kota terunik di dunia

Jelajahi 10 Kota Terunik di Dunia. Ada yang Dijuluki Sebagai Surganya Penjahat!

Bobobox.co.id — Banyak kota dengan segudang fakta menarik yang mungkin belum pernah kamu dengan sebelunya. Salah satunya adalah fakta di mana adanya kota-kota terunik di dunia.

Kota yang termasuk kategori tersebut memiliki sejarah panjang yang menjadikan keunikan kotanya sulit ditemukan di negara lain. Hal ini pula lah yang menjadikan ketertarikan banyak orang begitu tinggi.

Penasaran kota mana saja yang termasuk kota terunik di dunia? Simak ulasan singkat Bob mengenai kota-kota tersebut berikut ini.

Berikut adalah Kota Terunik di Dunia

1. Whittier, Alaska

Kota terunik di dunia pertama adalah Whittier di ujung Kanal Pasage, negara bagian Alaska. Keunikan kota ini adalah luas wilayahnya yang hanya sebuah gedung yakni Begich Tower yang memiliki 14 lantai saja.

Tak mengherankan jika total populasi dari kota ini terbilang sangat sedikit. Whittier hanya memiliki populasi warga di angka 200 orang saja dan hampir seluruh penduduknya tinggal di Begich Tower.

Dengan fakta tersebut, Whittier mendapat julukan sebagai kota di bawah satu atap. Gedung 14 lantai tersebut diisi oleh fasilitas kota pada umumnya seperti kantor polisi, sekolah, klinik kesehatan, dan pasar.

Whittier, Alaska kota terunik di dunia

Whittier, Alaska via City Manager Jim Hunt

2. La Rinconada, Peru

Kota terunik di dunia berikutnya adalah La Rinconada di Peru. Hal yang membuat La Rinconada disebut kota unik adalah lokasi yang di mana kota ini terletak pada ketinggian 5.100 meter di atas permukaan laut.

Fakta tersebut membuat kota tersebut dikenal sebagai pemukiman manusia paling tinggi di dunia. Saking tingginya, kota tersebut memiliki suhu udara yang terbilang ekstrem khususnya di malam hari.

Hampir setiap hari dalam setahun, suhu di kota ini mencapai subzero. Hal tersebut semakin diperparah dengan infrastruktur yang tak memadai bagi kota yang dihuni oleh penduduk mencapai 50 ribu jiwa tersebut.

La Rinconada, Peru kota terunik di dunia

La Rinconada, Peru via wis-wander.weizmann.ac.il

3. Setenil de Las Bodegas, Spanyol

Beralih ke negeri Matador, kamu bisa mengunjungi salah satu kota terunik di dunia. Kota tersebut adalah Setenil de Las Bodegas, sebuah kota kecil yang berlokasi di Provinsi Cadiz, daerah otonomi Andalusia.

Seluruh bangunan kota kecil tersebut dibangun di tengah tebing batu basalt. Keunikan tersebut menjadikan Setenil de Las Bodegas mendapat julukan sebagai ‘kota yang terhimpit batu’.

Walaupun terkesan berbahaya, keamanan kondisi geografi dari kota tersebut sudah terjamin. Bahkan, kota ini menjadi salah satu tujuan wisata unik bagi para pelancong yang sedang liburan ke selatan Spanyol.

Setenil de Las Bodegas, Spanyol kota terunik di dunia

Setenil de Las Bodegas, Spanyol via archdaily.com


Baca Juga: 10 Kota Paling Terpencil Di Dunia. Nama Kotanya Pun Banyak Yang Tidak Tahu!


4. Kowloon Walled City, Hong Kong

Hong Kong merupakan salah satu negara yang memiliki keunikan yang sulit ditemukan di negara lain. Salah satu buktinya adalah Kowloon Walled City, kota yang dijuluki sebagai kota terpadat di dunia.

Tak tanggung-tanggung, dengan luas wilayah 2.600 meter persegi, Kowloon Walled City memiliki 55.000 penduduk dengan 350 bangunan. Satu bangunannya diisi oleh 10.700 rumah dengan 10 hingga 14 lantai.

Fakta lain yang tak kalah mengerikan dari kota terunik di dunia ini adalah kota ini dikenal sebagai wilayah tanpa hukum. Hal ini menjadikan kota ditinggali oleh kriminal kelas berat dan dikenal sebagai surganya para penjahat.

Kowloon Walled City, Hong Kong kota terunik di dunia

Kowloon Walled City, Hong Kong via flickr.com/photos/11924475@N06/

5. Coober Pedy, Australia

Tak jauh dari Indonesia, kamu pun bisa menemukan kota terunik di dunia lainnya di Australia. Coober Pedy di bagian utara Australia Selatan ini merupakan sebuah pemukiman kecil milik para penambang batu opal.

Keunikan dari kota paling terasing di dunia ini adalah perumahannya sendiri yang berupa lubang bawah tanah. Selain perumahan, gereja hingga hotel pun rata-rata dibangun di bawah tanah, lho!

Memiliki penduduk kurang lebih 2.000 orang, keunikan inilah yang membuatnya begitu menarik. Bahkan, bisa dibilang, kota yang dibangun di bawah tanah ini layaknya kota yang biasa kamu saksikan di sebuah film.

