Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hidup Tanpa Ragu dan Takut, Ini Dia 10 Kota Paling Aman di Dunia!

Kota paling aman di dunia mana yang jadi impian kamu?

Salah satu faktor yang membuat sebuah kota nyaman untuk ditinggali adalah keamanannya. Bahkan, ada lembaga khusus yang bertugas untuk menilai kota paling aman di dunia.

Hal-hal seperti infrastruktur, kesehatan, keamanan pribadi, dan keamanan digital adalah beberapa faktor penentu. Nah, dari sekian banyak kota di dunia, apa saja sih yang menjadi kota paling aman di dunia? Simak terus di sini ya!

Tokyo, Jepang

kota paling aman di dunia
Photo by Timo Volz on Unsplash

Jepang adalah salah satu negara dengan tingkat kejahatan paling rendah di dunia. Maka, tak heran kalau Tokyo masuk ke dalam daftar kota paling aman di dunia.

Pada tahun 2019, Tokyo dinobatkan sebagai “Kota Teraman” untuk ditinggali oleh Economist Intelligence Unit. Hal ini dilihat berdasarkan keselamatan pribadi, keselamatan infrastruktur, keamanan kesehatan, dan keamanan digital.

Kamu tidak perlu khawatir saat kehilangan benda di Tokyo, terutama saat di stasiun, pertokoan, atau taman. Kemungkinan besar kamu akan menemukannya kembali di Lost and Found dalam keadaan yang masih utuh.

Singapura, kota paling aman di dunia

kota paling aman di dunia
Photo by Hu Chen on Unsplash

Sudah menjadi rahasia umum jika Singapura adalah salah satu negara yang menawarkan rasa aman yang tinggi untuk penduduknya. The Lion City ini menempati urutan kedua kota paling aman di dunia menurut Economist Intelligence Unit.

Singapura dinilai aman dari segi infrastruktur dan keamanan pribadi, dan menempati urutan pertama di kategori tersebut. Selain itu, keamanan digital juga menjadi sorotan kota paling aman di dunia ini.

Bahkan, menurut survei yang dilakukan oleh Gallup, 94% orang di Singapura merasa lebih aman berjalan di malam hari dibandingkan dengan 69% orang di seluruh dunia.

Osaka, Jepang

kota paling aman di dunia
Photo by Andrew Leu on Unsplash

Tidak hanya Tokyo. Jepang memiliki kota paling aman di dunia lain yaitu Osaka. Kota terbesar kedua di Jepang ini diapresiasi karena keamanannya.

Seperti kebanyakan kota di Jepang, tingkat kejatahan di Jepang sangatlah rendah. Menurut Overseas Security Advisory Council kriminalitas di Osaka bahkan jauh di bawah rata-rata tingkat kriminalitas di Amerika Serikat secara umum.

Satu-satunya hal yang perlu dikhawatirkan di Osaka adalah risiko bencana alam. Osaka merupakan kota pesisir, seperti banyak kota di Jepang lainnya, dan kota ini sangat rentan terhadap gempa bumi dan tsunami.

Meskipun begitu, Osaka masih merupakan salah satu kota paling aman di dunia dan tempat yang menyenangkan untuk ditinggali.

Amsterdam, Belanda, kota paling aman di dunia

kota paling aman di dunia
Photo by Ethan Hu on Unsplash

Amsterdam terkenal dengan kanal, rumah-rumah cantik, dan tempat wisata menarik lainnya. Di samping itu, ternyata ibukota Belanda ini termasuk salah satu kota paling aman di dunia lho. Bahkan, Amsterdam merupakan kota teraman kedua di Eropa.

Menurut indeks dari The Economist, Amsterdam mendapat skor tinggi untuk infrastruktur dan keselamatan pribadi. Para pelajar di sana juga menganggap bahwa Amsterdam adalah tempat yang aman untuk tinggal.

Dalam survei pelajar internasional yang dilakukan pada tahun 2018, 96% siswa merasa puas dengan keamanan di Amsterdam.

