Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Berkunjung ke Jakarta? Jangan Sampai Lewatkan 10 Kuliner Legendaris Berikut Ini

10 Kuliner Legendaris Yang Wajib Dicoba Saat Datang Ke Jakarta

Berbicara mengenai ibu kota Jakarta, apa yang langsung terlintas dalam pikiramnu? macet? polusi? ribuan gedung pencakar langit? atau jutaan orang yang memadati ibu kota? Namun jangan salah, ibu kota juga menjadi surga bagi para pecinta kuliner Jakarta dan sekitarnya. Semua hidangan dari yang legendaris sampai dengan yang sedang hits bisa dengan mudah kamu temukan di kawasan ini.

Sejarah Kuliner Jakarta

Bermacam-macamnya kuliner yang ada di Jakarta, tidak terlepas dari sejarah cikal bakal kuliner Jakarta. Sejak dulu, Jakarta merupakan rumah bagi beragam budaya, mulai dari Belanda, Portugis, Tionghoa, Arab, India, Jawa, Melayu yang bersatu padu menjadi budaya Betawi. Setiap budaya yang datang ke Betawi tentu mengalami akulturasi, termasuk dalam hal makanan. Oleh karena itu, tidak heran jika kuliner Jakarta memiliki cita rasa yang beragam.

Nah, jika kamu datang ke ibu kota, Bob punya beberapa rekomendasi tempat makan yang wajib kamu kunjungi.

Rekomendasi Kuliner Jakarta

1. Gado-gado Bon-Bin

Jalan Cikini IV No.5

Kisaran harga dibawah Rp. 50.000 per orang

Tak afdal rasanya jika ke Jakarta tanpa mencoba kuliner khasnya. Gado-gado adalah makanan khas Betawi yang terdiri dari campuran sayuran rebus seperti kubis, kangkung, bayam, tauge, selada, kacang panjang, kentang, dan telur rebusyang disiram oleh kuah bumbu kacang. Karena terdiri dari berbagai macam sayuran, makanan ini sering disebut sebagai saladnya Indonesia lho!

Dari sekian banyak pilihan yang ada, gado-gado Bon-bin adalah juaranya. Restoran yang berlokasi dai Jl.Cikini IV No. 5 ini tetap mempertahankan cita rasanya yang otentik sejak tahun 1960 melalui bumbu kacangnya yang super lezat. Saking enaknya rasa gado-gado ini konon katanya Alm. Gus Dur merupakan salah satu pelanggan setianya lho!

2. Ketoprak Ciragil

Jl. Ciragil II, Blok Q No. 24, Senopati, Jakarta

Kisaran Rp. 18 ribu – Rp 25 ribuan per orang

 

Selain gado-gado, salah satu kuliner Jakarta yang wajib kamu coba adalah ketoprak. Meskipun kamu bisa menemukan ketoprak di berbagai daerah, tetapi makan ketoprak di ‘rumahnya’ menjadi sebuah kewajiban.

Sebenarnya tak ada yang berbeda dari segi bahan, ketoprak Ciragil juga terdiri dari bihun, tahu, lontong, tauge, dan potongan telur rebus. Namun, yang menjadi daya tarik ketoprak Ciragil adalah bumbu kacangnya yang kental tetapi lembut dan tentunya memiliki cita rasa lezat sehingga membuat banyak orang ketagihan untuk mencicipi kuliner Jakarta ini.

3. Soto Betawi H. Ma’ruf

Jalan Pramuka No.64, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat

Kisaran harga Rp. 50.000 per orang

 

Selain soto Madura, jenis soto yang paling banyak digandrungi adalah soto Betawi. Kuah soto Betawi terbuat dari campuran santan dan susu. Kedua campuran inilah yang membuat soto Betawi begitu khas. Jika kamu ingin mendapatkan cita rasa terbaik dari soto Betawi, mampirlah ke Soto Betawi H. Ma’ruf yang terletak di Jalan Pramuka No. 64, Cikini.

Pecinta kuliner Jakarta pasti sudah tak asing lagi dengan warung soto legendaris satu ini. Soto H. Ma’ruf telah mewarnai dunia kuliner nusantara sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya berdiri pada tahun 1940. Awalnya, soto ini dijual berkeliling dengan cara dipanggul. Sekarang kamu bisa mencicipi lezatnya soto ini saat berkunjung ke daerah Cikini.

4. Mie Ayam Gondangdia

Jalan RP. Soeroso No.36 9 5, RT.9/RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta 

Kisaran harga Rp. 50.000 per orang

Kamu belum bisa disebut sebagai penggemar bakmi sejati jika belum pernah mencoba bakmi legendaris yang satu ini. Sesuai namanya, bakmi ini terletak di daerah Gondangdia tepatnya di Jl. RP. Soeroso No. 36. Penggemar kuliner Jakarta tak pernah ketinggalan mengunjungi tempat ini ditengah kesibukan mereka untuk mencicipi cita rasa bakmi yang tetap sama sejak tahun 1968.

Mie ayam Gondangdia terkenal berkat kaldu ayamnya yang mantap. Sehingga tak heran jika banyak pengunjung yang datang dari berbagai usia mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Kamu bisa memesan mie ayam dengan pangsit goreng yang menjadi menu andalan restoran ini.

