Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bikin Pusing, Inilah 7 Kota Termahal di Dunia untuk Ditempati!

Kota termahal di dunia yang bikin rekening bankmu trauma!

Buat kamu yang senang dengan kehidupan metropolitan, kota-kota besar tentunya jadi tempat idaman. Gedung-gedung pencakar langit, lalu lintas yang ramai, lampu-lampu kota, dan berbagai kemudahan bisa kamu rasakan di kota metropolitan. Apalagi, kota-kota besar biasanya menawarkan lebih banyak barang, tempat, dan fasilitas. Semua ada, dan hidup pun jadi lebih mudah dan praktis!

Namun, tinggal di kota besar juga memberikan tantangan tersendiri. Kemacetan yang bikin bergidik hingga biaya hidup yang tinggi hanya sebagian tantangan yang kamu bisa rasakan. Bicara soal biaya hidup, kita pasti tahu bahwa beberapa harga barang dan jasa justru makin naik. Ya, sekarang kita jadi perlu merogoh kocek lebih dalam untuk membeli beberapa barang atau kebutuhan. Belum lagi biaya-biaya lain seperti transportasi atau listrik. Duh!

kota termahal di dunia
Credit: Life of Pix (Pexels)

Baca Juga: Butuh Referensi Destinasi Liburan Luar Negeri? Intip Keseruan 5 Sister City Kota Jakarta Ini!


Nah, di artikel ini, Bob ingin bahas 7 kota termahal di dunia. Terlepas dari keunikan dan kecantikannya, kota-kota berikut ternyata punya biaya hidup yang sangat tinggi! Duh! Semahal apa sih biaya hidup di ketujuh kota termahal di dunia berikut? Apakah bisa bikin kita bangkrut? Simak pembahasannya di bawah ini, ya!

1. Tel Aviv

Di urutan pertama kota termahal di dunia ada Tel Aviv. Kota yang berada di pinggir pantai ini adalah salah satu destinasi liburan yang populer di Israel. Tel Aviv juga memiliki julukan The White City. Pasalnya, menurut UNESCO, pada awal-awal perkembangannya di abad ke-20, bangunan-bangunan bergaya modern bercat putih bermunculan. Tel Aviv sendiri berkembang di tahun 1909.

Sumber: Smart Cities World

Naiknya Tel Aviv ke posisi pertama kota termahal di dunia ternyata cukup mengejutkan. Menurut Timeout, nilai tukar shekel Israel yang menguat terhadap dolar Amerika Serikat menjadi salah satu alasannya. Karena berada di pinggir pantai, Tel Aviv bisa jadi tujuan wisata musim panas. Kecantikan bangunan-bangunan bergaya Bauhaus dan kehidupan yang meriah di Tel Aviv jadi keunikan kota ini.

2. Paris

Kota termahal di dunia yang kedua adalah ibukota Perancis, Paris. Menurut EIU, di tahun 2020 kota ini masih menempati posisi pertama di daftar kota termahal. Namun, di tahun 2021 akhirnya gelar Paris direbut oleh Tel Aviv. Bahkan, menurut data bulan Maret 2022 dari Numbeo, biaya hidup di Paris 99,8% lebih mahal dibandingkan Jakarta. Biaya sewa tempat tinggal pun 195% lebih tinggi dibandingkan ibukota kita!

kota termahal di dunia
Credit: Yovan Verma (Pexels)

Namun, Paris juga identik sebagai kota cinta dan kota mode. Ada banyak sudut kota Paris yang dihiasi bangunan antik bergaya Eropa dan jalan-jalan yang romantis! Ingin belanja produk-produk high-end? Deretan butik mewah, dari Cartier hingga Louis Vuitton bisa kamu datangi di Champs-Élysées. Menara Eiffel dan Arc de Triomphe pun tentunya jangan sampai terlewatkan! Louvre Museum juga jadi destinasi yang pas buat kamu penyuka seni dan sejarah.


Baca Juga: Bukan Louvre, teamLab Borderless Tokyo Ternyata Museum Paling Ramai Dikunjungi di Dunia Lho!


3. Singapura

Nggak perlu jauh-jauh mampir ke kota termahal di dunia yang berikutnya. Tetangga kita, Singapura, ternyata bersaing dengan Paris! Menurut situs resmi pemerintah Singapura, kota negara ini bahkan harus berbagi posisi dengan Paris sebagai kota termahal kedua di dunia tahun 2021. Posisinya naik ke angka dua dari ranking empat di tahun 2020. Aduh! Jangan mahal-mahal dong!

Credit: Nguyen Huy (Pexels)

Menurut Money Smart, biaya sewa tempat tinggal saja bisa berkisar dari 700-2.000 dolar Singapura per bulannya. Ingin tempat yang lebih mewah? Tentunya harus rogoh kocek yang lebih dalam. Meskipun demikian, Singapura tetap bisa kamu jadikan destinasi liburan internasional terdekat. Dari kuliner, shopping scene, hingga budayanya, Singapura menawarkan beragam keunikan dan pengalaman seru buat kamu.

