Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tidak Banyak Orang yang Tahu, Lagu-Lagu Berikut Ini Ternyata Memiliki Kisah Seram Dibaliknya!

Masih berani dengar atau justru makin penasaran?

Lagu menjadi penghibur untuk didengarkan dalam berbagai suasana. Kamu menggunakannya untuk relaksasi, memperbaiki suasana hati, menggalau, menemani saat bekerja hingga menjadi teman tidur bergantung pada nuansa lagu tersebut.

Setiap lagu umumnya memiliki kisah dan makna tersendiri yang memang cocok untuk saat-saat tertentu. Namun, apa jadinya jika lagu-lagu tersebut ternyata dibayang-bayangi oleh kisah seram, horor hingga misterius? Masih berani dengar atau justru makin penasaran?

Berikut ini adalah empat lagu dengan kisah seram yang mungkin belum kamu tahu. Yuk simak bareng-bareng!

Tinggal Kenangan – Gaby

@lycan/Unsplash

Lagu “Tinggal Kenangan” sudah lama dirumorkan sebagai lagu dengan kisah seram. Lagu yang booming sekitar 2007-2008 ini memang hadir membawa kisah pilu sekaligus menyeramkan yang tidak tahu sumbernya dari mana. Kala itu, lagu tersebut hadir dengan lantunan suara seorang wanita dan iringan gitar sederhana.

Lagu itu disebut-disebut dinyanyikan serta diciptakan oleh seorang gadis bernama Gaby yang ditinggal mati sang kekasih. Karena tak sanggup menanggung kesedihan akibat ditinggal sang kekasih selama-lamanya, Gaby pun memilih mengakhiri hidupnya sendiri.

Karena itu, lagu Tinggal Kenangan juga dikenal dengan sebutan “Lagu Gaby”. Kehadiran lagu ini semakin horor dengan munculnya rumor baru yang tak kalah menyeramkan. Siapapun yang mendengarkan lagu Gaby, apalagi di malam hari, siap-siap didatangi arwah penasaran penulis lagu tersebut. Hii, ngeri banget!

Selain itu, lagu ini juga diliputi misteri berbagai misteri. Sebut saja tentang siapa yang pertama kali menyebarkan lagu versi akustik serta kisah menyeramkan tersebut, siapa sebenarnya Gaby, dan siapa sebenarnya pencipta lagu tersebut. Pasalnya, di tengah viralnya lagu Gaby, sejumlah orang sempat mengkalim dirinya sebagai pencipta lagu hingga Gaby itu sendiri.

Namun, semua rumor tersebut ditepis oleh Pay dari Band Caramel yang mengaku sebagai penulis lagu tersebut. “Tinggal Kenangan” sendiri sebenarnya berjudul “Jauh” dan sudah dia tulis sejak tahun 2003.

Lagu tersebut telah lebih dulu booming pada 2006 di Makassar dan sekitarnya dalam versi piano. Untuk meyakinkan khalayak umum, mereka membawa serta bukti video rekaman perempuan yang menyanyikan lagu “Jauh” hingga melibatkan pakar telematika Roy Suryo. Setelah itu, para pihak yang sebelumnya mengklaim “Tinggal Kenangan” pun tidak terdengar lagi rimbanya.

Baca Juga: Tak Hanya Populer, Berikut 7 Lagu Dengan Makna Tersembunyi Yang Lebih Dalam!

Menanti Kekasih – Alda Risma

“Menanti Kekasih” dipercaya merupakan salah satu lagu dengan kisah seram yang dinyanyikan oleh penyanyi Alda Risma. Saat mendengarkan lagu tersebut, kamu mungkin akan dibuat merinding atau takut karena liriknya yang sangat provokatif. Lagu tersebut mencerikatan tentang seorang hantu wanita yang menantikan kematian sang kekasih agar bisa kembali bersama, meski dengan cara bunuh diri sekalipun.

Bagi yang tidak familiar dengan nama Alda Risma, penyanyi cantik populer pada tahun 1998 lewat lagu “Aku Tak Biasa”. Alda diketahui meninggal pada Desember 2006 akibat overdosis psikotropika. Kasus ini mulanya dianggap sebagai bunuh diri karena dia ditemukan dalam keadaan mulut berbusa dan berdarah di sebuah kamar hotel. Namun, penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa alda tewas dibunuh oleh kekasihnya, Ferry Surya Prakarsa.

Di balik kematiannya yang tragis tersebut, terlesip kisah mistis terkait lagu “Menanti Kekasih” yang diyakini menjadi lagu terakhirnya. Alda dikabarkan telah melakukan rekaman tiga hari sebelum kematiannya. Namun, tim forensik menyebutkan bahwa Alda telah wafat tujuh hari sebelum proses rekaman tersebut.  Nah, lho? Siapa dong yang rekaman?

Eits, jangan merinding dulu? Setelah ditelusuri, lagu yang beredar di internet dengan judul “Menanti Kekasih” rupanya merupakan cover yang dilakukan seorang perempuan Malaysia. Lagu itu sendiri sebenarnya berjudul “Rintihan Kuntilanak” dan merupakan ciptaan Pidi Baiq (penulis novel “Dilan”). Lagu tersebut kemudian dinyanyikan oleh The Panas Dalam sebagai soundtrack film “Hantu Biang Kerok”.

