Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kuliner Indonesia yang Terkenal di Kalangan Turis Mancanegara

Kuliner Indonesia memang juara

Kekayaan kuliner Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi, dari Sabang sampai Merauke kamu akan menjumpai berbagai kuliner khas yang akan memanjakan lidah kamu.

Yang manis sampai pedas, yang kering sampai berkuah, yang kaki lima sampai bintang lima, semuanya ada.

Karena cita rasanya yang khas ditambah dengan limpahan rempah yang menguatkan rasanya, tidak hanya orang Indonesia yang kepincut, turis mancanegara pun banyak yang jatuh cinta.

Tentunya banyak ragam kuliner Indonesia yang cukup populer dan digemari para turis tersebut.

Apa saja ya? Yuk simak daftarnya berikut ini!

Rendang

suara.com

Rendang merupakan kuliner Indonesia yang sangat populer di kalangan turis karena rasanya yang pedas, gurih dan bikin nagih.

Kuliner yang satu ini berasal dari suku Minangkabau, Sumatera Barat yang terkenal akan makanan pedasnya.

Rendang sendiri merupakan hidangan berupa daging yang dicampur dengan santan dan rempah-rempah serta diolah dengan proses yang cukup panjang.

Penggunaan banyak rempah serta proses memasak yang panjang ini dilakukan untuk mengawetkan daging di tengah iklim tropis Indonesia.

Dulunya, rendang dibuat terutama untuk para pedagang yang harus melakukan perjalanan panjang dan membutuhkan makanan yang masih segar meskipun usianya sudah berminggu-minggu.

Namun, selain alasan pengawetan, kuliner Indonesia ini memiliki makna simbolis yang mewakili masyarakat Minangkabau.

Hal ini berkaitan dengan empat bahan dasar pembuatan rendang yaitu daging yang melambangkan pemimpin, kelapa sebagai simbol intelektual, cabai yang mewakili kepemimpinan agama, dan yang terakhir rempah-rempah yang menandakan masyarakat.

Meskipun umumnya menggunakan daging sapi, bahan dasarnya bisa diganti dengan ayam, hati, kambing atau daging lainnya.

Nah, biar makin nikmat, rendang baiknya disantap dengan nasi hangat, lontong atau lemang.

Nasi Goreng

Freepik suryaanugrah

Meskipun nasi goreng dijumpai di berbagai kawasan Asia Tenggara, nyatanya nasi goreng Indonesia merupakan salah satu makanan favorit para bule.

Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar nasi yang kemudian digoreng dengan tambahan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, garam, cabai, kecap, dan sebagainya.

Kuliner Indonesia yang satu ini bisa disantap kapan pun, sebagai sarapan, makan siang hingga makan malam.

Variasinya pun banyak, kamu bisa menemukan nasi goreng telur ceplok atau telur dadar, nasi goreng ayam, nasi goreng seafood, nasi goreng ikan asin, nasi goreng kambing, nasi goreng ati ampela, nasi goreng petai, dan masih banyak lagi.

Biar lebih enak, kuliner Indonesia ini biasanya dilengkapi dengan kerupuk, potongan mentium dan tomat, dan acar (umumnya terdiri dari timun, wortel, bawang merah, dan cabai rawit).

Satai

Unsplash @akharis

Satai adalah kuliner Indonesia berupa irisan daging yang ditusuk pada lidi dan dipanggang di atas bara panas lalu dihidangkan dengan saus kacang atau kecap.

Sebagai pelengkap, biasanya ditambahkan acar dengan campuran timun, wortel, bawang merah dan cabai rawit atau irisan bawang merah, kol, tomat, dan cabai rawit.

Daging yang umumnya digunakan untuk satai adalah daging ayam, sapi, dan kambing, dan lainnya.

Satai sendiri memiliki ciri khas tersendiri di berbagai daerah, namun yang paling sering dijumpai adalah satai Madura yang khas dengan saus kacangnya.

Selain satai Madura, kamu juga bisa mencoba satai Padang yang khas dengan saus kental kuningnya atau satai Maranggi khas  Purwakarta.

Kuliner satai bisa disantap sendiri atau ditemani dengan nasi, lontong atau ketupat.

Selain popular di kalangan turis mancanegara, satai juga merupakan salah satu makanan kesukaan Bacrack Obama, mantan Presiden AS ke-44!

Bakso

Freepik narong27

Baksi adalah olahan yang mendapatkan pengaruh dari Tiongkok dan berasal dari bahasa Hokkien yang berarti daging giling.

