Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Yuk Nostalgia dengan 7 Lagu K-Pop Legendaris 2000an!

Pilihan lagu K-Pop legendaris 2000an ini viral banget pada eranya!

Para penggemar K-Pop generasi awal mungkin tahu bahwa tahun 2000an menjadi penanda meledaknya popularitas produk hiburan Korea Selatan. Musik-musik modern asal negeri ginseng sebetulnya sudah masuk ke Indonesia di tahun 1990an. Namun, munculnya lebih banyak boyband dan girlband, tentunya dengan warna yang berbeda, bisa dilihat di era 2000an. Di tahun ini pula, sebagian besar grup legendaris memulai debutnya.

Masuknya K-Pop ke Indonesia bukan tanpa campur tangan Korean wave atau hallyu. Dilansir dari The Asean Post, produk hiburan asal Korea Selatan sudah tayang di televisi Indonesia sejak awal 2000an. Tayangan-tayangan ini bahkan bersaing dengan berbagai tayangan dari Taiwan. Hmm… Kamu ingat nggak kalau dulu drama-drama Taiwan menghiasi layar kaca kita setiap minggu? Drama-drama ini bersaing dengan beragam drakor populer, seperti Full House, My Love Patzzi, dan Sassy Girl Chun-hyang.


Baca Juga: Ayo Nostalgia Bareng Bob dengan 7 Drama Korea Legendaris Era Tahun 2000an!


Seiring berjalannya waktu, repertoir musik para penggemar K-Pop di Indonesia pun makin meluas dan beragam. Grup atau penyanyi baru seperti iKon, Heize, Aespa, hingga Paul Kim meninggalkan jejaknya di handphone atau komputer para penikmat K-Pop. Beberapa trek populer seperti “Boy with Luv” milik BTS atau “Ddu-Du Ddu-Du” milik BLACKPINK bahkan sering diputar di tempat-tempat umum. Orang-orang yang awalnya nggak suka K-Pop pun jadi familiar dengan genre ini.

lagu k-pop legendaris 2000an
Sumber: Kpopndrama

Nah, di artikel ini Bob akan kamu nostalgia dengan lagu K-Pop legendaris 2000an yang meledak banget di eranya. Bob sudah mengumpulkan tujuh trek dari tujuh grup atau penyanyi yang berbeda. Buka YouTube atau Spotify kamu dan tambahkan ketujuh lagu K-pop legendaris 2000an ini ke playlist kamu!

1. Girls’ Generation – Gee (2009)

Lagu K-Pop legendaris 2000an pertama pilihan Bob jatuh ke trek milik Girls’ Generation atau SNSD. Meskipun dirilis di akhir tahun 2000an, lagu yang satu ini populer banget. Lagu bergenre bubblegum pop ini merupakan trek pertama dari EP “Gee” yang dirilis di tahun 2009. Dilansir dari Korea Herald, setelah “Gee” dirilis, data stastistik Google Trends menunjukkan kenaikan pada pencarian K-Pop. Wah! Berkat “Gee“, K-Pop makin meledak, ya!

lagu k-pop legendaris 2000an
Sumber: Bada TV

Gee” hadir dengan lirik yang catchy dan bercerita mengenai rasanya jatuh cinta. Baris ikoniknya adalah “gee, gee, gee, gee, gee“. Ada fakta unik soal lagu ini. Menurut Koreaboo, sang leader Taeyeon menyebutkan di beberapa variety show bahwa awalnya nggak suka dengan lagu ini. Namun, lagu ini ternyata menjadi salah satu lagu K-Pop legendaris 2000an yang turut melambungkan nama Girls’ Generation.


Baca Juga: 10 Variety Show Korea Paling Seru. Siap Bikin Kamu Ketagihan!