Selepas Kau Pergi – Laluna

Lagu “Selepas Kau Pergi” dari Laluna termasuk lagu nostalgia yang enak didengar saat kamu tengah galau. Sayangnya, lagu yang populer di tahun 2000-an ini justru dianggap sebagai salah satu lagu dengan kisah seram.

Kisah seram tersebut tidak berkaitan dengan lirik ataupun kisah tragis penyanyinya. Pada bagaian tengah dan akhir lagu, sekitar menit 2:07-2:17 dan 4:03, kamu akan mendengar suara aneh yang berbunyi seperti suara “ting tong”. Jika didengarkan, suara-suara itu memang terdengar off-beat dan tidak seirama dengan melodi lagu tersebut.

Bagi sebagian orang, suara tersebut dianggap sebagai suara gamelan. Seperti yang kamu tahu, suara gamelan sendiri memang seringkali dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis. Karenanya, lagu ini ini pun tak luput dari kemistisan tersebut.

Tapi, apakah benar suara itu memang memiliki unsur mistis? Setelah ditelusuri, vokalis Laluna pernah mengungkapkan tentang masalah tersebut dalam wawancara sebuah acara musik TV swasta di awal-awal perilisan lagu. Dia mengungkapkan bahwa lagu “Selepas Kau Pergi” memang sengaja diisi dengan suara-suara unik.

Salah satunya adalah suara dari harmonious musical mobile atau mainan gantung untuk tempat tidur bayi yang berputar-putar. Selain itu, sang gitaris juga rela mencari gitar klasik dengan senar orisinal hingga ke London agar menghasilkan suara musik yang berbeda.

Gloomy Sunday – Rezso Seress dan Laszlo Javor

Gloomy Sunday juga termasuk salah satu lagu dengan kisah seram. Saking seramnya, lagu ini mendapat julukan “Lagu Bunuh Diri Hungaria” karena dihubungkan dengan lebih dari 100 kasus bunuh diri. Lagu ini sendiri ditulis oleh Laszlo Javor dan irama musiknya oleh Rezso Seress pada 1933. Lagu tersebut kemudian memasuki dapur rekaman pada tahun 1935 dengan penyanyi pop Hungaria, Pal Kalmar.

Gloomy Sunday tidak begitu menarik perhatian hingga tahun 1936 saat lagu tersebut dikaitkan dengan kasus bunuh diri besar di Hungaria. Lagu tersebut pun  dikabarkan dilarang untuk diperdengarkan kembali. Setelah itu, para musisi dan penyanyi Amerika mulai merekam versi terjamahan lagu tersebut hingga sejumlah rekaman pun tersedia di akhir tahun 1936. Namun, vrsi berbahasa Inggris paling populernya adalah yang dinyanyikan The Billie Holiday beberapa tahun setelahnya.

Tidak ada yang tahu persis apakah lagu dengan kisah seram ini memang nyata atau urban legend belaka karena data mengenai kasus ini cukup sulit untuk didapat. Namun, rumor yang beredar menyebutkan adanya hubungan kematian orang-orang bunuh diri di Hungaria dengan Gloomy Sunday sebelum lagu tersebut dilarang.

Baca Juga: 10 Urban Legend Indonesia Yang Bikin Kamu Takut Tidur Sendirian

Alasannya adalah orang-orang yang dilaporkan menghabisi nyawanya sendiri meninggal setelah mendengar lagu tersebut baik versi rekaman ataupun live performance. Ada juga yang menyebutkan mereka meninggal dengan kertas musik Gloomy Sunday di tangannya atau ditemani gramofon yang tengah memutarkan lagu tersebut.

Komposer lagu Gloomy Sunday juga disebut-sebut menciptakan lagu ini untuk kekasihnya. Sang kekasih kemudian meninggal akibat bunuh diri tak lama setelah perilisan lagu tersebut. Hal lainnya yang semakin memperkeruh lagu dengan kisah seram ini adalah kenyataan bahwa Rezso Seress memang meregang nyawa dengan melompat dari lantai 8 sebuah gedung di Budapest pada tahun 1968. Menurut sejumlah sumber, dia merasa depresi karena tidak mampu membuat lagu hit lainnya setelah Gloomy Sunday.

Jangan Takut Menginap di Bobobox!

Mau menginap di hotel tapi takut tempatnya horor? Ke Bobobox aja yuk! Dengan desain futuristik, hotel kapsul satu ini jauh banget dari kesan angker. Selain itu, Bobobox juga menawarkan berbagai fasilitas menarik dan canggih sehingga pengalaman menginap kamu terasa menyenangkan dan jauh dari kata seram.

Ada keyless access, Wi-Fi kencang di seluruh area Bobobox, Bluetooth speaker, moodlamp untuk pengaturan warna cahaya dalam pod, dan masih banyak lagi. Tertarik kan? Yuk, langsung unduh saja aplikasi Bobobox untuk kemudahan dalam proses booking. Kamu juga akan mendapatkan informasi serta promo-promo terbaru dari Bobobox. Jangan sampai terlewatkan!

You might also like