Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Liburan Ke Labuan Bajo Ala Backpacker, Berapa Bujet yang Dibutuhkan?

Detail lengkapnya bisa kamu lihat dengan mudah

Bobobox.co.id — Indonesia memang cukup terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona dan eksotis. Mulai dari Sabang sampai Merauke, banyak destinasi wisata yang rasanya worth it untuk masuk wishlist liburanmu. Nah, salah satu destinasi yang akan dibahas adalah Labuan Bajo.

Labuan Bajo sendiri merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebagai salah satu destinasi wisata di NTT, Labuan Bajo menawarkan paket lengkap untuk liburanmu. Menikmati keindahan panorama bawah laut yang masih terjaga, pemandangan dari gugusan bukit yang memanjakan mata, hingga tempat salah satu reptil langka dan dilindingi di dunia yaitu Komodo ada di sini.

Tak pelak, banyak wisatawan, baik dari dalam dan luar negeri, berbondong-bondong untuk liburan di destinasi wisata satu ini. Walaupun begitu, terkadang biaya menjadi permasalahan utama yang mengurungkan niatmu untuk berlibur ke sini. Sehingga, untuk menekan biaya, liburan ke Labuan Bajo ala backpacker menjadi solusi yang tepat untuk kamu pilih.

Nah, jika kamu penasaran berapa bujet ataupun biaya yang harus kamu keluarkan selama liburan a la backpacker kali ini. Yuk, simak perkiraan biayanya mulai dari transportasi, penginapan, makan, dan lainnya di bawah ini. Kali ini, Bob pakai hitungan durasi liburanmu adalah 3 hari 2 malam dengan titik awalnya di Jakarta, ya!

Pilihan Transportasi Menuju Labuan Bajo

Yang pertama adalah soal pilihan transportasi. Kamu bisa memilih transportasi darat ataupun udara yang rinciannya bisa kamu lihat di bawah ini. Untuk keduanya sendiri, kamu harus menggunakan kapal laut sebagai transportasi tambahan uguna sampai ke Labuan Bajo.

Via transportasi udara

Untuk via transportasi udara, untuk menghemat biaya transportasinya, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan transit terlebih dahulu di Bandara Ngurah Rai, Bali. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo dengan menggunakan transportasi laut.

  • Tiket pesawat: Rp850.000,-
  • KM Tilongkabila atau KM Binaiya: Rp230.500,- (sudah termasuk tiga kali makan)

Yang harus kamu perhatikan adalah waktu tempuh menggunakan kapal laut menuju Labuan Bajo akan menghabiskan sekitar 1 hari lebih. Sehingga, persiapkan dirimu dengan baik.

labuan bajo pesawat

Via transportasi darat

Sedangkan untuk transportasi daratnya, kamu bisa memilih antara PO Rasa Sayang atau Safari Darma Jaya dengan rute Jakarta-Bima. Kemudian, setelah sampai di Terminal Bima, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Sape. Waktu keberangkatanya sendiri biasanya pada jam 5 pagi dengan durasi kurang lebih 3 jam perjalan.

Sesampainya di Pelabuhan Sape, barulah kamu bisa menyebrang menuju Labuan Bajo menggunakan Ferry. Waktu tempuhnya sendiri sekitar 6 jam dari pukul 9 atau 10 pagi untuk keberangkatannya.

  • PO Rasa Sayang atau Safari Darma: Rp850.000,-
  • Bus kecil via Terminal Bima – Pelabuhan Sape: Rp30.000,-
  • Ferry via Pelabuhan Sape – Labuan Bajo: Rp60.000,-
via smrt.com.sg

Pilihan Akomodasi Penginapan

Selanjutnya adalah menentukan akomodasi penginapan selama liburanmu di Labuan Bajo. Menentukan akomodasi penginapannya pun sebenarnya gampang gampang susah. Gampang karena banyak penginapan yang bisa kamu pilih. Susahnya bisa jadi menyoal biaya yang harus seminimal mungkin.

Selain murah, kamu juga sebisa mungkin memilih yang dekat dengan pelabuhan. Pasalnya, akomodasi penginapan yang dekat dengan pelabuhan beberapa diantaranya bisa kamu manfaatkan untuk menikmati hamparan keindahan laut langsung dari tempat di mana kamu menginap.

Jika bingung, berikut ini merupakan beberapa diantaranya ditambah dengan harga per malamnya.

  • La Boheme Bajo: Rp220.000,-
  • Bajo Nature Backpackers: Rp220.000,-
  • Centro Hostel: Rp160.000,-
  • Siola Hotel: Rp139.000,-
  • Dragon Dive Komodo Hostel & Diving: Rp225.000,-
  • Ciao Hostel: Rp240.000,-
via hotels.jetprivilege.com

Pilihan Transportasi saat di Labuan Bajo

Nah, untuk mempermudah untuk berpindah dari satu destinasi wisata ke destinasi wisata lainnya, salah satu cara yang paling pas yaitu dengan menyewa kendaraan dan menyesuaikan durasi penyewaannya dengan waktu liburanmu selama di sini.

