Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cocok untuk Shooting Film Zombie, Ini Dia 7 Kota Terbengkalai di Dunia yang Ditinggalkan Penduduknya!

Ada sejarah dibalik kota terbengkalai ini!

Bobobox.co.id — Sebuah kota besar identik dengan banyaknya penduduk yang bermukin di kota tersebut dengan lika-liku beraktivitas di dalamnya. Namun, tak semua kota dengan fasilitas lengkap demikian, lho.

Terdapat beberapa kota terbengkalai di dunia yang tak berpenghuni, sehingga kerap disebut dengan ghost town. Pemandangan kota menjadi menyeramkan, seperti yang biasa ada di adegan film.

Bahkan, saking miripnya seperti adegan dalam film, kota terbengkalai di dunia tersebut cocok untuk shooting film zombie. Hal tersebut terjadi karena keangkeran juga betapa terbengkalainya kota-kota tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tujuh kota terbengkalai di dunia yang ditinggalkan oleh para penduduknya. Simak ulasan lengkap mengenai kota-kota tersebut di bawah ini, ya!

Ordos Kangbashi, Tiongkok

Investasi tinggi terhadap sebuah kota besar tentunya diharapkan mampu menjadi salah satu daya tarik. Tujuannya adalah agar kota tersebut mampu memikat banyak orang untuk memiliki hunian atau tempat tinggal di kota tersebut.

Namun, hal tersebut nyatanya tidak dialami oleh Ordos Kangbashi di Tiongkok. Pada awal tahun 200an, perusahaan swasta diperbolehkan untuk menggali batubara di kota ini hingga 2005 ratusan juta untuk investasi.

Tak lama berselang, pada tahun 2010, pajak properti di Ordos Kangbashi yang semakin tinggi. Hal tersebut membuat terjadinya bubble dan membuat banyak keluarga mengurungkan niat untuk pindah ke kota ini.

Di samping itu, kota terbengkalai di dunia ini hanya berjarak beberapa kilometer saja dari Kota Lama Ordos. Kedua hal inilah yang menjadi penyebab tak ada yang mau membeli perumahan di Ordos Kangbashi.

via pinterest.com

Wittenoom, Australia

Wittenoom di Australia adalah kota besar yang harus menelan pil pahit ditinggal oleh penduduknya adalah Wittenoom, Australia. Kota ini pada awalnya merupakan kota tambang di Australia Barat yang didirikan pada tahun 1946.

Sempat mencapai puncak kejayaan hingga menjadi kota terbesar di kawasan Pilbara pada tahun 1950an, Wittenoom akhirnya mulai kehilangan permintaan asbes hingga akhirnya ditutup pada tahun 1996.

Selain karena permintaan asbes yang menurun drastis setiap tahunnya, paparan asbes beracun menjadi alasan lainnya kenapa kota besar ini ditinggalkan oleh para penduduknya yang tak mau terpapar asap beracun.

Dengan ditutupnya kota tersebut, para penduduknya mulai mencari pekerjaan ke kota besar lainnya. Tahun 2007 silam, kota ini pun resmi ditutup dan menjadi sebagai bukti kota terbengkalai di dunia.

witternoon kota besar kosong
via loveproperty.com

Oradour-sur-Glane, Prancis

Kota terbengkalai di dunia yang akhirnya kosong akibat ditinggalkan oleh penduduknya adalah Oradour-sur-Glane. Sebenarnya, kota ini sendiri tidak ditinggalkan oleh penduduknya seperti kota-kota lainnya.

Desa di selatan Paris ini awalnya merupakan sebuah desa yang tenang dan damai. Namun, kedamaian tersebut berubah setelah pasukan NAZI datang dan melakukan penghancuran pada desa ini.

Pembantaian masal yang dilakukan oleh NAZI Jerman pada tanggal 10 Juni 1944 harus merenggut 642 orang penduduk di kota ini. Peristiwa tragis yang terjadi ini yang mengakibatkan kota ini tak berpenduduk.

Sekarang, kota tak berpenghuni ini menjadi saksi bisu Perang Dunia kedua. Salah satu alasan kenapa kota ini tidak dibangun lagi adalah adanya pemakaman masal sebagai monumen peringatan atas kejadian kelam tersebut.

via britannica.com

Varosha, Siprus

Kota terbengkalai di dunia berikutnya ini ditinggalkan oleh penduduknya bukan karena mahalnya pajak properti seperti halnya Ordos Kangbashi, melainkan terjadi akibat invasi yang dilakukan oleh Turki.

