Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

9 Kuliner Khas Tanjung Pinang yang Perlu Kamu Coba

Pastinya maknyus!

Bobobox.co.id — Dengan keberagaman dan luas wilayahnya, Indonesia kaya dengan aneka kuliner khas daerah yang seakan tidak pernah ada habisnya. Tiap daerahnya mempunyai kuliner khas yang menjadi daya tarik wisatawan yang berlibur ke tiap daerah tersebut.

Salah satunya adalah Tanjung Pinang. Tanjung Pinang sendiri merupakan ibukota dari Provinsi Kepulauan Riau. Sama seperti halnya di daerah-daerah lainnya di Indonesia, Tanjung Pinang pun mempunyai kuliner khas yang perlu kamu coba saat liburan ke Tanjung Pinang.

Seperti apa kuliner khas yang dimaksud? Berikut ini merupakan 9 kuliner khas Tanjung Pinang yang wajib kamu coba salah satunya agar liburan ke ibukota Provinsi Kepulauan Riau terasa lebih afdal.

Kopi Sekanak

Kuliner khas Tanjung Pinang pertama yang perlu kamu coba adalah Kopi Sekanak. Kopi sekanak sendiri memiliki cita rasa yang unik. Pasalnya, kuliner khas ini terbuat dari kopi yang dicampur dengan berbagai macam rempah. Jenis kopi yang digunakan pun harus kopi robusta.

Selain rasanya yang yang unik, tata cara meminum kopi sekanak pun terbilang lain daripada yang lain. Pertama, kamu menyesap kopi. Kemudian, aduk dengan batang kayu manis yang disediakan sebelum akhirnya disesap kembali. Dengan begini, kamu akan menemukan cita rasa yang terasa sekali perbedaannya.

Untuk pemanisnya, beda susu yang digunakan beda juga rasa yang dihasilkan. Susu kambing sendiri menjadi yang sering digunakan karena kopi menjadi lebih lembut. Salah satu tempat kuliner yang recommended untuk mencicipi kopi sekanak ini adalah Dapoer Melayoe di Jalan Sultan Machmud.

kuliner khas kopi sekanak
via yopiefranz.com

Mi Tarempa

Mi memang sering menjadi kuliner khas banyak daerah. Perbedaannya sendiri biasanya terletak dari bahan baku tambahan dan cara olahnya. Mi Tarempa adalah kuliner khas lainnya yang perlu kamu coba di Tanjung Pinang. Walaupun bukan asli Tanjung Pinang, namun rasanya tidak kalah dengan yang aslinya.

Untuk cita rasanya, mi yang berasal dari Tarempa, Kabupaten Anambas ini relatif sama dengan cita rasa dari mi Aceh. Perbedaan yang terasa adalah ketiadaan rasa pedas rempah yang mendominasi mi Tarempa. Rasa mi Tarempa ini cenderung manis dan sedikit lebih gurih. Agar tambah nikmat, ada juga topping seperti ikan, sapi, dan seafood yang bisa kamu pilih.

via goodindonesianfood.com

Mi Lendir

Tak hanya mi Tampera yang harus kamu coba. Ada juga kuliner khas Tanjung Pinang yang berasal dari olahan mi. Mi lendir merupakan salah satu kuliner khas lainnya yang rasanya terkenal maknyus. Kamu bisa dengan mudah menemukan penjaja mi lendir ini selama di Tanjung Pinang.

Penamaan mi lendir ini sendiri cukup beralasan. Kuah minya yang sangat kental dan menyerupai lendir menyebabkan penamaan kuliner khas ini. Rasanya sendiri cenderung manis, gurih, dan tidak terlalu pedas. Akan semakin nikmati apabila ditambah dengan tambahan lauk pauk seperti udang, bakso, hingga irisan daging sapi.

via goodindonesianfood.com

Gonggong

Gonggong menjadi kuliner yang wajib masuk daftar wisatamu selama di Tanjung Pinang. Kuliner khas satu ini tidak boleh sampai terlewatkan saat liburan ke Tanjung Pinang. Gonggong sendiri merupakan sejenis kerang yang hanya bisa ditemukan di sini.

