rekomendasi kuliner legendaris kota tua

Berencana Menginap di Bobobox Kota Tua? Jangan Lupa Kunjungi 10 Tempat Kuliner Legendaris Kota Tua Ini Ya!

Bobobox.co.id — Kawasan Kota merupakan salah tempat wisata Jakarta yang kerap jadi tujuan wisatawan dari berbagai kota. Tak hanya bangunan yang ikonik, kawasan ini dilengkapi dengan kuliner legendaris Kota Tua yang wajib dikunjungi.

Aneka makanan legendaris tersebut bahkan ada yang sudah berjualan sejak tahun 1990an. Ini membuat cita rasa yang disajikan masih autentik dari zaman ke zaman.

Lalu, kira-kira tempat mana saja yang dianggap sebagai tempat kuliner legendaris Kota Tua? Yuk, simak daftar rekomedansi yang Bob sudah rangkum pada artikel berikut ini!

10 Tempat Kuliner Legendaris Kota Tua

1. Kedai Seni Djakarte

Tempat kuliner legendaris Kota Tua pertama adalah Kedai Seni Djakarte. Kedai dengan konsep vintage ini hanya berjarak 20 meteran saja dari tengah Alun-Alun Kota Tua.

Di samping itu, Kedai Seni Djakarte ini dilengkapi dengan suasana yang cozy karena beberapa pilihan tempat seperti outdoor, indoor atau lantai 2. Ini membuat tempat ini pantang terlewatkan.

Soal menunya, tempat kuliner legendaris ini menawarkan beragam aneka menu makanan khas betawi. Beberapa di antaranya adalah soto Betawi, bir pletik, bandrek, hingga es toples.

kuliner legendaris Kota Tua kedai seni djakarte

sumber: KONTAN/Fransiskus Simbolon

2. Sunyi Coffee

Rekomendasi tempat wisata kuliner legendaris Kota Tua selanjutnya adalah Sunyi Coffee. Keunikan dari Sunyi Coffee adalah tempat nongkrong ini mempekerjakan karyawan dari kalangan disabilitas.

Hal ini membuat pelayanan kepada tamunya dilakukan dengan bahasa isyarat atau tulisan saja. Dari pelayanan inilah, kamu akhirnya mengetahui mengapa nama kedai kopinya Sunyi Coffee.

Selama berada di sini, kamu bisa menikmati aneka kopi dan latte yang ditawarkan. Sambil menyeruput kopi yang dipesan, momen bersantaimu akan semakin nyaman berkat suasana tempat yang cozy.

Sunyi Coffee

sumber: Kompas.com/Walda Marison

3. Cafe Batavia

Jika kamu ingin mendapatkan pengalaman menyantap kuliner yang berbeda, datanglah ke Cafe Batavia. Di kuliner legendaris Kota Tua ini, kamu bisa menikmati pengalaman kuliner klasik dengan nuansa era kolonial.

Berlokasi di seberang Museum Fatahillah, suasana dan dekorasi Cafe Batavia didesain ala zaman Belanda tempo dulu. Hal ini terlihat dari foto-foto jadul serta area fasad dari tempat kuliner ini.

Sayangnya, menu kuliner wisata Kota Tua ini dipatok relatif mahal, yakni berkisar Rp100-200 ribu. Namun, harga tersebut sepadan dengan pengalaman yang akan kamu dapat di Cafe Batavia.

kuliner legendaris kota tua cafe batavia

sumber: orami.co.id


Baca Juga: Dari Halte Ke Halte: Top 10 Rekomendasi Kuliner Jakarta Yang Anti Mainstream


4. Historia Food & Bar

Tak jauh dari Museum Fatahillah, coba kunjungi Historia Food & Bar. Rekomendasi kuliner legendaris Kota Tua ini siap menyemarakkan liburanmu selama liburan di DKI Jakarta.

Mengusung konsep nostalgia sejarah yang menawan, kamu akan disambut dekorasi berupa furnitur dan barang pajangan yang terkesan antik. Ini membuat tempatnya cocok juga digunakan untuk berfoto.

Selama berada di Historia Food & Bar, kamu bisa memesan sejumlah menu yang ditawarkan. Beberapa menu favorit di sini antara lain karedok, ayam bakar, soto betawi, dan bandeng goreng rica.

kuliner legendaris Kota Tua historia Food & Bar

sumber: traveloka.com

5. Acaraki Jamu

Jika kamu ingin meminum jamu dengan gaya kekinian, Acaraki Jamu adalah tempatnya. Kuliner legendaris Kota ini menawarkan dekorasi vintage yang nyaman untuk para pengunjung.

Walhasil, kamu bisa meraskan pengalaman yang sulit ditemukan di tempat lain. Kamu bisa meminum beras kencur atau kunyit asam sambil menikmati pemandangan di dalam dan luar kafe.