Pada tahun 1970an, Varosha merupakan salah satu tempat wisata populer yang dimiliki oleh Siprus. Namun, pada tahun 1974, Turki menginvasi yang membuat penduduk kota mulai meninggalkan kota besar ini.

Hingga akhirnya kota ini benar-benar kosong dan hanya kalangan terbatas saja yang diperbolehkan untuk masuk ke kota ini. Sebenarnya, sudah ada upaya untuk merevitalisasi kota ini, hal tersebut berujung sia-sia.

Padahal semasa jawanya, Varosha sendiri termasuk kota terkenal di Siprus. Bahkan, bintang film legendaris seperti Elizabeth Taylor dan Brigitte Bardot pernah menginjakan kaki di kota terbengkalai di dunia ini.

via middleeastmonitor.com

Pulau Hashima, Jepang

Tempat yang satu ini berbeda dari daftar yang Bob tulis kali ini. Pasalnya, jika tempat terbengkalai lain berupa kota. Lain halnya dengan tempat yang dikenal sebagai pulau hantu di negeri sakura, Jepang.

Pulau Hashima atau kapal perang ini adalah kota terbengkalai di dunia lainnya. Pada zaman dahulu, pulau tersebut merupakan tambang batu baru yang sempat berjaya dari akhir abad kesembilan hingga pertengahan abad kedua puluh.

Nah, saat pasokan batu bara di wilayah tersebut mulai habis, nasib pulau ini pun tak menentu. Akhirnya, sekitar 5.000 penduduk yang ada di pulau tersebut akhirnya meninggalkan pulau tersebut.

Pulau satu ini akhirnya disegel dan ditutup dalam kurun waktu selama 1974 hingga 2009 dengan alasan keamanan. Setelah itu, pulau ini pun sempat dibuka untuk dijadikan sebagai latar belakang sebuah film.

kota terbengkalai di dunia pulau hashima
Pulau Hashima via iStock.com/Satoshi Miyake

Sesena, Spanyol

Kota terbengkalai di dunia lainnya adalah Sesena, Spanyol. Berada di selatan Madrid, awal mula pembangunan kota ini sendiri mengikuti rencana pembangunan besar-besar di tengah ledakan bisnis properti di Spanyol.

Ambisi tersebut sendiri membuat target awal dari komplek apartemen yang dibangun berjumlah 13.000 unit. Namun, hanya sekitar 5.100 saja yang berdiri dan itupun kebanyakan tak berpenghuni.

Hal tersebut pun berpengaruh pada harga jual bagi warga Spanyol yang kadung membeli unit apartemen di Sesena. Banyak warga yang kesulitan dalam menjual kembali apartemen yang mereka sudah beli.

Nasib naas kini mendera kota ini. Bangunan-bangunan apartemen yang ada di kota ini pun akhirnya terbengkalai. Bahkan, Kota Sesena ini seringkali dijuluki sebagai kota hantu besar akibat kosongnya kota ini.

via ft.com

Sanzhi Pod City, Taiwan

Kota terbengkalai di dunia terakhir di daftar Bob kali ini adalah Sanzhi Pod City di Taiwan. Bangunan ini memang sengaja dibangun sebagai salah satu resor indah yang memiliki pemandangan memukau.

Tak hanya itu, bangunannya yang berbentuk menyerupai piring terbang menjadi daya tarik tersendiri. Namun, pembangunan Sanzhi Pod City ini akhirnya dihentikan pada tahun 1980 sebelum benar-benar selesai.

Usut punya usut, bangunan tersebut dianggap mistis karena dihuni oleh makhluk halus. Bahkan, semasa pembangunannya, banyak korban jiwa dari para kontraktor yang hilang tanpa jejak.

Pada tahun 2008, hampir sebagian besar bangunan di kota terbengkalai di dunia ini diruntuhkan. Walaupun begitu, pemerintah Taiwan mempertahan salah satu bangunan yang dijadikan sebagai museum.

via worldabandoned.com

Soal Inap Menginap? Bobobox Ahlinya

Bingung dalam memilih tempat menginap yang pas untuk liburanmu? Tak usah khawatir karena ada Bobobox yang menjadi salah satu hotel recommended banyak orang saat memilih tempat menginap.

Hotel kapsul canggih ini menawarkan fasilitas mumpuni seperti pod yang luas dan koneksi WiFi yang kencang untuk para pengunjungnya. Tunggu apalagi? Yuk, unduh aplikasi Bobobox di sini untuk melakukan pemesanan podnya.

You might also like