Bentuknya seperti siput dan biasanya diolah dengan cara direbus. Terasa semakin enak jika dicocol ke sambal. Setelah disantap, kamu akan merasakan sensasi manis dari dagingnya yang kenyal. Saat akan memakan gonggong, pastikan bahwa bagian seperti ekor udang yang tidak bisa dimakan.

via pesona.travel

Air Dohot

Tak hanya makanan saja, kamu pun bisa menikmati kuliner khas berbentuk minuman. Air Dohot menjadi minuman khas yang wajib kamu coba. Minuman penyegar ini menggunakan buah-buahan kering seperti buah dohot kering, kelengkeng kering, hingga kismis kuning.

Untuk airnya, air dohot ini berasal dari rebusan buah kering tadi dan gula batu. Cita rasa yang dihasilkan pun akan terasa manis. Meminum air dohot akan semakin terasa menyegarkan dengan penambahan es batu di musim kemarau.

via ensiklopedi.dapurrakyat.id

Luti Gendang

Kuliner khas satu ini bisa jadi mengingatkanmu terhadap makanan khas Jawa Barat, combro dan misro. Luti gendang sendiri merupakan roti yang diisi dengan abon ikan dan daging ayam. Sekarang ini, isiannya dari luti gendang sendiri semakin bervariasi.

Saat liburan ke Tanjung Pinang, kamu akan dengan mudah menemukan makanan khas satu ini. Harganya pun bervariasi dan biasanya berada di sekitar 3 ribu hingga 4 ribu rupiah per buahnya. Buat dibawa oleh-oleh, kamu pun bisa membeli luti gendang yang belum digoreng.

via kompasiana.com

Bingka Kembang Bakar

Kue bingka sendiri sebenarnya sudah bisa kamu temui di banyak kota. Namun, di Tanjung Pinang, kamu akan menemukan kue bingka yang cukup unik. Salah satu keunikannya adalah bentuknya yang menyerupai bunga atau kembang.

Tak hanya bentuknya, cara pembuatannya sendiri dengan cara dibakar. Terbuat dari pandan, saat akan menyantapnya, kamu akan disuguhi dengan wangi pandan yang kuat dan rasa manis dan gurih saat sudah dimakan.

via indonesiakaya.com

Otak-Otak Bakar Khas

Kuliner khas kali ini mungkin sudah cukup familiar di berbagai kota. Otak-otak memang bisa dengan mudah dibeli di pasar tradisional. Namun, otak-otak khas Tanjung Pinang memiliki perbedaan yang tidak dimiliki oleh otak-otak lainnya.

Walaupun sudah umum dengan cara olah dibakar, namun yang satu ini dibungkus dengan daun kelapa. Selain itu, bumbu genep, daun jeruk, dan ketumbar menjadi pembeda dibandingkan otak-otak pada umumnya. Untuk menikmati otak-otak bakas khas ini, kamu bisa memakannya langsung, dicocol ke saus kacang, atau dicelup ke saus khas Tanjung Pinang.

via lifestyle.okezone.com

Es Laksamana Mengamuk

Kuliner khas terakhir dalam daftar ini adalah Es Laksamana Mengamuk. Nama yang disematkan kepada kuliner khas ini sendiri konon berasal dari kisah istri laksamana yang dibawa kabur oleh pemilik kebun buah kuini. Sang laksamana murka hingga menebas kebun tersebut hingga buah kuini jatuh.

Warga yang menggambil buah kuini tersebut bingung cara mengolah buah kuini yang jatuh. Akhirnya, buah tersebut dicampur dengan santan dan gula merah yang menjadi minuman di kampung tersebut dan disebutlah es laksamana mengamuk.

via ksmtour.com

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Setelah wisata kuliner, tentu ada baiknya kamu beristirahat guna memulihkan kondisi tubuhmu yang sudah lelah. Untuk mendapatkan kualitas beristirahat yang mumpuni, kamu membutuhkan tempat menginap yang memprioritaskan kenyamananmu saat menginap.

Bobobox merupakan tempat menginap yang selalu berusaha memanjakan para pengunjungnya saat menginap. Fasilitas-fasilitas kekinian siap menunjang kenyamanan selama menginap. Fasilitas-fasilitas ini pun selalu dijaga kebersihannya. Semua ini demi rasa nyaman bagi para tamu yang datang.

Ingin memesan pod atau kamar Boboboxnya? Cukup unduh aplikasi Bobobox secara gratis di sini. Setelah terunduh dan membuat akun, kamu sudah bisa memesan pod yang kamu inginkan dengan sangat mudah.

kamar bobobox

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.