Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

11 Mainan Jadul Generasi 90-an yang Hits dan Legendaris!

Maasih ingat dengan mainan-mainan ini? Masa kecil kamu bahagia!

Mainan jadul generasi 90-an memang terbilang unik jika kita bandingkan dengan mainan anak generasi sekarang yang didominasi oleh teknologi. Lahir pada tahun 90-an dan menjalani masa-masa kecil di awal tahun 2000-an tidak banyak mainan berbau teknologi yang generasi 90-an mainkan. Mainan jadul berbau tradisional menjadi andalan untuk dimainkan bersama teman-teman di sekolah maupun di rumah.

Saat ini mainan jadul kian sulit untuk ditemukan. Tidak sedikit para orangtua jaman sekarang sedikit-sedikit mengandalkan gadget untuk anak sehingga anak menajdi kecanduan. Sebagian besar anak-anak generasi 90-an kini sudah menjadi orangtua. Pada kesempatan kali ini Bob akan mengajak kamu ke masa-masa keemasan saat mainan jadul menjadi primadona anak-anak generasi 90-an.

Bob harapkan tulisan ini akan menginspirasi kamu yang sudah menjadi orangtua menemukan alternatif mainan jadul untuk buah hati kamu bermain atau sekedar membuat kamu rindu akan masa kecil. Berikut adalah beberapa mainan jadul diantaranya!

1. Mainan Jadul Ular Tangga

mainan jadul
@tokobuddhist.com

Saat kamu pulang sekolah mungkin sering kamu temukan abang-abang mainan menjajajakan jualan beruapa mainan-mainan jadul 90-an. Mungkin tidak semua mainan bisa kamu dapatkan karena orangtua kamu hanya akan membelikan mainan jika nilai kamu di sekolah cukup baik. Salah satu mainan yang tidak luput dari lapak abang-abang mainan ini adalah ular tangga!

Cara memainkannya adalah dengan melemparkan dadu dan melangkahkan pion milik kamu sejumlah angka yang keluar dari dadu yang kamu lemparkan. Siapa yang lebih dahulu mencapai garis finish itulah pemenangnya. Jika beruntung kamu bisa behenti di buntut ular dan menaiki ular tersebut seperti tangga ke bagian ujung kepala ular.

Jika kamu tidak beruntung kamu bisa berhenti di buntut ular yang mengarah ke bawah sehingga kamu harus kembali lagi ke kotak sebelumnya. Mainan ini dibandrol dengan harga 25 ribuan. Seru banget deh! Yuk berburu mainan ular tangga dan mainkan kembali bersama keluarga atau teman kamu!

2. Mainan Jadul Kelereng

mainan jadul
@bukalapak.com

Anak-anak 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan mainan ini. Kerap kali dikumpulkan dan disimpan di toples, kelereng menjadi salah satu mainan jadul yang dikoleksi banyak anak generasi 90-an. Biasanya jika lawan bermain kamu kalah bermain kelereng maka lawan bermain harus menyerahkan sejumlah kelereng pada pemenang.

Tidak mengherankan jika memiliki banyak kelereng memiliki gengsi tersendiri karena mennjukkan bahwa kamu cukup sering menang sehingga dapat mengumpulkan cukup banyak kelereng di toples. Kelereng jenis apa yang sering kamu mainkan jaman dulu? Apakah kelereng jenis susu seperti gambar di atas atau kelereng jenis kristal yang bening?

3. Mainan Jadul Congklak

Mainan Jadul
pinterest.com

Mainan jadul ini akan lebih seru jika dimainkan oleh dua orang dan dimainkan secara bergliran. Sebagian orangtua mengenalkan mainan jadul bernama congklak ini kepada anaknya dengan dalih memberikan pelajaran konsep mengenai menabung kepada anak.

Saat ini congklak masih bisa kamu temukan di beberapa toko dengan beragam motif juga warna dengan kisaran harga 35-45 ribu. Sedangkan congklak dengan bahan plastik dibanderol dengan harga 12-15 ribu rupiah. Apakah kamu tertarik untuk membelinya untuk nostalgia?

4. Mainan Jadul Yoyo Kayu

Masih Ingat Mainan Jadul Ini?
@azzamaviero.com

Masih ingat animasi jepang yang berkompetisi menggunakan mainan yoyo? Mainan ini sempat menjadi mainan hits dan dimiliki banyak anak generasi 90-an. Meskipun dalam animasi Jepang tersebut mainan yoyo ditampilkan dengan bahan besi dan bahan metal lainnya, yoyo kayu masih memiliki banyak peminatnya.

