Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengalami Gangguan Tidur? Lakukan Gerakan-Gerakan Yoga Ini Untuk Meningkatkan Kualitas Tidurmu!

Tingkatkan kualitas tidur dengan melakukan gerakan-gerakan yoga ini!

Stres terkadang membuat kamu susah tidur hingga mengalami insomnia. Tentunya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gangguan tidur tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan yoga untuk meningkatkan kualitas tidur kamu.

Yoga sendiri merupakan suatu jenis olahraga yang melibatkan olah gerak yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan. Perpaduan tersebut bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kekuatan serta fleksibilitas tubuh, mengurangi risiko penyakit tertentu, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan masa otot, meningkatkan keseimbangan, menurunkan berat badan dan sarana untuk merelaksasi tubuh.

Karena fungsinya untuk relaksasi tersebut, kamu bisa melakukan latihan yoga untuk meningkatkan kualitas tidur kamu. Setelah melakukan gerakan-gerakan yoga tertentu, kondisi tubuh kamu akan lebih tengang dan kamu bisa bernapas lebih baik. Dengan begitu, kamu bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.

Lalu apa saja gerakan yoga untuk meningkatkan kualitas tidur itu? Simak ulasannya berikut ini!

Viparita Karani

via mylifemystuff.wordpress.com

Viparita Karani merupakan salah satu gerakan yoga untuk meningkatkan kualitas tidur. Namanya mungkin terdengar asing bagi sebagian orang namun kebanyak orang pasti sudah mengenal pose yoga yang satu ini.

Yoga untuk meningkatkan kualitas tidur ini dapat kamu praktikkan dengan menempelkan kedua kaki kamu ke tembok. Untuk melakukannya, kamu bisa berbaring di atas tempat tidur atau lantai lalu angkat kaki kamu dan letakkan tegak lurus dengan dinding. Kamu bisa melakukannya secara bertahap mulai dari lima, 10, 15 hingga 20 menit.

Jika kamu belum terbiasa, kamu tidak perlu menempelkan seluruh kaki kamu ke dinding karena hal tersebut berisiko menimbulkan cedera. Kamu bisa memberi jarak antara pinggul dan dinding. Bila perlu, kamu juga bisa mengganjal panggul kamu dengan bantal.

Gerakan yoga ini sendiri dianggap sangat ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur karena manfaat yang diberikannya. Dengan mengangkat kaki ke atas dan menempelkannya ke dinding,  beban serta ketegangan di otot kaki kamu  bisa perlahan menghilang. Dengan begitu, tubuh pun akan terasa rileks dan kamu bisa cepat terlelap kea lam mimpi.

Ketegangan otot itu sendiri biasanya terjadi aktivitas sehari-hari kamu yang memaksa kaki terutama bagian betis untuk menopang beban tubuh dalam waktu yang lama. Akibatnya tubuh  pun kelalahan dan membuat kamu susah tidur.

Selain itu, gerakan yoga ini juga dapat membantu mengurangi stres yang kerap kali menjadi penyebab susah tidur. Saat stres, hormon kortisol diproduksi berlebih dan hal ini dapat meningkatkan tekanan darah serta memperburuk sirkulasinya.

Dengan menempelkan kaki ke dinding, sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan jantung pun menjadi tenang. Produksi hormon kortisol pun bisa berkurang dan tubuh kamu menjadi lebih rileks.

Selain itu, rasa lelah di pinggul hingga kaki juga akan menghilang dan otak pun akan menerima aliran darah yang segar sehingga asupan oksigen ke otak pun menjadi lebih banyak. Dengan begitu, kamu pun bisa cepat mengantuk dan tidur dengan nyenyak.

Supta Mastyendrasana

via beatoapp.com

Gerakan yoga untuk meningkatkan kualitas tidur selanjutnya adalah sputa matsyendrasana (pose terlentang dan memutar) atau juga dikenal dengan nama spinal twist. Gerakan ini sendiri sangat mudah dilakukan dan kamu pasti merasakan kelegaan setelah melakukannya.

Selain mudah, kamu bisa melakukan pose yoga untuk meningkatkan kualitas tidur ini langsung di atas tempat tidur tanpa perlu peralatan tambahan. Pertama-tama, tentunya kamu harus terlentang. Selanjutnya, peluklah lutut kanan ke arah dada. Lalu, arahkan lutut kamu yang ditekuk tersebut ke arah kiri.

