Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Kota Paling Terpencil di Dunia. Nama Kotanya Pun Banyak yang Tidak Tahu!

100 persen terisolasi!

Bobobox.co.id — Hidup di kota dengan peradaban yang memadai menjadi satu keuntungan tersendiri. Pasalnya, masyarakat lainnya harus hidup dengan keterbatasan di kota paling terpencil di dunia.

Keterbatasan tersebut tak hanya dari sisi fasilitas saja. Untuk bisa mencapai kota paling terasing di dunia tersebut, beberapa di antaranya harus menempuh perjalanan selama enam hari untuk sampai.

Terlepas dari keterbatasannya, para penduduk kota-kota tersebut tentunya tetap merasa nyaman dengan kehidupan mereka. Kehidupan mereka terasa lebih damai karena jauh dari hingar bingar kota besar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini merupakan 10 kota paling terpencil di dunia versi Bob.

Edinburgh of Seven Seas, Tristan Da Cunha

Kota paling terpencil di dunia pertama adalah Edinburgh of Seven Seas di Pulau Tristan da Cunha. Saking terpencilnya, Ediburgh of Seven Seas disebut-sebut sebagai kota berpenduduk paling terpencil di dunia.

Pasalnya, untuk bisa sampai ke peradaban terdekat, kamu harus menempuh perjalanan 2.173 kilometer. Perjalanan tersebut sendiri membutuhkan waktu selama enam hari dengan menggunakan kapal.

Memiliki penduduk kurang dari 300 jiwa, para penduduknya harus hidup berdampingan dengan sebuah gunung berapi aktif. Bisa dibilang betapa antimainstreamnya kehidupan penduduk di kota paling terasing di dunia ini.

kota paling terpencil di dunia
Edinburgh of Seven Seas via Peter Schaefer/EyeEm/Getty Images

Whittier, Alaska

Kota paling terpencil di dunia berikutnya adalah Whittier di ujung Kanal Pasage, negara bagian Alaska. Untuk keluar masuk ke kota ini, hanya ada sebuah terowongan satu arah sepanjang 4 kilometer.

Fakta menarik dari kota paling terasing di dunia ini adalah begitu sedikitnya populasi di kota ini. Whittier sendiri memiliki populasi warga yang sangatlah kecil yakni hanya berkisar di angka 200 orang saja.

Dengan populasi yang sedikit tersebut, sebagian besar penduduknya tinggal di satu gedung berlantai 14. Tak mengherankan juga jika kota satu ini mendapatkan julukan sebagai kota di bawah satu atap.

Whittier via City Manager Jim Hunt.

La Rinconada, Peru

Di antara kota terpencil di dunia di daftar Bob kali ini, La Rinconada bisa dibilang memiliki jumlah penduduk yang jauh lebih banyak. Kota satu ini sendiri dihuni oleh penduduk yang mencapai 50 ribu jiwa.

Walaupun begitu, bukan berarti kota ini mendapat keuntungannya tersendiri. Bahkan, kota ini disebut sebagai pemukiman manusia paling tinggi di dunia karena terletak di 17.000 kaki di atas permukaan laut.

Kota paling terasing di dunia ini memiliki suhu cuaca yang sangat ekstrem. Hampir setiap hari dalam setahun, suhu di kota ini mencapai subzero. Hal tersebut semakin diperparah dengan infrastruktur yang tak memadai.

La Rinconada via wis-wander.weizmann.ac.il

Baca Juga: Cocok Untuk Shooting Film Zombie, Ini Dia 7 Kota Terbengkalai Di Dunia Yang Ditinggalkan Penduduknya!


Coober Pedy, Australia

Tak jauh dari Indonesia, Australia memiliki salah satu kota terpencil di dunia. Coober Pedy di bagian utara Australia Selatan ini merupakan sebuah pemukiman kecil milik para penambang batu opal.

Keunikan dari kota paling terasing di dunia ini adalah perumahannya sendiri yang berupa lubang bawah tanah. Selain perumahan, gereja hingga hotel pun rata-rata dibangun di bawah tanah, lho!

Memiliki penduduk kurang lebih 2.000 orang, keunikan inilah yang membuatnya begitu menarik. Bahkan, bisa dibilang, kota yang dibangun di bawah tanah ini layaknya kota yang biasa kamu saksikan di sebuah film.

Coober Pedy via odysseytraveller.com

Longyearbyen, Norwegia

Longyearbyen merupakan kota paling terpencil di dunia lainnya. Kota ini termasuk salah kota terkenal yang dimiliki oleh Norwegia dan termasuk salah satu kota jumlah penduduk yang hanya mencapai 1.500 jiwa.

Saking terpencilnya, beruang kutub masih kerap berkeliaran di kota paling terasing di dunia. Dengan fakta tersebut, warga yang akan keluar dari batas kota diwajibkan untuk membawa senjata untuk menjaga diri.

Di samping itu, kota ini memiliki suhu yang sangat rendah. Saking rendahnya, warga Longyearbyen tidak dapat menguburkan jenazah seseorang di dalam kota karena tidak mungkin jasad untuk terurai.