Sambil menikmati sajian menu jamunya, tak ada salahnya untuk memesan juga aneka kudapan tradisional yang disajikan. Dijamin pengalaman berkunjung ke Acaraki Jamu semakin lengkap!

kuliner legendaris kota tua acaraki jamu

sumber: ottencoffee.co.id

6. Batavia Market

Rekomendasi kuliner legendaris Kota Tua berikutnya adalah Batavia Market. Restoran ini berada di dalam gedung Kantor Pos dari zaman kolonial Belanda yang terasa sangat klasik.

Dengan konsep tersebut, Batavia Market kerap menjadi destinasi kuliber bagi anak-anak muda penyuka seni. Namun, pengunjung umum juga kerap mendatangi tempat wisata kuliner ini, kok!

Selama berada di Batavia Market, kamu bisa memesan sejumlah makanan yang lezat. Mulai dari nasi goreng, soto ayam, bebek sambel ijo, gado, gado, dan masih banyak lainnya menu enak di restoran ini.

kuliner legendaris kota tua batavia market

sumber: ajourneybespoke.com


Baca Juga: Warteg Warmo Tebet, Salah Satu Legenda Kuliner Jakarta


7. Kedai Soto Tangkar Sari Haji Diding

Jangan menilai sesuatu dari penampilan luarnya saja. Pepatah ini tampaknya menggambarkan dengan sempurna kuliner legendaris Kota Tua yang Bob rekomendasikan berikutnya, yakni Kedai Soto Tangkar Sari Haji Diding.

Pasalnya, tempatnya sendiri tidak terlalu luas. Namun, tempatnya yang tidak terlihat seperti restoran mewah justru menawarkan kelezatan sajian soto yang tidak ada dua.

Kuah sotonya benar-benar kental dan strong. Apalagi saat kamu memakan daging sate dan kuah santan yang tak kalah guring. Dijamin kamu bakal ketagihan setelah pertama kali mencobanya.

kedai soto tangkar sari

sumber: pergikuliner.com

8. Raja Kuring (My King Seafood)

Sedang ngidam menu seafood dan chinese food? Coba kunjungi saja Raja Kuring (My King Seafood). Kuliner legendaris Kota Tua ini bakal memenuhi hasratmu dalam memakan seafood.

Restoran klasik tersebut ini tak hanya menawarkan beragam menu seafood dan chinese food yang enak saja. Kamu bisa merasakan suasana khas bangunan lama selama berada di sini.

Jika ingin datang ke Raja Kuring, siapkan terlebih dahulu dompetmu. Pasalnya, harga yang dipatok pada tiap menu terbilang di atas rata-rata. Namun, ini sesuai dengan bahan segar dan berkualitas yang digunakan.

raja kuring

sumber: traveloka.com

9. Kopi Es Tak Kie

Kopi Es Tak Kie adalah rekomendasi kuliner legendaris Kota Tua lain yang wajib dikunjungi. Sebelum kedai kafe ngehits di Jakarta, tempat kuliner ini sudah mulai berdagang dari tahun 1927.

Rasa es kopi yang dijual di tempat kuliner legendaris ini tak perlu diragukan lagi. Rasanya terbilang khas karena merupakan campuran dari biji kopi robusta, arabika dari beragam daerah.

Hal ini membuat kamu tak bisa menemukan cita rasa menu andalan Kopi Es Tak Kie di tempat lainnya. Di samping menu kopi, es kopi susu dan bakmi tak Kie layak untuk kamu coba juga.

kuliner legendaris kota tua kopi es tak tie

sumber: silanews.com


Baca Juga: Menginap Di Bobobox Juanda? Nikmati Berbagai Kuliner Legendaris Jakarta Pusat Dekat Bobobox Juanda Berikut Ini!


10. Bakmi Orpa

Rekomendasi kuliner legendaris Kota Tua terakhir adalah Bakmi Orpa. Saat mengunjungi tempat kuliner ini, jangan tertipu dengan tampilan interiornya yang terbilang tak terlalu mewah.

Pasalnya, Bakmi Orpa dikenal dengan harga bakmi yang relatif mahal. Seporsi bakmi dipatok seharga Rp50 ribu. Harga ini tentu termasuk harga yang cukup mahal khusus untuk harga bakmi.

Namun, jangan pernah ragukan soal cita rasanya. Tekstur mi yang lembut dan sidh dish seperti bakso dan siomay dijamin menggoyang lidahmu. Sekali mencoba, kamu bakal ingin tambah lagi!

bakmi orpa

sumber: zomato.com

Menginap Sehabis Nikmati Hari di Kota Tua? Datang Saja ke Bobobox Kota Tua

Merasa lelah setelah seharian mengeksplorasi beragam tempat wisata serta kuliner legendaris Kota Tua? Kamu wajib mendapatkan kualitas istirahat yang mumpuni untuk mengisi tenagamu.

Dari sekian banyak penginapan di sekitar Kota Tua, Bobobox adalah salah satu penginapan yang wajib kamu sambangi. Penginapan futuristik ini dijamin memberikan kenyamanan yang dibutuhkan selama beristirahat.

Tidak percaya? Unduh saja aplikasi Bobobox dan pesan sekarang juga untuk membuktikannya di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles