Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Langkah Tepat untuk Mencuci Tangan dengan Sabun

Lakukan dengan benar agar kamu bisa terhindar dari virus dan bakteri, ya

Penyebaran virus corona yang menyebabkan Covid-19 masih mengancam masyarakat. Saat ini, jumlah kasus Covid-19 diketahui sudah mencapai angka 4,23 juta di seluruh dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah melakukan banyak upaya untuk mengatasi kondisi darurat kesehatan ini. Salah satunya adalah dengan menggalakkan anjuran kebersihan dan kesehatan, di antaranya adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Sebenarnya, mencuci tangan dengan sabun bukanlah hal baru yang harus dilakukan setelah adanya Covid-19 ini. Mencuci tangan dengan sabun harusnya menjadi kebiasaan yang sangat penting dilakukan sehari-hari.

Langkah Tepat untuk Mencuci Tangan dengan Sabun
Foto oleh Sharon McCutcheon dari Unsplash

 

Seorang editor medis di Alodokter, dr. Kevin Andrian, mengatakan bahwa mencuci tangan dengan sabun adalah cara terbaik untuk menghentikan penyebaran kuman. Mencuci tangan dengan sabun jauh lebih efektif, dibandingkan dengan hanya memakai air saja.

Hal yang terbilang sederhana ini telah terbukti mampu membantu mencegah penyebaran kuman dan menurunkan jumlah orang yang sakit di seluruh dunia.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun haruslah kembali diterapkan di setiap kalangan. Ini dilakukan sebagai langkah pencegahan terhadap penyebaran virus corona.

Nah, sudahkah kamu tahu langkah-langkah tepat untuk mencuci tangan dengan sabun? Yuk, simak pemaparan Bob di bawah ini! Siapa tahu kebiasaan mencuci tangan yang kamu lakukan selama ini masih salah.

 

Langkah mudah dan tepat saat mencuci tangan dengan sabun

dr. Kevin Andrian menjelaskan, setidaknya ada 10 langkah yang harus dilakukan untuk mencuci tangan dengan benar. Yuk, ikuti langkah di bawah ini untuk tahu semua langkahnya. Jangan lupa untuk menyediakan sabun cuci tangan, serta tisu atau handuk yang bersih dan kering, ya.

  • Buka keran air, kemudian basahi kedua tanganmu.
  • Tutup kembali keran air, lalu gunakan sabun secukupnya dan ratakan pada kedua tanganmu hingga pergelangan tangan. Pastikan sabunnya sudah menutupi seluruh permukaan tangan, ya.
  • Gosok kedua telapak tangan untuk membunuh kuman dan bakteri.
  • Gosok juga area di antara jari-jari tangan dan punggung tangan hingga bersih.
  • Kemudian, bersihkan ujung jari dan kuku dengan cara menguncupkan jarimu dan lakukan gerakan memutar pada telapak tangan secara bergantian.
  • Bersihkan kedua ibu jari tangan dengan cara menggenggam dan memutar ibu jari secara bergantian.
  • Letakkan ujung jarimu pada telapak tangan dan lakukan gerakan mengunci tangan, bersihkan kepala tangan dengan menggosok lipatannya menggunakan ibu jari. Lakukan secara bergantian.
  • Buka kembali keran air, bilas kedua tanganmu dengan air mengalir hingga tak ada sabun yang tersisa.
  • Keringkan kedua tangan menggunakan tisu atau handuk yang kering dan bersih.
  • Gunakan tisu atau handuk tersebut untuk menutup keran air.
Langkah Tepat untuk Mencuci Tangan dengan Sabun
Foto dari Alodokter

Hal yang harus diperhatikan saat mencuci tangan dengan sabun

Selain 10 langkah di atas, ada beberapa hal lain yang harus kamu perhatikan saat mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Jika tidak, bisa-bisa mencuci tangan dengan sabun bisa jadi percuma karena kamu tidak memperhatikan hal berikut:

Pilihlah sabun yang tepat

Pada dasarnya, semua jenis sabun bisa digunakan untuk mencuci tangan, asalkan kegunaannya memang untuk membersihkan kulit manusia.

Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, kamu disarankan untuk menggunakan sabun khusus tangan atau sabun yang mengandung antibakteri dan antiseptik. Sabun dengan antibakteri dan antiseptik tentu dapat membunuh kuman lebih baik dibandingkan dengan sabun biasa.

Langkah Tepat untuk Mencuci Tangan dengan Sabun
Foto oleh 🇨🇭 Claudio Schwarz | @purzlbaum dari Unsplash

Gunakan air mengalir

Air yang mengalir sangatlah penting untuk mencuci tangan dengan bersih. Ini dikarenakan air mengalir hanya digunakan satu kali untuk mencuci tangan, dan langsung masuk ke saluran pembuangan.

