Kompas.com

Sambut Kemerdekaan dengan Lagu Pop Nasionalis Berikut Ini!

Lagu pop nasionalis berikut ini bisa jadi lagu yang pas kamu dengarkan untuk memaknai kemerdekaan yang berisi tentang pesan nasionalisme dari sebuah lagu. Berikut ini adalah beberapa lagu diantaranya.

1. Lagu Pop Nasionalis: NTRL – Garuda di Dadaku

Jika kamu sering menonton event olahraga terutama sepak bola kamu mungkin sudah cukup familiar dengan lagu yang satu ini. ‘Garuda di Dadaku’ berasal dari nyanyian para suporter biasa digemakan oleh tim nasional sepak bola Indonesia.

2. Lagu Pop Nasionalis: Chrisye – Negeriku

Sang penyanyi legendaris Chrisye (almarhum) dikenal berkat judul-judul yang menceritakan tentang cinta. Tak hanya lagu tentang cinta pada seseorang, Chrisye juga memiliki lagu tentang cinta pada Indonesia yang tertuang dalam lagu berjudul ‘Negeriku’.

3. Lagu Pop Nasionalis: Ello feat. Sherina Munaf – Ayo! Indonesia Bisa

Baca Juga: Selain Hari Kemerdekaan Indonesia, Ini Dia Peristiwa Bersejarah Pada 17 Agustus

Jika kamu perhatikan, Indonesia seringkali menjadi tuan rumah untuk event-event olahraga internasional salah satunya terjadi pada 2011 lalu. Pada saat itu Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan untuk event SEA Games di Jakarta dan Palembang. Lagu ‘Ayo! Indonesia Bisa’ yang dinyanyikan oleh Ello dan Sherina Munaf kemudian dijadikan theme song resmi ajang olahraga antar negara Asia Tenggara tersebut.

4. Lagu Pop Nasionalis: Kotak – Satu Indonesia

Tak hanya band dan penyanyi pop, grup band rock jebolan ajang pencarian bakat Dream Band, Kotak, juga memiliki sebuah lagu berjudul ‘Satu Indonesia’. Lagu ini menceritakan tentang persatuan Indonesia. Selain ‘Satu Indonesia’ ada juga lagu ‘Tendangan dari Langit’ dan yang lagu berjudul ‘Hoax’ yang juga relevan dengan isu nasionalisme.

5. Lagu Pop Nasionalis: Project Pop – Indovers

Meskipun lagu-lagunya terkesan banyak bercandanya, siapa yang menyangka jika grup vokal jenaka Project Pop juga memiliki sebuah lagu tentang nasionalisme. Lagu ini memiliki judul ‘Indovers’, yang menampilkan versi aransemen ulang lagu ‘Rayuan Pulau Kelapa’. Menarik!

6. Lagu Pop Nasionalis: Saykoji – Merah Putih

Grid.ID

Lagu pop nasionalis pun bisa dibawakan dengan genre rap yang asik! Sang Rapper terkenal Indonesia bernama Saykoji menuangkan kecintannya pada negara Indonesia lewat lagu berjudul ‘Merah Putih’.

7. Lagu Pop Nasionalis: Ungu – Indonesiaku

Single berjudul ‘Indonesiaku’ ini menceritakan tentang keindahan negeri ini dan menjadi salah satu pengisi soundtrack dari film ‘Soekarno’ yang dirilis pada tahun 2013.

8. Lagu Pop Nasionalis: Sheila on 7 – Pemenang

Siapa diantara kamu yang senang dengan grup band Sheila on 7? Grup band pop ini tak hanya dikenal membawakan lagu-lagu romantis tapi juga lagu yang bisa membangkitkan nasionalisme. Lagu berjudul ‘Pemenang’ dapat membuat kamu jadi lebih semangat untuk bersaing meraih prestasi. Lagu ini bahkan masuk dalam album kompilasi Piala Dunia Jerman 2006 lho.

9. Lagu Pop Nasionalis: Pandji Pragiwaksono – Lagu Melayu

Pandji Pragiwaksono lebih familiar sebagai sosok stand up comedian atau komika. Namun siapa sangka sang komika Pandji Pragiwaksono juga memiliki beberapa karya berupa album rap. Salah satu lagunya yang berjudul ‘Lagu Melayu’ menceritakan bagaimana kita harus selalu cinta dengan segala kondisi yang kita miliki di negeri ini.

10. Lagu Pop Nasionalis: Endank Soekamti – Salam Indonesia

Beli Album Fisik

Endank Soekamti sempat mengeluarkan album berjudul ‘Salam Indonesia’. Lagu ini menceritakan tentang kebanggaan atas prestasi pemuda-pemudi Indonesia yang dihubungkan dengan persatuan bangsa dengan video klip lagu yang sangat menarik. Video klip ini berkolaborasi dengan para siswa-siswa jurusan animasi di DOES University yang merupakan institusi pendidikan yang didirikan oleh sang vokalis Erix Soekamti.

11. Lagu Pop Nasionalis: Pee Wee Gaskins – Dari Mata Sang Garuda

Pee Wee Gaskins dikenal seringkali membawakan lagu-lagu yang dekat dengan hingar-bingar anak muda. Tak hanya itu, Pee Wee gaskins juga membawa pesan tentang nasionalisme lewat lagu berjudul ‘Dari Mata Sang Garuda’.

12. Lagu Pop Nasionalis: Efek Rumah Kaca – Menjadi Indonesia

Lagu berjudul ‘Menjadi Indonesia’ ini dibawakan oleh grup band pop minimalis Efek Rumah Kaca. Menjadi Indonesia adalah salah satu lagu yang menceritakan tentang kebangkitan. Salah satu bait lirik pada lagu ini berbunyi “cuci muka biar terlihat segar, merapikan wajahmu, masih ada cara menjadi besar, memudakan tuamu, menjelma dan menjadi Indonesia”. Menarik, bukan?

13. Lagu Pop Nasionalis: Superman Is Dead – Jadilah Legenda

Jika kamu kenal dengan Jerinx maka kamu mungkin mengenalnya sebagai sang drummer dari band Superman Is Dead (SID). Band ini merupakan band punk yang punya banyak karya salah satunya dalam lagu berjudul ‘Jadilah Legenda’.

14. Lagu Pop Nasionalis: Twentyfirst Night – Selamanya Indonesia

TribunStyle.com

Lagu selanjutnya adalah Twentyfirst Night yang membawakan lagu populer berjudul ‘Selamanya Indonesia’. Lagu ini kerap kali diperdengarkan di setiap ajang yang berhubungan dengan Indonesia seperti pertandingan olahraga atau peringatan kemerdekaan.

15. Lagu Pop Nasionalis: Cokelat – Bendera

Lagu pop nasionalis yang terakhir adalah tentunya lagu populer dari Cokelat dengan judul bendera. Siapa sih yang tak kenal dengan lagu satu ini? Lagu Bendera ini bisa dibilang menjadi salah satu judul yang mengubah persepsi penikmat musik. Faktanya lagu nasionalis bisa dibawakan dengan gaya rock and roll khas Cokelat yang menarik. Lagu Bendera ini merupakan lagu ciptaan Erros Sheila on 7 dan menjadi soundtrack untuk film ‘Bendera’ yang tayang pada 2002.

Baca Juga: Sudah Siap Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia? Ini Dia Fakta-Fakta Kemerdekaan Indonesia!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles