Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengenal Kucing Maine Coon, Jenis Kucing Raksasa yang Telihat Gagah dan Garang

Cocok untukmu yang suka jenis kucing yang terlihat garang tapi anggun, nih!

Memelihara kucing berjenis Anggora atau Persia mungkin sudah umum di Indonesia. Namun, pernahkan kamu mendengar jenis kucing Maine Coon? Jika kamu termasuk penggemar kucing, kamu mungkin tahu ras kucing yang berasal dari negara bagian Maine, Amerika Serikat ini.

Kucing ini memiliki bulu yang cukup lebat, dengan ukuran yang sangat besar. Penasaran seperti apa kucing Maine Coon ini? Simak informasi lengkap seputar ras kucing raksasa tersebut berikut ini, ya. Siapa tahu kamu tertarik memelihara kucing yang dikenal garang tapi anggun ini.

Ukuran tubuh raksasa dibanding kucing lainnya

Kucing Maine Coon merupakan jenis kucing dengan ukuran tubuh paling besar dibandingkan dengan kucing lainnya. Bagaimana tidak, ukuran Maine Coon dewasa bisa mencapai ketinggian hingga 40 sentimeter dan panjang hingga 1,2 meter.

Selain itu, bobot kucing ini juga cukup berat. Kucing betina Maine Coon yang sudah dewasa biasanya memiliki bobot sekitar 4-6 kilogram. Namun, kucing jantannya memiliki bobot lebih berat, yakni bisa mencapai 6-9 kilogram saat sudah dewasa. Bahkan, ada pula Maine Coon yang mencapai bobot 13 kilogram, lho.

Dengan ukuran dan bobot tersebut, tak heran jika ras kucing Maine Coon disebut sebagai ras kucing terbesar atau bahkan raksasa dibanding kucing lainnya.

Mengenal Maine Coon, Jenis Kucing Raksasa yang Telihat Gagah dan Garang
@sadmax via Unsplash

Memiliki bulu yang panjang

Mirip seperti Anggora, Maine Coon memiliki bulu yang dikenal cukup panjang, lebat, serta lembut. Bulu yang ada di sekitar lehernya tumbuh seperti surai pada singa, sehingga membuat Maine Coon terlihat gagah dan garang.

Panjang bulu pada jenis kucing ini bisa mencapai 7-10 sentimeter. Cukup panjang ya untuk seekor kucing! Bulu yang ada pada ekornya juga cukup panjang dan mengembang, sehingga membuat ekor Maine Coon terlihat lebih panjang dari kucing lain.

Di bagian kepala, kaki, dan bahunya terdapat bulu-bulu pendek, namun pada bagian paha dan punggung bulunya sedikit lebih panjang. Dengan tampilan warna bulu yang cantik, Maine Coon juga terlihat anggun.

Mengenal Maine Coon, Jenis Kucing Raksasa yang Telihat Gagah dan Garang
@sergeiwingman via Unsplash

Kucing pencinta air dan bisa berenang

Jika kamu sudah cukup lama memelihara kucing, kamu pasti tahu persis bahwa kucing merupakan hewan antiair. Kucing akan sulit sekali jika diajak mandi, dan bahkan bisa menghindar bila terkena hujan.

Namun hal ini tidak berlaku pada Maine Coon. Sebaliknya, kucing ini merupakan hewan yang cenderung suka dengan air serta pandai berenang. Hal ini disebabkan karena bulu-bulu kucing Maine Coon bersifat tahan air sehingga bisa berperan seperti mantel antiair bagi ras kucing ini.

Main Coon akan suka bermain denganmu di kolam renang, atau dibiarkan berenang sendiri dengan ditemani beberapa mainan air yang ia sukai. Kamu juga tak perlu khawatir jika kamu ingin bermain hujan-hujanan, karena Maine Coon-mu akan menemani dengan senang hati.

Mengenal Maine Coon, Jenis Kucing Raksasa yang Telihat Gagah dan Garang
@bobsaymwa via Unsplash

Memiliki kelainan pewarisan sifat kelebihan jari atau polidaktili

Tak banyak kucing yang memiliki kelainan pewarisan sifat polidaktili, atau yang lebih dikenal dengan kelainan kelebihan jari. Jari-jari yang ada pada kaki Maine Coon memiliki jumlah yang lebih banyak daripada jari kucing lain. Kucing ini terlahir dengan memiliki 6 jari kaki.

Sekilas memang terlihat tak lazim dan aneh, namun justru hal inilah yang membuat Maine Coon sangat spesial dibanding kucing lainnya. Keunikan ini pula yang terkadang dimanfaatkan oleh penjual kucing jenis Maine Coon untuk bisa mendapatkan harga yang lebih mahal dibanding kucing lainnya.

Mengenal Maine Coon, Jenis Kucing Raksasa yang Telihat Gagah dan Garang
@marigard via Unsplash

Kucing Maine Coon memiliki mitos yang menarik

Sesuai namanya, ras kucing ini berasal dari negara bagian Maine, Amerika Serikat. Jenisnya yang terlihat berbeda dengan kucing lain memunculkan mitos atau cerita tersendiri sebagai latar belakang lahirnya kucing jenis Maine Coon ini.

Banyak orang yang percaya bahwa ras kucing ini berasal dari persilangan antara kucing setengah liar dengan rakun. Mitos ini muncul karena masyarakat sekitar menilai bentuk dan warna ekor kucing Maine Coon sangat menyerupai ekor rakun.

Namun, ada juga versi cerita lain yang menyatakan bahwa ras kucing ini berasal dari seorang pelaut Inggris bernama Kapten Charles Coon yang memelihara kucing berbulu panjang di atas kapalnya.

Ia selalu mengawinkan kucingnya dengan kucing-kucing liar setiap kali ia merapatkan kapalnya. Hasil dari perkawinan silang itu kemudian dinamakan Maine Coon, sesuai dengan namanya. Kamu sendiri lebih percaya dengan cerita yang mana?

Mengenal Maine Coon, Jenis Kucing Raksasa yang Telihat Gagah dan Garang
@linataly1 via Unsplash

Suka mencari perhatian manusia

Kucing Maine Coon merupakan kucing yang sangat gemar mencari perhatian manusia, terutama pemiliknya. Ia bisa melakukan apapun untuk mengalihkan perhatianmu dari hal yang sedang kamu lakukan, sehingga ia bisa ganti diperhatikan olehmu.

Misalnya, seekor Maine Coon bisa dengan sengaja berada di depan tv untuk menghalangi pandanganmu dari tontonan di layar kaca. Belum lagi ia akan berusaha berbaring di papan ketikmu ketika kamu sedang bekerja di depan laptop. Dengan ukurannya yang besar, tidak mungkin untuk mengabaikannya, ‘kan?

Mengenal Maine Coon, Jenis Kucing Raksasa yang Telihat Gagah dan Garang
@tsunamiholmes via Unsplash

Sebagian besar Maine Coon tidak suka ketinggian

Kucing dikenal sebagai binatang yang suka melompat-lompat. Oleh karenanya, tak jarang jika kucing banyak ditemukan sedang memanjat pohon, hingga memanjat sampai ke atap rumah. Sering mendengar ‘kan kalau kucing banyak yang bisa naik namun tak bisa turun?

Namun, hal itu justru bukan menjadi kebiasaan di kebanyakan kalangan ras Maine Coon. Seperti dikonfirmasi dari sebagian besar pemilik Maine Coon, bahwa kucing berbulu lebat yang mereka miliki tersebut cenderung menghindari ketinggian.

Mereka tak keberatan untuk menaiki tangga di dalam rumah, namun seringkali memilih untuk tak memanjat pohon, lemari, atau tempat-tempat tinggi lainnya. Belum ada studi ilmiah untuk hal ini, namun beberapa pemilik Maine Coon banyak yg membenarkan hal ini.

Mengenal Kucing Maine Coon, Jenis Kucing Raksasa yang Telihat Gagah dan Garang
@feneek via Unsplash

Selain memelihara kucing, menginap di Bobobox juga menyenangkan, kok!

Memelihara kucing memang asyik dan seru. Namun, menginap di Bobobox juga tak kalah seru dan menyenangkan, lho. Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech. Dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman menginap yang seru dan menyenangkan di sini.

Fasilitas di Bobobox ini didukung oleh sistem IoT, yang bisa kamu hubungan dengan smartphone-mu, lho. Ada lampu LED yang warnanya bisa kamu atur sendiri sesuai dengan mood-mu, serta kamu bisa menghubungkan smartphone dengan audio musik agar kamu bisa mendengar lagu favoritmu.

Cara pesan kamarnya juga mudah banget! Pesan pod melalui website atau aplikasi Bobobox. Kamu akan mendapatkan QR code yang bisa digunakan sebagai akses masuk ke dalam pod tanpa harus menggunakan kunci biasa. Podnya juga super nyaman dan bersih karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan keamanan para tamu.

Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk bisa melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox. Tunggu apa lagi, yuk, pesan kamar di Bobobox sekarang!

You might also like