Coober Pedy, Australia kota terunik di dunia

Coober Pedy, Australia via shutterstock.com/g/JuliaST

6. Matmata, Tunisia

Bagi kamu die-hard fans franchise Star Wars, ada baiknya simak ulasan kota kecil di Tunisia Selatan ini. Pasalnya, kota yang memiliki penduduk sebanyak 2.116 jiwa ini menjadi tempat syuting beberapa film Star Wars.

Hampir sebagian besar bangunan rumah di kota tersebut berada di goa atau bawah tanah. Model rumah tersebut dibangun dengan cara menggali lubang besar di tanah dan dibuat lorong layaknya ruangan.

Keunikan bangunan serta fakta di mana menjadi lokasi syuting Star Wars membuat kota terunik di dunia ini mampu menggaet jutaan wisatawan khususnya para fans berat salah satu franchise terbaik di dunia.

Matmata, Tunisia kota terunik di dunia

Matmata, Tunisia via culturalheritageonline.com


Baca Juga: Mencari Destinasi Kota Untuk Bekerja Remote? Berikut 7 Kota Pekerja Remote Terfavorit Di Dunia


7. Slab City, Amerika Serikat

Ingin berkunjung ke kota yang tidak memiliki aturan sama sekali? Ada baiknya jika kamu memasukkan Slab City di California, Amerika Serikat sebagai destinasi liburan saat liburan ke negeri Paman Sam.

Dijuluki sebagai kota terbebas di Amerika Serikat, kota terunik di dunia tidak memungut biaya sewa, parkir, bahkan hukum kota. Terbilang seru namun kamu wajib waspada jika ingin berkunjung ke kotanya.

Kota ini sendiri dihuni oleh sekitar 150 orang. Walaupun begitu, tak ada rumah permanen di Slab City. Para penduduknya tinggal di mobil van, rumah semi permanen, atau gubuk yang dibuat layaknya sebuah camp.

Slab City, Amerika Serikat kota terunik di dunia

Slab City, Amerika Serikat via Amanda Ulrich

8. Neft Daslari, Azerbaijan

Neft Daslari merupakan kota terunik di dunia lainnya. Kota yang berada di Azerbaijan ini terbilang unik karena merupakan area dengan lahan buatan di Laut Kaspian dan dikenal sebagai kota di atas kilang minyak tertua di dunia.

Kota ini sendiri bukanlah sepenuhnya dijadikan sebagai pemukiman warga. Pasalnya, Neft Daslari justru didominasi oleh kantor-kantor pekerja tambang minyak yang juga tinggal di kota tersebut.

Guna mampu bertahan di tengah guncangan air laut, lempengan besi berlapis tanah dibangun sedemikian rupa. Lempengan tersebut terbilang kuat dan mampu menampung seisi kota beserta pekerja yang datang.

Neft Daslari, Azerbaijan kota terunik di dunia

Neft Daslari, Azerbaijan via azertag.az

9. Manshiyat Naser, Mesir

Kota terunik di dunia lainnya adalah Manshiyat Naser. Kota yang terletak di pinggiran bukti Mokatam, Kairo, Mesir, ini dihuni oleh kurang lebih 262.000 warga Mesir yang berada dalam garis kemiskinan.

Sampah berserakan di mana-mana menjadikan pemandangan umum masyarakat Manshiyat Naser. Berserakannya sampah tersebut yang membuat kota ini terlihat sangat kumuh dan tak sehat.

Masyarakat setempat memanfaatkan sampah-sampah tersebut untuk bertahan hidup. Tak heran jika kebanyakan orang yang tinggal di kota tersebut berprofesi sebagai zabbaleen atau pemulung.

Manshiyat Naser, Mesir kota terunik di dunia

Manshiyat Naser, Mesir via Ilya Stepanov/Caters


Baca Juga: Ini Dia 10 Kota Paling Berbahaya Di Dunia. Sebaiknya Tak Usah Dikunjungi!


10. Roswell, Amerika Serikat

Kota terunik di dunia terakhir adalah Roswell, salah satu di negara bagian New Mexico, Amerika Serikat. Kota ini merupkan pusat pertanian dan juga salah satu distribusi dan produksi minyak bumi terbesar di dunia.

Saat memasuki kotanya, kamu bakal melihat konsep unik yang diusung oleh kota di Chaves County ini. Pasalnya, kota tersebut dihias dengan hiasan alien yang hampir terlihat di berbagai penjuru kota.

Hal tersebut bukan hanya konsep asal-asalan belaka. Tahun 1947 dikabar menjadi tahun di mana UFO dikabarkan jatuh di Roswell. Dengan banyaknya orang yang mempercayainya, konsep tersebut diadopsi oleh Kota Roswell.

Roswell, Amerika Serikat kota terunik di dunia

Roswell, Amerika Serikat via Kirk Siegler/NPR

Menginap dengan Aman di Bobobox

Saat menginap di sebuah penginapan, kamu mungkin kerap khawatir dengan barang bawaanmu. Namun, kekhawatiranmu soal barang hilang tak akan terjadi selama menginap di Bobobox.

Penggunaan QR Code untuk akses masuk pod jadi alasannya. Hanya pemilik QR Code saja yang bisa keluar masuk pod yang menjadikan barang berharga yang kamu bawa tetap aman selama menginap.

Untuk informasi dan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox di sini ya!

Bobobox Bandung Tarif dibawah Rp200 Ribu

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles