Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tidak Akan Bikin Kantong Bolong! Inilah 8 Kuliner Semarang Murah Yang Wajib Kamu Coba

Kuliner Semarang

Bobobox.co.id —  Saat memiliki rencana wisata Semarang, satu hal yang pasti kamu pikirkan dengan matang adalah seberapa besar biaya yang harus kamu keluarkan seperti untuk akomodasi hingga soal pangan. Apalagi bagi kamu yang berencana untuk mencicipi berbagai macam kuliner Semarang.

Salah satu hal yang kamu bisa lakukan adalah dengen mencari tempat makan yang tidak bikin kantong bolong. Kalau kamu masih kebingungan saat mencari tempat makan murah dan enak.  Nih, Bob kasih 8 kuliner Semarang murah tapi tetap memiliki cita rasa yang lezat!

Soto Ayam dan Ayam Goreng Bangkong

Alamat: Jalan Bridgjen Katamso dan Jalan Setiabudhi No. 229, Semarang

Kuliner Semarang murah pertama yang Bob rekomendasikan adalah Soto Bangkong. Soto Bangkong ini sudah mulai beroperasi sejak 1950an. Dinamai dengan soto Bangkong karena dulunya soto ini berjualan di Jalan Bangkong yang kini berubah nama menjadi Jalan Bridjen Katamso. Bahkan mulanya dijual dengan cara dipikul dari satu tempat ke tempat lainnya hingga memiliki kios seperti sekarang.

Sebenarnya, Soto Bangkong ini sama seperti soto khas Semarang lainnya yang memiliki tampilan bening. Isiannya pun berupa bihun, suiran ayam, bawang goreng. Hanya saja, soto satu ini menggunakan kecap yang diproduksi sendiri dan juga ayam kampung agar rasanya lebih gurih dan tidak mudah ditiru. Soal harga, soto bangkong ini dipatok dengan harga 16 ribu saja. Worth it, ya enggak?

kuliner semarang soto bangkong
via popble.com

Nasi Goreng Babat Pak Taman

Alamat: Jalan Stasiun Selatan, Karang Kidul, Semarang

Jika kamu adalah seorang penggemar jeroan, tak afdal rasanya kalau kamu sampai melewatkan kuliner Semarang satu ini. Makanan yang dimaksud adalah nasi goreng babat. Sajian pedas manis ditambah sensasi gurih-asin dari potongan kecil babat tentu akan menggugah selera makanmu.

Ada banyak pedagang nasi goreng di berbagai sudut kota Semarang. Namun, Warung Pak Taman menjadi salah satu warung nasi goreng yang cukup direkomendasikan. Tak heran, mengingat warung ini diakui kenikmatan nasi babatnya oleh alm. Bondan Winarno. Untuk harganya sendiri, mulai dari 30 ribuan saja yang tentu tidak akan terlalu menguras kocekmu.

kuliner semarang nasi babat
via id.openrice.com

Nasi Pecel Mbok Sador

Alamat: Jalan Pahlawan No. 1, Simpang Lima

Kuliner Semarang selanjutnya yang patut kamu coba adalah Nasi Pecel Mbok Sador. Bahkan, tempat nasi pecel sudah menjadi salah satu tempat favorit bagi warga Semarang. Tak heran, warung yang berlokasi di kawasan Simpang Lima ini tidak pernah sepi pembeli dan banyak yang rela antri demi sepiring nasi pecel Mbok Sador.

Saat kamu memesan satu porsi nasi pecel, kamu akan mendapatkan bayam, daun singkong, kol, tauge, dan daun pepaya. Nah, di daun pepayalah yang membedakan nasi pecel Mbok Sador dengan nasi pecel lainnya. Rasa pahit daun pepayanya justru melebur menjadi satu dengan rasa pedas dari sambang kacangnya hingga semakin terasa nikmat dan lezat.