2. Wonder Girls – Nobody (2008)

Kayanya kebangetan kalau Bob nggak masukkan “Nobody” ke daftar lagu K-Pop legendaris 2000an. Pasalnya, lagu ini sangat populer dan berhasil meraih beberapa penghargaan. Dilansir dari Hankyung, “Nobody” meraih tiga penghargaan di ajang 2008 Mnet KM Music Festival. Salah satunya, “Nobody” dianugerahi gelar “Song of the Year“. Wah! Nggak heran karena lagu ini memang meledak dan ikonik banget.

lagu k-pop legendaris 2000an
Sumber: Musicxmatch

Trek kedua dari album “The Wonder Years: Trilogy” ini dirilis dalam beberapa bahasa, termasuk bahasa Inggris, Mandarin, dan Jepang. Video musiknya pun hadir dalam dua versi. Yang bikin lagu ini makin ikonik adalah dance-nya. Bahkan, komedian Andre Taulany dan Sule sampai pernah membuat parodi “Nobody” di salah satu episode Opera van Java, lho! Aduh, aduh!

3. Big Bang – Haru Haru (2008)

Lagu K-Pop legendaris 2000an yang berikutnya adalah “Haru Haru” miiik boyband besutan YG Entertainment, Big Bang. Grup yang satu ini terkenal dengan lagu-lagunya yang upbeat dan berenergi. Namun, Big Bang juga merilis beberapa trek yang lebih kalem, dan salah satunya adalah Haru Haru. Trek ini merupakan lagu kedua dalam EP “Stand Up” yang dirilis di tahun 2008.

lagu k-pop legendaris 2000an
Sumber: JK Store GDL

Dikemas dalam aransemen genre dance, “Haru Haru” turut menyertakan elemen ballad dan orkestral yang memberikan sentuhan melankolis. Video klipnya pun nggak kalah menarik untuk ditonton. Dalam plotnya, G-Dragon dan T.O.P berkelahi karena GD menduga T.O.P berselingkuh dengan pacarnya. Namun, di akhir video kamu bisa mengetahui plot twist yang cukup bikin nyesek. Cukup drama deh, pokoknya!


Baca Juga: Rekomendasi Mini Drama Korea Terbaru 2021 yang Cocok untuk Menemani Liburmu!


4. Epik High – Love Love Love (2007)

Bagi penyuka hip-hop, lagu K-Pop legendaris 2000an yang satu ini sayang buat dilewatkan. Grup hip-hop Epik High menggaet vokalis Lee Yoong Jin dalam lagu “Love Love Love“. Lagu ini merupakan trek kesepuluh di CD 2 dalam album “Remapping the Human Soul” (2007). Dilansir dari No Cut News, album tersebut bahkan meraih gelar “Album of the Year” di 2007 Mnet KM Music Festival.

lagu k-pop legendaris 2000an
Sumber: Genius

Lagu hip-hop tentunya nggak ada apa-apanya tanpa rap. Di lagu ini, kamu bisa mendengar bait-bait rap berima yang dieksekusi dengan cantik oleh Tablo. Di bagian refrein, telinga kamu akan dimanjakan dengan warna suara Lee Yoong Jin yang manis dan lembut. Buat kamu pemain game online Audition AyoDance, pasti nggak asing dengan lagu ini. Pasalnya, “Love Love Love” hadir sebagai salah satu soundtrack game tersebut.

5. Super Junior – Sorry, Sorry (2009)

Lagu yang satu ini wajib masuk daftar lagu K-Pop legendaris 2000an untuk kamu yang ingin bernostalgia. Pasalnya, “Sorry, Sorry” bisa dibilang menjadi salah satu lagu K-Pop yang ikonik. Trek pertama dari album “Sorry, Sorry” ini terkenal dengan koreografinya yang memorable. Lagu ini menempati posisi pertama chart Mnet di minggu keempat Maret 2009, dilansir dari Naver News.

lagu k-pop legendaris 2000an
Sumber: Amazon

Aransemennya yang bersemangat dan gerakan dance yang enerjik membuat lagu ini populer di kalangan para penggemar K-Pop. “Sorry, Sorry” juga menjadi salah satu lagu yang sering di-cover di berbagai kompetisi dance K-Pop. Oh, ya! “Sorry, Sorry” juga punya versi remix R&B yang berjudul “Sorry, Sorry-Answer“, lho! Sudah pernah dengar, belum? Kalau sudah, lebih suka versi yang mana nih?