Longyearbyen via cruisemapper.com

Villa Las Entrelas, Antartika

Antartika merupakan salah satu benua yang memperbolehkan pangkalan militer atau penelitian untuk bermukim di sana. Walaupun begitu, ada satu kota di Antartika yang dihuni oleh warga sipil.

Kota tersebut adalah Villa Las Estrellas. Kota paling terpencil di dunia ini pun merupakan satu dari dua pemukiman warga sipil yang ada di Benua Antartika dengan jumlah penduduknya yang hanya sekitar 100 orang.

Villa Las Entrelas memiliki suhu dan cuaca yang sangat ekstrem. Untuk bisa hidup di kota paling terasing di dunia ini, ada beberapa persyaratan khusus bagi orang-orang yang berniat untuk tinggal di kawasan ini.

Villa Las Entrelas via insidetonight.com

Baca Juga: Terlupakan, Terabaikan, Dan Ditinggalkan: Ini Dia 7 Hotel Lama Di Dunia Yang Sudah Tak Terurus Lagi


Medog, Tiongkok

Di luar teknologi yang begitu pesat di Tiongkok, negeri tirai bambu ini memiliki salah satu kota paling terpencil di dunia. Saking terisolasinya dari dunia luar, pelayanan kota ini bisa dibilang sangatlah buruk.

Kondisi tersebut membuat anak-anak di kota ini memutuskan untuk tidak bersekolah. Mereka memilih untuk membantu orang tua mereka bekerja dengan fakta pelayanan kesehatan dan pendidikan yang buruk.

Berlokasi di pegunungan tinggi, akses jalan untuk bisa mencapai kota ini sangatlah sulit. Bahkan, hal tersebut semakin diperparah saat musim dingin tiba di mana akses jalan satu-satunya terputus.

Medog via xinhuanet.com

Glasgow, Montana

Glasgow di Montana merupakan salah satu kota paling terpencil di dunia. Kota dengan luas 3,626 km persegi ini disebut-sebut sebagai kota paling terpencil di Amerika Serikat saking terisolasinya kota ini.

Untuk melakukan perjalanan ke permukiman terdekat, sebagian besar masyarakat di Amerika Serikat hanya membutuhkan waktu satu jam saja. Nah, hal tersebut nyatanya sesuatu yang mustahil untuk kota ini.

Warga Glasgow, Montana, memiliki jarak tempuh kurang lebih 4,5 jam dari kota. Perjalanan tersebut harus ditempuh jika warga ingin berpergian ke pemukiman terdekat yang memiliki obat-obatan dan pendidikan.

Glasgow via en.wikipedia.org

Telegraph Cove, Kanada

Tak jauh dari Amerika Serikat, Kanada pun memiliki kota paling terpencil di dunia. Berlokasi di utara Vancouver Island, kota paling terasing di dunia ini hanya ditinggali oleh penduduk berjumlah 20 orang saja.

Kebanyakan dari penduduknya bergantung pada industri penangkapan ikan dan pengalengan. Namun, mereka akhirnya mampu mendapatkan tambahan penghasil dari wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Lokasinya yang dikelilingi oleh teluk kecil membuat perairan dari Telegraph Cove biasa dipenuhi oleh kayak dan para nelayan. Begitu damai dan jauh dari keramaian kota yang penuh dengan suara bising.

Telegraph Cove via en.wikipedia.org

Baca Juga: Membelah Lautan, Ini Dia Potret 12 Jalanan Paling Berbahaya Di Dunia!


Ittoqqortoormiit, Greenland

Kota paling terpencil di dunia terakhir adalah Ittoqqortoormiit di Greenland. Kota yang dihuni tak lebih dari 450 orang penduduk ini memegang rekor sebagai pemukiman paling terpencil di belahan bumi Barat.

Saking terpencil dan terisolasinya kota ini, seluruh kebutuhkan kota mesti dipesan dan diantar jauh-jauh hari sebelumnya. Momen tersebut dilakukan saat es laut sedang mencair untuk memudahkan kapal bersandar.

Selain kebutuhan kota yang mesti dipesan jauh-jauh hari, urusan listrik pun kota ini terbilang relatif sulit. Ittoqqortoormiit mengandalkan bantuan Denmark untuk membuat pusat pembangkit tenaga listrik.

Ittoqqortoormiit via adventuretravel.co.id

Soal Inap Menginap? Bobobox Ahlinya

Bingung dalam memilih tempat menginap yang pas untuk liburanmu? Tak usah khawatir karena ada Bobobox yang menjadi salah satu hotel recommended banyak orang saat memilih tempat menginap.

Hotel kapsul canggih ini menawarkan fasilitas mumpuni seperti pod yang luas dan koneksi WiFi yang kencang untuk para pengunjungnya. Tunggu apalagi? Yuk, unduh aplikasi Bobobox di sini untuk melakukan pemesanan podnya.

You might also like