Untuk teman dari nasi pecelnya, kamu bisa memesan kerupuk gendar, rempeyek kayak, sate telur, jeroan sapi, dan masih banyak lainnya. Soal harga, kamu tidak perlu khawatir karena harga yang dipatok cukup murah. Cukup sediakan sekitar 7 ribuan untuk mencicipi kuliner Semarang ini.

kuliner semarang mbok sador
via idntimes.com

Tahu Gimbal Pak Edy

Alamat: Jalan Menteri Supeno, Komplek Taman KB, Semarang

Yang satu ini sepertinya wajib kamu masukkan ke daftar kuliner Semarang. Cita rasanya yang khas akan membuatmu ketagihan dengan makanan satu ini. Kuliner yang dimaksud adalah tahu gimbal. Tahu gimbal ini biasanya terdiri dari lontong, gimbal (bakwan udang), irisan kol, dan tauge yang disiram bumbu kacang.

Sebenarnya, kamu bisa dengan mudah menemukan penjaja tahu gimbal yang buka mulai dari sore hingga malam hari. Namun, salah satu penjaja tahu gimbal yang banyak direkomendasikan adalah Tahu Gimbal Pak Edy. Tahu Gimbal Pak Edi bisa ditemukan tak jauh dari kawasan Simpang Lima.

Soal rasa, sambal kacang yang ditambah petis ini yang membedakan Tahu Gimbal Pak Edi dengan yang lain. Ini membuat cita rasanya semakin dan maknyus. Masalah harga tidak membuatmu menganga. Tahu gimbal satu ini termasuk kuliner Semarang yang murah karena hanya dipatok dengan harga 16 ribu per porsi.

kuliner semarang tahu gimbal
via travelingyuk.com

Mangut Welut Warung Bu Nasima

Alamat: Jalan Menoreh Raya No, 10, Semarang

Saat kamu sedang berada di Semarang dan menyukai makanan berbahan dasar belut, kamu tidak boleh menyia-nyiakan kesempatanmu untuk tidak menyicipi olahan belut di Mangut Belut Bu Nasimah. Mangut Belut sudah berjualan sejak tahun 1980 sehingga tidak perlu diragukan lagi kelezatan menu belut di warung satu ini. Pedas dan gurih melekat pada Mangut belut buatan Warung Bu Nasima ini.

Nah, bagi yang tidak menyukai olahan belut, warung Bu Nasimah menyediakan beragam menu lainnya diantaranya sayur bayam, kepala manyung, garang asem, gimbal udang, dan masih banyak lainnya. Harganya pun ramah kantong kok. Kuliner Semarang satu ini hanya dipatok dengan harga 15 ribuan saja. Harga yang cukup murah mengingat rasanya yang enak dan ukurannya yang relatif besar.

Tempatnya sendiri terletak di Jalan Menoreh Raya yang tidak jauh dari Jalan utama Sampangan. Buka setiap hari kecuali hari Minggu, Warung Bu Nasima jarang sekali sepi pembeli. Hilir mudik pembeli sudah terasa sejak warung dibuka pada pukul 8 pagi. Jadi, jangan sampai kamu datang terlalu malam ke warung ini.

kuliner semarang welut
via dimanaja.com

Nasi Kucing Pak Gik

Alamat: Jalan Wotgandul (atau Jalan Inspeksi di GoogleMaps), Semarang

Ingin nongkrong ditemani cemilan-cemilan sembari menunggu pagi? Mampirlah ke Nasi Kucing Pak Gik. Namun, pastikanlah untuk datang secepat mungkin ke tempat satu ini. Pasalnya, Nasi Kucing Pak Gik sudah sangat tersohor sebagai kuliner Semarang yang ikonik sehingga selalu ramai diserbu oleh pembeli. Mulai dari kalangan bawah hingga atas, tidak akan melewatkan untuk mampir ke warung ini.