Sementara itu, kedua tangan bisa direntangkan sejajar dengan bahu dan kepala menghadap kanan. Lakukan hal yang sama pada kaki kiri. Kamu bisa melakukannya sambil memejamkan mata atau gunakan jari-jari kamu sebagai fokus pandangan. Pastikan bahu kamu tetap menempel di atas tempat tidur.

Saat lutut kanan kamu mengarah ke kiri (juga sebaliknya), tahan posisi tersebut hingga 30 sampai 60 detik. Gerakan ini sendiri cocok banget untuk meregangkan otot-otot kamu yang kaku setelah seharian beraktivitas. Gerakan tersebut akan memijat punggung dan pinggul kamu sehingga dapat meredakan nyeri punggung  dan meregangkan otot bokong.

Selain itu, gerakan ini juga dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh dan memperbaiki fungsi organ pencernaan. Dengan kata lain, gerakan yoga ini akan memijat organ abdominal, membantu ginjal dan hati, membantu proses pencernaan dan mengurangi konstipasi.

Saat tubuh kamu memutar, tulang belakang dapat memanjang sehingga menghasilkan ruang antara tulang-tulang kecil (vertebra). Hal ini memungkinkan adanya energi yang mengalir lebih baik ke seluruh tubuh.

Organ-orang yang Bob sebutkan sebelumnya akan tertekan dan darah yang mengandung racun akan dikeluarkan. Saat pelepasan racun, aliran darah baru akan masuk. Aliran darah tersebut mengandung banyak oksigen yang akan membantu merelaksasi dan mendetoksifikasi tubuh kamu serta meningkatkan metobilsme.

Supta Baddha Konasana

via yogajournal.com

Selanjutnya, ada sputa baddha konasana, gerakan yoga untuk meningkatkan kualitas tidur lainnya yang bisa kamu coba. Sama halnya dengan dua gerakan yoga untuk meningkatkan kualitas tidur sebelumnya, gerakan ini juga cukup sederhana dan bisa kamu lakukan dengan mudah di atas tempat tidur.

Pertama-tama, baringkan tubuh kamu. Selanjutnya, tekuk lutut dan dorong lutut kamu agar terpisah namun telapak kaki kamu saling bersentuhan. Lemaskan bahu kamu dan jauhkan dari telinga. Tetaplah dalam pose tersebut selama sekitar satu menit sambil bernapas dalam-dalam dan perlahan. Kamu bisa meletakkan tangan di dekat pinggul dengan telapak menghadap ke atas.

Sebagaimana pose-pose sebelumnya, gerakan yoga ini juga membantu meningkatkan sirkulasi darah yang baik untuk tidur yang lelap dan berkualitas. Gerakan ini juga mengurangi ketegangan pada otot, menghilangkan rasa lelah, dan menenangkan pikiran sehingga dapat membuat kamu cepat tidur dengan nyenyak.

Selain berfungsi sebagai yoga untuk meningkatkan kualitas tidur, gerakan ini juga bisa membantu meringankan sakit akibat menstruasi, memiliki manfaat untuk kesehatan ovarium dan kelenjar prostat, dan menyehatkan ginjal. Lebih lanjut, pose ini juga membantu mengatur tekanan darah serta melegakan rasa linu dan pembengkakan pembuluh darah. Karena fungsi-fungsinya tersebut, kamu akan segera merasa segar dan pulih dalam waktu cepat.

Tidur Nyenyak Bersama Bobobox

Saat kamu merasa beban hidup ini terlalu berat, kamu tidak pelru ragu untuk memanjakan diri kamu. Untuk itu, kamu bisa melarikan diri sejenak dengan berlibur atau sekadar staycation.

Bingung masalah akomodasi? Ke Bobobox saja. Hotel kapsul yang satu ini sudah tersedia di beberapa kota besar di Indonesia yakni Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Solo.

Akomodasi yang ditawarkan minimalis namun dengan space yang cukup luas sehingga kamu bisa leluasa melakukan gerakan yoga untuk meningkatkan kualitas tidur kamu. Selain itu, kamu juga akan ditemani oleh fasilitas moodlamp yang memungkinkan kamu untuk memilihi warna cahaya lampu dalam kamar. Tersedia sekitar 16 warna yang bisa kamu pilih di dalam kamar. Selain menambah kesan kekinian, warna-warna tersebut juga bisa kamu sesuaikan agar tidur kamu tetap berkualitas.

Tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasinya di PlayStore atau App Store dan dapatkan pengalaman menyenangkan bersama Bobobox!

You might also like