Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bertualang di Kota Malang? Jangan Lupa Kunjungi Destinasi Wisata Kuliner Legendaris Malang Berikut Ini!

Ada yang sudah berdiri selama 100 tahun!

Bobobox.co.id — Liburan di Kota Dingin tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner legendaris Malang. Jika kamu kebingungan memilih tempat kuliner mana yang akan dikunjungi, Bob punya jawabannya.

Pasalnya, Bob sudah merangkum setidaknya 10 destinasi wisata kuliner legendaris Malang. Beberapa tempat kuliner yang Bob rekomendasikan bahkan sudah lebih dari 50 tahun menjajakan dagangannya.

Daripada penasaran, langsung saja simak kesepuluh destinasi wisata kuliner legendaris Malang berikut ini. Jangan sampai terlewatkan saat liburan di Malang, ya!

Berikut adalah Daftar Kuliner Legendaris Malang

1. Ronde Titoni

Alamat: Jalan Zainul Arifin No.17, Kec. Klojen, Kota Malang

Jam Buka: Setiap hari, 18.00 hingga 00.00

Kuliner legendaris Malang pertama adalah Ronde Titoni. Buka sejak tahun 1948, kudapan hangat ini rasanya bakal cocok untuk disantap untuk menghangatkan badan saat suasana Kota Malang ini sedang dingin-dinginnya.

Rasanya yang tak berubah dari tahun ke tahun membuat tempat kuliner ini tak pernah sepi dari kunjungan. Bahkan, banyak wisatawan dari luar kota sengaja untuk menyempatkan diri memcicipi ronde di sini.

Untuk harganya sendiri, menu yang dijajakan berkisar antara Rp4.000,00 hingga Rp12.000,00. Walau buka mulai dari jam 18.00, kamu wajib datang ke Ronde Titoni lebih cepat jika datang saat musim liburan telah tiba.

Ronde Titoni kuliner legendaris Malang
Ronde Titoni via malangculinary.com

2. Toko Oen

Alamat: Jalan Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kec. Klojen, Kota Malang

Jam Buka: Setiap hari, 9.00 hingga 21.30

Liburan ke Malang tak afdal jika kamu tak singgah di Toke Oen. Pasalnya, tempat yang sudah beridiri sejak 1930 tersebut merupakan tempat kuliner legendaris Malang yang melegenda hingga wisawatan internasional.

Beragam menu bisa kamu pesan seperti makanan khas nusantara dan aneka steak. Namun, wajib hukumnya untuk mencicipi berbagai varian ice cream yang dipatok seharga Rp25.000,00 per scoopnya.

Ditemani desain interior khas zaman dahulu, kamu pun bakal semakin betah untuk berlama-lama di Toko Oen. Hal tersebut semakin diperkuat dengan kisaran harganya yang tak lebih dari Rp50.000,00.

Toko Oen kuliner legendaris Malang
Toko Oen via deniantasyah/Instagram

3. Depot Hok Lay

Alamat: Jalan KH Ahmad Dahlan No.10, Kec. Klojen, Kota Malang

Jam Buka: Setiap hari, 09.30 dan 13.30 serta 17.00 hingga 20.30

Sedang berada di jantung Kota Malang dan perut mulai keroncongan? Langsung saja alihkan pandanganmu ke Jalan K.H. Ahmad Dahlan No. 10. Lokasi tersebut berdiri salah satu tempat kuliner legendaris Malang.

Tempat kuliner tersebut adalah Depot Hok Lay. Depot Hok Lay sudah berdiri sejak tahun 1946 dan menyajikan berbagai menu menggungah selera seperti Pangsit Cwimie dan Fosco yang paling terkenal di depot ini.

Harga keduanya pun terbilang murah meriah. Pangsit Cwimie dibanderol dengan harga Rp20.000,00 dan Fosco seharga Rp13.000,00. Untuk kisaran harga menu lainnya, harganya berada di kisaran 5 hingga 25 ribu.

Depot Hok Lay kuliner legendaris Malang
Depot Hok Lay via Kompas.com/Silvita Agmasari

Baca Juga: Berkelana Dengan Perut Kenyang Di 7 Kota Surga Wisata Kuliner Ini!


