Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Kurban Online untuk Idul Adha? Di mana dan Bagaimana Caranya?

Jadikan ibadah lebih mudah dengan kurban online

Kini berkurban jadi lebih mudah dengan adanya sistem kurban online. Hal ini membuat proses pembelian, penyembelihan, dan pendistribusian daging jadi bisa dilakukan di mana saja.

Kurban online juga sangat membantu di saat-saat pandemi seperti sekarang di mana penyembelihan hewan kurban tidak bisa dilaksanakan seperti biasanya. Berikut adalah tata cara, tempat, dan proses kurban online selama pandemi. Simak terus di sini ya.

Tata cara kurban online

kurban online
Photo by Christin Hume on Unsplash

Setiap penyedia layanan kurban online memiliki tata cara yang berbeda. Akan tetapi, pada umumnya, berikut adalah gambaran alur kurban online.

Memilih penyedia layanan kurban online

Sekarang sudah banyak penyedia layanan kurban online yang bisa kamu pilih yang menyediakan harga dan tempat distribusi yang bervariasi. Seusaikan dengan kemampuan dan kebutuhan kurbanmu.

Memilih hewan kurban

Untuk memilih hewan kurban, kamu bisa mengunjungi situs milik penyedia layanan kurban online. Di sana kamu akan melihat pilihan hewan seperti kambing, domba, sapi, atau unta. Penyedia layanan kurban online biasanya memiliki tipe hewan dengan kualitas yang beragam.

Lakukan pembayaran

Setelah kamu memilih hewan yang disembelih, lakukan pembayaran. Sistem pembayaran ada yang bisa dicicil ataupun tunai.

Hewan kurban disembelih

Setelah transaksi selesai, hewan kurban terbaik pilihan kamu akan dikirim ke tempat penyembelihan hewan kurban. Kamu bisa memilih untuk melaksanakan kurban di daerah dekat rumahmu, pelosok Indonesia, atau luar negeri sekalipun, tergantung dengan penyedia layanan kurban online yang kamu pilih.

Hewan kurban selesai disembelih

Setelah hewan disembelih, kamu akan menerima laporan dari pihak penyedia layanan kurban online. Laporannya bisa dalam bentuk surel, pesan teks, atau video. Berikutnya, hewan kurban yang sudah dipotong akan dibagikan ke pihak penerima hewan kurban.

Penyedia layanan kurban online

Global Qurban

Global Qurban merupakan program kurban online yang bernaung di bawah Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Program ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2011 di bawah nama Global Qurban.

Di tahun 2020 ini, Global Qurban mendistribusikan hewan kurbannya ke 34 provinsi di Indonesia dan 40 negara di seluruh dunia. Negara-negara ini meliputi Somalia, Yaman, Palestina, Suriah, dan Bangladesh (khusus bagi para pengungsi etnis Rohingya).

Hewan kurban yang disediakan Global Qurban adalah kambing, sapi, unta, kambing Palestina, sapi Palestina, kambing Yaman, dan sapi Yaman. Untuk info mengenai harga dan proses pembelian, kunjungi situs Global Qurban.

Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa sudah menyediakan program kurban sejak tahun 1994 ke pelosok Indonesia dan seluruh dunia. Mengikuti perkembangan zaman, Dompet Dhuafa pun mengadakan program kurban online.

Fokus dari Dompet Dhuafa adalah mendistribusikan daging kurban ke wilayah miskin, tertinggal, dan pedalaman yang belum pernah terjangkau distribusi hewan kurban sebelumnya. Wilayah konflik pun masuk ke dalam program kurban online Dompet Dhuafa.

Selain itu, Dompet Dhuafa juga berupaya untuk memberdayakan peternak lokal di bawah binaan Dompet Dhuafa. Ada dua jenis hewan kurban yang disediakan oleh Dompet Dhuafa yaitu kambing dan sapi standard dan kambing dan sapi premium.

Untuk info mengenai harga dan proses pembelian, kunjungi situs Dompet Dhuafa.