6. Shinee – Ring Ding Dong (2009)

Lagu K-Pop legendaris 2000an yang satu ini merupakan salah satu lagu yang paling eargasmic. Pasalnya, repetisi baris “ring dong dong” dalam lagu ini catchy banget dan menjadi hook yang memikat para penikmat K-Pop. “Ring Ding Dong” merupakan trek kedua dari EP “2009, Year of Us“. Apalagi, “Ring Ding Dong” juga punya koreografi yang unik dan ikonik. Hayo! Siapa yang dulu di HP-nya simpan MP3 lagu ini?

lagu k-pop legendaris 2000an
Sumber: lollipopice.wordpress.com

Oh, ya! Ada fakta menarik soal lagu “Ring Ding Dong“. Popularitasnya yang memuncak tidak lantas membuat lagu ini terlepas dari masalah, lho. Pasalnya, saking terkenalnya, “Ring Ding Dong” sempat di-ban, lho, di Korea! Dilansir dari Nate News, lagu ini sempat di-ban sebelum ujian masuk universitas saking kuatnya menempel di pikiran. Tujuannya sih supaya para peserta ujian bisa fokus ke ujian dan nggak ke-distract oleh “Ring Ding Dong“. Aduh!


Baca Juga: Mipan Zuzuzu: Ini Dia 10 Lagu Tik Tok yang Terus Terngiang di Pikiranmu


7. Brown Eyed Girls – Abracadabra (2009)

Lagu K-Pop legendaris 2000an terakhir di daftar rekomendasi Bob adalah “Abracadabra” milik Brown Eyed Girls. “Abracadabra” menjadi salah satu lagu paling ikonik di tahun 2000an melalui aransemen musiknya yang khas. Lagu ini merupakan trek kedua dari album “Sound-G” yang dirilis di tahun 2009. Yang bikin lagu ini makin populer adalah “arrogant dance“-nya yang menampilkan sisi seksi Brown Eyed Girls.

lagu k-pop legendaris 2000an
Sumber: Seoulbeats

Popularitas “Abracadabra” membuat lagu ini banyak di-cover dan dijadikan parodi, lho! Anggota-anggota 2PM dan 2AM membuat parodi video musik “Abracadabra” yang lucu dan kocak! Selain itu, dance “Abracadabra” juga Psy dalam video klipnya, “Gentleman“. Video “Gentleman” sendiri menampilkan Ga-in yang merupakan salah satu member Brown Eyed Girls.

Itulah 7 lagu K-Pop legendaris 2000an yang cocok buat menemani momen nostalgia kamu. Lagu-lagu ini juga bisa kamu tambahkan ke playlist untuk didengarkan kapan pun kamu mau. Oh, ya! Share juga dong lagu K-Pop favorit kamu dari era 2000an. Bob juga pengen tahu nih!

K-Popan sambil Rehat Santai di Bobobox

Buat kamu yang ingin liburan sambil nonton video-video performance grup K-Pop kesukaanmu, ke Bobobox saja! Dengan interior pod yang luas dan stylish, dan koneksi internet yang mumpuni, streaming video bakalan seru dan nyaman! Apalagi, di setiap pod sudah tersedia Bluetooth speaker yang kamu bisa sandingkan dengan laptop atau HP. Nggak perlu terlalu lama pakai headset atau repot-repot bawa speaker sendiri deh!

Oh, ya! Setiap pod juga dilengkapi sistem pencahayaan yang kamu bisa atur sesuai keinginan. Ingin maraton drakor ala bioskop? Gunakan opsi pencahayaan minimalis. Butuh suasana yang lebih bersemangat? Pilih opsi pencahayaan yang groovy! Bobobox juga dilengkapi fasilitas seperti pantry, shared bathroom, musala, dan communal space. Jadi, nggak akan bosan deh! Eh, jangan lupa download dulu aplikasi Bobobox ke ponselmu, ya! Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk platform iOS dan Android!

You might also like