Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Tempat Kuliner Sate Maranggi Terkenal di Purwakarta yang Dijamin Maknyus

Kuliner sate Maranggi Haji Yetti tidak boleh terlewat

Bobobox.co.id — Pecinta kuliner tidak akan asing dengan makanan olahan satu ini. Kuliner khas Purwakarta ini memang sudah terkenal ke berbagai daerah hingga memiliki pelanggan setia dari luar Purwakarta. Yap, makanan yang dimaksud adalah sate maranggi.

Sate maranggi sendiri memiliki dua varian daging yang menjadi bahan dasarnya yaitu daging sapi dan kambing. Biasanya, sate maranggi disajikan dengan irisan tomat segar dan bumbu kecap ditambah dengan ketan atau nasi putih.

Untuk kamu yang masih kebingungan dengan banyaknya penjual sate maranggi di Purwakarta. Intip rekomendasi Bob terkait 5 tempat kuliner sate maranggi yang dijamin maknyus dan bikin ketagihan.

Sate Maranggi Haji Yetti

Alamat: Jalan Raya Cibungur, Bungursari, Purwakarta

Untuk kuliner sate maranggi yang pertama ini bisa jadi sudah tidak asing lagi di telingamu. Berlokasi di daerah Cibungur, Sate Maranggi Haji Yetti sudah tersohor akan kelezatan sate yang dijajakannya. Pengunjungnya pun bukan hanya dari Purwakarta saja, bahkan orang Bandung, Jakarta, dan sekitarnya rela mampir ke tempat kuliner ini.

Dagingnya yang empuk ditambah bumbu kecap edngan irisan tomat dan jeruk limau membuat siapapun yang sudah merasakan sate ini bakal jatuh hati. Jangan heran jika tiap harinya Sate Maranggi Haji Yetti diserbu oleh para pembeli yang rela mengantri demi menyantap cita rasa khas sate maranggi satu ini.

Tempatnya sendiri cukup luas dengan lahan parkir yang memadai. Namun, tetap saja, tempat kuliner satu ini penuh sesak oleh para pembeli khususnya di akhir pekan. Berada di pinggir jalan raya, Sate Maranggi Haji Yetti tetap menyuguhkan rasa nyaman saat kamu sedang menikmati kuliner khas Purwakarta ini. Keberadaan pohon-pohon di sekitarnya memberikan kesan sejuk dengan hembusan angin sepoi sepoi di siang atau malam hari.

Selain dapat memesan sate maranggi baik kambing ataupun sapi, Sate Maranggi Haji Yetti juga menyediakan kuliner lainnya seperti ayam bakar, ikan gurame bakar, sop kambing atau sapi, gule sapi atau kambing, pepes, sayur asem, hingga nasi tutug oncom. Lalu, es teh manis dan es kelapa muda menjadi minuman penyegar setelah menyicipi berbagai kuliner yang disajikan. Terasa nikmat sekali, bukan?

kuliner sate maranggi
via travelingyuk.com

Sate Maranggi Jalan Situ Wanayasa RM Saung Situ

Alamat: Jalan Raya Situ Wanayasa, Wanayasa, Purwakarta

Ingin menikmati maknyusnya kuliner sate maranggi ditemani pemandangan Situ Wanayasa yang menentramkan hati? Mampirlah ke rumah makan satu ini. Rumah Makan Saung Situ namanya ini berlokasi di jalur wisata Purwakarta–Wanayasa–Jalan Cagak (Subang)–Bandung atau di seberang percis Situ Wanayasa.

Dengan lokasi yang strategis, banyak wisatawan yang sedang berkunjung ke Situ Wanayasa, akhirnya mampir ke rumah makan ini. Sate Maranggi Rumah Makan Saung Situ memiliki cita rasa yang lezat dan gurih yang sedikit asam, manis, dan pedas yang menyatu dengan pas.

Pasir Santri via flickr.com

Saat menikmati sate maranggi, kamu juga dapat menikmati udara segar yang berhembus ditambah keelokan Situ Wanayasa dengan Pasir Santri yang menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang tidak tahu, Pasir Santri merupakan pulau kecil yang berada di tengah-tengah Situ Wanayasa. Kombinasi menikmati kuliner khas Purwarkarta dan wisata secara berbarengan tentu jarang-jarang kamu dapatkan.

Menu lainnya yang dapat kamu pesan diantaranya ikan bakar, ayam bakar, sop kambing, karedok, hingga soto ayam. Nah, di antara menu selain sate maranggi, kabarnya, kuliner yang harus kamu coba di sini adalah ayam bakar yang menjadi menu populer yang biasa dipesan oleh para pembeli. Jangan lewatkan sate maranggi dan ayam bakarnya jika kamu mampir ke Rumah Makan Saung Situ.

via detik.com

Sate Maranggi Pasar Plered

Alamat: Jalan Raya Plered, Plered, Purwakarta

Bagi kamu yang sedang berada di Purwarkarta, tentu tidak afdal jika pulang ke rumah tanpa mencicipi sate maranggi yang menjadi kuliner khas Purwakarta. Selain Sate Maranggi Haji Yetti, Sate Maranggi Pasar Plered bisa dijadikan sebagai pilihan yang pas buatmu.