4. Zurich

Di posisi keempat kota termahal di dunia, ada Zurich. Kota ini, menurut EIU, sebelumnya menempati posisi pertama kota paling mahal di dunia di tahun 2020. Gelarnya pun harus rela dibagi dengan Paris dan Hong Kong. Mahalnya kota ini ditandai oleh tingginya biaya hidup. Untuk sewa tempat tinggal saja, menurut Expatica, kamu harus mengeluarkan dana dari 1.500 Swiss franc atau sekitar 23,2 juta rupiah per bulan!

kota termahal di dunia
Sumber: Tatler

Namun, pusat perbankan dunia ini juga ternyata masih menawarkan beragam atraksi wisata yang menarik. Kawasan Niederdorf, misalnya, penuh dengan kafe, butik, dan restoran bergaya abad pertengahan. Kamu juga bisa bersantai sambil melihat kecantikan Danau Zurich. Danau ini sendiri menjadi salah satu destinasi populer, baik di kalangan turis asing maupun warga lokal.


Baca Juga: Seindah Kristal, Ini Dia 7 Danau Paling Indah di Dunia Versi Bob


5. Hong Kong

Dari kawasan Asia Timur, ada Hong Kong sebagai kota termahal di dunia. Hong Kong sendiri sering jadi salah satu destinasi liburan luar negeri orang Indonesia. Namun, bicara soal biaya hidup, Hong Kong bisa nguras dompet kamu dengan cepat. Menurut data dari Budget Your Trip, biaya hidup untuk satu orang saja, paling murah bisa mencapai kisaran 23,9 juta rupiah untuk satu bulan. Ingin lifestyle yang lebih lavish? Harus mau keluar budget lebih dong.

Credit: Soda North (Pexels)

Nggak hanya itu. Menurut data bulan Maret 2022 dari Numbeo, biaya hidup di Hong Kong 125% lebih mahal dibandingkan di Indonesia. Namun, soal pariwisata, Hong Kong tetap kece kok! Nikmati pemandangan kota Hong Kong dari Star Ferry, layanan feri yang konon sudah ada sejak tahun 1880an, menurut Planet Ware. Kamu juga bisa mengunjungi Victoria Peak, menyaksikan patung Big Buddha di Lantau Island, hingga main di Disneyland Hong Kong!

6. New York

Kamu pasti nggak asing lagi dengan New York? Kota yang satu ini sering menjadi latar film dan series, dari Friends hingga Ali dan Ratu-Ratu Queens! Kota metropolitan ini juga merupakan kota termahal di dunia. Menurut Bungalow, New York bahkan menjadi benchmark untuk perhitungan biaya hidup kota-kota di dunia. New York sendiri dianggap sebagai kota termahal di Amerika Serikat.

kota termahal di dunia
Credit: Vlad Alexandru Popa (Pexels)

Menurut Apartment List, rata-rata biaya sewa apartemen satu kamar di Manhattan saja mencapai 4.100 dolar Amerika Serikat atau sekitar 59 juta rupiah! Wow! Meskipun demikian, New York adalah tempat yang seru buat kamu jelajahi. Kawasan Times Square tentunya jadi destinasi yang nggak boleh terlewatkan. Kamu juga bisa berkunjung ke Pulau Liberty untuk menyaksikan Patung Liberty yang terkenal.


Baca Juga: Yuk Nostalgia ke Era 90an dengan 7 Episode Friends Paling Seru Berikut!


7. Kopenhagen

Yang terakhir, gelar kota termahal di dunia tahun 2021 jatuh ke Kopenhagen. Kota ini memang terbilang yang termahal di antara kota-kota lain di Eropa. Untuk makan saja, menurut The World Was Here First, setidaknya kamu perlu mengeluarkan dana dari 20-30 Euro atau sekitar 310-470 ribu. Bahkan, data bulan Maret 2022 dari Numbeo menunjukkan kalau biaya hidup di Kopenhagen 110% lebih tinggi dibandingkan di Jakarta.

Credit: Ivan Dražić (Pexels)

Namun, soal liburan sih, kamu bisa percayakan sama kota ini. Destinasi wisata yang nggak boleh terlewatkan di sini adalah Tivoli Gardens. Menurut Planet Ware, taman bermain ini sudah ada sejak tahun 1843. Kamu juga bisa bertandang ke Museum Nasional Denmark dan Galeri Nasional Denmark. Jangan lupa foto-foto di kawasan Pelabuhan Nyhavn yang cantik dengan kanal dan deretan bangunan warna-warni bergaya Eropa!

Siap Main ke Kota Termahal di Dunia?

Dengan kondisi yang mulai membaik, kesempatan buat berlibur ke luar negeri makin besar dan mudah. Kamu bisa sambil mengumpulkan dana dan mempersiapkan diri untuk main ke 7 kota termahal di dunia di atas. Kira-kira, kota apa yang kamu pengen kunjungi atau tinggali? Apa ada kota favoritmu di list ini? Share cerita atau pendapat kamu sama Bob, ya!

Namun, liburan asyik nggak harus mahal kok. Di Bobobox, kamu tetap bisa staycation seru bareng teman atau keluarga. Dengan pod yang luas dan bergaya futuristik, pengalaman menginap di hotel kapsul kamu akan di-upgrade! Apalagi, setiap pod juga punya adjustable lighting, individual air conditioner, Bluetooth speaker, dan teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi seluler. Bukan hotel kapsul biasa!

Sebelum menginap, unduh dulu aplikasi Bobobox ke ponselmu. Lewat aplikasi ini, reservasi pod bisa kamu lakukan secara langsung. Ada beragam metode pembayaran untuk memudahkan transaksimu. Aplikasi ini bisa kamu download gratis dari Google Play Store dan App Store. Jadi, yuk langsung download aplikasinya dan coba staycation seru a la kamu di Bobobox!

You might also like