Hindari menggunakan air yang ditampung dan sudah dipakai beberapa kali, apalagi digunakan oleh lebih dari satu orang. Ini membuat air menjadi tidak cukup bersih dan malah berpotensi menyebarkan penyakit, lo.

Langkah Tepat untuk Mencuci Tangan dengan Sabun
Foto oleh CDC dari Unsplash

Durasi efektif mencuci tangan

Setidaknya, dibutuhkan minimal 20-30 detik untuk mencuci tangan dengan benar. Dalam waktu tersebut, sabun akan bekerja secara maksimal untuk membasmi kuman dan bakteri yang ada di tanganmu.

Kamu bisa menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun sebanyak 2 kali jika kamu bosan menghitung selama 20 hingga 30 detik. Namun, jangan nyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun yang dinyanyikan oleh Jamrud, ya. Bisa-bisa, tanganmu akan menjadi sangat kering karena terlalu lama memakai sabun.

Langkah Tepat untuk Mencuci Tangan dengan Sabun
Gambar oleh United Nations COVID-19 Response dari Unsplash

Mengganti dengan hand sanitizer atau tisu antiseptik

Jika kamu kesulitan menemukan air mengalir dan sabun untuk mencuci tangan, kamu bisa, kok, menggunakan hand sanitizer atau tisu antiseptik yang dijual di pasaran.

Meskipun menggunakan hand sanitizer atau tisu antiseptik tidak lebih efektif dibandingkan dengan mencuci tangan dengan sabun, namun cara ini mampu untuk mengurangi jumlah kuman dan bakteri di tanganmu.

Kamu bisa memakai hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen untuk hasil lebih maksimal, ya.

Langkah Tepat untuk Mencuci Tangan dengan Sabun
Foto oleh Noah dari Unsplash

Gunakan tisu sekali pakai atau handuk sendiri saat mengeringkan tangan

Setelah mencuci tangan, tanganmu tentu saja perlu dikeringkan. Cara paling aman tentu dengan menggunakan tisu kering dan bersih, yang bisa dibuang setelah selesai digunakan.

Namun, kamu masih bisa menggunakan handuk yang kering, dengan catatan handuk tersebut hanya digunakan oleh kamu saja. Hindari menggunakan handuk secara bergantian dengan orang lain karena handuk yang dipakai bersamaan bisa menjadi sarang kuman dan bakteri.

Handuk yang kamu pakai sendiri juga harus rajin diganti setiap beberapa hari sekali. Pastikan tanganmu sudah benar-benar kering karena kuman dan bakteri lebih cepat berkembang di tempat yang lembab.

Saat menutup keran air sehabis mencuci tangan, kamu harus menutupnya dengan tisu yang sudah kamu gunakan untuk mencuci tangan. Keran air berpotensi memiliki banyak kuman dan bakteri yang menempel.

Jika kamu menutup keran dengan menggunakan tangan yang sudah dicuci, tentu saja kuman dan bakteri pada keran tersebut akan menempel kembali pada tanganmu.

Langkah Tepat untuk Mencuci Tangan dengan Sabun
Foto oleh Sven Mieke dari Unsplash

Waktu yang tepat untuk mencuci tangan

Kamu diharuskan untuk mencuci tanganmu terutama pada keadaan berikut:

  • Sebelum meninggalkan rumah, untuk melindungi orang lain dari bakteri dan kuman.
  • Ketika kamu sampai di tujuanmu, untuk membasi kuman selama kamu berada di perjalanan.
  • Sebelum dan sesudah menyiapkan makanan.
  • Sebelum dan sesudah makan.
  • Sebelum dan sesudah membersihkan dan membereskan rumah.
  • Setelah kamu batuk dan bersin.
  • Setelah menggunakan toilet.
  • Sebelum dan sesudah memberi makan atau memegang hewan peliharaanmu.
  • Sebelum dan sesudah merawat orang yang sedang sakit.
  • Sebelum dan sesudah merawat luka.
  • Setelah menyentuh dan membuang sampah.

Langkah Tepat untuk Mencuci Tangan dengan Sabun

Kebersihan dan kesehatan menjadi hal yang sangat penting untuk dijaga di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Oleh karenanya, Bobobox selalu berusaha secara maksimal untuk menjaga kebersihan dengan berbagai cara, di antaranya adalah dengan selalu menyediakan sabun dan air mengalir. Selain itu, dilakukan juga penyemprotan disinfektan di setiap sudutnya.

Jadi, untuk kamu yang sedang bosan di rumah dan membutuhkan suasana baru selama masa pandemi ini, yuk, menginap di hotel kapsul Bobobox! Jangan khawatir, dijamin aman dan nyaman, deh! Unduh aplikasinya dan pesan kamar di sini sekarang.