan.

Valley of the Ten Peaks – Kanada

lembah terindah di dunia
Photo by John Lee on Unsplash

Valley of the Ten Peaks adalah salah satu lembah terindah di dunia yang terletak di Taman Nasional Banff di Alberta, Kanada.

Seperti namanya, ada sepuluh puncak yang mengelilingi lembah ini. Kesepuluh puncak tersebut adalah Mount Fay, Mount Little, Mount Bowlen, Tonsa, Mount Perren, Mount Allen, Mount Tuzo, Deltaform Mountain, Neptuak Mountain, dan Wenkchemna Peak.

Salah satu lembah terindah di dunia ini adalah bagian dari sistem Taman Kanada. Kamu bisa melihat hewan-hewan di dalam taman berkeliaran di area danau Moraine seperti serigala, anjing hutan, beruang grizzly, dan beruang hitam.

Jika tertarik, kamu bisa menyewa kano, mendaki, atau berkemah di area lembah terindah di dunia ini. Namun, pemandangannya yang menakjubkan dan indah saja sudah cukup untuk membuat perjalanan kamu ke Valley of the Ten Peaks tak terlupakan.

BACA JUGA: Bagaikan Surga, Ini Dia 7 Kebun Raya Terindah Di Dunia

Cari hotel kapsul yang nyaman dan terjangkau? Bobobox jawabannya!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like