4. Sate Gebug

Alamat: Jalan Jenderal Basuki Rahmat No. 113A, Kec. Klojen, Kota Malang

Jam Buka: Setiap hari kecuali Jumat, 8.00 hingga 16.30

Berbicara soal destinasi kuliner legendaris Malang, Sate Gebug adalah salah satu tempat kuliner tertua yang bisa kamu kunjungi. Pasalnya, tempat kuliner tersebut sudah menjajakan dagangannya sejak tahun 1920.

Berusia lebih dari 100 tahun, Sate Gebug mampu eksis di tengah perkembangan kuliner. Dagingnya lembut dengan bumbu yang kaya rasa dijamin membuat konsumennya ketagihan dan ingin kembali lagi.

Harga dari satenya dipatok seharga Rp25.000,00 per tusuk dengan lemak dan Rp30.000,00 per tusuk yang tanpa lemak. Di samping itu, kamu pun bisa memesan menu lain seperti sop, rawon, dan soto seharga Rp25.000,00.

Sate Gebug kuliner legendaris Malang
Sate Gebug via Kompas.com/Andi Hartik

5. Bakso President

Alamat: Jalan Batanghari No.5, Kec. Klojen, Kota Malang

Jam Buka: Selasa-Sabtu 08.00 hingga 21.30 dan Minggu dan Selasa 08.45 hingga 21.30

Menyantap sajian kuliner bakso merupakan pilihan tepat saat sedang liburan di Malang. Dari sekian banyak tempat bakso, Bakso President merupakan tempat kuliner legendaris Malang yang sangat direkomendasikan.

Tempat bakso legendaris ini sudah menyajikan makanan olahan daging giling berbentuk bola sejak tahun 1977. Di samping rasanya, keunikan tempat kuliner legendaris Malang ini terletak pada lokasinya.

Pasalnya, tempat bakso ini berada di pinggir rel kereta api. Tak mengheran saat menyantap menu paket dimulai dari Rp18.000,00 hingga Rp34.000,00, kamu bisa melihat kereta api yang melewat tempat baksonya.

Bakso President kuliner legendaris Malang
Bakso President via datawisata.com

6. Pos Ketan Legenda 1967

Alamat: Jalan Kartini No.6, Ngaglik, Kec. Batu, Malang

Jam Buka: Setiap hari, 15.00 hingga 03.00

Wisata kuliner tidak harus menyantap makanan-makanan berat. Makanan ringan pun layak untuk dipilih saat melakukan wisata kuliner di Malang. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Pos Ketan Legenda 1967.

Tempat kuliner legendaris malang ini terkenal akan menu ketan dengan aneka topingnya. Tak mengherankan jika cita rasa yang khas tersebut membuat Pos Ketan Legenda 1967 jarang sekali sepi akan pengunjung.

Harga ketan legenda dipatok mulai dari Rp8.000,00 dan memiliki perbedaan harga berdasarkan topping  yang dipilih. Tak hanya  ketan, kamu pun bisa memesan menu minuman pendamping untuk ketan yang dipesan.

Pos Ketan Legenda 1967 kuliner legendaris Malang
Pos Ketan Legenda 1967 via putratravel.net

Baca Juga: Jika Ke Medan Jangan Lupa Mencicipi 8 Wisata Kuliner Medan Berikut Ini!


7. Sego Goreng Resek

Alamat: Jalan Brigjend. Katamso, Kec. Klojen, Kota Malang

Jam Buka: Setiap hari, 17.30 hingga 22.00

Satu lagi kuliner legendaris Malang yang sudah lebih dari 60 tahun menjajakan dagangan mereka. Sudah berdagang sejak tahun 1959, Sego Resek adalah kuliner yang cocok jika kamu sedang jalan-jalan malam.

Warung Sego Goreng Resek menyajikan berbagai menu nasi dengan racikan bumbu tradisional kaya rasa. Berbagai hidangan lauk pun semakin membuat cita rasa yang masuk ke mulut terasa gurih dan khas.