Awal mulanya, Sate Maranggi Pasar Plered merupakan pasar tradisional biasa. Hingga akhirnya pada tahun 2013, Pemkab Purwakarta membangun pasar tradisional Plered untuk dijadikan sebagai tempat wisata kuliner sate maranggi yang menampung penjual pikulan sate maranggi di sekitaran Jalan Raya Plered dan Anjun.

Nah, tempat satu ini merupakan wisata kuliner khususnya sate maranggi. Tidak salah memang mengingat di Pasar Plered, kamu bisa menemukan banyak sekali penjual sate maranggi yang bisa kamu pilih. Untuk lokasinya, Pasar Klered berada tepat di depan kantor Kecamatan Plered. Jadi, kamu tidak akan kesulitan untuk sampai di tempat kuliner yang seperti pujasera.

Walaupun dihuni oleh puluhan penjual sate maranggi, tempatnya sendiri bersih dan nyaman kok. Jadi tidak perlu khawatir soal kehigienisan sate maranggi di sini. Bukan cuma sate maranggi saja yang bisa kamu pesan di sini, beragam kuliner lainnya seperti sop sapi yang tidak kalah enaknya.

via perlupiknik.com

Sate Maranggi Bah Use

Alamat: Jalan Terusan Kapten Halim, Desa Cihuni RT 05 RW 03, Pasawahan, Purwakarta

Jika tempat kuliner sate maranggi di daftar ini berada di lokasi yang berdekatan dengan jalan raya, tidak halnya dengan Sate Maranggi Bah Use. Lokasinya yang berada di Desa Cihuni ini, tidak membuat kalah pamor dengan sate maranggi lainnya semisal Sate Maranggi Haji Yetty, Sate Maranggi Jalan Situ Wanayasa, hingga Sate Maranggi Pasar Plered.

Tekstur daging yang empuk dengan ukuran yang besar ditambah dengan bumbu kecap dan irisan bawang merah dan tomat akan terasa nikmat dan enak saat digigit. Maka, banyak orang yang akhirnya ketagihan dengan rasa dari Sate Maranggi Bah Use dan bahkan rela bersempit-sempitan demi bisa mencicipi sate maranggi ini.

Karena pengunjungnya tidak pernah sepi, Bah Use sendiri menyarankan untuk datang pada jam 12 siang jika kamu akan datang ke Sate Maranggi Bah Use pada akhir pekan. Hal ini dikarenakan pada jam tersebut masih cukup lenggang dan akan kembali ramai pada jam 15.30. Selain sate maranggi, warung ini menawarkan menu yang tidak kalah enak seperti sop iga, karedok, ikan cobek, dan ayam bakar atau bakakak.

via traveloka.com

Jawara Sate Maranggi Wa Heri

Alamat: Jalan Raya Cianting-Plered, No. 21 Km 12, Sukatani, Purwakarta

Siapa sangka jika asal muasal sate maranggi berasal dari daging kurban yang diterima Mak Ranggi. Agar tahan lebih lama, Mak Ranggi pun membumbui rendang daging kurban tersebut. Hingga, saat dibakar, rasa yang dihasilkan daging tersebut terasa enak. Akhirnya, Mak Ranggi menjual sate yang dibuatnya di daerah Plered yang kini sering disebut sebagai sentra kuliner sate maranggi.

Nah, Jawara Sate Maranggi Wa Heri inilah yang menjadi generasi kelima dari penemu sate maranggi. Selain menjadi bagian dari penemu sate maranggi, sate maranggi buatan Wa Heri pernah menjadi juara ketiga di Duel Sate Maranggi yang digelar oleh Pemkab Purwakarta pada tahun 2015 silam.

Berlokasi di Jalan Raya Cianting-Plered, sate maranggi terkenal akan kelezatannya. Resep yang digunakan pun masih menggunakan resep turun temurun dari Mak Ranggi sehingga rasanya tetap otentik dan tidak akan berbeda dengan buatan penemunya.

Buka mulai pukul 8 pagi hingga 10 malam, Jawa Sate Maranggi Wa Heri ini tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi di akhir pekan, warung ini akan benar-benar dipadati oleh para pengunjung khususnya yang berasal dari luar Purwakarta seperti Jakarta dan Bandung. Ekstra sabar harus kamu miliki saat berkunjung ke warung Wa Heri di akhir pekan.

via ayobandung.com

Sudah puas makan sate maranggi?

Habis dari Purwakarta, enaknya kita lanjut liburan keluarga ke ibukota Jawa Barat, Bandung. Kalau kamu merasa bingung dalam memilih akomodasi penginapan yang tidak bikin kantong bolong di Bandung, Bobobox bisa menjadi opsi yang tepat buatmu. Hotel berkonsep kapsul futuristik memberikan kualitas istirahat yang mumpuni untuk mengisi tenagamu yang sudah habis saat berjalan-jalan. Hotel kapsul ini juga cocok untuk keluarga kecil karena tempatnya aman dan bersih!

hotel kapsul untuk keluarga

Banyaknya spot instragramable ditunjang dengan fasilitas-fasilitas yang tidak kalah keren seperti. Di sini, ada pantri, toilet, serta lampu led dan pengeras suara di tiap podnya siap menambah kenyamanan saat berada di Bobobox. Pemesanan tiap podnya bisa kamu akses dengan satu sentuhan pada aplikasi Bobobox. Yuk, book sekarang!

You might also like