Pasalnya yoyo berbahan kayu ini lebih ringan dimainkan sehingga cocok untuk digunakan berlatih para pemula dan harganya relatif terjangkau. Yoyo kayu ini bisa kamu dapatkan dengan harga 5000 rupiah. Jangan lupa jika kamu melewati sebuah sekolah dasar negeri lakukan pengecekan apakah abang-abang penjual mainan di sana memiliki yoyo kayu ini di lapaknya atau tidak.

5. Mainan Jadul Balon Tiup

Masih Ingat Mainan Jadul Ini?
@tokopedia.com

Mainan yang satu ini biasanya mudah kamu temukan di warung-warung terdekat dengan harga yang sangat murah. Cara memainkannya adalah dengan mengoleskan gel balon ke ujung sedotan yang juga akan kamu dapatkan sepaket dengan gel balon yang tersimpan dalam wadah pasta.

Selanjutnya kamu hanya perlu meniupnya secara perlahan hingga balon kamu membesar lalu pisahkan balon tersebut dengan sedotan. Setelah itu kamu tinggal memainkan balon tersebut hingga meletus. Banyak juga anak-anak generasi 90-an yang meniupkan balon ini lalu balon tersebut diletuskan dengan cara menempelkan balon pada wajah. Masa kecil yang indah!

6. Mainan Jadul Ludo

Masih Ingat Mainan Jadul Ini?
@taringa.net

Mainan satu ini bernama ludo. Kini banyak aplikasi game online yang juga menawarkan kamu untuk bisa memainkan permainn ludo lewat smartphone. Kendati permainan ini bisa kamu mainkan lewat sentuhan di layar smartphone nyatanya bermain secara langsung menggunakan alatnya terasa lebih menyenangkan dan real! Kamu bisa mendapatkan set perrmainan ludo dengan harga sekitar 12 hingga 5 ribu rupiah.

Cara memainkannya adalah dengan menggerakan pion sejumlah angka yang ditunjukan oleh dadu yang telah dilempar. Keempat pion tersebut harus kembali ke rumah. Siapa yang terlebih dahulu menyelesaikan misi mengembalikan pion ke rumahnya meupakan pemenang permainan. Kompetitif dan mengasyikan!

10. Mainan Jadul Kitiran Baling-baling

Masih Ingat 21 Mainan Jadul Ini? Ternyata Harganya Segini Lho Sekarang!
@twitter.com

Hey baling-baling bambu! Pecinta Doraemon pasti sudah mengenal baling-baling bambu lewat komik dan seri animasinya. Mainan baling-baling ini memang tidak bisa kamu tempelkan di atas kepala untuk kamu gunakan terbang. Tidak pula baling-baling ini terbuat dari bambu seperti baling-baling yang dimiliki Doraemon.

Baling-baling berbahan plastik ini bisa kamu gesek di antara dua telapak tangan kamu dengan gerakkan maju mundur lalu kamu lepaskan. Seketika setelah kamu lepaskan, baling-baling ini akan terbang menjauh. Mainan baling-baling ini kerap kali dimainkan anak-anak generasi 90-an untuk ajang kompetisi siapa yang paling jauh atau paling tinggi menerbangkan baling-baling. Kamu bisa temukan mainan baling-baling ini di toko online dengan harga dimulai dari 2000 rupiah.

11. Mainan Jadul Parasut Superhero

Masih Ingat Mainan Jadul Ini?
@tokopedia.com

Kamu pecinta superhero ? Mungkin masa kecil kamu dihabiskan dengan juga memainkan permainan yang satu ini. Parasut supehero ini merupakan salah satu mainan jadul berbentuk parasut mini yang terbuat dari kantong plastik dengan gambar karakter superhero yang menggantung seperti terjun payung dari parasut yang terpasang di ujung tangan superhero.

Cara memainkannya cukup sederhana, kamu hanya perlu melemparkan parasut superhero ini ke atas lalu superhero ini akan terjun payung dengan parasutnya ke arah bawah secara perlahan. Sederhana tapi menghibur setiap jiwa anak-anak 90-an!

Nostalgia Mainan Jadul Bersama Sahabat

Dari sekian banyak mainan jadul yang ada pasti muncul keinginan kamu untuk memainkannya kembali dengan sahabat kecil kamu. Mungkin kamu dan sahabat kamu sudah lama tidak berjumpa sehingga ini menjadi momen yang tepat untuk kamu menjadwalkan sleep over bersama sahabat sambil nostalgia mainan jadul yang sempat hits ini! Yuk jadwalkan sleep over kamu dan sahabat di Bobobox! Unduh aplikasi Bobobox untuk mendapatkan promo-promo menariknya!

You might also like