Untuk harganya, satu porsi sego gorek resek cukup bervariasi mulai dari Rp10.000,00. Harganya bakal berbeda bergantung tambahan lauk yang kamu pilih seperti ayam goreng, kepala ayam, dan telur.

Sego Resek kuliner legendaris Malang
Sego Resek via malangculinary.com

8. Es Tawon Kidul Dalem

Alamat: Jl. Zainul Arifin No.15, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang

Jam Buka: Setiap hari, 08.00 hingga 15.00

Setelah menyantap makanan berat dari tempat kuliner legendaris Malang lainnya, langsung saja datang ke Es Tawon Kidul Dalem. Tempat kuliner ini menyediakan berbagai minuman es untuk melepas dahaga.

Walaupun ada penyematan tawon, tak ada unsur madu dalam esnya. Penamaan tersebut disematkan karena dulunya lokasi dari kuliner legendaris Malang tersebut terletak di dekat pohom asam yang banyak tawon.

Dalam segelas Es Tawon  Kidul Dalam,kamu bakal merasakan campuran cincau, cendol, tapai, kacang hijau, mutiara, blewah, dan sirup merah. Kamu bisa menyantap es tersebut dengan membayar Rp8.000,00.

Es Tawon Kidul Dalem kuliner legendaris Malang
Es Tawon Kidul Dalem via Kompas.com/Andi Hartik

9. Soto Ayam Lombok

Alamat: Jalan Lombok No.1, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang

Jam Buka: Setiap hari, mulai dari 07.00

Soto Ayam Lombok merupakan tempat kuliner legendaris Malang lainnya yang recommended untuk dikunjungi. Pertama kali buka pada tahun 1955, Soto Ayam Lombok kini memiliki banyak cabang di Malang dan Surabaya.

Namun, alangkah lebih baik jika kamu mengunjungi lokasi Soto Ayam Lombok di Jalan Lombok. Walaupun cabang lainnya tak berbeda secara rasa, nilai historis membuat banyak pengunjung lain mengunjungi lokasi ini.

Ada tiga pilihan soto yang bisa kamu pilih. Ada soto ayam biasa (Rp25.000,00), soto ayam istimewa (Rp35.000,00) dan soto ayam spesial (Rp40.000,00). Perbedaaan ketiganya ada pada pelengkapnya saja.

Soto Ayam Lombok kuliner legendaris Malang
Soto Ayam Lombok via Google.Maps.com/Rudy Indra

Baca Juga: 7 Menu Kuliner Semarang Yang Wajib Kamu Coba


10. Rawon Nguling

Alamat: Jl. Zainul Arifin No.62, RT.01/RW.01, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang

Jam Buka: Setiap hari, 07.00 hingga 15.30

Tempat kuliner legendaris Malang terakhir yang Bob rekomendasikan adalah Rawon Nguling. Sajian kuliner khas Jawa Tirmur di tempat kuliner tersebut menghadirkan sajian rawon berbeda dibanding yang lain.

Perbedaan tersebut terletak pada tekstur dagingnya yang tak terlalu kecil namun tetap terasa lembut. Dengan cita rasanya yang terasa lebih kuat, makanan ini bakal membuat hidangan yang disantap terasa istimewa.

Harga seporsi nasi rawon berada di kisaran 30 ribuan. Jika ingin memesan menu lain, kamu bisa memesan berbagai menu menarik seperti nasi gula, nasi lodeh, dan menu lainnya di kisaran 22 hingga 55 ribu Rupiah.

Rawon Nguling kuliner legendaris Malang
Rawon Nguling via datawisata.com

Menginap untuk Mengusir Rasa Bosan? Datang aja ke Bobobox

Jika kamu memang sedang merasa bosan saat sendirian di rumah, kamu bisa mencoba untuk staycation. Bobobox adalah tempat yang paling cocok untuk kamu pilih untuk mengusir rasa bosan yang kamu rasakan.

Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik. Sehingga, kamu bakal menemukan fasilitas-fasilitas kekinian selama staycation di Bobobox dengan harga inap per malamnya terbilang murah.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan dan podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like