Sydney, Australia

kota paling aman di dunia
Photo by Dan Freeman on Unsplash

Sydney adalah tempat tinggal yang aman dan stabil. Itulah mengapa Sydney masuk urutan ke lima kota paling aman di dunia menurut The Economist Safe Cities Index. Bahkan, Sydney adalah kota paling aman di Australia.

Selain karena tingkat kriminalitas yang rendah, Sydney memiliki sistem kesehatan dan pendidikan yang sangat baik yang disubsidi besar-besaran oleh pemerintah.

Pilihan rumah sakit dan akses mudah ke pengobatan juga membuat Sydney mampu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi penduduknya.

Dari segi infrastruktur, kota paling aman di dunia juga sangat baik. Sydney memiliki beragam transportasi umum, seperti kereta api, feri, dan bus. Ruang hijau yang indah, seperti Hyde Park juga menambah kenyamanan tinggal di pusat kota.

Toronto, Kanada, kota paling aman di dunia

kota paling aman di dunia
Photo by Rachael Annabelle on Unsplash

Meskipun bukan ibu kota Kanada, Toronto adalah kota paling terkenal dan terpadat di Kanada. Di samping itu, Toronto juga masuk ke dalam daftar kota paling aman di dunia menurut The Economist.

Meskipun Toronto adalah kota besar dengan penduduk yang banyak, orang-orang nyaman dan merasa aman ketika berjalan baik saat siang maupun malam hari.

Infrastrukturnya memadai dan polisi di Toronto dapat diandalkan, sehingga baik penduduk lokal atau pun wisatawan dapat hidup dengan santai di Toronto.

Washington DC, Amerika Serikat

kota paling aman di dunia
Photo by Maria Oswalt on Unsplash

Ini adalah kali pertama Washington DC masuk ke dalam daftar kota paling aman di dunia menurut The Economist. Secara khusus, Washington DC memiliki keunggulan di keamanan digital dan kesiapsiagaan dalam menangani bencana alam.

Washington DC adalah salah satu kota terbesar dan terpenting di Amerika Serikat. Sebagai ibu kota negara, Washington DC harus menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi penduduknya.

Seoul, Korea Selatan, kota paling aman di dunia

kota paling aman di dunia
Photo by Markus Winkler on Unsplash

Seoul adalah kota metropolitan yang bergerak cepat aktif. Di samping kehidupan malam yang semarak, budaya pop yang luar biasa, dan alam yang menyegarkan, Seoul juga menawarkan keamanan bagi siapa saja yang singgah.

Menempati posisi kota paling aman di dunia versi The Economist, Seoul unggul terutama di bidang infrastruktur. Transportasi umumnya baik dan dapat diandalkan dan Ada Wi-Fi umum dengan kekuatan yang cepat.

Copenhagen, Denmark

kota paling aman di dunia
Photo by Darth Liu on Unsplash

Ini bukan pertama kalinya Copenhagen menjadi salah satu kota paling aman di dunia. Selain menjadi yang teraman, ibukota Denmark ini juga sering menduduki tempat pertama dalam Indeks Kebahagiaan PBB dan Laporan Kebahagiaan Dunia Institut Bumi.

Hal tersebut tentu didukung oleh beberapa hal seperti infrastrukturnya yang ramah lngkungan, tingkat kriminalitas yang rendah, dan orang-orangnya yang ramah.

Melbourne, Australia, kota paling aman di dunia

kota paling aman di dunia
Photo by Weyne Yew on Unsplash

Salah satu hal yang membuat Melbourne masuk ke daftar kota paling aman di dunia adalah gangnya yang sangat aman. Berbeda dengan kebanyakan kota besar, penduduk setempat mendekorasi gang-gang mereka yang menjadi daya tarik untuk restoran dan suasana keseluruhan mereka.

Selain itu, seperti kebanyakan kota, Melbourne memiliki pengawasan yang ketat di jalan-jalan, kereta api, trem, dan gedung-gedungnya.

Stacyation aman? Di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang menggunakan teknologi terkini. Hampir semua aktivitas menginap kamu terintegrasi melalui aplikasi seperti untuk memesan kamar, sebagai kunci kamar berbasi QR code, pengatur lampu, dan lain-lain.

Selain itu, Bobobox juga adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like