5. Bubur Kwang Tung

Jalan Pecenongan Raya Nomor 67-I, Jakarta Pusat

Kisaran Harga Rp. 150 per orang

Pecenongan memang dikenal sebagai surga kuliner Jakarta. Bagaimana tidak, wisata kuliner yang disajikan sangatlah beragam sehingga pengunjung bebas memilih santapan sesuai dengan selera karena semuanya tersedia disini. Salah satu kuliner Jakarta yang paling popular di daerah Pecenongan adalah bubur Kwang Tung.

Lalu apa yang membuat bubur Kwang Tung ini terasa special? Jawabannya adalah rasa bubur yang kental dengan cita rasa chineese foods. Menu andalan di restoran ini adalah bubur kepiting dan bubur seafood. Selain itu, kamu juga bisa menikmati hidangan bubur ayam, kerapu, kodok, remis, kerang kapak, dan hisit, serta bubur sayuran untuk kaum vegetarian. Tenang saja, semuanya dijamin halal kok.

6. Bakmi Gang Kelinci

Jalan Gang Kelinci Raya No. 1-3, Pasar Baru, Jakarta

Kisaran harga Rp. 70.000 per orang

Bakmi Kelinci yang sudah menjadi salah satu legenda kuliner Jakarta, bisa kamu temukan di pusat kota Jakarta, tepatnya di Jl. Gang Kelinci Raya, daerah Pasar baru. Bakmi yang didirikan sejak tahun 1957 hingga kini masih sukses dan bertahan mengambil hati para pecinta kuliner Jakarta.

Selain menyajikan mie, Bakmi Gang Kelinci juga menyediakan beragam menu andalan seperti mie ayam jamur, pangsit goreng, dan berbagai masakan chineese food dengan harga yang relative murah. Tak heran jika jumlah pengunjung yang datang terus naik. Sampai saat ini, Bakmi Gang Kelinci telah memiliki 12 cabang di luar kota Jakarta.

7. Nasi Uduk Gondangdia

Jalan Cikini IV No. 12 RT. 015/RW. 005, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat

Kisaran Harga Rp. 50.000 per orang

Gondangdia nampaknya merupakan kawasan surga bagi pecinta kuliner Jakarta. Bagaimana tidak, setiap makanan yang enan dan lezat berasal dari kawasan ini, salah satunya Nasi Uduk Gondangdia terkenal sejak tahun 1993. Ada yang menarik dari tampilan nasi uduk Gondangdia ini. Nasi yang pulen dibungkus dengan daun pisang berbentuk kerucut sehingga aroma yang dihasilkan juga sangat khas. Tersedia aneka lauk yang bisa dipilih sesuai dengan selera.

8. Nasi Ulam Ibu Yoyo

Karet Pedurenan, Gang Dodol RT 04 RW 04, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan

Kisaran Harga kurang dari p. 50.000 per orang

Nasi ulam Ibu Yoyo telah menjadi langganan pecinta kuliner Jakarta selama lebih dari 30 tahun. Meskipun lokasi tempat makan agak sulit ditemukan karena harus melewati gang-gang sempit dan jalan-jalan kecil, tetapi ternyata tidak pernah menyurutkan semangat para pecinta kuliner Jakarta untuk menikmati satu porsi nasi ulam yang enak.

Sama seperti nasi uduk, nasi ulam pun merupakan penganan khas Jakarta yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bedanya, nasi ulam dimasak tanpa menggunakan santan, tidak seperti nasi uduk. Namun, cita rasanya tak kalah enak dengan nasi uduk, terutama buatan tempat makan ini. Salah satu rahasia kelezatan nasi ulam Ibu Yoyo adalah dimasak secara tradisional dengan menggunakan kayu bakar sehingga ada aroma asapnya yang membuat cita rasa nasi ulam ibu Yoyo digandrungi pengunjung.

9. Sate dan Sop Kambing H. Mansur

Jalan KH Abdullah Syafei No. 13, Tebet, Jakarta

Kisaran Harga Rp. 45.000 per orang

Jika kebanyakan orang tidak suka daging kambing karena baunya yang menyengat, kamu tidak akan merasakan hal yang sama di warung sate dan sop kambing H. Mansur. Sebab, sate dan sop kambing diolah dari daging kambing yang muda dan segar serta empuk ketika dimakan.

Nah, jika kamu mampir ke warung yang terletak di kawasan Tebet ini, jangan heran jika terus dipenuhi pengunjung. Setelah hampir beroperasi selama 20 tahun, sate dan sop kambing H. Mansur adalah juaranya.

10. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Jalan Kebon Sirih No. 73, Jakarta Pusat

Kisaran Harga Rp. 30 per orang

Nasi goreng yang dimasak di tempat makan ini cukup langka lho sebab menambahkan daging kambing kedalam sajuan satu porsi nasi goreng. Rasanya yang gurih dan lezat telah menghipnotis banyak orang untuk datang kembali menyambangi kedai yang berlokasi di Jalan Kebon Sirih ini. Nah, jika kamu merasa bosan dengan nasi goreng yang itu-itu saja, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih bisa banget lho jadi alternative menu makan siangmu.

Ternyata beragam sekali ya makanan legendaris yang ada di jakarta. meskipun telah berpuluh-puluh tahun menghiasi dunia kuliner nusantara, nampaknya kuliner legendaris Jakarta ini masih sangat digandrungi sampai sekarang.

 

 

 

 

 

Please rate this

Comments
Loading...