Karena mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim, maka bakso yang yang umum dijumpai adalah bakso sapi.

Tapi, bakso juga bisa dibuat dengan bahan dasar daging ayam, ikan, babi, atau kombinasi dari daging-daging tersebut.

Daging tersebut dicampur dengan tepung terigu dan tapioka lalu dibentuk bulat seperti bola.

Bakso kemudian disajikan dengan kuah kaldu gurih dan ditambahkan campuran mi kuning, bihun, tauge, sawi hijau, bawang dan seledri.

Cara khas menyantap bakso ala masyarakat Indonesia adalah dengan menambahkan kecap, saos, dan yang paling penting sambal sebanyak mungkin agar semakin nikmat dan segar.

Popularitas bakso di kalang bule semakin naik tatkala Barack Obama mengungkapkan bahwa bakso juga merupakan salah satu makanan favoritnya saat berada di Indonesia.

Seiring dengan berjalannya waktu, bakso pun kini semakin bervariasi. Dulu kamu mungkin hanya menemukan bakso urat, bakso cincang, bakso Malang, dan bakso telur saja.

Sekarang ini, kamu bisa menemukan bakso isi cabe hingga isi keju. Makin ngiler deh!

Gado-Gado

idntimes.com

Gado-gado adalah kuliner Indonesia yang memiliki arti “campur-campur” karena makanan ini terdiri dari campuran sayuran dan saus kacang.

Sayuran yang digunakan adalah sayuran rebus seperti kacang panjang, bayam, kentang, jagung, dan tauge dengan tambahan telur rebus, tahu, tempe, dan potongan mentimun.

Sebagai pelengkap, penjual biasanya menambahkan kerupuk dan emping agar rasanya makin mantap.

Biar lebih kenyang, tak jarang gado-gado disantap dengan nasi atau lontong.

Kuliner Indonesia yang satu ini mudah banget ditemukan di pinggir jalan dan dikenal sebagai salad khas Indonesia di kalangan para turis.

Gado-gado sendiri berasal dari wilayah Jakarta. Di luar Jakarta, kamu pun akan menemukan salad khas lain dengan konsep yang sama yaitu campran sayuran dan saus kacang.

Di wilayah Jawa Barat misalnya, kamu akan menjumpai lotek (berbahan dasar sayuran yang sudah direbus) dan karedok (berbahan dasar sayuran mentah).

Sayuran yang biasa digunakan untuk lotek adalah kangkung, tauge, kacang panjang, labu, dan kol.

Sementara itu, karedok biasanya terdiri dari tauge, kol, terong bulat, mentimun, kacang panjang, dan kemangi.

Ayam Goreng

lifestyle.okezone.com

Ayam goreng yang dijual di Indonesia umumnya telah mengalami proses ungkep dengan berbagai macam bumbu dan rempah sehingga menghasilkan ayam goreng berwarna keemasan yang lezat.

Bumbu yang kerap kali digunakan adalah kunyit, lengkuas, serai, ketumbar, kemiri, dan lain-lain.

Kuliner Indonesia yang satu ini biasanya terbagi ke dalam bagian paha bawah, paha atas, dada dan sayap.

Namun, yang umumnya disukai para turis adalah paha bawah atau drum stick.

Hidangan ayam goreng biasanya dilengkapi dengan nasi, lalaban, dan yang tak boleh ketinggalan, sambal.

Sekarang ini, sudah banyak variasi ayam goreng berikut sambalnya sehingga kuliner ini menjadi salah satu yang paling sering dicari.

Punya rencana wisata kuliner Indonesia? Jangan lupa tentukan akomodasi yang nyaman biar kamu bisa langsung istirahat setelah seharian mencicipi makanan enak.

Coba ke Bobobox yuk, hotel kapsul berkonsep minimalis namun futuristik!

Unduh aplikasinya di Play Store atau App Store lalu book pod yang kamu mau. Kamu akan mendapatkan QR code sebagai untuk akses kamar kamu setelah transaksi pembayaran selesai.

Nikmati istirahat yang menyenangkan dengan ditemani alunan lagu favoritmu dari Bluetooth speaker di dalam pod dan atur cahaya lampu LEDnya sesuai keinginan kamu.

Jangan lupa ambil foto momen kamu di Bobobox sebanyak mungkin untuk kamu bagikan di akun media sosial kamu!