Warung kucingan ini mulai buka dari pukul 00.00 dan tutup pada pukul 04.00, bahkan sering tutup pada pukul 03.00 karena sudah ludes terjual. Menu nasi dan pendamping yang dijajakan pun beragam mulai dari nasi kucingnya sendiri, pia pia, tahu petis, sate bakso, wedang jahe, kopi jeruk, dan masih banyak lainnya. Semua menu tersebut dijual pada kisaran 2 ribu hingga 5 ribu rupiah saja. Murah, bukan?

kuliner semarang nasi kucing
via phimeno.com

Nasi Gandul Pak Memet

Alamat: Jalan Dr. Cipto No. 12A, Semarang

Nasi gandul khas Pati memang terkenal akan rasanya yang ngangenin. Walaupun begitu, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan rasa nasi gandul yang tak kalah enaknya di kota Semarang ini. Berkunjunglah ke Nasi Gandul Pak Memet di Jalan Dr. Cipto yang buka setiap hari mulai pukul 16.30 hingga 21.30.

Untuk menikmati kelezatan Nasi Gandul Pak Memet ini, kamu harus sesegera mungkin untuk datang ke warung ini. Pasalnya, warung ini seringkali penuh sesak dengan para pembeli yang berdatangan. Bagi kamu yang tidak tahu, nasi gendul adalah nasi putih yang ditemani kuah kaldu, daging, jeroan sapi, serta telur ayam.

Selain kuah kaldunya yang khas, penyajiannya yang menggunakan daun pisang dan cara makannya dengan suru membuat Nasi Gandul Pak Memet semakin unik. Untuk harga, kuliner Semarang satu ini dijual dikisaran 20 ribuan saja.

kuliner semarang nasi gandul
via ksmtour.com

Kue Lekker Paimo

Alamat: Jalan Karanganyar No. 37, Semarang

Kuliner Semarang terakhir di daftar ini adalah Kue Lekker Paimo. Berjualan sejak tahun 1993, Kue Lekker Paimo termasuk salah satu kuliner Semarang legendaris yang ada di kota Lumpia ini. Nah, kue lekker sendiri merupakan makanan yang menyerupai martabak dan berukuran lebih kecil dan tipis.

Sebenarnya, kamu bisa menemukan kue lekker ini di luar Semarang, namun kuliner Semarang ini memiliki keunikannya tersendiri. Jika di tempat lain, biasa disajikan dengan topping meses atau keju, lain halnya dengan Kue Lekker Paimo. Aneka topping bisa kamu nikmati dari kuliner Semarang ini mulai dari yang asin hingga yang manis. Beberapa topping menjadi primadona para pembeli antara lain telur asin keju, jagung cokelat keju, dan pisang cokelat keju.

Bagi kamu yang tidak sabar untuk mencoba Kue Lekker Paimo, kamu bisa datang ke Jalan Karanganyar No. 37, Semarang atau tepat di seberang SMA Kolose Loyola. Harganya tergolong murah karena dibanderol mulai dari 2 ribu hingga 16 ribu saja. Semakin tertarik untuk mencoba kuliner Semarang ini?

kuliner semarang kue lekker
via okezone.com

Nah, selepas menikmati berbagai macam kuliner Semarang murah, kamu juga harusnya tidak ketinggalan untuk mencari akomodasi yang nyaman namun tetap memberikan kesan yang tidak murahan untuk tempatmu beristirahat. Selain kenyamanan akomodasinya, hal terpenting lainnya tentu ramah bagi kondisi keuanganmu. Salah satu pilihan yang pas untuk kamu pilih adalah Bobobox.

Bobobox merupakan hotel kapsul berkonsep futuristik yang akan menawarkan pengalaman beristirahat yang berbeda. Dilengkapi fasilitas yang mumpuni, kamu pun semakin dimanja saat beristirahat di Bobobox. Pemesanannya pun tergolong mudah. Cukup unduh aplikasi Bobobox di sini dan pesan podmu sekarang untuk menikmati sensasi menginap yang berbeda! Tak lupa, banyak promo menarik yang siap menunggu kehadiranmu di Bobobox lho!

You might also like