Harga sewanya sendiri adalah bergantung dari kendaraan yang kamu akan sewa. Sepeda motor sendiri bisa kamu sewa dengan biaya sebesar 75 ribu per harinya. Sedangkan, mobil 500 ribu per harinya. Kalau kamu memang berlibur a la backpaker, menyewa motor bisa jadi opsi yang reasonable untuk kamu pilih selain dengan jalan kaki jika ingin benar-benar irit biaya.

Pilihan Makanan

Bak sayur tanpa garam, tak lengkapnya rasanya jika liburan a la backpacker di destinasi wisata tapi tidak mencoba makanan khas yang menjadi andalan dari destinasi wisata tersebut. Selama kamu berada di Labuan Bajo, eksplorasi kuliner bisa menjadi salah yang wajib kamu lakukan.

Soal harganya sendiri, ada beberapa rumah makan yang menyajikan makanan-makanan khas NTT dengan harga yang relatif murah. Rumah-rumah makan tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat agar liburan a la backpackermu masih sesuai bujet. Nah, untuk makanannya, beberapa diantaranya yang bisa kamu cicipi adalah sebagai berikut:

  • Nasi Kolo
  • Jagung Bose
  • Catemak Jagung
  • Se’i Daging Sapi Asap
  • Sambal Ikan Teri
  • Ikan Kuah Asam
  • Karmanaci
  • Rumpu Rampe

Pilihan Destinasi Wisata

Yang satu ini bisa jadi yang kamu tunggu-tunggu. Apalagi kalau bukan menyoal destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi dan eksplorasi selama liburan a la backpacker di Labuan Bajo. Keindahan panorama alamnya yang tiada dua siap membiusmu hingga kamu enggan pulang demi menikmati alamnya yang cantik bukan main.

Salah satu yang wajib tentu saja adalah melihat secara langsung salah satu hewan reptil langka yang dilindungi yaitu Komodo. Namun, tidak hanya itu saja lho yang wajib kamu kunjungi. Berikut ini merupakan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi beserta biaya masuk ke destinasi wisata tersebut.

  • Wae Rebo: Rp250.000,- (tanpa menginap dan termasuk welcome tea dan 1 kali makan)
  • Pulau Komodo: Rp35.000,- (tiket masuk, treking, snorkeling, dan mengamati hidupan liar)
  • Gua Rangko: Gratis (namun sewa kapal 300 ribu PP sehingga bisa mencari rekan untuk patungan)
  • Air Terjun Cunca Wulang: Rp100.000,-
  • Pulau Rinca: Rp25.000,- (belum termasuk ranger)
via katalogwisata.com

Kesimpulan dan Perkiraan Total Bujet yang Dikeluarkan

Nah, ulasan di atas sudah memberikan sedikit gambaran mengenai perkiraan total bujet yang harus kamu keluarkan untuk mendapatkan liburan a la backpacker di Labuan Bajo. Untuk lebih jelasnya, hitungan perkiraannya ada di bawah ini.

  • Transportasi PP: Rp2.000.000,-
  • Penginapan: Rp278.000,-
  • Sewa motor (3 hari): Rp225.000,-
  • Makan dan minum (3 hari): Rp175.000,-
  • Destinasi Wisata (Pulau Komodo, Air Terjun Cunca Wulang, dan Wae Rebo): Rp385.000

Total secara keseluruhannya adalah Rp3.063.000,-. Biaya tersebut bisa lebih murah lagi jika kamu tidak menyewa motor dan pilihan destinasi wisata yang relatif lebih murah dibandingkan yang dicontohkan.

Dari semua itu, salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah untuk mendapatkan harga yang relatif lebih murah, waktu tempuh menjadi yang dikorbankan.

Menginap Selama Liburan? Ya di Bobobox

Berencana liburan tentu memikirkan juga di akomodasi penginapan mana kamu akan beristirahat selama liburan nantinya. Salah satu yang recommended untuk tempat menginap selama liburan adalah Bobobox.

Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul dengan konsep kekinian yang ditunjang fasilitas-fasilitas keren. Mulai dari lampu led, pengeras suara Bluetooth, spot instagramable, hingga QR Code sebagai akses masuk ke pod yang kamu sewa.

Penasaran ingin mencoba? Pemesanannya bisa kamu lakukan langsung melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh melalui App Store dan Play Store. Selamat menginap di Bobobox!

kamar bobobox

You might also like