Rumah Amal Salman

Rumah Amal Salman merupakan Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang sudah ada sejak tahun 2007 sebagai penghimpun dan penyalur dana ZIS (zakat, infak, sedekah). Kurban online juga menjadi program unggulan Rumah Amal Salman.

Hewan kurban yang disediakan di Rumah Amal Salman sesuai dengan syariat yaitu sehat, tidak kurus, tidak cacat, dan cukup umur). Khusus untuk kamu yang tinggal di Bandung, Rumah Amal Salman menyediakan jasa antar daging ker kurban sampai ke rumah.

Untuk info mengenai harga dan proses pembelian, kunjungi situs Rumah Amal Salman.

Kitabisa

Kitabisa merupakan platform yang digunakan untuk menggalang dana secara masal/crowd funding yang sudah ada sejak tahun 2013. Di samping penggalangan dana, Kitabisa juga menyediakan layanan kurban online. Kitabisa menawarkan hewan kurban dengan harga terjangkau namun kualitas terbaik.

Tempat pendistribusian dagingnya pun beragam. Bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan termasuk 88 lokasi di Indonesai dan 9 lokasi di luar negeri. Untuk info mengenai harga dan proses pembelian, kunjungi situs Kitabisa.

Tokopedia

Sebagai marketplace, Tokopedia turut berpartisipasi dalam kampanye kurban online. Tokopedia bekerjasama dengan lembaga terpercaya seperti PKPU Human Initiative, Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Laz Al Azhar, NU Care Lazisnu , IZI, Eco Qurban, dan Qurban Nusantara dalam prosesnya.

Hewan yang disediakan adalah kambing dan sapi standar, kambing dan sapi medium, kambing dan sapi premiu, dan kambing dan sapi spesial (kalengan, berupa kornet ataupun rendang). Untuk info mengenai harga dan proses pembelian, kunjungi situs Tokopedia.

Tata cara kurban yang sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19

kurban online
Photo by alwi hafizh Almumtaz on Unsplash

Mengingat situasi pandemi seperti sekarang, proses penyembelihan hewan kurban online pun harus menyesuaikan dengan protokol yang berlaku. Berikut adalah tata cara penyembelihan hewan kurban selama masa pandemi ini.

Pemotongan dilakukan di rumah potong hewan/RPH-R

Menurut surat edaran dari Kementrian Pertanian, pemotongan hewan kurban dianjurkan untuk dilakukan di Rumah Potong Hewan Ruminansia atau disingkat dengan RPH-R. Untuk daerah yang tidak memiliki RPH-R, pemotongan boleh dilakukan di tempat lain selama menerapkan protokol kesehatan.

Pembatasan jarak

Pemotongan hewan kurban harus dilakukan dengan menjaga jarak setidaknya 1 meter. Dianjurkan untuk panitia agar membatasi orang yang terlibat selama proses pemotongan.

Pengukuran suhu tubuh

Baik panitian ataupun orang yang berkurban harus diukur suhu tubuhnya sebelum memasuki area pemotongan hewan. Jika, suhu tubuh 38 derajat Celsius atau lebih, panitia atau pengunjung tidak diperbolehkan masuk.

Menyediakan fasilitas cuci tangan dan penyanitasi tangan

Untuk menjaga kebersihan sebelum dan setelah pemotongan hewan kurban, fasilitas cuci tangan dan penyanitasi tangan harus disediakan. Hal ini dikarenakan tangan, terutama pemotong, akan bersentuhan dengan daging yang nantinya akan didistribusikan.

Menyemprotkan cairan desinfektan

Alat untuk menyembelih, tempat daging, dan lokasi harus selalu dibersihkan baik sebelum dan setelah penyembelihan.

Mengenakan APD

Untuk menjaga kebersihan daging, panitia wajib mengenakan APD berupa masker, face shield, penutup kaki, dan sarung tangan karet.

Membagikannya langsung pada mustahik

Untuk menghindari penumpukan masa, daging yang telah disembelih harus segera dibagikan kepada mustahik.

Tetap bahagia dengan staycation di Bobobox

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Cocok untuk staycation.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

You might also like